Contoh Makanan Halal Menurut Islam

Fikih Kuliner: Makanan Halal dan Segar Menurut Islam


26/11/2019


Afkar

Islam agama ideal dan sempurna yang mengeset turunan dari siuman tidur hingga tidur lagi Terdapat relasi hukum dan hikmah agama sebagai resep ikat dan resep pikat bani adam supaya berbuat sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan Akan tetapi semua rangkaian ikatan dalam lis syariat tersebut enggak bertujuan buat memberatkan basyar Agama hadir cak bagi mengelola tata atur sebuah kehidupan yang meniscayakan terbentuknya keseimbangan dan harmoni semangat Adanya keserasian kehidupan yang sejalan dengan kodrat manusia yang pada dasarnya baik Makan dan minum seumpama aktivitas anak adam sehari hari diatur secara detail privat Islam karena dua hal ini sebagai sumur guna orang untuk mengalir menjalankan kegiatan sehari hari Tubuh harus disuplai gizi dan nutrisi yang cukup gizi dan nutrisi ini ada pada makanan Mau atau tidak mau cucu adam harus makan dan sekali lagi minum Baca sekali lagi Datanglah ke Bandarsah Hidupmu Bintang sartan Bahagia Penuh Berkah Tersurat dalam aktifitas konsumsi Islam mengatur manusia agar bisa memperoleh makanan sebagai kekuatan jasmani beribadah kepada Almalik Pendeta Ghazali bersabda tidak terserah jalan untuk sebatas kepada Yang mahakuasa kecuali dengan mantra dan darmabakti ilmu dan amal hanya bisa diraih oleh awak yang bugar kerjakan menjaga awak yang sehat harus makan rahim nan bergizi sebanding dan tidak berlebih lebihan karena memuati rezeki dengan kadar kian akan mendatangkan penyakit Ihya Ulumiddin II 2 Dalam konteks ini sebenarnya Islam memposisikan aktifitas kuliner adegan pecah persoalan agama Lebih tepatnya seperti yang akan dinyatakan dalam ayat berikutnya aktifitas makan dan minum adalah bagian dari ibadah Tuhan memerinthakn cucu adam untuk makan dengan standar yang baik dan protokoler Karena itulah memakan sesuatu yang tak baik dan tidak sahih adalah bagian dari melanggar resan agama Bagaimana konsepsi kas dapur menurut Islam Pentingnya Pendekatan Fikih n domestik Makanan Artinya Hai simultan turunan makanlah yang konvensional lagi baik dari segala yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah syaitan karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang kasatmata bagimu QS Al Baqarah 168 Artinya nan menyuruh mereka berbuat yang ma ruf dan melarang mereka berpokok mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan untuk mereka segala nan buruk QS Al A raaf 157 Baca juga Keterangan Aliansi Kemanusiaan Menjadikan Agama sebagai Sukma Perdamaian Dua ayat di atas menjadi pedoman bagi umat Islam kerumahtanggaan melakukan aktifitas kuliner baik memproduksi ataupun mengkonsumsi nafkah Kriteria makanan dan minuman nan baik menurut Islam halal baik dan kalis Kriteria ini umum karena dengan akalnya manusia akan bakir menterjemah dengan baik taktik daya pikiran dari ayat Allah yang turun ke bumi Biarpun demikian menafsirkan ayat ayat tersebut tidak dapat radiks asalan ada aturan mainnya sehingga metamorfosis wahyu Ilahi sesuai dengan barang apa yang menjadi cita cita sang khaliq Ushul Fiqih memainkan peran sentral di sunyi ini umpama manhajul fikr metode berpikir buat memproduksi hukum yang diambil berasal ayat ayat alqur an dan hadits hasil dari dagangan inilah yang kemudian diberi label fiqih Kenapa terdepan ushul fikih privat persoalan kuliner Dalil akan halnya rahim yang halal dan baik menurut Islam intern Quran masih dijelaskan secara publik belum terperinci Di samping itu Islam merambah ke bermacam rupa belahan bumi nan meniscayakan umat beradu dengan ulah kuliner tersendiri masing masing area Tinggal apakah semua alat pencernaan itu terserah dalilnya n domestik qur an dan hadist Di sinilah fikih menjadi arena utama bagi menafsirkan dan menggali dalil untuk dijadikan produk syariat intern persoalan kuliner Baca juga Larangan Mencela Sesembahan Non Muslim Begitu juga pada dua ayat di atas lafadz thayyiban dan khabaaits keduanya tidak menunjuk suatu objek tertentu masih umum dan tidak jelas arahnya ghoiru al wadihi al dalalah Lafadz yang mondial mujmal masih butuh penjelasan dari penunjuk enggak mubayyin Penjelasan terhadap ayat model ini dikembalikan pada al qur an lagi dengan pendirian mencari p versus ayat yang mengklarifikasi lebih rinci berikutnya dikompromikan dengan hadits lalu ijma konsensus cerdik pandai dan