Cara Tanam Buah Naga Pdf

Teknik menanam buah naga sebernarnya keteter. Baik lakukan budidaya di kebun maupun intern pot.

Hanya saja, sebagian manusia mencupaikan fragmen utama di awal sehinga selepas sejumlah tahun pohon buah naganya tak berbuah. Normalnya buah ular besar dapat berbuah setalah 7 -10 bulan. Jika beruntung 5 wulan sudah lalu berbuah.


budidaya buah naga

Suka-suka Pun yang melembarkan pati sudah lever-lever, tapi gagal berbuah atau apalagi rusak batang karena serangan hama penyakit.

Coretan cara budidaya buah ular besar mutakadim banyak di internet atau buku, hanya saja biasanya tak lengkap atau telah out of date.

Saya mengumpulkan berbagai literatur, kunci, video, praktek serampak dari pelaku, dan penelitian tebaru mengenai buah ini kerjakan melayani kepada engkau mengenai cara budidaya buah naga yang cepat berhasil, berumur panjang, dan menguntungkan.

Yuk Kita Mulai.

1. Kenali Buah Hantu bumi yang Akan Dia Tanam

Di Indonesia keberagaman biji pelir naga ada 6. Merah, putih, super ahmar, kuning, makhluk dan hitam. Apapun jenisnya tetap menguntungkan.


buah naga kuning dan putih merah

Jenis nan paling banyak ditanam adalah buah naga merah dan putih. Yang paling kecil mahal di murahan dan ukurannya kecil adalah biji zakar ular besar asfar.

Biji pelir yang paling mudah ditanam adalah buah naga nirmala. Sedangkan yang sedang hits di kalangan petani yakni buah hantu bumi super red.

Jika belum menentukan sortiran tentang biji kemaluan naga macam apa nan akan ia tanam,  Silahkan mengaji : 6 Tipe Buah Naga , Sira juga boleh mengawasi narasi sukses petambak buah naga dan perhatikan buah jenis apa yang mereka tanam.

2. Cara Mewujudkan Bibit Buah Naga

Suka-suka dua kaidah mewujudkan esensi, yaitu dengan cara generatif (berpokok biji)  dan vegetatif (stek) .

Saya dahulu menyarankan memilih cara vegetatif (stek) karena hasilnya sudah karuan seperti induknya dan berbuahnya cepat. Anda terlampau memilih induk nan bagus dan merawat pati itu.

Kalau prinsip generatif, selain jadinya bisa berbeda dengan induk, diperlukan tempat pemijahan khusus, ini sulit yang melakukan.

Bagi mendapatkan buah yang contoh, ia harus memilih tanaman induk yang baik. Sifat induk nantinya akan menurun pada anakannya termasuk buahnya.

Membeli Ekstrak

Nah Jika kamu baru pertama kali menanam buah naga dan tak memiliki indukan pohon buah naga, Saya mengajurkan Anda membeli bibit buah naga.
pilihlah bibit yang bagus dengan ciri -ciri :

  • Tumbuh paling kecil empat
  • Kehidupan sari sudah lalu 2 wulan alias lebih
  • Tinggi konsentrat (teragendakan recup plonco) minimal 50cm, lebih bagus sekali lagi kalau 80cm
  • batang yunior cegak, tidak cak semau perlambang penyakit
  • Pertanyaan penjualnya, induknya sudah berbuntut berapa kali, induk yang baik telah berbuah minimum 3 barangkali
  • Jika anda membeli via tokopedia, pastikan mengaji review pembeli sebelumnya

Menciptakan menjadikan Konsentrat Buah Dragon Sendiri : Metode Stek

Berikut ini mandu membuat ekstrak biji kemaluan naga  sendiri dengan metode stek :

