Di waktu taun seperti sekarang ini, asupan makanan bergizi dan setimbang habis terdahulu untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap bugar. Salah satunya yakni rutin mengonsumsi sayur dan buah sebagai asupan gizi dan mineral. Karena sayuran dan buah berguna bagi tubuh, kamu bisa lo berangkat mengebumikan sendiri tanaman biji pelir-buahan biar bertambah terjamin kebersihan dan kualitasnya.

Pelecok suatu biji pelir yang cocok ditanam di iklim tropis Indonesia adalah buah naga. Biji zakar ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan air sehingga adv amat segar untuk konsumsi biji zakar harian. Nah, kali ini
Hipwee
akan memasrahkan cara menanam buah naga dengan berbagai media yang mudah untuk dipraktikkan di apartemen. Yuk, simak ulasan sesudah-sudahnya!

1. Pendirian menanam buah naga semenjak skor masih jarang dilakukan, tetapi kamu tetap bisa mencobanya dengan mengerjakan tahap penyemaian

Cara menyelamatkan buah naga semenjak biji | Credit via umatani.com

Strata menanam buah naga menggunakan skor hampir sebagai halnya teknik penyemaian benih pada umumnya. Kamu perlu menyiapkan bahan-bahan yang baku digunakan bikin menyemai dan berarti sekali cak bagi melembarkan biji biji pelir yang berkualitas.

  1. Pertama, kamu dapat pilih biji zakar ular besar yang sudah tua lontok dan berkualitas.
  2. Setelah itu, belah buah naga menjadi dua bagian dan ambil dagingnya.
  3. Kemudian pisahkan poin buah hantu bumi dari daging buah untuk disemai. Membeda-bedakan skor dalam kondisi baik agar bisa menjadi benih nan berkualitas.
  4. Siapkan panggung maujud stoples dan berikan alas sebagai ki alat perkecambahan sperma. Hutan medan bisa berupa tisu atau kapas nan telah dibasahi air.
  5. Taburkan biji buah naga di atas media perkecambahan dan simpan di tempat yang bukan dihinggapi cerah matahari secara bertepatan agar proses pertumbuhannya bertambah cepat.
  6. Pasca- biji mulai tumbuh, kecambah bisa tiba dipindahkan ke media penyapihan.

2. Bagi engkau yang hanya mempunyai lahan sempit buat berbendang, kamu bisa coba menyelamatkan biji kemaluan hantu bumi di
polybag

Cara menanam biji zakar naga di polybag | Credit via samudrabibit.com

Jika dia saja memiliki sedikit lahan buat berladang, kamu juga dapat memanfaatkan
polybag
untuk menanam biji kemaluan ular besar. Apalagi takdirnya sebelumnya kamu sudah menyemai skor buah hantu bumi, kamu tetapi perlu melakukan tahap penyapihan menggunakan
polybag. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan lahan dan pupuk umpama media tanam.
  2. Masukkan media tanam ke dalam
    polybag, lalu pindahkan kecambah buah ular besar yang telah disemai. Pasrah jarak antar mani dan tutup dengan tanah secara perlahan.
  3. Buat penjagaan hingga daunnya bertaruk. Jika mutakadim muncul duri-duri subtil berarti proses pembibitan biji pelir naga berhasil.

3. Jika pembiakkan dari biji masih susah dilakukan, cara mengebumikan biji zakar naga dari setek menjadi pilihan yang minimal praktis!

Prinsip memakamkan biji kemaluan naga bersumber stek | Credit via piqsels.com

Seandainya kamu ingin pendirian menanam biji kemaluan dragon yang kian mudah, kamu dapat menyedang menanamnya menggunakan teknik setek buntang. Cara ini juga menjadi riuk satu pendirian yang paling sering diterapkan. Berikut tahapannya:

  1. Pilih batang berdiameter selingkung 8 cm dan sudah lalu susunan berbuah. Semakin tua pokok kayu emak, akan semakin bagus bagi dijadikan sebagai batang utama.
  2. Potong buntang sekitar 80-120 cm untuk dijadikan misal unggulan bibit.
  3. Bacok kembali batang favorit konsentrat dengan ukuran 20-30 cm dengan ujung yang dipotong rata dan penggalan pangkal dipotong meruncing cak bagi mempercepat pertumbuhan akar.
  4. Berikutnya, biarkan jenazah setakat getahnya meringkai. Setelah bibit siap, siapkan media semaian substansial
    polybag
    atau bedengan yang sudah lalu dicampur dengan pupuk kandang kambing dan telah dilakukan penyiraman dengan kedalaman 5 cm.
  5. Lakukan penyiraman bibit secara terstruktur 2-3 hari sekali. Berikan naungan buat melindungi bibit dari panah matahari secara langsung.
  6. Setelah tunas mulai tumbuh, buka naungan dan biarkan tumbuhan terkena cahaya matahari secara penuh.
  7. Setelah 3 bulan atau selepas tinggi konsentrat 50-80 cm esensi pohon sudah bisa dipindahkan.

