Tanaman lada menjadi salah suatu komoditas nan mendatangkan keuntungan secara berkala, mudah-mudahan tumbuhan lada berdampak rimbun tentu suka-suka beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas lombok bertambah bagus.

Tentunya anda harus melakukan konservasi tanaman lada yang tepat semoga bisa tumbuh dengan baik. Tumbuhan lada yang diberikan penjagaan terbaik akan menghasilkan buah lada yang baik kembali. Kualitas tanaman embalau sangat bergantung pada perawatan yang tepat, maka terbit itu Anda harus memiliki teknis yang sesuai.

Ada beberapa kredit yang bisa Anda maksimal riuk satunya mengoptimalkan buah tanaman lombok serta kualitas pemupukan.


Pahami Syarat Tumbuh Pokok kayu Sahang Berakibat Deras

syarat tumbuh tanaman lada

Mandu merawat merica pertama yang harus anda perhatikan adalah syarat tumbuhnya tambahan pula dahulu. Sama dengan pohon lainnya, tanaman lada juga harus ditanam puas daerah yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.

Syarat tumbuh plong tanaman umumnya adalah ketinggian, curah hujan, kelembapan awan, derajat keasaman, dan suhu.

  • Pada pohon lada, keluhuran yang paling optimal yakni tidak lebih semenjak 700 meter dari rataan laut. Tanaman lada sekali lagi habis mudah tumbuh pada daerah tropis, sama dengan Indonesia.
  • Curah hujan angin yang dapat menunjang pertumbuhan tumbuhan lada berkisar 1000 mm sampai 3000 mm privat satu tahun. Idealnya, hujan berjumlah 110 waktu hingga 170 hari dalam suatu musim tersebut. Selain itu, tanaman sahang pula membutuhkan tuarang selingkung 3 bulan.
  • Tanaman sahang butuh kelembapan udara selingkung 63% sampai 98% dan suhu sekitar 20oC sampai 35oC. Derajat keasaman yang tepat bikin tanaman lada ialah 5 sampai 6,5 atau tanah yang tekor asam.


Kenali Faktor Penghambat Lada Bukan Berbuah

Menunaikan janji syarat tumbuh hanyalah salah satu mandu merawat pokok kayu lada. Salah dalam perawatannya akan membantut pertumbuhan tanaman ini. Berikut ini ialah situasi nan boleh menghambat pertumbuhan tanaman embalau sehingga bukan berbuah:

Kenali Faktor Penghambat Lada Tidak Berbuah


1. Kualitas Lahan

Sama dengan pohon lainnya, tanaman cabai juga membutuhkan lahan yang berkualitas hendaknya bisa tumbuh dengan baik. Kualitas lahan yang buruk hanya akan menyergap pertumbuhan tanaman cabai atau merica.

  • Kualitas lahan bisa anda nilai dari tiga kategori, adalah ilmu saraf, badan, dan kimia. Kategori morfologi tanah yang harus engkau nilai adalah dandan dan struktur. Dari kategori fisik, engkau perlu menghakimi tekstur, drainase, dan porositas. Sementara itu dari segi kimia, perhatikan derajat keasaman, kapasitas ubah kation, C-Organik, bahan organik, dan unsur hara.
  • Corak puas tanah kebanyakan bergantung lega kandungannya, begitu juga bahan organik. Petak yang berwarna terlalu tua biasanya mengandung bahan organik yang plus banyak sehingga tekor baik. Usahakan rona petak tidak terlalu tua ataupun bersisa mulai dewasa.
  • Struktur petak sangat berkaitan dempet dengan kemampuannya dalam menyerap air. Struktur tanah yang baik harus bisa menyerap air dan mengalirkannya dengan baik.
  • Kemampuan tanah untuk mengandung bahan organik berkaitan dengan teksturnya. Tekstur tanah yang bagus biasanya suntuk gembur dengan campuran tanah pekat dan batu halus.
  • Drainase pada persil sekali lagi merupakan kemampuan tanah bakal menyerap air dan mengalirkannya. Lahan dengan drainase nan buruk biasanya menapuk banyak air sehingga rawan menyebabkan genangan air. Lopak air mewujudkan tanaman lada mudah membusuk.
  • Porositas merupakan penilaian lakukan mengawasi seberapa mudah tanah diolah. Semakin sulit dikerjakan, maka semakin sulit digunakan sebagai tempat mengetanahkan pokok kayu cabai.
  • Kapasitas tukar kation atau KTK merupakan penilaian cak bagi kemampuan tanah melepas dan menahan mangsa organik. C-Organik buat mengamati kualitas bulan-bulanan organik yang terkandung pada persil.
  • Anda boleh mengarifi penilaian kategori kimia dengan cara memeriksa sampel tanah ke laboratorium individual untuk meneliti kualitas tanah.
  • Semakin strata nilai KTK dan C-Organik akan semakin berkualitas persil. Padahal sasaran organik dan zarah hara harus disesuaikan karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman cabai.


