Ciri Ciri Planet Merkurius Adalah

Yuk, Ketahui Ciri-Ciri 8 Planet di Tata surya! | Fisika Kelas bawah 7

Ciri-Ciri Planet di Tata Surya

Artikel Fisika kelas VII ini akan membahas mengenai ciri-ciri planet yang terserah di manajemen surya secara lengkap dengan bentuk dan cara mudah menghapal urutan planet.

Teman-antagonis, apakah kamu asosiasi nonton gambar hidup Star Wars?

Kamu rangkaian nggak membayangkan menjadi karakter barisan bertopeng dan berseragam kalis yang unjuk pada film itu? Pasukan-pasukan itu keren banget, ya? Dengan menggunakan kedok, seragam dandan kalis, dan lightsaber yang ada di tangannya, para barisan ini gelintar galaksi dan bergelut merebut satelit-planet yang di luar sana.

stormtrooper

Stormtrooper pada gambar hidup star wars (sumber: giphy.com)

Sebelum mengibaratkan selanjutnya buat mengendalikan planet-bintang siarah yang suka-suka di tata surya ini, sira tahu nggak, sih, apa yang dimaksud dengan satelit? Secara harfiah, pengertian satelit adalah suatu benda langit yang mengorbit alias mengelilingi satu bintang dengan pelintasan dan kederasan tertentu.

Lega manajemen surya kita, terdapat 8 bintang siarah yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Tanda-nama planet itu antara enggak, Merkurius, Venus, Bumi, Marikh, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Terimalah, kedelapan bintang beredar tersebut n kepunyaan ciri atau karakteristiknya masing-masing. Contohnya aja Marcapada yang kita tempati ini, menjadi satu-satunya planet yang boleh ditinggali oleh makhluk kehidupan karena Bumi memiliki elemen-zarah, sama dengan ruang angkasa, air, dan jarak yang nggak terlalu karib dengan syamsu.

Oke, seterusnya, ayo kita bahas ciri-ciri 8 planet yang terserah di sistem solar!

Baca Sekali lagi: Barang apa yang Terjadi Jika Rawi Menghilang?

1. Merkurius

ciri-ciri planet merkurius

Planet Merkurius (sumber: nasa.gov)

Planet yang pertama adalah Merkurius. Kamu sempat nggak kalau planet merkurius ini satelit yang terkecil di penyelenggaraan surya kita? Ya, selain menjadi nan terkecil, merkurius kembali planet yang paling dekat dengan matahari. Wah, nggak kebayang ya gimana panasnya kalo kita dulu di planet ini? Planet Merkurius mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:

  • Merkurius merupakan planet yang memiliki predikat
    perumpamaan satelit terkecil dan terdekat dari Matahari.
  • Berwarna abu-abu.
  • N kepunyaan jarak 57 juta km berasal Surya.
  • Musim aliran Utarid 59 hari dan masa rotasi Merkurius 88 masa.
  • Terdiri dari 70% besi dan 30% silikat.
  • Berdiameter sekitar 4.879 km.
  • Bersuhu 430° C buat adegan planet yang condong Matahari dan -180° C untuk yang membelakangi Matahari.

2. Venus

ciri-ciri planet Venus

Bintang beredar Venus (sumber: nasa.gov)

Lalu, planet selanjutnya yaitu Venus. Planet Venus merupakan planet kedua nan terdekat mulai sejak Mentari,
lho!
 Karena satelit venus sering muncul pada pagi dan sore musim, planet venus ini juga dikenal bagaikan bintang fajar atau bintang tunggang. Adapun ciri-ciri Satelit Venus sebagai berikut:

  • Lumrah dikenal bagaikan “bintang fajar” atau “bintang senja”.
  • Berwarna tahir kekuningan.
  • Memiliki jarak 108 juta km dari Matahari.
  • Punya garis tengah 6.052 km.
  • Musim rotasi Venus 116 hari 18 jam dan tahun revolusi Venus 225 hari.
  • Berotasi mengembari sisi rotasi planet-planet tidak.

Baca Pula: Pembiasan Kilauan dan Kaitannya dengan Peristiwa Pembentukan Pelangi

3. Dunia

ciri-ciri planet Bumi

Planet Bumi (perigi: nasa.gov)

Lebih lanjut adalah planet tempat kita dahulu, yaitu Marcapada. Mayapada terdapat pada urutan planet ketiga nan terdekat dari Matahari. Sudahlah, seperti yang beliau tau, bumi terdiri dari 70% air dan 30% daratan. Ciri-ciri planet Bumi kesayangan kita ini ialah:

  • Bercat biru kehijauan.
  • N kepunyaan jarak 149,6 juta km dengan Matahari.
  • Memiliki diameter sebesar 12.742 km.
  • Memiliki 1 buah satelit alami bernama bulan.
  • Periode rotasi Marcapada 23 jam 56 menit 4 momen (dibulatkan menjadi 24 jam).
  • Periode revolusi Bumi 265 tahun.
  • Mempunyai kondisi nan ramah bagi khalayak hidup dan satu-satunya satelit di tata surya yang melampang makhluk hidup.

Kita intermezzo sekeceng, silakan! Kita kenalan dengan aplikasi canggih sintetis Ruangguru satu ini. Aplikasi Roboguru dapat membantumu dalam menjawab cak bertanya-tanya nan nggak engkau mengerti. Eits, ia juga bakal dikasih video penjelasan materi tersapu, makara boleh sekalian dipahami deh!






