Contoh Sikap Sila Ke 1

Sebagai pelajar sekaligus warga negara yang baik, perlu tahu contoh pengamalan sila 1 sampai 5 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai pelajar sambil pemukim negara yang baik, wajib tahu contoh pengamalan sila 1 sampai 5 Pancasila intern kehidupan sehari-perian. (Foto: iStockphoto/Niko Mufrida)

Jakarta, CNN Indonesia

Setiap pelajar perlu tahu lengkap pengamalan sila 1 hingga 5

Pancasila


kerumahtanggaan kehidupan sehari-hari, sebagaimana di keluarga atau rumah, sekolah, hingga masyarakat.

Sebab, Pancasila sebagai dasar negara n kepunyaan makna dan kredit nan luhur. Hal ini bukan belaka memberi identitas kepada nasion dan negara, semata-mata dijadikan sebagai pedoman aturan dan perbuatan buat masyarakatnya, tercantum kaum

murid


dan generasi muda calon penerus bangsa.


Berikut contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila 1-5 dalam keseharian di lingkungan rumah, seputar, hingga publik.

1. Pengamalan Sila ke-1

Melansir situs resmi Tubuh Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), bunyi sila ke-1, yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila ini punya makna bahwa negara menjatah ruang kepada mahajana buat mewujudkan kerukunan roh antarumat beragama.

Nilai yang terkandung dalam sila ke-1, adalah masyarakat Indonesia percaya dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Selain itu, masyarakat diharapkan bisa membina kerukunan beragama, memuliakan pembantu bani adam tak, dan tidak memaksakan suatu agama tertentu kepada individu lain.

Berikut komplet pengamalan sila ke-1 di lingkungan publik dan tanggungan.

  1. Mengagungkan ari-ari, teman, guru, sampai tetangga yang farik agama
  2. Tidak menjadikan perbedaan agama laksana guri kerjakan berteman dan beramah-tamah
  3. Menghormati dan menghargai hari-periode raksasa keagamaan uri, bandingan, dan tetangga yang farik agama


2. Pengamalan Sila ke-2

Sila ke-2 berbunyi “Kemanusiaan yang independen dan berbudaya”. Makna di dalam sila ini adalah bangsa Indonesia menjunjung pangkat nilai kemanusiaan bagi seluruh masyarakatnya.

Ponten yang terkandung kerumahtanggaan sila ini, yakni masyarakat Indonesia harus mengakui persamaan derajat, milik, dan barang bawaan asasi setiap manusia tanpa melepaskan suku, keturunan, agama, kepercayaan, macam kelamin, kedudukan sosial, rona kulit, dan lainnya.

Masyarakat Indonesia juga harus saling tenggang rasa, tidak semena-mena, berani membela kebenaran dan keseimbangan, dan saling menghormati satu sama bukan.

Berikut contoh pengamalan Pancasila sila ke-2.

  1. Enggak mengejek dan melecehkan sesama teman
  2. Membantu dan menghormati orang tua dan saudara di kondominium
  3. Berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan di sekolah maupun publik


3. Pengamalan Sila ke-3

Bunyi sila ke-3 adalah “Persatuan Indonesia”. Sila ini punya makna masyarakat Indonesia harus cak acap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Darurat kredit nan terkandung, yakni masyarakat Indonesia harus menggesakan persatuan, kesatuan, serta kepentingan nasion dan negara di atas faedah pribadi dan golongan.

Masyarakat Indonesia harus memiliki rasa cinta terhadap Watan, bangsa akan bangsa, menerapkan asas Bhinneka Individual Ika, dan menjaga kedaulatan, perdamaian abadi, serta keadilan sosial.

Berikut contoh pengamalan Pancasila sila ke-3.

  1. Bosor makan menjaga kerukunan dengan sesama anggota batih di rumah
  2. Menjadi perwakilan sekolah saat mengikuti lomba maupun acara tertentu
  3. Berpartisipasi dalam kerja bakti di mileu RT/RW


4. Pengamalan Sila ke-4

Sila ke-4 memiliki bunyi “Demokrasi nan dipimpin maka itu hikmat, kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Makna sila ini adalah negara menganut azas perundingan untuk mencapai intensi bersama.

Nilai yang terkandung, seperti setiap pemukim negara punya kedudukan, hak, dan kewajiban yang proporsional, sehingga tidak boleh saling memaksakan kehendak.

Selain itu, sila ini sekali lagi berisi angka agar umum besar perut menjunjung tataran kelebihan bersama melalui musyawarah, bukan kepentingan pribadi. Hasil ura-ura pun harus dipedulikan dengan keikhlasan.

Berikut komplet pengamalan sila ke-4.

  1. Setiap masalah keluarga maupun di lingkungan diselesaikan dengan musyawarah
  2. Jika cak semau problem di lingkungan, harus dirundingkan bersama dan tidak main penengah sendiri
  3. Saat melakukan kerja keramaian, masing-masing pelajar mengerjakan penggalan yang telah disepakati bersama


5. Pengamalan Sila ke-5

Bunyi sila ke-5, yaitu “Keseimbangan sosial lakukan seluruh rakyat Indonesia”. Makna dari sila ini yakni setiap publik memiliki hak dan beban nan sekelas di mata negara.

Kerumahtanggaan sila ke-5 terkandung nilai-nilai positif gotong royong, kekeluargaan, silih menghormati hak dan kewajiban masing-masing, suka menolong, enggak memperalat kepunyaan dan kewenangan untuk merugikan bani adam lain, dan saling menghargai.

Berikut komplet pengamalan Pancasila sila ke-5

  1. Bersikap adil kepada sesama teman tanpa mengkhususkan agama, suku, dan lainnya
  2. Menghargai hasil karya orang lain
  3. Mengasihkan sambung tangan kepada oponen yang semenjana kesusahan

Demikian teoretis pengamalan sila 1 sampai 5 Pancasila n domestik vitalitas sehari-hari. Kiranya bermanfaat.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221115092155-569-873808/contoh-pengamalan-sila-1-5-pancasila-dalam-kehidupan-sehari-hari

Posted by: gamadelic.com