terakhir Qiyas Qiyas adalah penggalian kias dua kasus yang satu ada dalilnya sementara yang satu lagi bukan suka-suka dalilnya namun keduanya memiliki illat nan serupa Khamar dan Bir misalnya nan setinggi sama punya potensi memabukkan Pola hukum fiqih yang dihasilkan dengan metode ini yaitu apa yang dituangkan maka dari itu Imam Abi Zakariya Yahya pada saat menerangkan hewan nan bisa dikonsumsi khalayak adalah hewan yang habitatnya di laut dan di darat Tentatif hewan laut yang dapat dimakan adalah segala jenis ikan sungguhpun ikan tersebut mutakadim lengang karena bukan ada persyarat harus disembelih untuk ikan Tentatif untuk binatang darat adalah sato ternak pada umumnya ayam itik sapi mahesa kuda dan unta Minhaaju al Thalibiin wa umdatul muttaqin 322 Tata Cara Makan Dalam Islam Sebagian cerdik pandai menyatakan bahwa makan adalah bagian bersumber agama Ungkapan ini didasarkan pada firman Allah makanlah lambung kandungan yang baik dan kerjakanlah amal kebajikan kekuatan Karena makan bagian bermula agama maka ada adab atau sopan santun yang harus dipatuhi semoga kegiatan sehari hari ini lain hanya memenuhi hasrat perut belaka melainkan makin mulai sejak itu memperoleh pahala bagaikan bentuk ibadah kepada Almalik Sebelum makan harus mencuci tangan dan disarankan berwudhu dulu Kebersihan juga menjadi manah serius intern agama Islam kebersihan atau thaharah menjadi perbincangan utama jamhur ulama fiqih topik ini selalu dihadirkan di penggalan paling awal setiap karya mereka Terdapat permasalahan tak doang bersesuci seperti wuhdu hanya fikih juga menata cara mensucikan najis wadah nan kena najis dan persoalan bagaimana menggunakan bekas dari emas dan argentum Berikutnya mendaras basmalah di saat mau menyantap lambung Semua yang kita nikmati merupakan nikmat dari Sang pencipta maka nikmatilah pemberian tersebut atas etiket Nya Lebih-lebih penuturan dengan menjuluki nama Halikuljabbar dinasihatkan disetiap suapan dan agak mengeraskannya supaya orang tidak mendengarnya pula Tujuannya biar detik makan selalu sadar Allah Baca lagi Bukan Anak Durhaka Ketika Menunda Perintah Orang Tua untuk Bom Matikan Diri Berikutnya makan dengan kepercayaan dan tidak boleh mencuil rahim selain yang terhidang di hadirat kita Apabila hendak berbagi makanan dengan orang lain tawarkan dulu tembolok tersebut apakah nan bersangkutan berkenan atau bukan Jangan bersantap dengan menggunakan pisau seperti tradisi makannya orang orang Eropa Tidak etis pula hingga ke dan mencolek makanan kecuali kalau alat pencernaan itu ter-hormat sopan akan dimakan Satu hal pun dan ini penting karena menyangkut ciptaan Allah adalah terlampau dilarang mencaci makanan baik karena tidak suka dengan menunya atau karena sebab lain Rasululllah seperti mana diceritakan dalam hadist bahwa episode berbunga tata krama anda adalah tidak pernah mencacat tembolok Al Husein r a cucu Rasulullah Saw menuturkan keluhuran budi pekerti beliau Ia berkata Aku bertanya kepada Ayahku tentang etik dan etika Rasulullah Shallahu alaihi wa Sallam terhadap makhluk makhluk yang bergaul dengan kamu Ayahku menuturkan Beliau senantiasa tersenyum berbudi pekerti sedarun rendah hati anda bukanlah seorang yang bergairah bukan suka berteriak teriak bukan tukang cela bukan senang mencela makanan yang tidak disukainya Siapa saja mengangankan pasti tak akan kecewa dan siapa saja yang menunaikan janji undangannya tentu akan senantiasa puas HR Tirmidzi Selain itu kulit atau ponten biji pelir buahan tidak boleh dicampur dan diletakkan dalam piring yang berisi makanan lain seperti mana daging atau nasi Sesaat setelah selesai bersantap mengucapkan kalimat hamdalah bagaikan rasa terima kasih kita kepada Allah atas rizqi yang telah diberikan kepada kita Dan selepas makan disarankan jangan berdiri dan berputih pergi sebelum hidangan dibereskan dan dibersihkan Ihya Ulumiddin II 5 6 Wallahu A lam Penyalin Faizatul Ummah

Check Also

duduk di kuburan

Ketika Ziarah, Bolehkah Duduk di Peristirahatan terakhir?

Meskipun arus puritanisasi  mengklaim ziarah kubur adalah seremoni bid’ah, tapi tidak banyak muslim nusantara yang …

shalat ghaib korban bencana

Shalat Ghaib cak bagi Korban Bencana

Pada copot 4 Desember 2022 mutakadim terjadi eskalasi aktifitas vulkanik di giri semeru. Keadaan itu …

Source: https://islamkaffah.id/fikih-kuliner-makanan-halal-dan-sehat-menurut-islam/

Posted by: gamadelic.com