  • Carilah Induk yang bagus, yakni : pernah berbuah minimal 4 kali, diameternya ki akbar (cak semau yang menyarankan 8cm), panjangnya minimal 80cm. Carilah jenazah nan berwarna hijau kelabu, nampak sehat, gentur dan tua. Favorit esensi tak bisa busuk atau terkena penyakit
  • Potonglah jenazah yang panjangnya 80-120 cm, sisakan 20% babak induknya agar tetap tumbuh, yang 80% ini untuk kita jadikan bibit. Setiap bibit usahakan mempunya minimla 4 calon tunas.
  • Kemudian, potonglah batang yang akan distek dengan panjang masing-masing 20-30 cm. Bagian atas bangkai dipotong rata dan bawah bawahnya dipotong meruncing. Pangkal bawah ini nantinya yang akan ditancapkan ke tanah.
  • celupkan bagian bawah ke fungisida bagi menghindari komplikasi, ada juga nan menggilir fungisida dengan berambang merah.
  • Oleskan perangsang akar susu di pangkal mayat bagian pangkal, lalu tancapkan ke bedengan atau polybag yang berilmu media tanam dengan kedalaman 5 cm.
    Wahana tanam nan baik terbuaat mulai sejak kompos, tanah, dan sekam padi dengan perbandingan 2: 1 : 1/2
  • Buatlah penaung ataupun naungan untuk meliputi stek batang buah dragon tersebut dari memberahikan rawi.
  • Stek disiram paling kecil 2 mana tahu sehari, pagi dan magrib.
  • Pada umur 3 minggu, dia boleh membuka naungan karena tunas pertama sudah bertaruk. Ini dimaksudkan agar cahaya matahari boleh selengkapnya mengasihkan cahayanya.
  • Pasca- kehidupan tunas 2 wulan atau tingginya sekitar 50-80 cm, anda bisa memindahkan taruk ini ke tiang menaiki. Takdirnya bibit buah hantu bumi masih kecil, tunggu sampai umur 3 wulan, jika tuna stidak muncul anggap saja bibit nan itu tidak berbuntut.

3. Anju Menanam Buah Ular besar

Langkah menanam itu utama.

Kerja Gentur, energi, biaya, dan masa nan kamu investasikan di semula akan terbayar seusia hidup buah naga. Tanaman ini biasanya berumur s.d. 20 periode, dan di lokasi nan tepat serta perawatan nan pas, umur 10 bulan sudah berbuah.

Tanaman buah naga itu unik, dia sepertalian kaktus yang ceceh banyak sorot matahari tapi bukan kokoh. Sepatutnya cepat berbuah, banyak menghasilkan, dan pangkat sukma, ada beberapa kondisi yang harus kita perhatikan.

Memilih Lokasi Tanam

Buah Naga merupakan keberagaman pohon kaktus yang menyimpan air di pohonnya.  Jadi pilihlah lokasi yang pas termengung seyogiannya mendapat cerah syamsu pas, Zakiah semenjak rerumputan dan enggak di sawah.

Bahasa ilmiahnya, kamu boleh hidup bagus di daerah dengan kemuliaan 0-350m di atas permukaan laut dan curah hujan angin 720mm per tahun.

Kondisi yang terlalu basah dan kurang pendar matahari akan menciptakan menjadikan buah ular besar mengalami kemungkus buntang.

Pokok kayu naga cocok untuk distrik tegalan (ladang) yang bila hujan angin selesai, airnya lain menggenang.

Di babak akhir artikel ini saya akan membualkan pengusaha nan out of the box.
Anda memakamkan buah naga di atas rukonya, cak semau yang 5 bulan mutakadim bertelur dan ada yang 1,5 waktu berbuah. Keren cerek? di atas ruko jelas cahaya matahari patut.

Menciptakan menjadikan Tiang Panjatan

Tumbuhan buah naga tumbuh jenjang, tapi batangnya tidak kokoh. Ini karena kamu sepersaudaraan kaktus nan menyimpan air di batangnya.

Kondisi ini membentuk petani buah naga harus takhlik tiang naik yang tingginya 1,5 Meter, dibagian atas berbentuk nama tambah.

Sira bisa takhlik tiang panjat dari beton atau kayu. Ingat ya, semangat biji pelir naga boleh sampai 20 waktu. Pemakaiaan kayu memerintahkan kita mengganti kayu bila sudah berjamur dan membeningkan dedaunan kayu jika kayunya semangat.
tiang panjatan

  • Pertama, siapkan tiang menanjak nan terbuat berusul beton. Tiang ini berfungsi bagi menopang tanaman.
    Papan panjat berbentuk bisap pilar segiempat ataupun silinder.
    Diameternya berkisar antara 20-35 cm. Tiang menanjak memiliki mahamulia 1,5-2,5 meter. Umumnya ditanam plong kedalaman 50 cm. Tujuannya biar makin awet seram.
  • Buatlah penopang pada fragmen atas papan panjat sehingga mewujudkan tanda berlebih (+). Lalu, tambahkan reben tokoh bekas sehingga menciptakan menjadikan seperti kemudi oto.
  • Tiang menaiki tersebut diatur berbaris. Jarak tanam buah naga umumnya 3 meter. Jarak tersebut untuk mengurangi keurangan sinar matahari. Jangan lupa, buatlah saluran air dengan kedalaman 25 cm di antara barisan tiang mendaki.

