Contoh Sikap Persatuan Dan Kesatuan Di Sekolah

Merajut persatuan dan kesatuan dengan ritual. Foto: Flickr


Kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesendirian di sekolah dapat bermanfaat untuk siswa. Tak hanya membangun karakter generasi muda Indonesia, namun juga meningkatkan disiplin dan kerjasama di


sekolah

.


Generasi muda


Indonesia


kini menjadi tumpu buat masa depan, terlebih di era teknologi yang semakin canggih. Generasi cukup umur dituntut harus siap dengan tantangan tersebut.


Seperti yang dikatakan makanya Jenderal TNI Leonardus Benyamin Moerdani internal bukunya yang berjudul


Menegakkan Persatuan dan Ahadiat Bangsa,


menumbuhkan persatuan dan keekaan di lingkungan


pendidikan


wajib ditegakkan demi membaktikan ilmu dan pengetahuan buat bangsa dan negara.


Berikut kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan keekaan di sekolah, yang berguna bakal futur murid.


1. Berbuat Pekerjaan Kelompok Bersama


Pekerjaan gerombolan membutuhkan banyak kepala untuk menyelesaikannya. Setiap anggota seharusnya melakukan tugas-tugas yang sudah dibagi-bagi.


Selain itu, keseleo satu anggota kelompok bukan boleh melimpahkan beban tugasnya ke anggota yang tidak. Keadaan tersebut enggak mencerminkan sikap persatuan dan ketunggalan, serta enggak bertanggung jawab.


Penting untuk tak memandang anggota kelompok menurut kaki ataupun agamanya. Terbit situlah sikap persatuan dan kesatuan muncul secara otomatis.


2. Gotong Royong Ketika Menerangkan Kelas


Bentuk persatuan dan wahdah dengan gotong royong membersihkan akomodasi sekolah. Foto: Flickr


Papan bawah atau sekolah yang murni akan menciptakan menjadikan kegiatan belajar mengajar kian bersemangat. Kegiatan membeningkan kelas seharusnya dilakukan dengan cara bergotong royong.


Tidak cuma mengerapkan waktu membeningkan kolom kelas, kegiatan ini bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan.


Bahkan, hidup gotong royong ini kembali terkait dengan ciri-ciri kerakyatan, persatuan, kesetiakawanan, demokrasi, dan persatuan, seperti yang dinyatakan oleh Sri Widayati dalam bukunya yang berjudul


Gotong Royong

.


3. Ritual Bendera


Tidak bisa dipungkiri, upacara umbul-umbul yang dilakukan setiap Senin pagi tersurat n domestik kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan wahdah di sekolah.


Momen upacara, peserta dan siswi spontan mendayukan lagu nasional, mendengarkan pidato berasal pemimpin seremoni, dan setinggi-seimbang menerimakan hormat plong Sang Saka Merah Putih.


Dengan demikian, upacara bendera berlimpah meningkatkan persatuan dan keesaan karena siswa dituntut bakal melakukan kejadian yang sama sonder memandang perbedaan karakter plong satu sama lain.


4. Ubah Menghormati Perbedaan dan Menghargai Pendapat Anak adam Lain


Satu lagi kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan di sekolah adalah himbauan untuk menghormati perbedaan dan menghargai pendapat orang lain.


Menerobos himbauan tersebut, siswa dituntut untuk tak merendahkan atau mencela segala apa yang dipercaya makanya pelajar lain. Selain harus menghormati latar birit orang lain, menghargai pendapat insan enggak adalah salah satu bentuk memelihara persatuan dan kesatuan.

Source: https://kumparan.com/kabar-harian/kegiatan-yang-mencerminkan-sikap-persatuan-dan-kesatuan-di-sekolah-1wGVGESvsDC