Doa Hari Raya Idul Fitri

Abiabiz.com – Bacaan doa niat sholat idul fitri dan idul adha. Sholat ied atau sholat masa raya merupakan sholat sunnah sekali dalam setahun nan dikerjakan bertepatan lega hari raya. N domestik Islam, terdapat dua periode raya ialah idul fitri atau lebaran dan idul adha alias periode raya kurban.

bacaan lafadz niat sholat idul fitri dan idul adha

Idul fitri dirayakan setiap tanggal 1 Syawal, sebelum puasa syawal dan setelah melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh umpama musim kemenangan kerjakan umat Islam yang berhasil menjalankan ibadah puasa sepanjang satu bulan munjung minus rantas.

Sedangkan idul adha adalah waktu raya nan serempak dengan ibadah haji. Idul adha pula disebut sebagai hari raya qurban karena hari tersebut adalah peringatan peristiwa Utusan tuhan Ibrahim AS diuji oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya sendiri, Nabi Ismail AS.

Ketika pisau sudah kreatif di leher Nabi Ismail, Tuhan SWT menggantinya dengan seekor kambing arab. Alhasil Nabi Ismail tidak kaprikornus disembelih dan Rasul Ibrahim hirap ujian yang membuktikan bahwa keyakinan serta ketaqwaannya kepada Almalik SWT melebihi apapun.

Baik sholat idul fitri alias sholat idul adha dikerjakan pada pagi hari sebelum ikut tahun dhuha, merupakan antara sekitar pukul 7 hingga 8 pagi dan didahului dengan membaca doa takbir selama malam mulai dari setelah sholat isya sampai timbrung waktu sholat id.

Kedua sholat masa raya tersebut n kepunyaan bacaan niat yang berbeda, namun sama-sama terjamah sebanyak 2 rakaat. Mandu mengerjakannya cacat farik dengan sholat lain, puas rakaat mula-mula membaca 7 boleh jadi bacaan takbir dan pada rakaat kedua mendaras 5 kali takbir.

Piagam al-quran nan dibaca setelah dokumen al-fatihah puas sholat idul fitri dan idul adha diutamakan nan tingkatan meski tidak ada larangan buat membaca surat yang kian pendek. Sholat ied harus dikerjakan secara berombongan di sajadah, lain bisa sendiri-sendiri.



Karsa Sholat Idul Fitri


niat sholat idul fitri

Sebelum melaksanakan sholat waktu raya ldulfitri, lebih lagi dulu kita mulai ke langgar dengan membaca doa berjalan menuju langgar. Saat hendak mulai sholat, bacalah lafadz doa karsa sholat idul fitri berikut ini. Privat bahasa arab, latin beserta artinya.


1. Niat Sholat Idul Fitri Makmum

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa.


Artinya:


“Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka’at sebagai ma’mum karena Almalik Ta’ala.”


2. Niat Sholat Idul Fitri Imam

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini imaaman lillaahi ta’aalaa.


Artinya:


“Saya kehendak sholat sunnah idul fitri dua raka’at sebagai rohaniwan karena Allah Ta’ala.”

Setelah selesai melaksanakan sholat idul fitri, umumnya umat muslim akan saling bertaut tangan-salaman dan saling memaafkan. Tidak tengung-tenging sepanjang jalan pulang cak bagi menyambangi flat kerabat atau saudara. Tujuannya adalah mempererat makao silaturahmi.



Niat Sholat Idul Adha


niat sholat idul adha

Berikut ialah lafadz doa niat sholat idul adha intern bahasa Arab, latin dan parafrase Indonesia.


1. Niat Sholat Idul Adha Makmum

أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى مَأْمُوْمًا للهِ تَعَــــــــالَى

Ushalli rak’ataini sunnata-li ‘iidil adl-ha ma’muuman lillahi ta’aala.


Artinya:


“Aku karsa melaksanakan shalat sunnah Idul Adha sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”


2. Niat Sholat Idul Adha Imam

أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى إِمَامًا للهِ تَعَــــــــالَى

Ushalli rak’ataini sunnata-li ‘iidil adl-ha imaaman lillahi ta’aala.


Artinya:


“Aku karsa melaksanakan shalat sunnah Idul Adha imam karena Allah Ta’ala.”

Setelah selesai sholat, acara dilanjutkan dengan kegiatan menjagal hewan kurban seperti sapi, kambing, domba atay kerbau dan membagikan dagingnya ke mahajana khususnya mereka yang tidak mampu.

Konklusi

Itulah wacana lafadz atau wirid niat sholat ied baik untuk sholat idul fitri plong hari raya lebaran tanggal 1 syawal dan sholat idul adha pada hari raya kurban tanggal 10 dzulhijjah. Mari sama-sederajat kerjakan sholat id karena kita hanya punya kesempatan sekali setahun kerjakan melaksanakannya.

Source: https://www.abiabiz.com/niat-sholat-idul-fitri-idul-adha/

Posted by: gamadelic.com