Umumnya petani memperalat papan panjatan beton seperti bentuk di atas, tapi ada sekali lagi nan menggunakan tiang menaiki tiang dan aur seperti di pangkal ini.


Macam Tiang Panjat Buah Naga Kayu

Mewujudkan Lubang tanam

Kalau tiang mendaki sudah lalu selesai, waktu ini waktunya mewujudkan lubang tanam.

  • Setiap tiang panjat dikelilingi 4 liang tanam
  • Dimensi sendirisendiri gorong-gorong tanam ialah 60×60 cm. Kedalamannya sekeliling 25 cm.
  • Terowongan tanam yang mutakadim disiapkan dahulu diisi media berupa fusi pupuk, tanah, dan batu halus dan kapur persawahan jika terserah .
    Masukkan fusi tadi ke lubang tanam,  siramlah dengan air.
    Siram sampai basah tapi tidak dapat tergenang. Diamkan lubang hingga beberapa tahun sampai gersang dan terkena cahaya mentari.
  • Berikan 25 gram pupuk TSP setelah 2-3 hari. Prinsip memberikannya dengan melingkari tiang panjat bercerai 10 cm bermula tiang. Diamkan selama sehari.
    Dia boleh menanaminya setelah satu hari kemudian.
  • Kamu Juga boleh memberikan serat dari kotoran mandung yang dicampur tets tebu dan cairan empa, fungsinya menguatkan kunarpa pohon biji zakar hantu bumi.

4. Cara Menanam Buah Hantu bumi

Berikut ini cara menjangkitkan bibit biji pelir naga dari polybag ke kebun anda.


Budidaya Buah Naga

  • Empat pati buah naga membutuhkan suatu tiang panjat. Keempatnya ditanam mengelilingi tiang panjat. Jaraknya berkisar 10 cm.
  • Keduk lubang tanam yang sudah kita buat dan kita campur dengan kapling, ramal, dan pupuk.  kedalamannya sekitar 10-15 cm
  • Pindahkan bibit buah ular besar beliau berpunca polybag ke terowongan tanam yang sudah digali. Polybagnya dibuang, tanahnya diikutkan bukan apa-apa.
  • Gunduk bibit menggunakan kapling sebatas padat.
  • Ikat batang keempat bibit tersebut sampai menyatu dengan kayu. Pengikatan terus dilakukan detik pokok kayu biji pelir naga memanjang 20-30 cm.
  • Cucuk recup buah ular besar apabila anda akan bercagak sebelum mencapai puncak tiang panjatan, sisakan 1 doang. Apabila sudah hingga kusen panjatan, buah naga bisa bercabang banyak, lazimnya 5 cabang.

5. Pemeliharaan Biji zakar Naga

Pelestarian menjadi faktor yang paling signifikan dalam mengamalkan budidaya pokok kayu. Cara penghijauan yang baik jika tidak didukung pemeliharaan, hasilnya tak akan memuaskan.

Berdasar berbagai pengalaman, termasuk asam garam sampul sukirno nan diliput dinas pertanian ada 5 hal yang harus anda lakukan dalam merawat buah naga.

a. Irigasi

Siramlah buah naga 2 hari sekali pagi dan sore saat tidak hujan abu, jangan sampai airnya menggenang.

b. Pemangkasan

untuk mulanya-awal pertumbuhan sampai pohonnya hingga ke ujung tiang panjatan, pangkaslah tunas dan sisakan 1 namun. ini hendaknya pohon cepat tumbuh ke atas.
Setelah dewasa, pangkaslah recup yang kira-kira tidak diperlukan, yang busuk, atau yang tertimpa penyakit lalu tumpuk ke dalam tanah agar enggak menular.
Cabang buah naga yang telah berbuah 4 mana tahu mudah-mudahan di cucuk dan dijadikan bibit. Tapi pastikan anda bukan rujuk semua silang.

c. Pemupukan

Sebelum hingga ke ujung tiang panjatan, gunakan cendawan kandang dari kotoran ayam aduan. Pastikan sudah kering, makin bagus lagi sekiranya difermentasi.
Jika menunggangi serat sintetis, pasrah pupuk dengan unsur Ufuk yang kian banyak.
Setelah dewasa, beri cendawan dengan zarah P dan K yang banyak.
Tidak disarankan menunggangi pupuk urea karena abnormal cocok untuk tanaman kaktus.

Biaya siluman tambahan dari Buntelan jarot di Malang ialah menggunakan pupuk kandang. Dosisnya 5 kg per gawang. Pupuk pertama setelah panen beliau campur dengan 200kg kapur perladangan plong pupuk.

d. Pembersihan suket/gulma

Hal ini bertujuan lakukan memaksimalkan penyerapan pupuk dan partikel hara plong buah naga. Sekiranya ada rumput maka gizi rabuk akan dibagi makanya rumput dan buah hantu bumi kita.

e. Membasmi Hama

Hama berwujud bekicot dan ulat dibersihkan secara manual. Hama berupa serabut dan kutu putih bisa dibersihkan dengan biopestisida buatan seorang.
Cara membuat bipoestisida adalah dengan mencampur daun pahitan, limbah tembakau, dan air dengan nisbah 1:1:2.  campuran tadi dimasukkan ke medan dan didiamkan 1 rembulan

f. Memastikan Kilat Cukup, Jikalau Terserah Dana:  Buat Cahaya Buatan

Tanaman biji pelir naga yaitu sejenis kaktus, jangan sampai lokasi dia plus gelap.
Lokasi yang baik adalah tegal lapang yang sinar mataharinya pas.

Faktanya, menurut penelitian di Filipina, menggunung cahaya buatan nan seikhwan kirana matahari bisa mempercepat panen dan boleh berdampak di lain musim pengetaman.
Teknologi nan diteliti di Filipina itu sudah diterapkan di Banyuwangi, lihat video ini ya. Buah ular besar di banyuwangi bisa berhasil sepanjang periode, enggak belaka di hari panen.








Kuncinya : Biji zakar naga pelir cahaya nan banyak.

6. Memanen Biji kemaluan Naga

Biji kemaluan naga kalis biasanya berbuntut di rembulan ke 10. biji zakar naga merah banyak yang berbuah di rembulan 8. Nah seandainya mendapat habuan, di wulan 5 juga terserah yang berhasil.


pengusaha buah naga

Saatnya Panen
Ukuran buah dragon kebanyakan 400-700 gram.
Jarak antara bunga dan biji pelir   masak adalah 35 musim. Buah naga dianggap sudah matang jika warnanya sudah merah penuh pekat.
Sekiranya ditaruh di awan terbuka, biji zakar hantu bumi boleh tahan sepanjang 10 hari. Lain lagi sekiranya di almari pendingin, bisa hingga 1 bulan.

Setelah penuaian

2 bulan setelah panen, buat pemuuukan dan campur dengan kapur perkebunan.
teguh semangat dan lakukan evaluasi, biji zakar naga biasanya panen setiap 6 bulan sekali.

7. Kenapa pokok kayu Buah Naga Tidak Berbuah dan Solusinya

Iya, suka-suka nan sudah menyelamatkan buah dragon baik internal botol maupun dipekarangan, sudah 2 masa tapi tidak berbuntut. Alasannya simpel: biasanya karena kurang cahaya mentari, salah pupuk, tidak dipangkas, biasanya air, bidasan wereng, dan pembuahan nan gagal.  Ayo kita bahas satu persatu

a. Kurang cahaya surya.

Pohon buah naga adalah jenis kaktus yang mewah hayat di sahara, jadi tanamlah di lokasi yang lapang.
Jangan sampai kebun buah naga engkau diapit (bahkan ditutupi) oleh gedung tingkatan, huma kalis, kebun sengon, dan benda benda tinggi lainnya.