New call-to-action



4. Mars

ciri-ciri planet Mars

Planet Marikh (sendang: nasa.gov)

Planet Marikh merupakan planet nan berada pada urutan keempat semenjak matahari. Tapi apa kamu tau bahwa planet ini memiliki atmosfer yang hampir menyerupai manjapada? Iya, tapi itu dulu. Saat ini, bintang beredar Marikh mempunyai bentangan langit yang habis tipis, dengan sebagian besar terdiri berusul karbon dioksida (95,3%), nitrogen (2,7%), argon (1,6%), oksigen (0,15%), dan air (0,03%).

  • Sering disebut umpama “bintang siarah merah” karena memiliki permukaan nan berwarna kemerah-merahan.
  • Jarak antara marikh dan Matahari adalah 227 juta km.
  • Memiliki diameter sekitar 6.779 km.
  • Musim rotasi Marikh 1 hari 37 menit dan periode persebaran Mars 687 waktu.
  • Mempunyai 2 planet, yaitu Phobos dan Deimos.

5. Jupiter

ciri-ciri planet Jupiter

Planet Jupiter (sendang: nasa.gov)

Planet Jupiter merupakan planet yang berada pada cumbu kelima dari syamsu. Tidak hanya itu, satelit Jupiter pula merupakan satelit yang terbesar sreg tata surya kita, loh! Nah, ciri-ciri berpangkal planet Jupiter ini adalah:

  • Merupakan
    planet terbesar pada tata syamsu.
  • Memiliki warna yang tertumbuk pandangan runtun-runtun dengan kekeluargaan dandan orange dan putih.
  • Memiliki jarak sejauh 778,55 juta km dengan Mentari.
  • Diameternya adalah seputar 14.890 km.
  • Periode aliran Jupiter 9 jam 56 menit dan hari revolusi Jupiter 12 tahun.
  • Ialah bintang siarah yang
    memiliki planet terbanyak plong bimasakti, adalah sebanyak 79 satelit.

Baca Kembali: Mengenal Tipe-Jenis Cermin di Sekeliling Anda!

6. Saturnus

ciri-ciri planet Saturnus

Satelit Saturnus (sumber: nasa.gov)

Selain menjadi planet yang bernas pada urutan keenam dari surya, Saturnus lagi terkenal dengan
cincin yang mengelilinginya
. Cincin yang mengerubuti Saturnus ini merupakan gumpalan-gumpalan es yang berleleran dan mengelilingi angkasa luar planet.
Nah,
berikut yakni ciri-ciri planet Saturnus:

  • Berwarna kuning pucat.
  • Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es nan mengelilingi atmosfernya.
  • Jarak planet saturnus dan Matahari ialah sejauh 1,4 milyar km.
  • Periode rotasi Saturnus 10 jam 42 menit dan musim revolusi Zohal 29 tahun.
  • Berdiameter sebesar 116.463 km.
  • Memiliki bintang siarah sebanyak 56 bintang beredar.

7. Uranus

ciri-ciri planet Uranus

Satelit Uranus (sumber: nasa.gov)

Planet Uranus merupakan bintang siarah nan berada pada urutan ketujuh pada sistem galaksi kita. Tapi luang kah kamu, kalau bintang siarah ini ialah bintang beredar dengan master terdingin loh, yaitu seputar -224° Celcius.

  • Merupakan bintang siarah yang
    memiliki suhu terendah & terdingin yaitu sekitar -224° Celcius.
  • Berwarna dramatis muda.
  • Memiliki cincin individual yang melingkari planet secara
    vertical.
  • Masa persebaran Neptunus 17 jam 14 menit dan waktu distribusi Neptunus 84 tahun.
  • Berdiameter 50.724 km.
  • Memiliki satelit sebanyak 27 buah bintang siarah.

8. Neptunus

ciri-ciri planet Neptunus

Bintang beredar Neptunus (sumber: nasa.gov)

Planet Neptunus merupakan planet dengan elus terakhir mulai sejak sistem tata surya kita. Padalah, tahu kah kamu seberapa jauh jarak antara satelit Neptunus dengan surya? Yup, sekitar 4.450 juta km lho!

  • Yakni planet yang berwarna biru.
  • Memiliki jarak selama 4,5 milyar km dari Matahari.
  • Berdiameter 49.530 km.
  • Periode sirkuit Neptunus 16 jam 6 menit dan periode arus Neptunus 165 tahun.
  • Dikelilingi maka dari itu 8 biji pelir planet, di antaranya merupakan Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Hukum Archimedes dan Cerita Mahkota Raja

Nah, engkau sudah mulai tahu kan mengenai ciri-ciri bintang siarah nan ada di bimasakti kita? Sekarang, kita coba yuk cara mudah menghapal urutan/susunan planet ini berbunga yang terhampir syamsu, sampai yang terjauh!

Susunan Planet di Tata Surya

Iya, jadi kamu bisa memperalat kalimat “Menggilir Vas Anakan Mawar Jika Sudah Usang Belakang hari” bakal menghapal urutan jenama-stempel planet bersumber yang terdekat matahari.

Gimana? Seru kan mempelajari
ciri-ciri bintang siarah di sistem solar?
Telah bisa memperlainkan belum, mana yang Saturnus mana yang Mars? Takdirnya ia cak hendak mempelajari materi sebagaimana ini sambil menonton video animasi, coba aja tonton lewatruangbelajar!






ruangbelajar




Kata sandang ini keladak diperbarui pada 20 Mei 2022.

Profile

Zara Larasati

Source: https://www.ruangguru.com/blog/ciri-ciri-planet

Posted by: gamadelic.com