Cara Tanam Cabe Di Pot Berbuah Lebat

Serta merta.CO.ID – JAKARTA. Tanaman cabai bisa dibudidayakan di dalam pot. Beliau cak hendak mencobanya? Ini 4 langkah mudah menyelamatkan cabai di pot.

Pokok kayu sahang sepan mudah buat dibudidayakan. Menariknya, Anda enggak perlu tanah luas bila ingin berpatut tanam cabai.



Baca Pun:
Begini cara memudakan tanaman cabai agar kembali kaya

Sebab, cabai boleh ditanam di n domestik pot ataupun polybag. Hal ini menjadi solusi kerjakan Sira yang tidak punya persil luas.

Selain efisien, tanaman cabai di vas kembali dapat diletakkan di mana doang bahkan di sudut-ki perspektif di dalam rumah.

Menanam cabai sendiri juga bikin Anda lain terlazim berpendar saat harga merica sedang tinggi.

Mengutip buku Budidaya Cili: Panen Saban hari yang ditulis oleh Prof Dr Ir Muhamad Syukur, SP, MSi, Dr Rahmi Yunianti, SP, MSi, dan Rahmansyah Dermawan SP, MSi (2014), awalan menyelamatkan tanaman merica adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan panggung

Pohon cabai bisa ditanam di botol atau wadah-wadah lain, seperti polibag, plastiik, kaleng bekas, drum, atau timba.

Situasi terpenting yang teristiadat diperhatikan ketika menyiagakan wadah yaitu memastikan gelanggang tersebut sudah diberi korok pada bagian dasarnya dan dapat bertahan selama lima sampai enam bulan.

Gua tersebut bermanfaat umpama drainase agar air lain menggenang di dasar medan sehingga menyebabkan akar dan batang busuk.

Tentang spesifikasi wadah yang dibutuhkan antara bukan:

  • Berdiameter minimal 20 cm. Pastikan liang di dasar jambang berjumlah empat hingga delapan gaung. Kamu bisa melubanginya menggunakan paku dengan diameter lubang lebih kurang 1 cm.
  • Jika menunggangi wadah jebolan, usahakan membersihkannya terlebih dahulu.

2. Menyiapkan media tanam

Gunakan tanah dengan lapisan atas yang rani, kenyet-kenyut, dan banyak mengandung bahan organik.

Kersik halus memiliki beberapa keunggulan sebagai kendaraan tanam karena mudah digunakan dan dapat meningkatkan aerasi serta drainase ki alat.

Pasir nan digunakan harus yang memiliki butiran agak bergairah dan lebih besar. Ini dimaksudkan untuk kontributif sirkuit udara dan membuang kurnia air.
Sayangnya, kelemahan media tanam batu halus yakni memerlukan penyiraman dan pemupukan nan intensif sehingga teradat dikombinasikan dengan kendaraan persil dan baja kandang.

Sekam pari bakar awam digunakan sebagai campuran sarana tanam. Fungsinya adalah bagi menggudangkan air ataupun molekul hara, porositas pangkat, sistem aerasi, dan drainasenya yang baik.

Maslahat sekam bakar merupakan enggak memerlukan sterilisasi karena bibit penyakit penyebab penyakit telah sunyi selama prosees pembakaran.

Media tanam ini pula mengandung banyak karbon. Anda juga memerlukan serabut kandang bakal memperbaiki struktur media tanam dan meningkatkan jumlah organisme sarana nan berharga kerumahtanggaan proses penguraian bahan organik menjadi incaran yang tersedia bagi tanaman.

Baja kandang juga berguna untuk menahan air di internal kapling. Pupuk kandang yang digunakan adalah yang telah terdekomposisi.

Cirinya merupakan n kepunyaan tekstur remah, kersang, bercelup cokelat, bukan berbau, dan lain panas.

Pupuk kandang juga bisa faktual kotoran ayam, kotoran sapi atau tahi wedus. Namun, jamur ini perku disterilkan malah dahulu dengan mengukusnya sepanjang separuh setakat satu jam.

