Dalil Tentang Adil Dan Jujur

Alquran. Foto Unsplash


Allah SWT telah memerintahkan kepada seluruh umat-Nya yang berketentuan untuk gelojoh bertaqwa dan berkata jujur. Pasalnya, seluruh kata-kata yang terucap akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat esok.


Mengutip buku

Objek Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Inferior VIII

oleh Dini Harwati, tujuan berasal berkata benar yakni apa nan ada di dalam

hati

dengan diucapkan sama. Perintah ini tertuang n domestik firman Allah pada piagam Al Ahzab ayat 70.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا


Artinya: “
Hai orang-orang nan beriman, bertakwalah dia kepada Sang pencipta dan katakanlah bacot yang benar.

Tafsir Surat Al Ahzab Ayat 70

Alquran. Foto Unsplash


Meringkas dari

Kata keterangan Ibni Katsir

maka itu Anak lelaki Abbas dan

Tafsir An-Nafahat Al-Makiyyah

oleh Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi, berikut ini interpretasi dari salinan Al Ahzab Ayat 70, yaitu:


Nilai pertama berpokok dokumen Al Ahzab ayat 70 ialah perintah taqwa. Allah SWT mensyariatkan kepada hamba-hamba-Nya yang

beriman

agar konsisten bertakwa kepada-Nya dan menyembah-Nya dengan penyembahan sebagaimana seseorang yang mengawasi-Nya.


Lalu, Sang pencipta juga menjanjikan pahala kepada mereka nan melakukan perintah-perintah-Nya dengan memperbaiki kebajikan ulah mereka.


Selain itu, Almalik juga akan mengampuni dosa-dosa mereka yang terdahulu. Sedangkan

dosa

yang akan mereka kerjakan di masa mendatang, Allah akan memberikan ilham cak bagi bertobat.


Poin kedua dari akta Al Ahzab ayat 70 adalah perintah bercakap yang ter-hormat dan jujur. Yang mahakuasa memerintahkan kepada umat Muslim untuk mengucapkan perkataan yang benar, nan bonafide, tidak bengkok, enggak pula berkepanjangan.


Maksudnya perkataan yang etis adalah membaca

Alquran
, berdzikir, beramar ma’ruf dan bernahi mungkar, mempelajari

ilmu

dan mengajarkannya, berusaha sesuai dengan kesahihan internal bermacam-macam masalah ilmiah, menempuh jalan yang mengarah kepadanya serta wahana yang dapat membantu kepadanya.


Selain itu, tuturan nan moralistis bisa nyata perkataan nan lembut dan halus detik merenjeng lidah dengan hamba allah lain dan ucapan yang mengandung ular-ular serta isyarat kepada nan lebih bermaslahat.


Masih berlandaskan buku

Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dan Fiil Pekerti Kelas VIII

oleh Dini Harwati, berkata teruji memang sulit dilakukan, tetapi bukan signifikan tidak boleh. Sang pencipta SWT mutakadim mengasihkan peringatan keras terhadap mereka yang bukan berkata dan bersikap andal lewat firman-Nya dalam surat Al Assaf ayat 2-3.


يـاَيـُّهَا الَّذَيـْنَ امَنُوْا لِمَ تَـقُوْلُـوْنَ مَا لاَ تَـفْعَلُـوْنَ. كَـبُرَ مَقْتـًا عِنْدَ اللهِ اَنْ تَـقُوْلُـوْا مَا لاَ تَـفْعَلُـوْنَ. الصف


Artinya: “
Hai orang-khalayak yang berkeyakinan, kok kamu mengatakan barang apa yang tidak engkau perbuat? Amat raksasa keirian di sisi Allah bahwa anda mengatakan apa-apa yang tiada kamu untuk.
” (QS. Al Assaf: 2-3).

Kandungan Surat Al Ahzab ayat 70

Alquran. Foto Unsplash


Mengutip situs resmi

Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
, berikut ini beberapa kandungan terbit Surat Al Ahzab ayat 70.


1. Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman agar bertaqwa kepada-Nya. Caranya dengan menjalankan perintah-Nya dan memencilkan segala tabu-Nya.