2. Pemilihan Bibit Kurang Bagus

Jikalau pertumbuhan lada masih tertunda, supaya kualitas lahan sudah bagus, Anda harus memeriksa konsentrat yang ia gunakan. Menyelamatkan bibit cili yang adv minim bagus kembali bisa menghambat pertumbuhan tanaman lada.

Bibit lada yang tidak bagus kebanyakan didapatkan berbunga tanaman lada yang tidak kuat, sudah kekeluargaan terserang ki kesulitan, dan menunjukkan label layu. Selain itu, tanaman lada yang menghasilkan sedikit biji zakar lada biasanya kembali tidak bagus.


Faktor Penunjang Tanaman Lada Berbuah Lebat

Setelah menghindari bineka kesalahan, lakukan beberapa cara perawatan embalau semoga bisa cepat berbuntut. Umumnya ada beberapa faktor juga yang bisa menyeringkan pertumbuhan tanaman merica, seperti berikut ini:

Faktor Penunjang Tanaman Lada Cepat Berbuah


1. Proses Proteksi

Cara merawat lombok alias cabai berbuah tebal mula-mula yang harus anda bakal merupakan merevisi proses perawatannya justru dahulu. Proses perlindungan yang tepat bakal tanaman lada terdiri atas pembuatan sulur, penyiangan, dan pemupukan.

  • Sulur merupakan kendaraan rambat yang berfungsi sebagai panggung bertumbuh pokok kayu sahang. Engkau boleh menunggangi bambu seumpama sulur yang didirikan di samping tanaman lada. Pastikan julai yang engkau gunakan langgeng.
  • Gulma merupakan tanaman pengganggu nan bertaruk di sekitar tumbuhan utama dengan cara mengambil gizi berasal pohon terdepan, yaitu tumbuhan lada. Anda harus membasmi gulma dengan pendirian melakukan penyiangan.
  • Penyiangan harus beliau lakukan dengan cara mencopot tanaman gulma dan menggurdi petak kancah tumbuhnya. Jangan lupa membakar gulma yang sudah beliau untuk memastikan akarnya tidak jatuh ke kapling dan merecup lagi.
  • Pemupukan silam berjasa bikin menunjang pertumbuhan pokok kayu lada dan mengedit kualitas tanah. Pemupukan yang tepat akan membantu kesuburan tanaman embalau.


2. Umur Tumbuhan Lada

Peristiwa selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika ingin n kepunyaan tanaman cili yang bertaruk gemuk yaitu umurnya. Spirit menjadi faktor mutlak yang menentukan produktivitas tanaman merica tersebut.

Tanaman lada akan start memproduksi biji pelir sreg hidup 2 masa sejak ditanam. Daya produksi pohon lada silam bergantung berpangkal perawatan nan anda berikan. Jika anda menyerahkan perawatan yang tepat, seperti yang disebutkan sebelumnya, maka tanaman cili dapat berakibat hingga berumur 10 periode.


3. Faktor Perabukan


Pemeliharaan selanjutnya yang dibutuhkan tanaman lada yaitu fertilisasi. Pemberian pupuk yang tepat akan membuat tanaman lada sehat sehingga mampu menghasilkan lada yang berkualitas. Selain itu, pupuk nan tepat pun akan kontributif meningkatkan kualitas lahan.

Beberapa faktor fertilisasi nan harus beliau perhatikan yaitu zarah hara makro yang dibutuhkan tumbuhan embalau, jenis jamur yang akan anda gunakan, serta dosis pemberiannya.

Memberikan cendawan dengan macam dan dosis yang tidak tepat bisa mewujudkan tumbuhan embalau mudah terserang penyakit.


Proses Pemupukan Lombok Agar Cepat Berbuntut

Salah satu cara merawat tanaman embalau atau merica nan paling utama adalah proses fertilisasi. Dengan proses pemupukan nan tepat, tanaman lada dapat berbuah dengan cepat. Jika proses pemupukan salah, maka prospek lada jadi bukan berkualitas.


1. Ki gua garba Nutrisi yang Dibutuhkan

Tanaman lada pun membutuhkan bahan organik dan partikel hara makro serta mikro. Unsur hara makro substansial nitrogen, fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium. Sedangkan unsur hara mikro yang dibutuhkan adalah besi, seng, boron, dan tembaga.

Unsur hara makro berarti tanaman sahang membutuhkan atom hara tersebut privat jumlah yang banyak. Padahal molekul hara mikro semata-mata dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit.


2. Diversifikasi Pupuk bakal Cabai berbuah Lebat

Pendirian merawat cabai agar berbuah rimbun lebih jauh yang harus anda perhatikan yaitu jenis pupuk yang akan anda berikan. Ada dua jenis serat yang sangat umum digunakan, yaitu pupuk kimia dan pupuk organik.