Persiapan wahana tanam buat mengetanahkan tanaman cabai di jambang merupakan seumpama berikut:

  • Buatlah senyawa alat angkut tanam berupa tanah, pasir, dan cendawan kandang dengan perbandingan 2:2:1 atau campuran persil, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan proporsi 2:1:1. Lalu aduk sintesis sampai rata.
  • Cek keasaman media tanam dengan pH meter ataupun kertas lakmus. Nilai pH yang ideal lakukan tumbuhan lombok berkisar 5,5-6,8.
  • Jika pH adv minim dari 5,5 berikan pokok kayu kapur dolomit maupun berikan pupuk belerang jikalau pH lebih dari 6,8.
  • Tambahkan pupuk asal anorganik seperti NPK 16-16-16 sebanyak 5 gram tiap-tiap vas. Tambahkan pula sekelumit sendok teh insektisida sistemik, begitu juga Furadan 3G lakukan menyelesaikan hama n domestik media tanam. Aduk merata dan biarkan fusi tersebut sepanjang suatu sampai dua minggu sebelum digunakan.
  • Masukkan pecahan genting ataupun batu bata ke penggalan dasar jambang sebagai pengendali drainase. Kemudian, masukkan sarana nan telah disiapkan ke intern jambang hingga menyisakan lebih invalid 5 cm dari bibir jambangan.
  • Tempatkan botol sakti media di tempat membengang dan mendapatkan cahaya matahari. Lakukan kegiatan ini bilang waktu sebelum penanaman dilakukan.

3. Waktu dan cara tanam

Mengetanahkan pohon lada di dalam pot tidak bergantung pada perian dan tahun, melainkan didasarkan oleh siklus dan manajemen pemanenan.

Jika ingin penuaian setiap hari, misalnya, maka perlu dilakukan pengaruh waktu tanam. Cara mengetanahkan tanaman cili di privat pot, yakni:

  • Lakukan reboisasi di pagi masa sebelum pemukul 09.00 atau sore setelah pukul 15.30 cak bagi menyingkir tumbuhan stres. Hindari menanam pada siang hari.
  • Lakukan penyaringan bibit. Gunakan bibit berusia 5-6 MST atau memiliki heksa- helai daun yang internal keadaan sehat, normal, dan vigor.
  • Cabut bibit dengan hati-hati dari tray semai yang media semainya cukup gersang. Jika sari disemai di polibag, ambil polibag mandraguna sari tersebut lalu balikkan dengan pangkal layon konsentrat dijepit oleh jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian, tampar bagian radiks polibag secara perlahan dan lever-hati agar bibit keluar bersama akar tunggang dan medianya. Usahakan sarana tanam lain terbongkar untuk mencegah kerusakan akar tunggang.
  • Guyur media tanam kerumahtanggaan pot sebelum reboisasi. Gunakan kayu atau buluh katai buat membuat korok tanamm. Selanjutnya, tanam bibit di lubang tersebut dan padatkan dengan ujung deriji.
  • Siram lubang nan telah ditanami bibit tanaman lada dengan larutan fungisida untuk mencegah serangan kawul. Selain itu, semprotkan larutan pupuk daun Gandasil 2 gram/liter sebanyak 250 mililiter tiap-tiap tanaman.

4. Pelestarian

Kegiatan pemupukan susulan di pot yaitu sebagai berikut:

Larutkan NPK 15.15.15 sebanyak lima sendok makan ditambah satu sendok makan pupuk daun, begitu juga Gandasil D (fase vegetatif) atau Gandasil B (fase degeneratif) dalam 10 liter air atau satu ember besar.

Kemudian, kocorkan sebanyak 250 mlililiter atau satu kaca pada setiap rumpun tanaman. Berikan pupuk kocor tersebut setiap minggunya. Semprotkan kawul patera, seperti Gandasil D (fase vegetatif) dan Gandasil B (fase generatif) dengan pemusatan 2 gram/liter setiap minggu.

Berikan pupuk patera tersebut tiga hari pasca- hadiah cendawan kocor.


Baca Juga:
3 Cara mudah menyelamatkan cengek agar buahnya deras

Selanjutnya:
Nanas boleh ditanam di pot loh, serupa ini caranya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Langkah Mudah Menanam Cabai di Pot dan Bekas Bekas”,

Cek Berita dan Artikel yang tak di Google News





  • INDEKS BERITA







Source: https://lifestyle.kontan.co.id/news/pekarangan-rumah-sempit-ini-4-langkah-mudah-menanam-cabai-di-pot