Cara Tanam Buah Tin Di Pot

Agrozine.id – Afiliasi mendengar nama buah tin? Ya nama buah yang satu ini tentu sudah lain asing lagi di kuping. Buah tin adalah salah satu kelompok tanaman dari famili Moraceae dengan nama latinFicus carica.Peristiwa menghela dari buah tanaman yang satu ini ialah sering disebut andai buah surga. Buah tin adalah tumbuhan berkayu dimana pohonnya dapat tumbuh hingga sampai ke 10 meter. Namun kini budidaya buah tin berangkat banyak dilakukan dan kronologi teknologi serta hobatan makrifat membuat semakin banyak inovasi intern budidaya buah ini. Dalam artikel ini akan dibahas pelecok satau cara budidaya buah tin yaitu menggunakan pot misal wadah tanamnya.

Sebelum ikut ke pembahasan cara budidayanya,sebaiknya ketahui terlebih lampau syarat bertaruk tanaman buah kaleng ini supaya kamu menggunakan teknik yang tepat internal proses budidayanya. Nah berikut ialah beberapa syarat tumbuh buah tin:

  • temperatur lingkungan antara 20-27 derajat celcius
  • buah tin bisa dibudidayakan di dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian tempat mulai pecah 800 mdpl
  • kelembaban udara yang tinggi dan guyur hujan antara 500-550 mm tiap-tiap tahunnya
  • lama penyinaran syamsu sambil yang disukai buah tin merupakan sekitar 8 jam
buah tin
Biji zakar tin (Ficus carica)

Cara Budidaya Buah Tin

1. Persiapan media tanam

Sama begitu juga budidaya tanaman yang lain, biji pelir belek juga membutuhkan media tanam lakukan pertumbuhannya. Media tanam nan dapat digunakan untuk budidaya buah tin ialah tanah, sekam dan cendawan organik. Terlampau buat palagan penanamannya, siapkan jambang berukuran segara. Media tanam buah tin harus mempunyai drainase nan baik dan berada.

2. Pembibitan

Pembibitan untuk buah tin boleh dilakukan dengan tiga cara yaitu pembibitan menggunakan biji, ki memasukkan dan stek. Kerjakan multiplikasi menggunakan biji, pastikan skor buah nan dipilih adalah yang sudah etis-benar matang dan gersang. Berikut mandu pembibitan biji pelir kaleng menggunakan nilai:

  • siapkan media tanam berupa sekam, kapling dan kawul organik dengan perbandingan 2:2:1
  • buatlah gua lakukan menghamburkan mani suntuk tutup dengan tanah secara merata sesudah benih ditanam
  • lakukan penyiraman konsentrat secara rutin dan sesudah seputar 3 minggu bibit sudah siap dipindahkan ke dalam vas

Pembibitan buah tin juga bisa dilakukan dengan teknik cangkok. Teknik cangkok memiliki kelebihan dimana biji kemaluan tin akan bertambah cepat berbuah. Cara mencangkok biji pelir tin ialah laksana berikut:

  • carilah biji kemaluan tin nan batangya masih muda dan plonco
  • potong bagian batang dan jaras dengan pupuk kelapa dahulu basung menggunakan plastik transparan
  • gabung sarana ki memasukkan puas bagian ujungnya menunggangi tali
  • siramlah kendaraan cangkok saban hari dan setelah berumur 40-45 hari akan bersemi anakan buah tin baru yang siap dipindahkan ke media tanam baru

Cara terakhir dalam pembibitan buah kangsa yaitu stek batang yang terbilang praktis. Privat tahapan stek ini pilihlan batang buah gangsa yang telah tua lalu cucuk serong dan selanjutnya tanam pada media tanam baru dan lakukan penyiraman saban hari secara rutin.

3. Penjagaan buah belek

Perawatan pokok kayu ini dapat dilakukan dengan penyiraman dan perabukan. Penyiraman dapat dilakukan secara rutin suatu mana tahu sehari pada musim kemarau. Buah tin adalah biji kemaluan yang tidak memerlukan terlalu banyak air khususnya lega perian penghujan.

Selanjutnya adalah pemupukan. Baja nan baik buat pohon tin adalah kawul organik karena memiliki kandungan yang makin lengkap dibandingkan dengan pupuk kimia.

4.Panen

Buah tin dapat dipanen setelah berumur 4-5 bulan setelah tanam namun bisa lebih cepat jika musim panas.

Demikian prinsip budidaya biji kemaluan kangsa di dalam vas. Semoga boleh menjadi referensi bagi beliau yang kepingin mencoba budidaya biji zakar surga ini. (ira)

Source: https://agrozine.id/panduan-cara-budidaya-buah-tin-di-dalam-pot/