Contoh Interaksi Sosial Kelompok Dengan Kelompok Adalah

tirto.id – Sulit membayangkan ada individu yang tidak berbimbing dengan hamba allah lain kadang kala sejak lahir hingga ia menemui ajal. Mana tahu saja hal itu bisa terjadi, seperti momen seseorang menghabiskan hari hidupnya sendiri di sebuah pulau terpencil tanpa penghuni, tetapi nyaris tidak kelihatannya dalam situasi normal. Setiap makhluk, secara umum, akan melakukan interaksi dengan manusia lainnya.

Sebagai makhluk sosial, hamba allah sreg dasarnya tidak dapat roh sendiri: kamu selalu kontol anak adam tidak. Karena itu, interaksi sosial menjadi alun-alun kajian utama dalam ilmu sosiologi mengingat proses itu merupakan salah satu zarah penggubah masyarakat.

Mencuplik penjelasan buku
Hobatan Sosial Budaya Dasar
(2017:95) karya Elly M. Setiadi dkk, interaksi sosial tertentang intern jiwa sehari-perian, saat akrab semua orang tak bisa copot semenjak hubungan dinamis dengan makhluk lainnya.

Gabungan tersebut membuat orang-orang tukar memengaruhi, menyangkal, memberi manfaat atau sebaliknya. Maka, interaksi yang terjadi antar-insan sebenarnya merupakan proses komunikasi yang ubah memengaruhi dalam rupa tindakan maupun pikiran.

Interaksi antar-manusia tersebut berujung kepada terbentuknya kelompok-kerumunan sosial. Bervariasi kerumunan sosial yang ada di masyarakat kemudian saling berinteraksi kembali.

Dalam guna-guna sosiologi, mengutip laman
Libretexts, interaksi sosial dipahami sebagai proses yang boleh terjadi secara tidak disengaja atau direncanakan, repetitif, dan teratur. Interaksi sosial juga selalu melibatkan 2 orang maupun makin maupun 2 kelompok atau lebih.



Proses interaksi ini menjadi dasar terbentuknya struktur sosial dan budaya internal masyarakat. Sebab, berusul adanya interaksi antar-basyar ataupun antar-kelompok, terbentuk institusi sosial serta peraturannya, dan kemudian kembali sistem (awam) tempat manusia hidup.

Infografik SC Contoh Interaksi Sosial

Infografik SC Sempurna Interaksi Sosial. tirto.id/Fuad

Di kelompok sosial dengan sangkut-paut suntuk karib semacam keluarga, misalnya, paling kecil perlu terjadi interaksi antara suami dengan ayutayutan bagi membangun satu unit terkecil internal awam. Interaksi antara suami dengan candik akan menghasilkan aturan-aturan internal kerumahtanggaan keluarga, kebiasaan yang berulang, hingga kaidah berdeging nyawa.

Dalam ilustrasi sederhana, dengan melakukan interaksi sosial, manusia bisa ubah membantu agar bisa bertahan hidup. Model kecilnya, turunan-cucu adam pergi ke pasar serta membeli barang berusul petualang karena mereka lapar dan penis makan. Para pengembara di pasar lagi mendapat manfaat bersumber para obat, maujud uang yang dipakai bagi berseregang hidup pula.

Jadi, interaksi sosial melahirkan afiliasi imbang-perot antara pihak-pihak nan melakukannya. Hubungan timbang-balik itu tidak saja terjadi dalam interaksi antar-individu.

Apabila dilihat dari pelakunya, interaksi sosial boleh dibagi menjadi 3 jenis, yakni interaksi orang dengan individu, ineteraksi sosok dengan kelompok, dan interaksi kelompok dengan kerubungan. Segala apa sahaja pola 3 jenis interaksi sosial itu dalam kehidupan masyarakat? Berikut ini perincian jawabannya.

1. Teoretis Interaksi Sosial Individu dengan Individu

  • Koteng taci mengajari adiknya belajar memperalat sepeda penggagas.
  • Seorang siswa bertanya kepada guru tentang materi pelajaran yang tidak dipahaminya.
  • Koteng dukun melayani konsultasi dengan seorang pasiennya.
  • Seorang pembela bersama seorang kliennya membahas perkara syariat.
  • Sendiri perantau batil-menawar harga dengan sendiri perunding di pasar.
  • Dua orang yang saling tercabut menjalani hubungan cak berpacaran.

2. Transendental Interaksi Sosial Insan dengan Gerombolan

  • Koteng guru mengajar para siswa ajar di kelas.
  • Koteng narasumber seminar mengadakan tanya jawab dengan para peserta kegiatan.
  • Seorang bupati menganjuri berhimpit kerja dengan para PNS bawahannya.
  • Bos perusahaan bernegosiasi dengan serikat buruh terkait upah.
  • Jamhur pendakwah berceramah di depan para jemaah pengajian di masjid.
  • Seorang terdakwa menjalani persidangan di majelis hukum.

3. Ideal Interaksi Sosial Kelompok dengan Kerumunan

  • Para mahasiswa Jurusan Sosiologi UI berdebat dengan para mahasiswa Jurusan Sosiologi UGM.
  • Para anggota OSIS dan Pramuka satu sekolah tukar membantu intern kegiatan tanam 1000 bibit pohon.
  • Para relawan dari Tagana dan BNPB berangkulan menolong korban rayuan.
  • Para polisi dan anggota TNI bekerja setara mengatasi sirkuit mudik ldulfitri.
  • Pejuang kemerdekaan Indonesia bergelut menyaingi tentara kolonialisme Belanda dan Jepang.

(tirto.id –
Pendidikan)


Penyadur: Addi M Idhom

Editor: Iswara Falak Raditya



Source: https://tirto.id/contoh-interaksi-sosial-individu-dengan-kelompok-antar-kelompok-gkKC