Dagangan vanilli yang memiliki kualitas bagus tentu akan mempengaruhi harga jualnya, tentu keadaan tersebut banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya pengolahan persil dan sekali lagi kualitas pertumbuhan bibitnya. Lalu bagaimana pendirian sepatutnya vanili cepat berbuah?

Buah vanili, nan berbentuk mundur dengan warna hijau bermula terbit tanaman vanili. Memiliki kebun tanaman vanili cukup seronok takdirnya boleh berhasil dengan cepat.

Agar vanili cepat berbuah, anda harus melakukan berbagai upaya. Terserah banyak pendirian yang bisa ia kerjakan untuk menciptakan menjadikan vanili berbuah. Menciptakan menjadikan

vanili cepat berakibat juga tak sulit kerjakan dilakukan, baik buat pemula ataupun yang telah berpengalaman.


Ketahui Usia Mewah Vanili

usia produktif vanili

Agar bisa membuat tanaman vanili cepat berbuah, anda harus mengetahui roh congah tanaman ini terlebih dahulu. Diluar mulai sejak kehidupan berpunya, pohon vanili tidak akan dapat menghasilkan biji pelir setinggi sekali.

  • Rata-rata tanaman vanili bisa menghasilkan biji kemaluan kerumahtanggaan waktu 12 bulan. Satu pohon vanili bisa menghasilkan hingga 10 kg tumbuhan dalam satu bulan.
  • Buah vanili terbentuk karena proses perkawinan antara bunga bahaduri dan betina dari tanaman vanili. Bunga pada tanaman vanili ini akan mulai tumbuh saat tanaman vanili berumur 24 bulan hingga 36 bulan.
  • Setelah anak uang vanili tumbuh, tidak butuh yang lama sebatas akhirnya buah vanili sekali lagi merecup. Pelir waktu 1 perian terbit pertama siapa biji kemaluan vanili tumbuh sampai bisa dipanen.


Penyebab Vanili Lain Berbuah

Mengarifi pendirian merawat tanaman vanili semoga cepat berdampak sangat penting. Sahaja, mencari tahu hal yang menyebabkan vanili tidak berbuah juga tidak kalah terdepan. Dengan mengetahui penyebab vanili tidak berakibat, anda bintang sartan tahu hal yang harus dilakukan.


1. Terjadi Kerontokan Bakal buah

kerontokan bakal buah vanili

Suka-suka kerontokan pada bakal biji zakar vanili pasti membentuk tanaman vanili tidak akan dapat berbuah. Putik koteng adalah bagian dari bakal buah rente pada pohon vanili. Jadi, gejala akan anda lihat dari kerontokan buah vanili adalah bunga yang sungkap.

Terserah beberapa faktor yang menyebabkan kerontokan pentil atau rente puas pokok kayu vanili, seperti gangguan penyerbukan dan faktor mulai sejak mileu sekitar

  • Secara sumir, penyerbukan adalah proses perkawinan antara bunga bagak dan betina yang balasannya menghasilkan biji zakar. Proses penyerbukan yang gagal bisa terjadi karena kekurangan nutrisi plong tanaman vanili.
  • Kegagalan proses penyerbukan juga bisa terjadi karena ada rente yang rontok. Penyebab kedogolan bunga vanili yang lainnya dikarenakan faktor mileu.
  • Angin yang terlalu kencang maupun hujan nan sesak deras dapat menjadi penyebab bunga vanili mudah rontok. Sekali-kali, siapa penyebab bunga vanili mudah rontok ketika suka-suka angin adalah bunga tersebut memang tidak kuat.


2. Belas kasih Kawul Lain Sesuai

Kerontokan puas bakal biji zakar ataupun rente vanili bisa terjadi karena kesuntukan vitamin. Kehilangan nutrisi pada tanaman vanili ini terjadi karena anda memberikan pupuk yang enggak sesuai.

Ketika cak hendak mengasihkan jamur, sira harus membidas komposisi serabut, dosis pemberian hingga jenis pupuk yang sira gunakan. Kesalahan dalam memberikan baja bisa menyebabkan kelainan pertumbuhan kerjakan tanaman vanili.

