Doa Masuk Dan Keluar Rumah Beserta Artinya

Untuk umat muslim, segala sesuatunya memiliki tata krama alias manajemen cara termasuk momen masuk dan keluar flat. Salah satunya adalah mengucapkan doa masuk apartemen dan takbir keluar flat demi keselamatan bersama. Nah, sudahkah Kamu tahu doa masuk rumah dan takbir keluar rumah? Jika belum, berikut ini doanya lengkap beserta artinya.

Pentingnya Mengaji Doa Timbrung Rumah dan Doa Keluar Rumah

doa masuk rumah

Ilustrasi beribadat (Sumber: Shutterstock)

Beribadat adalah fragmen tak terpisahkan pecah umat beragama enggak terkecuali umat Islam. Selain salat lima waktu, umat muslim juga memanjatkan doa buletin kerumahtanggaan setiap kesempatan termasuk momen memasuki rumah dan keluar berusul rumah.

Ketika keluar meninggalkan rumah, suka-suka banyak kemungkinan nan bisa menimpa diri kita dan tanggungan. Boleh kaprikornus hal buruk meski enggak mengerudungi kemungkinan juga hal baik. Sebagai umat muslim yang berkepastian, beribadat menciptakan menjadikan kita terlindung bermula segala mara bahaya. Berharap agar Tuhan SWT bisa melindungi kita sepanjang rani di luar rumah dan mencegah kejadian buruk terjadi.

Artikel Terkait: Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu, Lengkap dengan Tata Pendirian dan Sunahnya

Hal yang sebabat juga berperan ketika kita memasuki flat. Setelah merodong banyak hal di luar rumah, kita kembali ke n domestik kondominium dan memanjatkan syukur karena kita bisa lagi dengan keadaan selamat. Berharap kebaikan demap menyertai kita termasuk ketika berada di kerumahtanggaan rumah.

Wacana Doa Masuk dan Keluar Rumah

1. Tahmid Masuk Rumah, Lafadz Beserta Artinya

Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah Lengkap Beserta Artinya

Ketika memasuki flat, baik itu rumah sendiri maupun orang lain, bacalah wirid masuk rumah berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa.”

Artinya:

“Ya Almalik, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya palagan timbrung dan baiknya panggung keluar dengan menyebut nama Allah kami ikut, dan dengan menamai keunggulan Allah kami keluar dan kepada Yang mahakuasa Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Artikel Terkait: Doa Keselamatan Kerja, dari Berangkat setakat Pulang, Hendaknya Diberi Keberkahan

2. Takbir Masuk Apartemen Hampa

Saat memasuki apartemen yang kosong, tahmid yang mudah-mudahan dilafadzkan antara tak:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

“Assalaamu’alainaa Wa ‘Alaa ‘Ibaadillaahish Shoolihiina,”

Artinya:

“Salam bakal diri kami dan salam bagi cucu adam nan sholeh.”

3. Puji-pujian Keluar Rumah

Silam, setelah itu lanjutkan dengan membaca doa keluar flat yang berbunyi:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya:

“Dengan cap Almalik, aku bertawakkal kepada Halikuljabbar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Halikuljabbar.”

Artikel Terkait: 9 Takbir Pasca- Shalat Fardu, Parents Jangan Lupa Membacanya!

Adab Memasuki Rumah

doa masuk rumah

Ilustrasi bertamu (Sumber: Shutterstock)

Laksana umat muslim, segala sesuatunya memiliki adab atau pengelolaan mandu. Memasuki flat pun ada pengelolaan caranya. Ini bermain khususnya momen kita memasuki rumah orang enggak. Tujuannya, tentu agar kesediaan kita enggak mengganggu penghuni kondominium. Nah, bagaimana adab memasuki rumah? Berikut manajemen caranya model dengan puji-pujian masuk rumah.

1. Mengetuk Ki

doa masuk rumah

Sumber: Shutterstock

Ketika memasuki rumah khususnya rumah khalayak enggak, seorang muslim hendaknya mengetuk gapura terlebih sangat. Selain sebagai etika atau sopan santun, kejadian ini juga berfungsi bikin memberikan tanda kepada penghuni flat bahwa terserah seseorang di asing nan sedang menunggu bikin timbrung ke n domestik rumah.

Perlu diperhatikan, jangan hingga mengetuk dengan persisten maupun memencet bel secara terus menerus. Ketuk pintu secara perlahan, atau pencet bel sesekali bagi memastikan apakah ada khalayak di intern rumah ataupun tidak. Ulangi maksimal sebanyak tiga kali apabila lain cak semau jawaban.

Jangan sebatas kehadiran kita malah mengganggu penghuni rumah. Datanglah dengan budi pekerti maka niscaya kita juga akan dijamu dengan beradab. Peristiwa radiks begini seyogiannya mesti diajarkan kepada anak-anak ya Bunda.

Kata sandang Terkait: 5 Pusparagam Doa Selamat Bumi Darul baka Serta Tahun Terbaik Melafalkannya, Tulis!

2. Mengucapkan Salam

Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah Lengkap Beserta Artinya

Mengucapkan salam berlaku baik ketika kita bertamu ke apartemen orang lain atau memasuki rumah sendiri. Salam bisa diucapkan setelah kita mengetuk ki. Siuman, gunakan suara yang lembut. Hindari mengucapkan salam dengan suara yang lantang kiranya lain mengganggu penghuni rumah. Setelah pintu dibuka, pasrah sapaan yang hangat dan tersenyum.

3. Mendahulukan Suku Kanan

doa masuk rumah

Sumber: Shutterstock

Selepas menyapa penghuni rumah dan mengaji doa ikut rumah, lebih lanjut yang teradat diperhatikan adalah bahwa Anda memasuki rumah dengan mengerapkan kaki kanan.

Kata sandang Tercalit: Bacaan Doa Harap Kesegaran bagi Batih dan Wirid N sogokan Tentara

Etik Keluar Flat

doa masuk rumah

Ilustrasi keluar rumah (Sumber: Shutterstock)

Ambillah, jika di atas tadi kita mutakadim berbicara mengenai adab masuk apartemen, kali ini kita akan melanjutkan dengan adab keluar rumah. Momen keluar apartemen, Anda dinasihatkan buat melaksanakan ibadah salat sunah dua rakaat. Sebab, mengutip Hadis Riwayat Al-Bazzar, salat membuat kita terhindar dari keresahan, kesulitan, dan provokasi.

“Jika anda keluar terbit rumah kamu dan melakukan salat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari kelainan dan kelainan di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukanlah salat dua rakaat, maka ia akan terlindungi berusul keburukan dan masalah di dalam.”

Artikel Terkait: 4 Doa kerjakan Suami yang Bekerja di Panggung Jauh hendaknya Lapang Peranakan

***

Padalah,
Parents, seyogiannya doa-doa di atas bisa membekali diri kita agar senantiasa selamat baik saat di dalam rumah dan di luar rumah.

Baca kembali:

4 Doa Saat Anak Guncangan, Lafalkan moga Buah Hati Parents Cepat Sembuh

3 Puji-pujian Nabi Ibrahim yang Bisa Parents Amalkan Setiap Hari

Bacaan Doa Sujud dan Keutamannya yang Bisa Parents Ajarkan kepada Anak asuh

Wacana Zikir Bercermin Berserta Artinya, Didik Momongan Menghafalkannya, Yuk!

Tolong Kesuksesan Suami, Ini Doa nan Boleh Bunda Amalkan

Doa Panjat Pesawat mulai sejak 6 Ajaran Agama di Indonesia, Sudah Menghafalkan?

Parenting bagi pusing? Yuk tanya bertepatan dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersuguh di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/doa-masuk-rumah