Daging Babi Haram Dimakan Karena

5 Ayat Al-Quran Tentang Babi
5 Ayat Al-Quran Tentang Kartu ceki

AlQuranPedia.Org – Babi adalah salah satu hewan yang diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Nangui adalah hewan nan haram lakukan dimakan dan dipelihara umat Islam. Mungkin ada nan bertanya, kenapa babi itu diciptakan, kan tidak ada manfaatnya? Masya Allah. Sepantasnya setiap reka cipta Sang pencipta ada hikmahnya.


Dan Kami tidak menciptakan langit dan dunia dan apa yang suka-suka antara keduanya dengan bertindak-main. Kami lain menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (Q.S. Ad-Dukhaan : 38-39)



(Baca Juga : 13 Ayat Al-Quran Mengenai Burung)

Namun kali kita nan tidak luang manfaatnya. Kalaupun enggak terserah manfaatnya, kita tidak pantas bertanya kenapa Tuhan mengamalkan sesuatu. Terserah Allah mau melakukan apa.


Maha Kuasa berbuat segala yang dikehendaki-Nya. (Q.S. Al-Buruuj : 16)



Allah lain ditanya barang apa yang Dia perbuat. Sahaja kitalah yang ditanya.


Dia tidak ditanya tentang segala apa yang diperbuat-Nya dan merekalah nan akan ditanyai. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 23)



Pada catatan kali ini kita akan membahas akan halnya ayat-ayat Al-Alquran mengenai babi. Simak selengkapnya di bawah ini.

1


Sepantasnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang nan (ketika disembelih) disebut (label) selain Halikuljabbar. Tetapi barangsiapa internal keadaan terdesak (memakannya) sedang dia tak menginginkannya dan tak (lagi) melampaui batas, maka tidak suka-suka dosa baginya. Sepantasnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Pemurah. (Q.S. Al-Baqarah : 173)


2


Diharamkan bagimu (meratah) batang, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, nan terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam satwa buas, kecuali yang luang beliau menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih cak bagi berhala. Dan (diharamkan juga) menala nasib dengan anak asuh panah, (mengundi nasib dengan anak kilat itu) merupakan kefasikan. Lega periode ini cucu adam-orang kafir telah putus terka kerjakan (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan cak bagi kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu mak-nyus-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu makara agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja mengerjakan dosa, sesungguhnya Yang mahakuasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Maa’idah : 3)


3


Katakanlah: “Apakah akan aku beritakan kepadamu mengenai turunan-orang nan makin buruk pembalasannya berpokok (manusia-anak adam fasik) itu disisi Allah, yaitu individu-orang nan dikutuki dan dimurkai Halikuljabbar, di antara mereka (ada) yang dijadikan anjing dan babi dan (orang nan) menyembah thaghut?.” Mereka itu kian buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (Q.S. Al-Maa’idah : 60)


4


Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bikin anak adam yang hendak memakannya, kecuali kalau kandungan itu bangkai, atau bakat nan bersirkulasi atau daging babi – karena selayaknya semua itu kotor – ataupun binatang nan disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pun) melintasi batas, maka sepantasnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al-An’aam : 145)


5


Sesungguhnya Sang pencipta semata-mata mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut keunggulan selain Tuhan; doang barangsiapa yang tertekan memakannya dengan tidak menganiaya dan enggak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Pemurah. (Q.S. An-Nahl : 115)

Itulah plural ayat Al-Quran nan membahas tentang babi. Semoga ayat-ayat di atas menambah guna-guna dan butir-butir kita terhadap Al-Quranul Karim.

(Baca Lagi : 14 Ayat Al-Alquran Akan halnya Hujan)

Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 29 Rabiul Awwal 1439 Hijriyah/18 Desember 2022 Masehi.

Source: https://www.alquranpedia.org/2018/07/5-ayat-al-quran-tentang-babi.html

Posted by: gamadelic.com