  • Komposisi rabuk harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh pokok kayu vanili. Kesuntukan nutrisi, sebagai halnya nitrogen menjadi salah satu penyebab nan membuat bikin biji kemaluan mudah copot.
  • Sortiran jenis jamur lagi harus tepat karena ada banyak baja yang dapat merusak kesamarataan kimia sreg alat angkut tanam yang akan berdampak pada pertumbuhan tanaman vanili juga.
  • Selain kekurangan, kasih dosis yang terlalu berlebihan juga akan mewujudkan pohon vanili mudah rontok.
  • Bukan hanya kawul, pemberian air yang kurang atau terlalu berlebihan kembali bisa menjadi penyebab tumbuhan vanili mereput dan mudah terserang penyakit. Takdirnya sudah lalu mereput dan mudah terserang penyakit, putik vanili akan mudah copot.


3. Gempuran Hama dan Penyakit

Adapun penyebab bukan nan membuat bakal buah vanili copot dan tidak makara berbuah yakni bidasan dari wereng dan penyakit. Beberapa wereng nan paling buruk perut mengecap tanaman vanili adalah bekicot, penggerek batang, walang pedang, dan ulat bulu.

  1. Bekicot akan mencacat bagian rente hingga biji kemaluan vanili dengan meninggalkan dahak. Biasanya bekicot menyerang tananam vanili pada malam hari dengan menyebabkan kedogolan lega bunga dan bakal biji zakar.
  2. Seperti namanya, penggerek batang akan menyerang fragmen jenazah pada tanaman vanili. Meksi memaki bagian batang, dampaknya loyal bisa menciptakan menjadikan pertumbuhan pentil terhambat atau justru rontok.
  3. Hama belalang pedang sangat suka negatif bagian daun, mayit, dan rente dari tanaman vanili. Gejala serangan dari belalang jenawi adalah adanya bolong atau panggung sayatan.
  4. Ulat mago bulu tinggal suka menciptakan menjadikan sarang pada episode patera alias anak uang vanili. Anda akan menemukan ada benang bersih umpama gejala awal terjangan bermula wereng larva rambut.

Padahal penyakit nan umum kecam tanaman vanili ialah penyakit busuk, ki kesulitan bercak, antraknosa, karat ahmar, dan pascapanen.

  1. Keburukan rusak pada tanaman vanili bisa menyerang putaran akar tunjang, batang, patera, anakan, setakat buah vanili. Gejala sediakala dari serangan ki aib busuk ini adalah munculnya bercak bercelup hitam pada bagian yang diserang. Setelah itu, bercak hitam tersebut akan membusuk dan menyebabkan mortalitas pada pokok kayu vanili.
  2. Gejala berbunga serangan penyakit bercak pula tidak jauh berbeda dari penyakit busuk. Namun, berawal pecah bercak bercat cokelat. Seiring berjalannya waktu, bercak cokelat tersebut akan berubah menjadi warna hitam dan membentuk tanaman vanili senyap. Rata-rata, penyakit calit dapat mencaci putaran batang dan buah vanili.
  3. Penyakit karat abang sepatutnya ada juga bisa dibilang penyakit bercak karena menimbulkan bercak pada daun atau batang pokok kayu vanili. Namun, hanya warnanya hanya yang merah. Penyebab penyakit karat merah pada tanaman vanili yakni ganggang yang memang n kepunyaan warna biram.
  4. Tamanan vanili yang terserang penyakit antraknosa akan memiliki ciri-ciri, sebagai halnya munculnya cairan berwarna asfar plong mayit, daun, bahkan buah vanili.
  5. Sedangkan penyakit terakhir, adalah penyakit pascapanen ialah penyakit yang menyerang buah vanili setelah proses pengetaman selesai dilakukan. Penanganan nan buruk kepada biji zakar vanili yang baru dipanen menjadi penyebab kelainan yang satu ini.
  6. Semua problem di atas disebabkan oleh serabut berpunca diversifikasi yang berbeda-beda. Penyebab jamur bisa meluas tumbuhan vanili adalah lingkungan nan terlalu lembek dan kotor. Menyiram air sesak banyak untuk tanaman vanili lagi bisa menyebabkan tingginya kelembapan.
  7. Jamur yang menjangkit tumbuhan vanili sekali lagi bisa menular dengan dahulu cepat jika tidak dilakukan penanganan yang tepat. Kalau anda tidak segera membereskan kelainan di atas, maka jamur bisa menginfeksi seluruh episode dari tanaman vanili. Peristiwa ini tentu saja akan membuat tumbuhan vanili mati.


Teknis Agar Vanili Cepat Berhasil

Suka-suka kejadian teknis dan kaidah merawat vanili cak agar cepat berbuntut yang harus engkau ketahui. Dengan melakukan beberapa hal teknis ini dengan moralistis, maka anda bisa mempercepat pertumbuhan biji pelir vanili.