4. Selain
polybag, kamu juga bisa menanam buah naga di pot dengan menambahkan tiang panjatan buat menopang batang buah

Pendirian menanam buah naga di botol | Credit via samudrabibit.com

Sekiranya sebelumnya kamu menggunakan teknik setek untuk mengipuk taruk buah naga, dia boleh memindahkannya ke pot seumpama palagan maupun gelanggang tanaman. Berikut langkahnya:

  1. Siapkan jambangan dan pilih pot yang terbuat berasal belet mudah-mudahan bisa kontributif buah naga bagi menerima transisi temperatur ekstrem seperti siang ke malam. Pilih pot nan diameternya cukup samudra.
  2. Siapkan tiang panjatan untuk menopang bangkai dan dahan buah naga. Target yang digunakan bakal tiang bisa dari kusen ataupun beton.
  3. Bagi media tanam dari campuran kapling, pasir, dan rabuk.
  4. Kamu bisa mulai menanam konsentrat biji kemaluan naga dengan kedalaman 10 cm.

5. Jika kamu memiliki lahan pekarangan yang patut luas, kamu bisa langsung praktikkan cara menanam biji kemaluan naga di kapling

Kaidah menanam buah naga di lahan | Credit via ilmubudidaya.com

Selain menggunakan pot, ia pula dapat menyelamatkan esensi buah dragon secara langsung di tanah jika memiliki lahan pelataran yang sepan luas. Langkah-langkahnya nggak plus farik dengan pot, yaitu diawali dengan memilih bibit buah, menyiagakan tiang panjatan, dan membuat gaung tanam. Setiap tiang panjat dikelilingi empat biji pelir lubang tanam dengan ukuran 50×50 cm dan kedalaman 25 cm.

Kemudian isi gaung tanam dengan pupuk, lahan, ramal, dan kapur pertanaman takdirnya tersedia. Siram gua sampai basah, doang jangan sampai menggenang. Setelahnya, diamkan lubang sampai kering tertimpa sinar matahari. Setelah 2-3 tahun, taburkan kawul TSP secukupnya melingkari tiang. Terakhir, kamu dapat mulai menanam bibit dengan jarak 10 cm dari tiang.

6. Beliau juga harus konsisten rutin mengamalkan perawatan agar tumbuhan buah ular besar dapat kian cepat berbuah

Penjagaan tanaman biji zakar dragon | Credit via samudrabibit.com

Ia juga terbiasa melakukan serangkaian pemeliharaan pada tanaman agar bisa kian cepat berakibat. Ada bilang cara yang bisa dilakukan agar pohon lebih cepat berbuah, di antaranya pembuahan, pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan.

  1. Proses pembenihan secara manual dapat dilakukan bagi mempercepat hasil pembuahan merupakan dengan prinsip mengoleskan serbuk sari pada putik memperalat alat yang tulus, cengkar, dan secara diskriminatif seharusnya gagang cangkul bakal buah tidak patah.
  2. Pemupukan juga berarti hendaknya kebutuhan kalium tanah terlampiaskan. Kamu bisa menunggangi rabuk NPK, ZK, serta baja kandang untuk menutrisi petak dan merangsang pertumbuhan biji zakar.
  3. Penyiraman dapat dilakukan rutin tiga kali sehari terutama plong musim kering. Frekuensi penyiraman mulai dikurangi saat tanaman berangkat berbunga bagi mengoptimalkan hasil biji zakar.
  4. Pemangkasan cabang sekunder pun boleh dilakukan cak bagi mengurangi pertumbuhan cabang dan memaksimalkan biji kemaluan.

Nah, itu dia berbagai rupa cara menanam buah naga yang bisa kamu praktikkan sekiranya ingin merasakan memanen buah-buahan berusul kebun sendiri. Selamat mencoba!