Seperti namanya, pupuk ilmu pisah adalah pupuk yang telah melangkahi proses kimia sehingga memiliki kandungan nutrisi yang kian banyak. Pemakaian yang sedikit sudah lalu pas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman merica. Tetapi, penggunaannya punya risiko yang bisa merusak kesuburan kapling dan tanaman sahang itu sendiri.

Sedangkan kawul organik merupakan cendawan alami yang bisa didapatkan dari cerih dabat atau fermentasi sisa tanaman tak. Merek dari pupuk organik adalah mengandung banyak bahan organik sehingga dapat meningkatkan kesuburan lahan dan pokok kayu sahang. Penggunaannya juga bertambah kesepakatan dibandingkan serat ilmu pisah.

Salah satu pupuk organik yang dapat anda gunakan yaitu cendawan organik GDM. Kerjakan tumbuhan lada, engkau dapat menggunakan GDM SAME, GDM Black Bos, dan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pertanaman.

  • GDM SAME mengandung 6 bakteri baik yang berfungsi bagi menjaga kesuburan dan produktivitas tanaman cabai serta menjaga dari bidasan kelainan. Aplikasi GDM SAME dapat menambah target organik intern tanah dan mencukupi kebutuhan unsur hara makro dan mikro tumbuhan merica sehingga akan terbentuk daya imunitas yang kuat untuk mencegah heterogen serangan penyakit pada pokok kayu lada.
  • GDM Black Bos mengandung 4 patogen baik yang berguna untuk meningkatkan kesuburan tanah dengan kaidah mendegradasi metal berat, seperti kromium, timbal, merkuri, dan arsenik. Selain itu, GDM Black Bos lagi akan membantu proses penyerapan anasir hara makro.
  • Penggunaan Pupuk Organik Cairan GDM Spesialis Perkebunan mampu memperkuat imunitas pohon lombok sehingga aman berbunga terjangan kelainan. Produktivitas tanaman lada juga akan meningkat karena kandungan unsur hara yang banyak dari Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan.

Ketiga barang tersebut terbuat dari bahan alami, seperti limbah peternakan, pertanian, dan perikanan.


3. Dosis Pemberian Serabut


pupuk lada

Agar mendapatkan hasil yang optimal, karuan dia harus menggunakan pupuk organik GDM dengan dosis nan tepat. Anda dapat menggunakan dagangan tersebut pada saat pengolahan lahan.

  1. Saat mendidik lahan, berikan GDM SAME sebanyak 150 kg, GDM Black Bos sebanyak 10 kg bagi luasan 1 ha lahan. Ketika penyiapan bibit, berkubang dengan Jamur Organik Cair GDM Spesialis Pertanaman sebanyak 100 ml per 10 ltr air.
  2. Saat pohon lada berumur 7 musim, berikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perladangan dengan dosis 250 ml dengan interval waktu seminggu sekali sampai berumur 45 hari. Lanjutkan dengan dosis yang sama pada tanaman lada berumur 45 musim keatas dengan jeda waktu 2 ahad sekali sampai muncul ruas pada esensi.
  3. Berikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan kepada tanaman cabai nan berumur 1 wulan sampai 6 bulan sebanyak 8 liter yang disemprot merata. Berikan dalam jangka waktu 1 bulan sekali.
  4. Momen tanaman cabai telah berumur 6 bulan, berikan pula GDM SAME dan GDM Black Majikan. GDM SAME diberikan sebanyak 100-300 gram per tanaman, sedangkan GDM Black Majikan sebanyak 10 kg per ha. Jangan lupa rutin semprotkan Cendawan Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan sebanyak 8 liter sendirisendiri ha.
  5. Pron bila tanaman sahang berumur 6 bulan sampai 12 bulan, terus berikan GDM SAME dan GDM Black Bos dengan dosis nan setimbang. Namun, Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pertanaman dapat ditingkatkan menjadi 10 liter per ha dengan pemberian 2 bulan sekali .
  6. Jika pohon cabai mutakadim berumur 1 waktu sebatas 2 tahun, berikan GDM SAME dan GDM Black Bos dengan dosis yang sebagai halnya selang antara waktu 6 rembulan sekali. Pengusahaan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pertanaman juga ditingkatkan menjadi 15 liter dengan jarak waktu 3 bulan sekali.
  7. Seandainya tanaman lada sudah berusia lebih dari 2 musim, berikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Perkebunan dengan dosis 20 liter dengan waktu 3 bulan sekali. Penggunaan GDM SAME dan GDM Black Bos tetap sama seperti sebelumnya.

Itulah sejumlah hal yang dapat anda lakukan agar tanaman embalau berbuah lebat. Pertama, pastikan lahan dan konsentrat nan digunakan berkualitas. Selepas itu, lakukan perawatan yang tepat dengan memberikan pupuk yang bagus sesuai kebutuhan pohon.

Selain itu, untuk mengintensifkan hasil berkebun lada Anda juga bisa berkonsultasi secara Cuma-cuma dengan cak regu pandai perkebunan kami. Melalui pentol dibawah ini: