Cara Tanam Kurma Agar Cepat Berbuah

Ternyata Cak semau Perbedaan Antara Tumbuhan Kurma di Indonesia dengan Pohon Kurma di Timur Tengah, Korespondensi Tahu?

Bobo.id –

Apakah teman-n antipoda memelihara tumbuhan palem di rumah? Pohon kurma juga termasuk jenis pohon palem, lo.

Tumbuhan kurma dibudidayakan untuk dimanfaatkan buahnya.

Biji pelir dari tanaman kurma merupakan keseleo satu hasil pangan terdepan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Namun, pohon kurma bukan hanya ada di sana, lo. Yap, pohon kurma juga boleh dibudidayakan di wadah enggak di dunia, salah satunya Indonesia.

Tapi ada perbedaan antara pohon kurma di Timur Perdua dan pokok kayu tamar di Indonesia, padanan-oponen.


Baca Juga: Bolehkah Pasien Diabetes Mengonsumsi Kurma untuk Berbuka Puasa? Ketahui juga Uang sogok Puasa bagi Pasien Diabetes

Pokok kayu Kurma di Timur Tengah

Intern sebuah artikel di


Kompas.com


pada Mei 2022, Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MSc., koteng tukang kurma dari Institut Persawahan Bogor (IPB) menjelaskan tentang ciri-ciri tanaman kurma di Timur Perdua.

Beliau memaparkan bahwa tanaman kurma yang tumbuh di Timur Paruh merupakan macam-tipe kurma nan berkembang di negeri tandus.

Salah satu ciri dari tanaman kurma di kawasan Timur Perdua adalah pohon itu memerlukan kondisi kersang dan guru nan janjang sreg perian pertumbuhan tertentu agar bisa berbunga dan menghasilkan buah.

Namun, pokok kayu tamar itu tetap memerlukan air dalam jumlah yang banyak buat mendukung pertumbuhannya.

Karena tanaman tamar dari Timur Tengah membutuhkan iklim nan gersang, tanaman itu jarang ditanam di medan beriklim tropis seperti Indonesia.

Pohon kurma yang berasal bermula Timur Tengah ini bisa dibudidayakan di berbagai tempat di dunia yang memiliki iklim gersang misalnya sebagai halnya di Pakistan, India, Australia, Pulau Canary di Spanyol, dan California di Amerika Perseroan.

Pohon kurma

pixabay/simon

Pohon kurma


Baca Juga: Kurma Ajwa Dijual Bertambah Mahal Dibandingkan Kurma Lainnya, Ketahui Kandungan dan Ciri-Ciri Kurma Ajwa, yuk!

Pohon Kurma di Indonesia

Indonesia n kepunyaan curah hujan nan pangkat dan iklim nan cukup lembap, sehingga pokok kayu kurma dari Timur Tengah langka berbunga atau menghasilkan buah sebagus di tempat yang beriklim kering.


Tapi, enggak berarti di Indonesia lain ada pohon kurma, inversi-teman.

Prof. Sudarsono pun mengklarifikasi bahwa tanaman kurma di Indonesia berasal pecah beberapa sumur. Antara lain yaitu:

– Ponten Tamar:

Sumber tanaman kurma di Indonesia yang pertama berasal dari berbagai macam buah kurma tamr (tamar gersang) yang diimpor ke Indonesia, kemudian bijinya ki terpaku secara alami alias sengaja ditanam.

Belaka lain semua tanaman kurma yang ditanam dengan cara ini boleh berbunga dan berbuah dengan baik.

– Bibit Tamar:

Sumber bukan tanaman kurma di Indonesia adalah sari yang didatangkan dari berbagai laboratorium di dunia.

Lazimnya ini digunakan lakukan budidaya atau peluasan perkebunan kurma.

Pokok kayu kurma ini juga memiliki beberapa tantangan, salah satunya jika berbuah, belum karuan bisa setakat tahap kurma tamr (kurma tandus) karena cuaca yang kurang mendukung.


Baca Kembali: Punya Rasa Manis nan Berbeda, Ketahui Mandu Tidak Bedakan Kurma Manis Alami dengan Kurma nan Ditambah Pemanis Buatan

– Bibit, Biji, ataupun Pohon Kurma berpokok Thailand:

Kemudian, cak semau juga tanaman kurma di Indonesia yang didatangkan dari Thailand.

Diversifikasi tamar bersumber Thailand ini merupakan tamar tropika yang sudah dikembangkan sepanjang puluhan masa, sehingga sudah beradaptasi dengan baik dengan kondisi kilat dan iklim tropis.

Tanaman tamar ini juga dapat digunakan untuk pengembangan pertanaman tamar.

Kendati boleh tumbuh dan berkembang dengan baik, biji kemaluan dari tumbuhan kurma ini juga belum tentu bisa menyentuh tahap kurma tamr (kurma cengkar).

Doang, tumbuhan kurma di Indonesia tetap dapat menghasilkan buah tamar khalal (kurma baru) dan kurma ruthob (kurma yang berubah kecokelatan), teman-rival.

(Katib: Syifa Nuri Khairunnisa, Avisena Ashari)

——


Saingan-teman, kalau ingin adv pernah lebih banyak tentang sains, khayalan fantasi, kisahan mirakel, dan pengetahuan seru, langsung sahaja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di



www.gridstore.id/


dan teman-inversi bisa baca versi elektronik (e-Magz) nan dapat diakses secara online di



ebooks.gramedia.com



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News







PROMOTED CONTENT


Video Sortiran



Source: https://bobo.grid.id/read/082659134/ternyata-ada-perbedaan-antara-pohon-kurma-di-indonesia-dengan-pohon-kurma-di-timur-tengah-pernah-tahu?page=all