2. Allah memerintahkan kepada basyar-individu yang berketentuan agar bercakap mustakim dan benar, tidak berdusta, tidak mengomedikan, dan bukan menyimpang berusul kebenaran.


3. Iman tidak hanya keimanan dalam hati, tetapi juga mewujud dalam perbuatan. Iman akan melahirkan taqwa dan kejujuran.


4. Betapa pentingnya sebuah kejujuran hingga Allah menyebutkannya secara partikular. Meskipun hanya berkata jujur, itu sudah lalu termasuk adegan dari ketaqwaan.


5. Allah prospektif banyak kelebihan bagi basyar yang bertaqwa dan berkata jujur sebagaimana ayat di atas.

Daftar Isi > Al-Ahzab > Al-Ahzab 70

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

Arab-Latin:
Yā ayyuhallażīna āmanuttaqullāha wa qụlụ qaulan sadīdā

Artinya:
Hai orang-orang nan berkeyakinan, bertakwalah engkau kepada Allah dan katakanlah mulut yang benar,

« Al-Ahzab 69 ✵ Al-Ahzab 71 »

Ingin
pahala jariyah
dan bonus ki akal
Resep Rezeki Berlimpah?
Klik di sini bikin mendapatkan

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 70 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas yakni Surat Al-Ahzab Ayat 70 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasi beraneka penafsiran dari beragam jamhur mengenai makanan surat Al-Ahzab ayat 70, misalnya sebagaimana berikut:


Adverbia Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai orang-orang yang membenarkan Allah dan RasulNya serta melaksanakan SyariatNya, taatilah Allah dan jauhilah kemaksiatan kepadaNya, seyogiannya kalian tidak ditimpa hukumanNya, dan ucapkanlah internal segala urusan kalian dan keadaan kalian kata-kata yang lurus sesuai dengan legalitas, bersih berasal kedustaan dan kebatilan.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di asal pengawasan Syaikh Dr. Shalih kacang Abdullah bin Humaid (Pater Masjidil Haram)

70. Wahai basyar-sosok yang beriman kepada Allah dan melaksanakan syariat-Nya, bertakwalah kepada Allah dengan berbuat segala apa perintah-Nya dan menyingkir segala larangan-Nya serta ucapkanlah perkataan yang benar dan jujur.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim al-Qur’an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur’an Universitas Selam Madinah

70-71. Hai orang-hamba allah yang beriman kepada Allah dan Rasulullah, bertakwalah kepada Allah internal segala urusan kalian dan selalu berusahalah bersuara benar, niscaya Halikuljabbar akan memperbaiki dan mengakui amalan kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan barangsiapa yang senantiasa mentaati Allah dan Rasul-Nya maka ia akan meraih kemenangan yang besar.

Ingin
pahala jariyah
dan bonus gerendel
Pusat Alat pencernaan Berada?
Klik di sini buat mendapatkan


Zubdatut Kata keterangan Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Perkumpulan Islam Madinah
70. يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ اتَّقُوا۟ اللهَ (Hai manusia-cucu adam yang berkeyakinan, bertakwalah kamu kepada Tuhan) Dalam segala urusan. وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا(dan katakanlah perkataan yang bermoral)

Ialah perkataan yang sesuai pemberitahuan dan kebenaran privat segala urusan kalian, dan terdaftar di dalamnya adalah tuturan nan bersambung dengan Zaid polong Haritsah dan Zainab binti Jahsy. Dan janganlah kalian menyerang Nabi berbuat hal yang tidak lumrah baginya.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pandai fiqih dan tafsir kewedanan Suriah

70. Wahai orang-orang muslim: Lever-hatilah dengan siksa Almalik dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi maksiat. Berkatalah dengan perkataan yang baik dan bermoral


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah kedelai Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Selam Madinah

{Duhai orang-orang yang berkepastian, bertakwalah kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar} yang benar dan tepat

Ingin
pahala jariyah
dan bonus buku
Rahasia Ki gua garba Gemuk?
Klik di sini untuk mendapatkan


Tafsir as-Sa’di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, pakar kata tambahan abad 14 H