Kian bagus juga jika anda tambahkan terang buatan berupa bola lampu di lilin lebah hari, sebagaimana yang dilakukan tali pusar saudara kita di kampung ular besar Banyuwangi.

b. Salah Pupuk

Di awal pertumbuhan, Anda harus memberi serabut nan kandungan Kaki langit nya banyak. di masa siap bertelur, kandungan P dan K bisa diperbanyak.
Jangan beri kawul urea, dapat terjadi busuk buntang.
Jangan beri pupuk kandang yang belum matang apalagi kotoran serentak.
Rajinlah membersihkan gulma dan jukut agar peresapan pupuk cermin.

c. Tidak dipangkas

Biji pelir naga yang enggak dipangkas akan membuang banyak energi buat mewujudkan daun bukan bakal bertelur.

d. Lazimnya Air

Tumbuhan buah naga cocoknya di padang ramal dan di tanah tegalan, bukan seperti antah nan dapat bertunas di sawah. air yang terlalu becek akan membusukkan batang, aturlah supaya tegal biji pelir naga beliau bukan menggenang detik hujan angin selesai

e.  Serangan Wereng dan penyakit

Menurut penelitian dari IPB, sekurang-kurangnya ada 18 hama buah ular besar, wow.
Jangan takut, anda bisa mengamalkan solusi sapu sejagat. Artinya, 1 solusi bagi banyak permasalahan.
Ki ini saya telaah khusus, silakan baca : 18 Hama dan penyakit Biji kemaluan Naga Menurut IPB

f. Penyerbukan yang Lain Kamil

Teman-tampin coba lihat video kita yang purwa tadi. Atau ini saya tampilkan lagi di sumber akar.
Penyerbukan biji kemaluan dragon bagusnya terjadi lilin batik hari, padalah kalau di negeri engkau kurang suka-suka kumbang maupun lebah yang hidup lilin lebah hari, cak hendak tidak ingin anda harus melakukan penyerbukan seorang di lilin batik periode.
Tidak barang apa-apa, ini namanya kerja keras.

8. Pengusaha Buah Naga Sukses berbagi tips Untuk Anda

Saya tidak terkesiap dengan alamat kementerian pertanian nan menginginkan kita surplus buah naga.

Faktanya saya menemukan banyak petani buah naga sukses. ada yang omsetnya ratusan juta, cak semau yang sudah punya agrowisata buah hantu bumi. ada yang modalnya 300 ribu waktu ini sudah punya 5000 pohon biji zakar naga. Terserah nan sudah menerapkan teknik cahaya buatan dari filipina, wow. Suka-suka pula yang lewat out of the box, ada yang mengetanahkan di atas ruko dan 5 bulan bertelur.

Agar lebih dalam, saya menulisnya intern artikel tersendiri. Silahkan baca : Para Pabrikan Biji zakar Naga Yang sudah Sukses Berbagi Uang pelicin Untuk Pemula.

9. Lipat Gandakan hasil Persuasi dengan Agrowisata

Ternyata, banyak individu yang kepingin berkunjung di huma buah dragon.

Mereka ingin memetik buah hantu bumi bersama-sama, meluluk praktek budidaya, dan tentu cuma : berfoto

Di Jogja dan malang, sudah ada agrowisata buah naga.

Kaprikornus kalau kebun sira telah luas, silahkan buka kebun beliau bikin menjadi lokasi agrowisata. Penjualan dia meningkat dan uang ia makin karena pengunjung bayar tiket ikut.

Anda lagi makin naik daun karena diulas oleh media dan foto kebun ia dishare ke kendaraan sosial oleh para tamu.

Yuk lihat video ini cak bagi inspirasi







Sudahlah itu tadi teknik budidaya biji kemaluan naga.

Sekarang saatnya engkau untuk praktek, apa yang akan engkau lakukan setelah ini? yuk share di komentar biar nan lain bertambah nyawa.
Lebih jauh silahkan membaca :

Kamil dan urut: Mengebumikan Buah Naga Dalam Pot  18 Hama Penyakit Biji zakar Naga Menurut IPB

6 Spesies Biji pelir Naga Indonesia  8 Pengusaha Buah Naga Sukses

Cara cepat Budidaya Buah Dragon di Ladang  50 Manfaat Biji zakar Naga Merah

Apakah menurut sira artikel ini bagus? Jikalau iya,

Saya terlazim periode 1 wulan untuk menyusun dan mengumpulkan artikel gemerlap ini, beliau hanya terbiasa 10 momen bagi menshare ke padanan anda.

Jika menurut beliau artikel ini bermanfaat, mari bagikan ke n antipoda-teman melalui facebook, whatsapp, atau twitter. Salam Bernas.

Source: https://erakini.com/budidaya-tanam-buah-naga/