Doa Nabi Yunus Dan Artinya


Jakarta

Kisah Nabi Yunus diabadikan Allah SWT dalam Al Qur’an salinan Al Anbiya ayat 87. Nabi Yunus diceritakan adv pernah ditelan lauk besar hingga harus berada dalam kegelapan. Berikut bacaan lengkapnya n domestik Arab dan latin

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Arab latin: Wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn



Artinya: “Dan (ingatlah narasi) Zun Nun (Yunus), momen dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia beranggapan bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa internal keadaan nan sangat gelap, “Tidak ada Tuhan selain Anda, Mahasuci Beliau. Betapa, aku termasuk basyar-orang yang zalim.”

Dalam ayat tersebut terdapat doa Nabi Yunus saat berada dalam ki gua garba iwak. Berikut penjelasan lengkapnya

1. Bacaan dan Arti Wirid Utusan tuhan Yunus

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Arab latin: Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin

Artinya: “Enggak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Anda. Betapa, aku termasuk orang-manusia yang zalim.”

2. Segala itu Tahmid Nabi Yunus?

Menurut kata tambahan Kemenag, Utusan tuhan Yunus membacakan doa saat menyadari kesalahan yang dilakukannya sebagai seorang utusan tuhan. Utusan tuhan Yunus merasa tak berlapang dada pada saat menghadapi kekafiran kaumnya.

Menurut Kata tambahan Qashashi Jilid III karya Syofyan Hadi, Nabi Yunus meninggalkan kaumnya yang membangkang dan gentur kepala. Keputusan buat pergi artinya Nabi Yunus tidak menjalankan kewajibannya kerumahtanggaan berdakwah.

Di internal pelarian, Nabi Yunus sampai ke tepi pangkalan dengan sebuah kapal nan siap berlayar. Nabi Yunus memutuskan ikut dalam pelayaran, meskipun kapal mutakadim berlebih dengan penumpang dan juga muatan.

Saat berada di tengah laut, terdapat ombak ki akbar sehingga nahkoda dan penumpang jadinya mengakhirkan untuk membuang seorang penumpang sebaiknya kapal bisa berlayar dengan selamat.

Mereka kembali mengundi barangkali yang akan terjun ke lautan sangat,namun beberapa barangkali proses pengundian, Nabi Yunus lah yang terpilih. Momen dilempar ke laut, beliau dimakan ikan paus.

Namun, Nabi Yunus lain wafat dan tetap vitalitas di internal tembolok ikan uskup. Di sinilah Nabi Yunus menyadari kesalahannya dan memohon puji-pujian grasi kepada Allah SWT.

3. Keutamaan Tahlil Nabi Yunus

Enggak sekadar sebagai puji-pujian bakal memohon absolusi dan taubat, wirid Nabi Yunus nan dibaca di dalam perut ikan mempunyai keutamaan sebagai ratib mohon wafat n domestik situasi syahid.

Kemustajaban atau keutamaan dalam doa Rasul Yunus lainnya adalah:

Memuji Allah

Puas dasarnya, maksud berusul sebuah tahmid adalah pernyataan dari koteng hamba tentang keesaan Almalik. Allah, sang pencipta yang menciptakan orang berwajib mendapatkan pujian dari hambanya.

Privat tahlil Nabi Yunus terdapat pujian atas keesaan dan kesucian Tuhan. “Enggak ada Almalik selain Engkau, Maha Suci Engkau.”

Sang pencipta pun menyukai makhluknya yang selalu beribadat. Baik hambanya yang mengirimkan kesalahan maupun lagi dosa, Tuhan senantiasa menerima ratib dan tuntutan ampun bersumber hambaNya.

Mendapatkan Fungsi saat Diterpa Cobaan

Manusia yang hidup di dunia mengalami cobaan, musibah dan ujian. Perumpamaan manusia, manusia punya batasan, bani adam tak ki berjebah melewati cobaan sonder pertolongan Allah.

Sudah sepatutnya seorang hamba mengharapkan bantuan berpunca Allah sepatutnya diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan dan testing di dunia.

Dikeluarkan berpunca Kesulitan

Dalam Al Qur’an, Allah berfirman bahwa tak akan menguji hamba di luar batas kemampuannya. Pada kisah Utusan tuhan Yunus, dirinya pada kesudahannya diselamatkan Halikuljabbar dari ujian masuk ke n domestik kas dapur lauk paus.

Buat itu, doa Nabi Yunus sering dipanjatkan sebagai doa bagi meminang keselamatan.

Berbintang terang Absolusi berpunca Allah

Kerumahtanggaan hadits, Rasulullah SAW mengungkapkan kepentingan dari zikir Nabi Yunus. Doa ini bisa mengabulkan permohonan seseorang kepada Yang mahakuasa

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Artinya: “Puji-pujian Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: ‘Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin’ Senyatanya tidaklah seorang muslim sembahyang dengannya dalam suatu keburukan, melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR At Tirmidzi)

Residu dan Permintaan Diterima Halikuljabbar

Sepanjang berada dalam perut ikan paus, Nabi Yunus berdoa kepada Halikuljabbar agar dapat keluar dengan selamat dan Allah mengabulkan permintaannya. Sehingga doa ini juga bisa dipanjatkan detik memiliki hajat kepada Allah.

4. Cara Mengamalkan Doa Nabi Yunus

Dalam buku Doa-Takbir Terbaik Selama, masa, keutamaan mengenai zikir Nabi Yunus ini diceritakan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash. Sa’ad mengatakan bahwa Rasulullah menegur doa Rasul Yunus bisa dibaca sebanyak 40 kali.

Hadits Doa Nabi Yunus
Hadits Doa Nabi Yunus Foto: Sendi Zikir-doa Terbaik Sepanjang Masa karya Ustaz Ahmad Zacky El-Syafa

Artinya “Barangsiapa yang berdoa dengannya kepada sosok yang sakit sebanyak 40 kali maka kalau ia mati, kamu senyap dalam keadaan mengapalkan pahala lengang martir. Jika sembuh maka sembuh dalam peristiwa dosanya terampuni,” (HR Imam Hakim).

5. Pada saat Membaca Doa Nabi Yunus?

Para ulama membaca tahlil rasul Yunus 40 kali radu sholat subuh. Terserah pun yang membaca doa Utusan tuhan Yunus setiap jari sebanyak 1.000 kali untuk permohonan privat grasi dosa.

Itulah bacaan doa nabi Yunus hingga keutamaannya yang bisa detikers amalkan. Semoga kita semua mendapatkan uluran tangan dan lepas dari Allah.

Simak Video “Cak semau Terkira Teroris, Tolok Masuk MUI Dipertanyakan

[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Source: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6184330/doa-nabi-yunus-bacaan-keutamaan-dan-cara-mengamalkannya

Posted by: gamadelic.com