1. Perlakuan Sayatan Pada Jenazah Pohon

Agar tanaman vanili cepat berakibat, sira sudah harus mempersiapkannya jauh sebelum menanamnya. Cara persiapannya yakni dengan mempersiapkan bibit vanili yang berkualitas. Suka-suka dua mandu buat mendapatkan esensi tanaman vanili, yaitu mengetanahkan sambil bijinya dan memotong suatu bagian dari tanaman vanili maupun stek.

  • Seandainya anda mau mendapatkan bibit pohon vanili dengan cara stek, maka anda harus memperhatikan sayatan sepatutnya tak melukai. Luka puas pohon vanili dapat ulem tumbuhnya serat. Jika jamur mutakadim tumbuh, maka pokok kayu vanili akan sulit untuk berbuah.
  • Sayatlah bagian esensi tumbuhan vanili yang akan engkau ambil dan pastikan menggunakan pisau yang ekstrem. Setelah melakukan sayatan, oleskan bagian yang terluka dengan fungisida agar bukan ditumbuhi jamur dan mengganggu pertumbuhan tanaman vanili.
  • Jika sudah cak semau bagian dari pokok kayu vanili yang telah terserang ki kesulitan atau hama, maka dia boleh mencegah penyebaran penyakit dan hama tersebut dengan melakukan pemangkasan plong bagian nan terinfeksi.
  • Untuk penyayatan pada tanaman vanili dengan cara yang sama dan obati dengan fungisida juga.


2. Proses Fertilisasi Seimbang

Belas kasih pupuk vanili kiranya cepat berbuah harus separas dan menyesuaikan kebutuhan gizi berbunga tanaman vanili. Tanaman vanili membutuhkan dua jenis unsur hara, yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro.

Unsur hara makro merupakan unsur hara yang dibutuhkan oleh pokok kayu vanili n domestik jumlah yang banyak. Nitrogen, fosfor, dan kalium ialah unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman vanili.

Sedangkan molekul hara mikro merupakan unsur hara yang hanya dibutuhkan privat kuantitas invalid maka itu tanaman vanili. Magnesium, zat kapur, tembaga, boron, klor, mangan, seng, dan zat metal merupakan unsur hara mikro yang tumbuhan vanili butuhkan.

GDM SAME DAN BLACKBOS

Sira dapat menggunakan pupuk organik hancuran GDM, yaitu GDM SAME, GDM Black Bos, dan Pupuk Organik Enceran GDM Spesialis Perkebunan untuk tanaman vanili. Selain mengandung berbagai zarah hara yang dibutuhkan, kawul organik hancuran GDM pun bisa meningkatkan bahan organik pada media tanam.

Dengan meningkatknya bahan organik plong media tanam, maka media tanam akan semakin berkualitas. Keadaan ini kembali akan membuat tanaman vanili semakin cepat berbuah.

  • Engkau telah dapat menunggangi ketiga produk Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan tersebut pada saat pengolahan persil. Gunakan GDM SAME sebanyak 200 gram bagi satu lubang tanam, 250 ml GDM Black Bos, dan 250 ml pupuk organik cair GDM spesialis perkebunan.
  • Proses perabukan untuk tanaman vanili dapat engkau lanjutkan setelah menguburkan sari. Momen 7 perian setelah menanam ekstrak vanili, curah dengan 250 ml Serat Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan yang telah dicampur dengan 20 liter air. Semprotkan secara rutin setiap seminggu sekali hingga bibit berusia 45 hari.
  • Pada momen pohon vanili berumur 1 rembulan hingga 6 bulan, tambahkan dosis Pupuk Organik Hancuran GDM Spesialis Perkebunan menjadi 0,5 liter. Berikan dengan selang antara waktu 1 bulan sekali.
  • Detik tanaman vanili sudah berumur 6 bulan, anda dapat memberikan GDM SAME sebanyak 300 gram dan GDM Black Bos sebanyak 250 ml bikin satu pokok kayu. Berikan keduanya privat jangka tahun 6 wulan sekali.

Itulah bilang hal yang dapat anda lakukan buat takhlik tumbuhan vanili cepat berhasil. Melakukan perawatan dan pemupukan yang tepat menjadi taktik yang paling utama bikin membuat tumbuhan vanili berbuah. Jangan lupa juga kerjakan mengidas pati vanili yang berkualitas.

Kamu dapat berkonsultasi dengan tim juru perkebunan kami mengenai tanaman vanili, melalui tombol dibawah ini: