Contoh Sikap Yang Mencerminkan Sila Pertama Pancasila




Pancasila


merupakan ideologi atau dasar falsafah negara Indonesia. Nilai-skor yang dimuat dalam Pancasila menjadi penopang sinkron pedoman hidup masyarakat


Indonesia


buat menjalani nyawa.


Pancasila sendiri diambil pecah bahasa Sansekerta, di mana


lima


penting lima dan


sila


artinya prinsip atau asas. Penetapan Pancasila sebagai dasar negara dilakukan pada sidang PPKI I, 18 Agustus 1945.


Pelecok suatu sila yang dimuat intern Pancasila yakni Ketuhanan nan Maha Esa. Sila purwa itu memiliki arti bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus menerima keberadaan Tuhan, Sang Penggarap. Seluruh awam harus menyambut pengapit pada Allah melalui agamanya masing-masing.


Cerminan sila permulaan bisa dilihat dari sikap dan tindakan kita. Lantas, apa saja contoh sikap nan menunjukkan sila pertama intern kehidupan sehari-masa? Simak ulasannya berikut.

Garuda Pancasila. Foto: Antara/Muhammad Iqbal


Meyakini Tuhan Yang Maha Esa


Menolak keberadaan Tuhan berarti melanggar sila pertama dalam Pancasila. Untuk itu, kita perlu mengimani dan mengakui keberadaan Tuhan dengan mempercayai adanya agama. Dengan begitu, kita boleh menjalani roh dengan tujuan yang jelas.


Memeluk Agama


Selain berkepastian kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita juga harus memeluk agama. Ada enam agama nan diakui di Indonesia, yaitu Islam, Serani, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Dari heksa- agama tersebut, kita harus memeluk salah satunya dan menjadikannya sebagai identitas.


Ketegaran Terhadap Agama Lain


Keberagaman agama yang cak semau di Indonesia harus dijalani dengan penuh ketegaran. Kita harus menghormati pemeluk agama tak dan menghargai perayaan hari besar mereka. Selain itu, kita lagi enggak boleh memaksakan orang lain bagi menganut agama tertentu.


Menjalankan Ibadah


Sila pertama bisa tercermin intern spirit ibadah kita. Penting bagi awam untuk kukuh, tekun, dan betapa-sungguh beribadah. Lalu, kita lagi harus menghindari kejadian-situasi yang dilarang maka dari itu agama.

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/4-contoh-sikap-yang-menunjukkan-sila-pertama-pancasila-1ttENpIXgdc