Doa Masuk Wc Beserta Artinya

Daftar Isi

  • Teks Tahlil Masuk Kamar Mandi dan Artinya
  • Pustaka Puji-pujian Keluar Kamar Mandi dan Artinya
  • Keutamaan Membaca Doa Masuk dan Keluar Kamar Bersiram
  • Kesopansantunan di Kamar Bersiram dalam Selam
    • Baca Tahlil Saat Timbrung Kamar Bersiram
    • Masuk dengan Melangkahkan Kaki Kidal Terlebih Dulu
    • Jangan Menghadap Kakbah alias Membelakangi Kiblat
    • Jangan Berlama-lama di Kamar Bersiram
    • Gunakan Tangan Kidal Saat Beristinja\\\’
    • Jangan Bicara Selama Berada di Kamar Mandi
    • Baca Doa Waktu Keluar dari Kamar Mandi

Riuk satu manfaat dari membaca tahlil masuk kamar mandi adalah seharusnya kita dilindungi berbunga setan pron bila mengekspos aurat di dalam kamar mandi. Namun sayangnya, belum banyak orang yang belum mengetahui doa masuk kamar mandi dan artinya.

Padahal, membaca doa masuk kamar mandi ini sangat terdepan buat dilakukan oleh setiap umat selam. Pasalnya, Allah akan melindungi aurat kita terbit tatapan setan bilamana membaca doa turut dan keluar kamar bersiram.

Ada banyak doa internal agama Islam bikin melakukan satu ragam, berusul doa sebelum makan dan sesudah bersantap, zikir sebelum tidur dan bangun tidur, zikir ikut dan keluar masjid, dan masih banyak lagi. Sebagai sendiri muslim patutnya kita bangga dan bersyukur akan hal itu.

Begitu juga yang kita ketahui bahwa kamar bersiram ialah tempat yang kotor, tempat heterogen macam mikroba dan sumber kelainan congah di tempat ini. Hal ini karena toilet merupakan medan membuang hajat, baik itu tinja ki akbar maupun residu boncel.

Selain itu, kamar mandi juga merupakan salah satu tempat yang minimal disenangi maka itu setan. Maka dari itu kita dianjurkan untuk berdoa pron bila masuk ataupun keluar dari kamar mandi. Pada kesempatan kali ini, Pinhome akan membagikan bacaan doa masuk kamar bersiram dan artinya. Simak baik-baik ya!

Baca pula: 5 Aspek Terpenting Sebelum Penyempuraan Kamar Mandi


Bacaan Ratib Masuk Kamar Mandi dan Artinya

(health.kompas.com)

Berikut ini merupakan lafadz bacaan zikir masuk kamar mandi dan artinya:

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allahumma Innii a\\\’udzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya: \\\”Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-suami dan cewek\\\”

Doa di atas dibaca saat akan turut ke kamar mandi dengan mendahulukan kaki kidal, doa tersebut dibaca agar kita terhindar berpangkal godaan syaitan laki-laki atau perempuan, kapan kita gemuk di dalam medium membuang hajat.

Baca juga: Doa Ketika Mimpi Buruk


Bacaan Tahlil Keluar Kamar Mandi dan Artinya

Akan halnya pustaka takbir ketika keluar kamar bersiram yakni andai berikut ini:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba \\\’annil adzaa wa\\\’aafaanii.

Artinya: \\\”Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Almalik yang telah menyejukkan cirit dari badanku dan yang telah menyejahterakan.\\\”

Zikir di atas dibaca ketika akan keluar dari WC atau kamar mandi dengan mendahulukan tungkai kanan. Sebagai rasa bersyukur kepada Almalik Swt atas nikmat yang kita peroleh, yang telah menghilangkan berak yang ada lega tubuh kita, dan supaya terbebas dari tahi atau sumber penyakit nan ada di internal toilet.

Baca juga: Kumpulan Takbir Setelah Sholat Wajib


Keutamaan Membaca Tahmid Masuk dan Keluar Kamar Bersiram

Berikut ini yakni Hadits tentang Anjuran kerjakan membaca doa masuk dan keluar mulai sejak WC maupun kamar bersiram:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya: \\\”Anas kedelai Malik Ra. Menuturkan “sekiranya Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau  berdo’a, \\\”Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, aku berlabuh kepadamu terbit setan laki- dan setan perempuan\\\”.(HR. Bukhari)

Selain Hadist di atas, ada juga Hadits anjuran berdoa pron bila keluar dari kamar bersiram sebagai berikut:

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya: \\\”Dari \\\’Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, \\\”Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam stereotip setelah anda keluar kamar mandi beliau ucapkan \\\”ghufronaka\\\” (Ya Sang pencipta, aku memohon ampun pada-Mu).\\\”

Baca lagi: Zikir Turun Hujan


Adab di Kamar Mandi intern Islam

(Popbela.com)

Selain membaca tahmid ikut dan keluar kamar mandi, ada juga kesopansantunan yang harus dilakukan saat Pins berbenda di n domestik kamar bersiram. Segala belaka adab-adab ketika di kamar mandi atau toilet? Simak ulasan di pangkal ini!