70. Halikuljabbar mewajibkan kaum Mukminin untuk bertakwa kepadaNya dalam seluruh kondisi mereka, lahir dan batin. Semenjak takwa itu Tuhan mengkhususkan dan menyunnahkan bagi berucap benar, yaitu perkataan yang sependapat dengan yang sopan maupun mendekati keabsahan di saat sesuatu nan meyakinkan itu udzur (sulit dipastikan), berwujud wacana, dzikir, amar ma’ruf, nahi mungkar, mempelajari guna-guna dan mengajarkannya, berupaya maksimal kerjakan memperoleh yang tepat privat keburukan-masalah ilmiah, dan setiap alat angkut nan kontributif untuknya. Dan termasuk perkataan yang benar yaitu berkata lembut dan santun dalam berbicara kepada orang lain dan perkataan yang mengandung nasihat dan bimbingan kepada apa nan lebih kemustajaban.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad polong Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ahzab ayat 70: Wahai orang-orang yang beriman kepada Halikuljabbar dan Rasul-Nya ﷺ : Jadikan antara kalian dan antara adzab Allah penghambat dengan mengamalkan perintah-perintah-Nya dan memencilkan pantangan-pemali-Nya, katakanlah oleh kalian perkataan nan moralistis dan adil n domestik setiap urusan kalian dan muamalah kalian.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Halikuljabbar Subhaanahu wa Ta’aala menerintahkan kabilah orang islam mudah-mudahan bertakwa kepada-Nya kerumahtanggaan setiap situasi mereka, ketika sembunyi atau terang-terangan. Demikian pula mengajak mereka berkata benar, yakni perkataan yang sesuai kebenaran ataupun mendekatinya ketika sulit dipastikan. Termasuk ke intern perkataan yang bermoral yaitu membaca Al Qur’an, berdzikr, beramar ma’ruf dan bernahi mungkar, mempelajari ilmu dan mengajarkannya, berusaha sesuai dengan kebenaran dalam berbagai masalah ilmiah, menempuh jalan yang mengarah kepadanya serta wahana nan dapat kondusif kepadanya. Termasuik congor nan moralistis pula adalah ucapan yang kecil-kecil dan lumat ketika berkata dengan orang tak dan ucapan yang mengandung nasihat serta pertanda kepada yang lebih bermaslahat.

Ingin
pahala jariyah
dan bonus buku
Rahasia Rahim Mewah?
Klik di sini bagi mendapatkan


Tafsir Pendek Kementrian Agama RI / Sertifikat Al-Ahzab Ayat 70

70-71. Allah lantas meminta turunan nan beriman agar berkata benar. Wahai orang-orang yang beriman! bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang etis dan tepat sasaran. Jika anda mengerjakan peristiwa tersebut, niscaya Sang pencipta akan membetulkan amal-amalmu dengan mempermudah jalanmu untuk mengerjakan baik dan bertobat, dan meng-ampuni dosa-dosamu. Dan barang bisa jadi menaati Allah dan rasul-Nya, maka sungguh dia memenangi dengan kemenangan yang agung. Engkau akan memperoleh ampunan Yang mahakuasa dan mendapatkan surga

Mau
pahala jariyah
dan bonus buku
Rahasia Rezeki Berlimpah?
Klik di sini lakukan mendapatkan

Itulah beraneka penafsiran terbit berbagai rupa ulama kata tambahan berkaitan kandungan dan kepentingan surat Al-Ahzab ayat 70 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat buat kita. Support syi’ar kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini ataupun ke halaman depan TafsirWeb.com.


Dapatkan pahala jariyah

dengan mengajak mengaji al-Qur’an dan tafsirnya. Plus
dapatkan bonus
resep digital
“Siasat Rezeki Berada”
secara 100% free, 100% gratis

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke
minimal tiga (3) group WhatsApp
yang Ia ikuti:

Nikmati kemudahan dari Halikuljabbar Ta’ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Habis klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg bercelup biru, maka akan keluar adverbia komplet untuk ayat tersebut:

*Bantu share info berharga ini*


Setelah Kamu melakukan

hal di atas, klik tombol “Dapatkan Bonus” di pangkal:

Source: https://ujiansekolah.org/tuliskan-dalil-tentang-jujur-surah-al-ahzab-33-70/

Posted by: gamadelic.com