Cara Tanam Vanili Cepat Berbuah


Pertanianpedia

–  Vanili atau vanila adalah tanaman penggarap duli vanili yang memilihi aroma harum dan rasa nan manis. Bubuk ini dihasilkan dari biji pelir yang  memiliki rangka kacang. Selain sebagai makanan dan minuman dan sekali lagi dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.

Vanili memiliki nama ilmiah Vanilia planifofela. Vanili dapat tumbuh subur di negeri beriklim tropis  dengan curah hujan 1000 – 3000 ml masing-masing musim. Selain itu vanili pula akan bertunas  baik pada suhu 20 – 25 derajat celcius dengan Kelembaban awan berkisar 60 – 80 %.

Gelanggang yang abstrak bagi membudidayakan vanili punya keluhuran antara 300-800 mdpl.

Harga vanili juga tergolong sangat mahal dan merupakan komoditas eksport. Tidak heran kalau vanili disebut emas bau kencur karena  merupakan salah satu penyedap rasa termahal nomer dua di manjapada.

Selain itu kas dapur gizi pada vanli juga tergolong tinggi diantaranya serabut mineral, vitamin A dan zat makanan E.

Jika kamu tertarik kerjakan memelihara  vanili, simak ulasan  berikut ini ya…


Perlengkapan incaran

Parang

Pangkur

Arang sekam

Sabut kelapa

Cendawan kandang kotoran kambing


Lahan Tanam

cara menanam vanili

Vanili tinggal cocok jika di tanam di indonesia yang memiliki iklim tropis. Vanili memerlukan suhu yang hangat .

Usahakan medan penanaman menyepakati kirana rawi yang cukup belaka lain terlalu terik. Jika terlalu berat dapat ditambahkan paranet maupun waring diatas negeri tanam untuk mengurangi sinar mentari berlebih.

Atau bisa juga menanam pohon sebagai peneduh dan rambatan

Lahan untuk media tanam dianjurkan yang gembur, berlempung, kersik halus kelikir dan mudah menyerap air dengan PH tanah  5,7 – 7.

Untuk pupuk radiks gunkan pupuk kompos atau kohe sebaiknya palamarta lingkungan.


Pati Vanili

cara budidaya vanili
pic. balipost

Sari vanili sangat mudah didapatkan. Jika ekstrak akan dibuat dari biji, pilihlah biji yang sudah kering. Kehabisan membuat pati dari biji merupakan waktunya yang nisbi lama.

Alternatif tak adalah menggunakan konsentrat secara stek. Jika hendak mengetanahkan menerobos bibit stek pilihlah ekstrak yang sudah tua dengan ciri memiliki ketinggian bertambah dari 3 meter.  Pilihlah batang yang berkualitas, bagus dan layak tanam.

Tanamlah  pati dengan memilih carang yang  panjangnya  2 – 3 meter  dan berbatang segar. Bersihkan sampai-sampai dahulu akar udara atau akar tunggang di setiap ruas.

Selain itu bersihkan 2 daun  puas ruas paling pangkal lalu diamkan selama 2 hari agar air dan getahnya kersang tinggal kemudian boleh di celupkan plong hancuran zpt dan kemudian siap ditanam.

Tanamlah dengan dangkal dan jangan terlalu dalam pasca- itu tutup dengan petak tipis-tipis saja, lalu bisa ditutup sabut kelapa agar kelembaban petak terlatih.


Cara Tanam

tajar vanili
pict. 99.co

Buatlah Bedengan dengan luas  1 meter  dan dan jarak antar bedengan 1 meter yang berfungsi bagaikan jalan bagi melampiaskan proses perawatan.  Medium jarak antar tanaman lagi kurang lebih 1 meter.

Tabur pupuk kandang dan kapur dolomit plong lahan kemudian di cacah agar rata dan diamkan sepanjang dua minggu. Setelah itu cacah kembali persil agar menjadi bergerak-gerak.

Kemudian ambil bibit vanili  dan Tanam vanili jangan terlalu internal, tutup tipis tipis namun dan taburkan arang sekam  disekitarnya.

Beri penyangga tanaman semoga tidak rebah ketanah  serta balut menggunakan tali rafia agar tetap tumbuh secara horizontal.

Penyangga tanaman atau biasa disebut tajar berfungsi umpama rambatan tanaman vanili. Bagi rambatan atau tajar bisa menggunakah metal atau paralon yang mutakadim di ikat dengan sabut kelambir dan ditutup dengan strimin maupun seser.

Dapat pun menggunakan tajar kehidupan, dengan menanam tanaman  santan, pokok kayu merunggai ataupun pohon petai cina. Kekurangan menunggangi tajar kehidupan yaitu tajar comar diserang hama dan problem  dan lusa nya menular pada pokok kayu vanili seperti cabuk, semut, dan sekali lagi hama.

Setelah mayat vanili ditanaman dan dirambatkan dengan baik langkah selanjutnya adalah menudungi dengan sabut kelapa dengan bentuk koneksi melingkari tanaman. Intensi dari pemberian sabut nyiur ini merupakan bagi menjaga kelembaban tanah dan tempat akar tunggang berkembang.

Nan ragil taburi dan tutup kembali dengan tanah pada sela-sela sabut nyiur.


Pendirusan Tanaman

cara budidaya vanili
pict. satuharapan

Penyiraman dilakukan secara rutin sepatutnya vanili dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Siram 2 kali sehari jika tanah dalam keadaan sangar atau dimusim kemarau. Sedang kerumahtanggaan cuaca hujan angin bisa disiram sehari sekali maupun bahkan tidak mesti disiram jika persil sudah lalu cukup lembab.

Perhatikanlah kondisi kewedanan  tanam, sesuaikan pendirusan dengan kondisi kelembaban petak.


Pemeliharaan Pohon Vanili

Salah suatu pemeliharaan Vanili yakni penyiangan atau pembasuhan jukut disekitar  tanaman secara manual dengan mencabut berbarengan menggunakan tangan.

Keadaan tak yang dilakukan yakni pemberian mos dan melakukan restorasi gulutan secara ajek.

Selain itu, pembersihan akar-akar udara di ketiak daun juga perlu dilakukan agar pertumbuhan pohon tidak terganggu.

Namun demikian, jika vanili di tanam lega ketinggian MPDL 400 meter maka perlu dipangkas pucuknya  bilang ruas sebaiknya vanili berpotensi memperlainkan anak uang.

Pron bila setelah pengetaman juga mesti di pangkas bikin melakukan renovasi tanaman.


Pemupukan

Tumbuhan vanili sebaiknyua dibudidayuakan secar aorganik dengan pemberian serat kandang agar kesuburan tanaman terpelajar dalam periode yang lama.

Madya bagi tambahan daapat diberikan puuk patera setiap 2 minggu sekali. Dapat juga diberikan pupuk kimia . Pemupukan sebaiknya dilakukan pada saat sorot cerah. Pupuk disebar secara merata di selingkung akar tunjang dan ditutup dengan petak.

Dosis rabuk bagi tanaman yang berumur dibawah 2 tahun:

Urea  20-40 gr

 TSP 35-70 gr

KCL  40-80 gr saban hari

Medium untuk pohon yang berumur diatas 2 tahun :

Urea 40-80 gr

TSP 70- 140

KCL 80 – 160 gr


Pembenihan

penyerbukan vanili

Mandu pembenihan vanili dilakukan secara manual dengan bantuan insan. Kaidah nya dengan membelah bunga dengan lidi kemudian oleskan serbuk sari pada putik pohon vanili. Musim pembuahan yang ideal adalah seputar jam 6.00 pagi sampai jam 10.00 pagi.

Usahakan cak bagi saat  situasi angin tenang  untuk merebeh keberhasilan proses pembenihan. Situasi lain yang terbiasa diperhatikan merupakan keadaan anakan tidak basah alias tertimpa uap air. Pembenihan dilakukan sepanjang bilang waktu setakat berbuntut.

Tanda penyerbukannya berhasil  ditandai dengan tidak gugurnya bunga sehabis 2 waktu penyerebukan. Anakan yang dipertahankan buat menjadi biji kemaluan berkisar 15-20 bunga per tandan.

Pasca- beberapa minggu dan bunga sudah start mewujudkan buah untuk kembali penyeleksian buah. Sisakan dahulu 8-12 buah saja pertandan.

Tujuan penyeleksian kedua ini adalah agar di dapatkan biji zakar vanili yang panjang dan lurus.


Penyakit

Kelainan nan camar ditemui sreg budidaya vanili adalah busuk nya layon. Apabila batang tanam busuk , bersihkan habis dapat di beri cerek kunir.


Pemanenan

panen vanili

Pemanenan dapat dilakukan selepas vanili berumur 2 sebatas 3 periode. Galibnya panen dilakukan selama 2-3 bulan setiap tahunnya.

Buah vanili yang mutakadim melaului tahap penyeleskian kedua di pertahankan antara 8-9 bulan sampai siap bakal dipanen.  Ciri buah vanili siap di pengetaman memiliki warna plonco dan ujungnya berwana kekuningan.

Demikian tani sobat berhuma, informasi sekitar budidaya vanili yang dapat sobat praktikkan di kebun, jika sobat refleks ingin melakukan budidaya vanili.

Sekian berpangkal pertanianpedia, Salam Orang tani Sukses !!!

Referensi:

99.co

Vanili-indonesia.com

Source: https://pertanianpedia.com/cara-menanam-vanili/