Baca Doa Ketika Turut Kamar Mandi

Seperti yang sudah kami bahas di atas, peristiwa pertama nan harus kamu lakukan sebelum masuk ke kamar mandi adalah mendaras doa. Apapun kegiatan nan akan sira bikin di kamar mandi, sebaiknya bacalah ratib turut kamar mandi terlebih dahulu.


Timbrung dengan Melangkahkan Kaki Kidal Terlebih Dahulu

doa masuk kamar mandi dan artinya
(Shutterstock)

Kalau galibnya kita dinasihatkan membangatkan kaki kanan bahkan dahulu saat ikut kondominium dan masjid, maka momen ikut kamar bersiram berlaku sebaliknya. Rasulullah memberi contoh membangatkan kaki kidal detik masuk kamar mandi dan memacu kaki kanan momen keluar.

Mengapa? Karena kamar mandi merupakan tempat nan kumuh dan kita masuk dalam keadaan kotor sehingga didahulukan suku kiri yang melambangkan kotornya. Padahal momen sudah keluar mulai sejak kamar mandi, kita karuan telah menerangkan diri yang dilambangkan dengan keluar dengan tungkai kanan terlebih dahulu.

Baca juga: Tahlil Sebelum dan Sesudah Wudhu


Jangan Menghadap Kakbah ataupun Membelakangi Kiblat

Saat buang sempelah di kamar mandi, kiranya enggak dalam posisi menghadap ataupun membelakangi kiblat. Bersumber Duli Ayyub Al Anshori, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian condong jamban, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan membelakanginya. Akan hanya, hadaplah ke arah timur atau barat.”

Bagi orang Indonesia, kakbah kita menghadap sebelah barat. Karena itu, baiknya buatlah agar toilet mendekati sisi Utara alias Selatan.


Jangan Berlalai-lalai di Kamar Mandi

doa masuk kamar mandi dan artinya
(Shutterstock)

Nabi Muhammad melarang kita berlama-lama di kamar mandi karena kamar bersiram merupakan palagan setan sehingga setan dulu gemar menggoda anak adam bagi berlena di rumahnya. Bermula Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam berucap:

“Sepatutnya ada kamar mandi ini dihadiri setan.(HR. Ahmad 19807, Abu Daud 6, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Baca juga: Tahmid Panjat Kendaraan


Gunakan Tangan Kidal Saat Beristinja\\\’

Membersihkan genitalia setelah lepaskan air (istinja’) dilakukan dengan tangan kiri karena kepercayaan digunakan kerjakan bersantap dan kegiatan lainnya. Terbit Serbuk Qotadah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbicara:

“Sekiranya riuk koteng di antara kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam bejana. Seandainya anda lempar hajat, janganlah kamu menjawat genitalia dengan tangan kanannya. Janganlah pula dia beristinja’ dengan tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 153 dan Muslim no. 267).


Jangan Wicara Sepanjang Ki berjebah di Kamar Mandi

doa masuk kamar mandi dan artinya
(Shutterstock)

Rasulullah menampilkan kita tutup mulut saat berada di kamar bersiram. Bahkan jika suka-suka yang memberi salam, kita hendaknya teguh diam. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau bertutur:

“Suka-suka seseorang yang menerobos Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dia sedang berkemih. Saat itu, khalayak tersebut menitahkan salam, namun beliau tidak membalasnya.” (HR. Muslim no. 370)

Adv amat, bagaimana seandainya bernyanyi di kamar mandi? Jika menjawab salam saja tidak diperbolehkan terlebih tarik suara.


Baca Doa Hari Keluar bersumber Kamar Mandi

Sekiranya ikut ke kamar bersiram kita harus berdoa, maka pasca- keluar semenjak kamar mandi pun kita juga harus sembahyang. Dengan begitu, niscaya Allah SWT akan melindungi kita dari penghuni setan di dalam kamar bersiram.

Itulah doa ikut kamar mandi dan artinya nan perlu kamu ketahui. Kiranya doa di atas bisa bermanfaat terutama bagi yang belum hafal.

Baca juga:

  • Doa Selamat Dunia dan Akhirat
  • Doa Memakai dan Melepas Busana
  • Bacaan Zikir dan Niat Bersiram Perlu

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Bikin kamu agen kepunyaan independen atau perwakilan jawatan properti bergabunglah menjadi rekan agen kepunyaan bersama kami dan iklankan nasib baik kamu di sini.

Dia juga dapat belajar lebih lanjur mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Kebat menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store alias Google Play Store sekarang!

Tetapi di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.
Pinhome

Berilmu jual beli sewa eigendom.

Source: https://www.pinhome.id/blog/doa-masuk-kamar-mandi/

Posted by: gamadelic.com