Seperti yang telah jamak diketahui bahwa biji zakar pir memang tanaman buah yang berasal berpangkal bongkahan bumi beriklim sedang. Seperti di daerah Afrika Utara, Eropa, dan Asia Timur. Jika dipaksa untuk ditanam di iklim tropis nan panas, buah pir lazimnya akan memiliki ukuran yang relatif boncel. Rasa buahnya pun tidak semanis buah pir yang banyak dibudidayakan di daerah iklim sedang.

Tetapi ada beberapa kota di Indonesia yang n kepunyaan iklim yang mirip dengan rekahan manjapada beriklim semenjana. Galibnya ii kabupaten atau daerah ini berlimpah diketinggian tertentu sehingga hawa hariannya tidak terlalu panas. Selain itu kota atau daerah tersebut juga memiliki tanah nan luas bikin dijadikan perkebunan biji zakar pir. Lantas dimana saja kota yang tepat cak bagi budidaya biji pelir pir di Indonesia?

1. Berastagi, Karo, Sumatera Lor

1. Berastagi, Karo, Sumatera Utara
adhannm.blogspot.com

Berastagi yaitu keseleo suatu ceduk pangkat di Kabupaten Karo. Kota Berastagi memiliki ketinggian 1.300 meter dari bidang air laut. Dengan serupa itu iklim dari kota ini memiliki peledak yang sangat dingin. Berastagi diapit maka dari itu argo Sibayah dan Gunung Sinabung nan masih sering aktif. Sehingga kapling di sana bernas dan cocok untuk perkebunan.

Untuk saat ini, Berastagi memang dikenal sebagai pembuat buah-buahan paling bagus di area Sumatra Utara. Jenis biji zakar yang ditanam di sana antara lain jeruk, stroberry, dan tomat. Dengan begitu potensi lakukan menananm biji kemaluan pir di sana masih suntuk tahapan. Menghafal kota ini juga terkenal akan wisatanya.