Cara Tanam Duren Di Pot Dan Buah

JAKARTA, KOMPAS.com –
Durian yakni salah satu buah favorit dan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Tanaman biji pelir ini berasal dari hutan di Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan.

Dikutip dari laman Cybex Departemen Perladangan RI, Rabu (8/12/2021), persebaran durian melebar ke arah barat di Thailand, Myanmar, India, dan Pakistan. Biji pelir ini sudah dikenal di Asia, tepatnya di Asia Tenggara sejak abad 7 Serani.

Buah durian mengandung antioksidan nan baik bagi tubuh untuk dapat menangkal radikal adil penyebab kanker.

Baca juga: Cara Ki menenangkan amarah Bau Durian di Intern Kulkas

Waktu ini, metode budidaya untuk menanam buah durian sudah banyak dikembangkan makanya para peneliti, dengan jenis yang berbagai pula.

Ilustrasi durian, pohon durian.
SHUTTERSTOCK/SAWADDEEBENZ
Ilustrasi durian, pohon durian.

Berikut cara menguburkan durian sebaiknya buahnya tebal.

1. Pemilihan lokasi

Langkah pertama privat menanam durian yang baik dan benar tidak lepas dari cara menentukan lokasi media tanam.

Penentuan lokasi tanam sangat utama, dan akan menentukan apakah durian nan akan ditanam menghasilkan hasil yang maksimal atau tidak.

Baca sekali lagi: Kaidah Menguburkan Alpukat Mentega agar Berbuntut Lebat

Penentuan lokasi tanam menjadi lewat krusial, karena proses penanaman tanaman durian harus sesuai dengan syarat-syarat tumbuhnya. Lokasi harus memiliki intensitas pancaran sinar matahari serempak yang berkisar 40 hingga 50 uang lelah.

Iklim di lokasi juga harus diperhatikan agar biji pelir durian dapat tumbuh dengan baik. Anda bisa memakamkan durian di lokasi yang punya suhu 24 hingga 30 derajat celcius, dengan kemuliaan 50 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), namun nan paling teladan merupakan 350 mdpl hingga 1.000 mdpl.

2. Tipe tanah

Terdapat tiga diversifikasi tanah yang sejadi cak bagi digunakan dan diolah bagi penanaman durian, di antaranya jenis Latosol, Podsolik, serta Andosol.

Tingkat keasaman atau pH tanah di lokasi penanaman juga harus diperhatikan. Tanah yang baik memiliki pH di kisaran 6 hingga 7.

Baca lagi: Simak, 8 Tips Menanam Lada Saat Waktu Hujan

Ilustrasi buah durian.
PIXABAY/HARTONO SUBAGIO
Ilustrasi biji kemaluan durian.

Tingat pH akan memengaruhi pertumbuhan tanaman moga buah durian boleh bertaruk dengan baik. Oleh sebab itu, lokasi penanaman harus memiliki curah hujan yang cukup, tidak sesak tebal dan tidak bersisa cengkar.

Terakhir, perhatikan ukuran lahan. Usahakan jangan menanam pokok kayu buah durian terlalu dekat, karena pohon durian ini berukuran osean yang membutuhkan jarak beberapa meter antar tanaman.

3. Perebusan tanah

Mula-mula, bersihkan lahan yang telah disiapkan berbunga tanaman pengganggu (gulma) dan belukar samun.

Bikin menanam durian, Sira tidak perlu takhlik bedengan maupun gundukan tanah, sepan menciptakan menjadikan gaung-lubang buat reboisasi ekstrak.

Baca pun: Trik Menanam Embalau pada Musim Hujan agar Bebas Ki aib Antraknosa

Belaka, perhatikan jarak antar lubangnya, beri jarak antar lubang sekitar 25 cm. Kemudian, bakal penyuburan kapling malar-malar dahulu, di mana Engkau boleh memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang ke dalam lubang yang telah disiapkan.

Pastikan lahan nan disiapkan terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Bilamana kalian membuat liang, tanah galian dibagi menjadi dua, pada bagian atas dikumpulkan di sebelah kiri lubang, dan plong bagian bawahnya dikumpulkan di jihat kanan gua.

Biarkan gua kering terkena semarak surya secara berbarengan selama sepekan. Sesudah seminggu, tutup kembali terowongan tanam.

Untuk makdan bagian atas, masukkan terlebih dahulu kapling sehabis dicampur dengan pupuk kompos atau serat kandang. Ikuti dengan kapling fragmen radiks nan telah kalian campur terlebih dulu dengan pupuk kandang atau bunga tanah, serta tambahkan fosfat.

Kemudian, untuk menghindari serangan rayap, semut, dan hama pengganggu lainnya, Anda bisa sebaur racun serangga seperti Furadan 3G. Setelah itu, isi korok sampai penuh hingga setinggi 20 sampai 30 cm bersumber permukaan tanah, tidak perlu dipadatkan.

Baca lagi: Tips Menanam Tomat di Tegal moga Berdampak Banyak

Ilustrasi buah durian.
PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES
Ilustrasi biji pelir durian.

Keladak, perhatikan waktunya. Sebaiknya pemutusan dilakukan 7 sampai 15 hari sebelum penanaman bibit dilakukan.

4. Reboisasi pati

Diskriminatif bibit yang cegak, enggak sedang tertimpa penyakit tanaman, tidak terserang hama pohon serta mempunyai kesehatan nan terbentuk. Tidak hanya itu, pilih pati nan memiliki daun dengan jumlah banyak.

