Doa Ketika Melayat Orang Meninggal

Momen mendengar publikasi cak semau orang yang meninggal dunia, biasanya kita akan menyabdakaninna lillahi wa inna ilaihi raajiuunyang artinya sesungguhnya kita adalah nasib baik Sang pencipta dan semuanya akan kembali pada Allah SWT. Selain itu, kita juga dianjurkan membaca doa bagi orang nan meninggal agar diringankan segala urusannya setelah wafat.

Doa untuk Basyar yang Meninggal Dunia Sesuai Sunnah

Doa untuk Orang Meninggal

Doa berikut dibaca saat shalat jenazah setelah tahmid ke-3. Doang bisa juga dibaca di asing shalat jenazah sebagaimana saat takziyah.

Doa untuk Orang Meninggal Jikalau Jenazahnya Laki-laki

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ


Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aafi-hi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqihi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdilhu daaron khoirom min daarihi, wa ahlan khoirom min ahlihi, wa zawjan khoirom min zawjihi, wa adkhilkul jannata, wa a’idzhu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin naar.

bacaan doa untuk orang meninggal

Doa buat orang meninggal.

Artinya:


“Ya Yang mahakuasa, ampunilah engkau, kasihilah anda, berilah engkau kemujaraban, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di gelanggang yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es.



Bersihkan anda dari segala apa kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan rok putih dari sempelah, berilah ganti rumah yang bertambah baik berbunga rumahnya (di bumi), berilah ganti keluarga (atau cem-ceman di surga) yang bertambah baik daripada keluarganya (di manjapada), istri gelap (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke kayangan, jagalah anda dari siksa kubur dan neraka.” (HR. Muslim).

Doa untuk insan meninggal di atas cangap juga dibaca saat Sholat Mayit setelah takbir ke-3.

Doa untuk Anak adam Meninggal takdirnya Jenazahnya Perawan

Doa untuk Orang Meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ



Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, wa akrim nuzuulahaa wawassi’ mad kholahaa ,waghsilhaa bil maai wats salji wal barodi, wa naqqihaa, minadz dzunubi wal khothooyaa kamaa naqqoits tsaubal abyadhu minad danas.



Wabdilha daarool khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa, wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min adzabil qobrii au min ‘adzaa binnaar

Artikel terkait:
4 Himpunan Doa Selamat Dunia Akhirat Serta Hari Terbaik Melafalkannya, Tulis!

Wirid untuk Orangtua nan Sudah Meninggal Dunia

doa untuk orang meninggal

Dalam Hadits riwayat Imam Orang islam dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda yan artinya:

“Seandainya seorang khalayak meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, guna-guna yang bermanfaat dan anak yang shaleh nan mendoakannya.”

Doa berpokok anak kepada orangtua akan sampai sekalipun orangtuanya telah meninggal mayapada. Oleh sebab itu, mudahmudahan kita selalu menzikirkan orangtua momen hidup dan sesudah meninggal seyogiannya amalnya enggak putus.

Berikut doa yang boleh dibaca anak kerjakan mendoakan kedua orang tuanya:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا


Rabbighfir lii, wa li waalidayya, warham humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.


Artinya:


“Rabi, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku katai.”

Puji-pujian tersebut tidak sahaja dikhususkan kerjakan orangtua yang sudah meninggal saja tetapi juga untuk orangtua kita yang masih hidup.

Hadits tentang Keutamaan Tahmid kepada Jenazah

Rasulullah SAW bercakap privat sebuah Hadis Riwayat Ad-Dailami nan berbunyi:



Seorang layon dalam kuburnya seperti orang tenggelam nan sedang meminta bantuan. Beliau menanti-kemudian hari zikir ayah, ibu, anak, dan kawan yang tepercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada bumi berikut barang apa isinya.



Dan sebenarnya Allah menganjurkan wirid penghuni dunia untuk pandai kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang nan arwah kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Yang mahakuasa bakal mereka dan bersedekah atas stempel mereka.

Artikel tercalit:
Marilah, baca doa anjuran mulai sejak Rasulullah agar terhindar dari berbagai penyakit

Keutamaan dan Kurnia Mendoakan Basyar yang Meninggal Dunia

Parents, memanjatkan doa lakukan khalayak yang sudah mangkat memiliki banyak keutamaan dan guna. Tidak hanya maslahat untuk mendiang, doang juga untuk kita yang memanjatkan. Melansir berbagai sumur, berikut manfaat dan keutamaan sebaik-baiknya:

  • Kasih positif ampunan alias dihapuskannya dosa-dosa orang meninggal ataupun insan nan memanjatkan tahlil.
  • Puji-pujian manusia nan dipanjatkan maka itu orang yang masih hidup ialah hadiah nan bertambah baik dibanding dunia dan seluruh isinya buat mereka yang sudah lalu tiada
  • Allah akan menjanjikan arena nyata kedewaan bagi orang yang memanjatkan wirid dan mereka nan mendapatkan doa baik dari hamba allah sekitarnya.

Itulah takbir buat orang meninggal dunia sesuai sunnah yang bisa Engkau baca detik melayat mayit beserta keistimewaan dan keutamaannya. Khusus doa buat orangtua, ajarkan kepada Si Katai dan minta anda mengamalkannya setiap hari terutama setelah shalat.

Sumber: NU Online

Baca pun:

Usia Kehamilan Sudah Start 7 Bulan? Jangan Lupa Bacakan Wirid Ini

Selain Mengonsumsi Ramuan semoga ASI Banyak, Coba Baca 5 Doa Ini!

Wirid supaya Suami Tidak Selingkuh, Sudahkah Bunda Praktikkan?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya serentak dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan lagi expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/doa-untuk-orang-meninggal

Posted by: gamadelic.com