Doa Setelah Sholat Dhuha Pendek



ilustrasi doa setelah sholat dhuha yang bisa diajarkan pada anak


Ilustrasi puji-pujian setelah sholat dhuha dan keutamaannya untuk diajarkan pada momongan. Foto: Getty Images/iStockphoto/PrathanChorruangsak

Jakarta

Salat termasuk ibadah nan paling penting bikin umat muslim. Lebih lagi, salat disebut sebagai tiang agama. Orang nan mendirikannya signifikan mutakadim menegakkan agama Islam. Sehingga, pentingnya salat harus ditanamkan sejak prematur.

Pentingnya posisi salat disebutkan intern titah yang diriwayatkan At-Thabrani. Amal manusia yang mula-mula kali dihisab pada hari akhir zaman yakni salat. Sekiranya salatnya diterima maka seluruh amal lainnya akan diterima. Sebaliknya, kalau salatnya ditolak, maka amalan yang lain pula akan ditolak.

Anak harus diajarkan bagi mendirikan salat sejak usia 7 tahun, Bunda. Di samping salat wajib yang dilaksanakan lima waktu dalam sehari, ada pun salat sunah sebagai penyempurna kehilangan salat perlu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bedanya, sekiranya salat sunah dikerjakan berbahagia pahala, kalau ditinggalkan tidak mendapat dosa. Setiap salat sunah memiliki keutamaannya sendirisendiri. Salah satunya salat duha yang punya keistimewaan bisa membeberkan gerbang tembolok.

Apakah Bunda sudah membiasakan Sang Kecil untuk melaksanakannya? Nah kalau telah, jangan lupa ingatkan Si Kecil untuk membaca doa setelah sholat duha ya Bunda. Simak keutamaan, doa, serta ketentuan salat duha seterusnya ayo.

Keutamaan Sholat Dhuha

Salat sunah Dhuha ialah salat sunah yang tahun pelaksanaannya saat matahari mulai naik tekor lebih sapta hasta sejak terbit sampai masuk waktu zuhur. Sekitar palu 07.00 hingga 11.00.

Ali Musthafa Siregar dalam buku berjudul
Fikih Salat Sunah
menyebutkan kalau salat Dhuha n kepunyaan keutamaan dan hikmah. Dagangan mungkin yang mengerjakannya akan berbintang terang keutamaan tersebut.

1. Membujur ampunan dosa

Orang yang terbiasa mengamalkan salat Dhuha akan diampuni oleh Yang mahakuasa SWT. meski dosanya sebanyak buih nan terserah di lautan. Sama dengan disebutkan internal sabda Rasul yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan Ibnu Majah.

2. Bukan dianggap orang tengung-tenging

Salah suatu hal yang bisa dilakukan agar tidak termasuk ke dalam golongan hamba allah nan lalai yakni dengan mendirikan salat Dhuha.

3. Sholat Dhuha sebagai sedekah

Sebagai halnya nan diketahui, dalam jasmani seseorang terwalak 360 persendian yang memiliki kewajiban untuk bersedekah. Dua rakaat salat duha bisa menjadi pengganti sedekah dari 360 persendian tersebut.

4. Rezekinya dijamin makanya Sang pencipta SWT

Salat Dhuha dikenal ibarat salat yang bisa membuka gerbang lambung. Situasi itu tertuang intern hadis Rasulullah. Allah akan mencukupi rahim insan yang tak meninggalkan empat rakaat salat Dhuha di waktu Dhuha.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Sehabis mendirikan salat Dhuha, ingatkan Sang Kecil untuk mengaji doanya lagi ya Bunda. Inilah ratib setelah sholat Dhuha:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudrotuka wal ‘ismata ‘ismatuka.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu duha adalah waktu duha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, kegantengan adalah keindahan-Mu, faedah adalah kekuatan-Mu, penjagaan merupakan penjagaan-Mu.”

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadikash-shalihiin.

Artinya: “Ya Sang pencipta, apabila rezekiku berada di langit maka turunkanlah, apabila berkecukupan di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran duha-Mu, pengaturan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Baca ketentuan melaksanakan sholat Dhuha di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk
download
permohonan digital Allo Bank
di sini.
Dapatkan reduksi 10 persen dan
cashback

5 persen.

Simak juga video rekomendasi WHO pertanyaan
screen time
bikin anak:

[Ketola:Video Haibunda]


Source: https://www.haibunda.com/parenting/20220714152323-61-278956/doa-setelah-sholat-dhuha-dan-keutamaannya-bisa-diajarkan-pada-anak

Posted by: gamadelic.com