Doa Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Niaga.com,
JAKARTA – Riuk satu ibadah yang tak akan terputus yaitu wirid momongan sholeh. Pecah pada terus berlarut kerumahtanggaan kesedihan saat ditinggalkan maka itu ibu bapak, bertambah baik buat mengirim ratib untuk orang tua yang telah meninggal.

Jika dilakukan setiap masa, selain jadi faedah untuk anak juga bisa menjadi kebaikan bakal ibu bapak. Mendoakan kedua orang tua dapat menjadi sebuah ketabahan dan kedamaian cak bagi ayah bunda di pan-ji-panji sana. Anak perlu untuk mendoakan insan tuanya ketika ayah bunda sudah lalu meninggal.

Lantas, apa ratib yang tepat untuk orang lanjut umur yang sudah tiada? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Doa Cak bagi Orang Lanjut usia Yang Sudah Meninggal Latin dan Terjemahannya

Berikut ini merupakan ratib untuk khalayak jompo meninggal dunia yang bisa dibacakan setiap hari.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا


“Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā”.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua turunan tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu mungil”.

Sesudah mengaji puji-pujian basyar bertongkat sendok yang mutakadim meninggal seperti di atas Engkau dapat melanjutkan dengan doa di bawah ini.

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘afihi aa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa  wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar”.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah bekas tinggalnya, luaskanlah perkembangan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk dan bersihkanlah kedua individu tuaku dari barang apa kesalahan seperti busana putih yang bersih dari kotoran. Gantilah tempat tinggalnya dengan bekas suntuk nan lebih baik daripada yang ditinggalkannya dan tanggungan yang lebih baik, semenjak nan ditinggalkannya pun. Masukkanlah kedua cucu adam tuaku ke suraloka dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan aniaya jago merah neraka”.

Selain membawa doa lakukan basyar lanjut umur meninggal, seorang momongan juga bisa mengerjakan beberapa hal dibawah ini ibarat wujud baktinya kepada ibu bapak yang sudah tiada.

  • Menepati ikrar yang belum terlaksana oleh orang tua semasa hidupnya dulu. Sebagai konseptual melaksanakan wasiat berasal ibu bapak, serta membayarkan hutang yang dimiliki oleh bani adam renta dan lain sebagainya.
  • Mendoakan kedua ibu bapak selepas melaksanakan salat lima waktu ataupun melaksanakan shalat sunnah.
  • Menyelenggarakan proses bagi pengurusan batang dimulai dari proses memandikan kunarpa, mengkafani jenazah, menyolatkan dan hingga proses penguburan jenazah.
  • Anak juga teradat memintakan magfirah kepada Sang Penyusun setelah melaksanakan shalat lima periode.

Mendoakan kedua ayah bunda selain dapat melepaskan rasa kangen juga menjadi pelecok satu rencana bakti dari anak kepada anak adam lanjut usia dan menjadi amal jariyah bagi orang tua. Mewiridkan kedua turunan tua bukan tidak cuma taat berziarah ke bersantap saja saja pula dapat dilakukan saban hari.

Setelah keberangkatan kedua ayah bunda ataupun salah satunya karuan bukan saja anak asuh sahaja yang merasakan benguk mendalam semata-mata ada kerabat serta saudara yang juga merasa kehilangan. Oleh karena itu anak harus saling menjaga untai silaturahmi seumpama bentuk bakti kepada ayah bunda nan telah tiada.

Itulah beberapa tahlil buat orang tua yang sudah meninggal yang boleh dibacakan saban hari untuk ayah bunda.


Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Mia Chitra Dinisari

Konten Premium



Source: https://lifestyle.bisnis.com/read/20220814/219/1566392/simak-doa-untuk-orang-tua-yang-sudah-meninggal-dan-artinya#:~:text=Artinya%20%3A%20%22Ya%20Allah%2C%20ampunilah%20dan%20rahmatilah%2C%20bebaskanlah%2C,putih%20yang%20bersih%20dari%20kotoran.