Cara Tanaman Mangga Cepat Berbuah

JAKARTA, KOMPAS.com –
Mangga harum manis atau arum manis merupakan salah satu jenis mangga yang populer di Indonesia. Mangga harum manis dikatakan berpunca bersumber Probolinggo, Jawa Timur.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (18/3/2022), mempelam ini disebut dengan harum manis karena berbau harum dan rasanya manis. Mempelam harum manis berbentuk lonjong, berparuh kurang dan ujungnya meruncing, intim seperti mangga manalagi.

Pangkal buahnya bercat merah keunguan, sedangkan bagian lainnya berwarna bau kencur.

Baca juga: Prinsip Mencangkok Pohon Pauh, Bisa Dilakukan di Jerambah Rumah

Ilustrasi tanaman mangga, pohon mangga.
PIXABAY/CUIAIMIN
Ilustrasi tanaman pauh, pohon pauh.

Secara bodi, jangat mangga harum manis tidak sejenis itu tebal, berdaki berwarna keputihan dan ditutupi lapisan lilin. Daging buahnya deras, berwarna kuning, kepala dingin, tidak berserat, dan tidak mengandung banyak air.

Mempelam harum manis memiliki rasa bugar dan manis tapi suka-suka sedikit rasa bersut. Pauh harum manis memililki biji yang mungil, bulat telur pipih dengan panjang sekitar 13-14 cm.

Mangga harum manis memiliki banyak makanan nutrisi, diantaranya vitamin A dan C, zat besi, kalsium fosfor, sodium, potasium, magnesium. Selain itu, buah ini juga baik bagi penderita burut.

Anda boleh menanam mangga harum manis di pekarangan kondominium lakukan menikmati manfaatnya bersama anak bini. Berikut cara budidaya pauh harum manis yang dapat dilakukan.

Baca juga: Tidak Sulit, Ini Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

1. Persiapan bibit

Konsentrat mangga dapat diperoleh melalui biji, okulasi, cangkok, sambung pucuk dan grasping susuk. Pembibitan bisa dilakukan sendiri, namun jika tidak ingin repot, Sira boleh membeli bibit mangga harum manis di toko sari atau toko tanaman.

2. Awalan petak

Mula-mula, bersihkan kapling tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya, buatlah lubang tanam sedalam 50 cm setakat 100 cm dan beri jarak tanam sekitar 5- 10 meter.

Ilustrasi tanaman mangga, pohon Mangga.
PIXABAY/GAMBLE34
Ilustrasi tanaman mempelam, pohon Pauh.

Hipotetis penanamannya dapat berbentuk garis diagonal, garis selaras, ataupun dengan bentuk segitiga jihat. Jikalau lubang tanam sudah lalu siap, diamkan selama satu sampai dua minggu agar racun dalam tanahnya hilang.

Tanah galian gua dicampur dengan sekam padi dan juga baja kandang.

Baca juga: Kasmaran Budidaya Jahe Emprit? Simak, Begini Caranya

3. Menanam pauh harum manis

Takdirnya semua sudah siap, cak bagi penanaman segera. Mandu menanam mangga harum manis adalah, masukkan tanah yang mutakadim dicampur dengan sekam dan baja tersebut ke dalam lubang setakat mencapai ketinggian sepertiga tinggi lubang secara keseluruhan.

Lepaskan bibit pokok kayu mangga harum manis dari polybag dan masukkan ke privat lubang tanam tersebut. Kemudian, onggok bibit tersebut dengan tanah pungkur nan masih suka-suka.

Biasanya bibit tanaman yang berasal dari teknik okulasi mempunyai mata okulasi. Maka, usahakan netra okulasi ini tidak tertimbun tanah.

4. Merawat tanaman

Buat pendirusan setiap satu sebatas dua kali sehari. Selain itu, kerjakan kembali penyiangan sreg hama atau pokok kayu pengganggu lainnya jika sudah banyak bersemi disekitar pohon mempelam.

Baca juga: Mandu Budidaya Jamur Tiram Pakai Serbuk Gergaji, Mudah dan Sederhana

Di samping itu, bakal fertilisasi dengan menggunakan jamur organik seperti pupuk kandang alias pupuk pupuk hijau ataupun cendawan anorganik (jamur ZA, KCl atau cendawan NPK). Pemupukan pertama dapat dilakukan pasca- dua rembulan tanam.

5. Panen mangga harum manis

Buah pauh bisa dipanen selepas moralistis-benar tua lontok. Ciri-ciri mangga yang sudah tua yaitu babak sumber akar biji kemaluan telah membengkak rata dan warnanya berangkat matang.

Pengambilan maupun pemanenan buah yang belum tua bermartabat bisa menyebabkan rasanya sangkil asam dan kelat. Mangga arum manis dapata dipanen setelah berusia selingkung 4-5 rembulan (110-150 musim) sejak bunga mekar (anthesis).

Pemetikan biji pelir mangga diusahakan harus pilih-pilih, tidak boleh jatuh dan getahnya tidak boleh tentang biji kemaluan pauh tersebut.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari pecah Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://falak.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Benang besi terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/18/081800276/cara-budidaya-mangga-harum-manis-agar-cepat-berbuah?page=all