Selain itu, pilih esensi yang n kepunyaan batang kuat dan terdiri berpunca 2 maupun 4 arah silang. Perhatikan juga bahwa bibit harus sehat, tidak terlalu tangga, memiliki daun yang tidak rusak, dan terlihat tidak madya terkena penyakit

Pastikan lagi bibit sudah cukup usia dan telah memiliki mayat nan sepan samudra, setidaknya telah tumbuh mencecah 15 cm. Anda bisa memperoleh sari di orang tani durian yang terpercaya dan toko-toko persawahan, baik offline ataupun online.

Baca juga: Panduan Menanam dan Merawat Bunga Tapak Dara

Gemburkan lahan dengan cangkul, dan diamkan selama kurang lebih tiga perian. Sebarkan pupuk kandang bagaikan penambah vitamin pada tanah, dan diamkan selama seminggu.

Penanaman tanaman yang baik dapat dilakukan pada awal musim penghujan, agar tanaman yang masih baru bisa mendapatkan gizi dan suplai air nan memadai.

Sehabis mendapatkan ekstrak nan sesuai kriteria, Anda boleh langsung menanamnya dengan memindahkan bibit ke n domestik lubang penanaman. Pastikan bukan subversif jenazah atau akar pada saat perpindahan ke media tanam.

Ini membutuhkan tingkat kehati-hatian yang tinggi, karena Anda akan membuka polybag perumpamaan bekas berpokok konsentrat tanaman.

Baca juga: 5 Tips Menanam Bunga di Vas Sampir agar Tetap Cakap

Setelah menunggu selama seminggu, masukkan tanah beserta bibitnya ke n domestik lubang penanaman dan onggok kembali setinggi kapling yang ada pada polybag sebelumnya.

Bagi pemupukan di seputar terowongan tanam, dan untuk penyiraman secara rutin dan teratur agar tumbuhan tersebut dapat bersemi dan berkembang secara maksimal.

5. Perawatan tananan

Berikut adalah penjagaan harian nan harus dilakukan terhadap tanaman durian Anda. Pertama, serah pupuk NPK maupun pupuk kompos secara teratur dan rutin, dengan takaran 1 sudu yang dilarutkan dengan 10 liter air lakukan digunakan di 10 pati.

Semprotkan seminggu sekali. Kerjakan pemupukan dengan cendawan kandang kersang yang telah menyerupai pupuk peragian dan menyerupai tanah subur sebanyak satu gayung hanya.

Baca kembali: 4 Manfaat Mengetanahkan Bunga Mawar di Taman Rumah

Perlu diingat, jangan memberi serabut plus banyak karena akan menghambat dan membuat pertumbuhan menjadi bermasalah.

Ancang berikutnya adalah penyemprotan dengan menggunakan cairan pestisida fastak atau diazinon. Ini berguna apabila kalian mengalami masalah penyerangan wereng ulat.

Bahkan selain memberantas hama, penyemprotan ini bisa membuat biji zakar terbentuk lebih cepat.

Lakukan pencucian semua rumput atau gulma nan mengganggu jalannya pertumbuhan tanaman tersebut. Penyabunan ini bermanfaat sebagai preventif seharusnya tanaman gulma atau rumput tidak menghabiskan gizi di tanah.

Musim durian memasuki masa puncak di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada awal Februari 2022 ini. Pembelinya datang dari Kulon Progo hingga luar daerah.
KOMPAS.COM/DANI JULIUS
Musim durian memasuki masa puncak di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Negeri Istimewa Yogyakarta sreg mulanya Februari 2022 ini. Pembelinya datang semenjak Kulon Progo hingga asing kewedanan.

6. Panen durian

Kiranya panen biji kemaluan durian bisa rimbun maupun optimal, perlu perlakuan khusus pada tumbuhan durian yang siap dibuahkan, antara lain seumpama berikut.

Biasanya durian di Jawa akan berpunca selingkung bulan Juli maupun Agustus. Oleh karena itu, dua wulan sebelum sebelum semenjak, berikan pemupukan dengan cara disuntikkan pada tanah. Sebab, sreg bulan Mei dan Juni sudah mulai kemarau.

Baja dilarutkan dan dimasukan dengan mandu melubangi tanah di bawah kop patera paling luar dengan linggis, kemudian kocorkan pupuk yang sudah dicairkan. Tentang variasi baja nan dapat digunakan adalah pupuk NPK Mutiara buah atau sejenisnya.

Baca juga: 7 Langkah Menyelamatkan Seledri di Polybag agar Cepat Tumbuh dan Berpunya

Setiap tumbuhan minimal aplikasikan 4 lubang pupuk. Semakin banyak terowongan yang dibuat semakin baik dan efektif.

Saat muncul rente perlu dilakukan penyerbukan sambung tangan, dengan prinsip mengoleskan serbuk kosen ke bunga putaran kepala putik. Lakukan sreg pukul 22.00 hingga 02.00, karena pada saat tersebut bunga mentah mekar sempurna untuk penyerbukan.

Lakukan setiap malam karena dalam suatu tangkai bunga mekarnya bergiliran setiap lilin batik, hingga muncul nomine buah bercat plonco. Dengan demikian, intern satu tangkai dapat memproduksi buah lebih banyak.

Biji pelir durian nan sudah dipanen n kepunyaan ciri-ciri antara lain memiliki warna kecokelatan lega penggalan ujung dari duri buah, sudah memiliki ruas kayu cangkul yang samudra, memiliki aroma buah yang kuat serta harum.

Baca kembali: Mudah, Demikian ini Cara Mengebumikan Kemangi dari Batang

Apabila Kamu menabok buahnya maka akan menimbulkan suara gema. Namun, hati-lever dalam berbuat ini karena bisa menimbulkan risiko terluka.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap perian dari Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://n.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram lebih-lebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/08/135200176/simak-cara-menanam-durian-agar-buahnya-lebat?page=all