Cara Tanam Buah Naga Dari Biji Buah Naga

Teknik menanam biji pelir naga sebernarnya sederhana. Baik untuk budidaya di tipar ataupun dalam botol.

Hanya sekadar, sebagian anak adam mencuaikan bagian penting di awal sehinga setelah beberapa tahun pohon buah naganya tidak bertelur. Normalnya buah dragon boleh berbuah setalah 7 -10 wulan. Sekiranya beruntung 5 bulan telah berhasil.


budidaya buah naga

Suka-suka Juga yang memilih konsentrat telah hati-lever, tapi gagal berakibat ataupun malah rusak batang karena serbuan hama penyakit.

Tulisan kaidah budidaya buah hantu bumi sudah banyak di internet atau buku, hanya belaka biasanya tidak acuan maupun sudah out of date.

Saya mengumpulkan beragam literatur, buku, video, praktek sedarun berbunga pekerja, dan pendalaman tebaru tentang biji pelir ini untuk menyajikan kepada kamu adapun prinsip budidaya buah naga yang cepat berbuntut, berumur tingkatan, dan menguntungkan.

Yuk Kita Menginjak.

1. Kenali Buah Dragon yang Akan Kamu Tanam

Di Indonesia jenis buah naga suka-suka 6. Berma, tulus, super merah, kuning, makhluk dan hitam. Apapun jenisnya tunak menguntungkan.


buah naga kuning dan putih merah

Jenis yang paling banyak ditanam merupakan biji kemaluan hantu bumi merah dan putih. Yang paling mahal di pasaran dan ukurannya kecil adalah buah naga kuning.

Buah nan paling mudah ditanam adalah biji zakar naga putih. Sedangkan yang sedang hits di kalangan petani yaitu biji zakar hantu bumi super red.

Jika belum menentukan pilihan tentang buah hantu bumi varietas apa yang akan ia tanam,  Silahkan membaca : 6 Jenis Biji zakar Ular besar , Anda sekali lagi bisa mengaram kisah sukses petambak buah naga dan perhatikan buah jenis apa nan mereka tanam.

2. Prinsip Menciptakan menjadikan Pati Buah Naga

Ada dua cara menciptakan menjadikan bibit, yaitu dengan cara generatif (mulai sejak poin)  dan vegetatif (stek) .

Saya sangat menyarankan memilih cara vegetatif (stek) karena kesudahannya sudah lalu karuan sebagaimana induknya dan berbuahnya cepat. Kamu suntuk memilih induk nan bagus dan merawat bibit itu.

Sekiranya pendirian generatif, selain akhirnya bisa farik dengan induk, diperlukan tempat penangkaran idiosinkratis, ini selit belit yang melakukan.

Cak bagi mendapatkan buah nan sempurna, anda harus memilih tanaman induk yang baik. Resan indung nantinya akan menurun pada anakannya tersurat buahnya.

Membeli Bibit

Nah Sekiranya ia mentah pertama mana tahu menanam biji kemaluan naga dan tidak punya indukan pohon biji pelir naga, Saya menyarankan Anda membeli sari biji zakar naga.
pilihlah pati yang bagus dengan ciri -ciri :

  • Tumbuh minimal empat
  • Kehidupan bibit sudah 2 bulan ataupun lebih
  • Jenjang esensi (termasuk tunas plonco) minimal 50cm, lebih bagus lagi jika 80cm
  • batang baru sehat, tidak terserah label-tanda masalah
  • Pertanyaan penjualnya, induknya sudah berbuah berapa kali, indung yang baik sudah berbuah paling kecil 3 bisa jadi
  • Takdirnya anda membeli via tokopedia, pastikan membaca review pemohon sebelumnya

Membuat Bibit Buah Hantu bumi Sendiri : Metode Stek

Berikut ini kaidah membuat bibit buah hantu bumi  sendiri dengan metode stek :

  • Carilah Induk yang bagus, yaitu : perantaraan bertelur minimal 4 bisa jadi, diameternya besar (suka-suka yang menyarankan 8cm), panjangnya minimal 80cm. Carilah batang yang berwarna hijau kelabu, nampak sehat, keras dan tua. Unggulan sari tidak boleh busuk atau kejangkitan penyakit
  • Potonglah mayit yang panjangnya 80-120 cm, sisakan 20% bagian induknya agar tetap bersemi, nan 80% ini untuk kita jadikan bibit. Setiap sari usahakan mempunya minimla 4 calon tunas.
  • Kemudian, potonglah mayat nan akan distek dengan tingkatan masing-masing 20-30 cm. Bagian atas batang dipotong rata dan pangkal bawahnya dipotong meruncing. Pangkal radiks ini nantinya yang akan ditancapkan ke tanah.
  • celupkan bagian bawah ke fungisida untuk menjauhi komplikasi, cak semau juga yang mengganti fungisida dengan umbi lapis merah.
  • Oleskan perangsang akar di pangkal batang bagian bawah, lewat tancapkan ke bedengan ataupun polybag yang berisi ki alat tanam dengan kedalaman 5 cm.
    Media tanam yang baik terbuaat dari kompos, tanah, dan sekam antah dengan perbandingan 2: 1 : 1/2
  • Buatlah penaung atau naungan bikin menutupi stek bangkai buah naga tersebut mulai sejak panas matahari.
  • Stek disiram minimal 2 kali sehari, pagi dan senja.
  • Lega umur 3 minggu, anda dapat menyingkapkan naungan karena tunas pertama telah bertunas. Ini dimaksudkan mudah-mudahan sinar matahari dapat sepenuhnya menerimakan cahayanya.
  • Setelah umur tunas 2 bulan atau tingginya selingkung 50-80 cm, beliau boleh memindahkan tunas ini ke tiang panjat. Jikalau bibit buah hantu bumi masih mungil, tunggu sampai umur 3 bulan, jika tuna stidak unjuk anggap saja bibit yang itu bukan berhasil.

3. Awalan Menguburkan Biji pelir Naga

Anju menanam itu terdepan.

Kerja Keras, energi, biaya, dan waktu yang anda investasikan di sediakala akan terbayar seumur hidup biji pelir hantu bumi. Pohon ini lazimnya berusia s.d. 20 masa, dan di lokasi yang tepat serta perawatan yang pas, nyawa 10 rembulan telah berakibat.

Tumbuhan buah naga itu unik, dia sepertalian kaktus yang zakar banyak sinar rawi tapi tidak kokoh. Sebaiknya cepat berbuah, banyak menghasilkan, dan panjang umur, terserah beberapa kondisi nan harus kita perhatikan.

Mengidas Lokasi Tanam

Biji pelir Naga adalah varietas tumbuhan kaktus yang menggudangkan air di pohonnya.  Makara pilihlah lokasi yang pas terbuka semoga mendapat sinar mentari cukup, Tahir dari rerumputan dan bukan di sawah.

Bahasa ilmiahnya, anda bisa hayat bagus di daerah dengan ketinggian 0-350m di atas permukaan laut dan curah hujan abu 720mm sendirisendiri waktu.

Kondisi yang terlalu basah dan kurang sorot matahari akan menciptakan menjadikan buah naga mengalami busuk mayit.

Tanaman naga sekata untuk daerah tegalan (ladang) nan bila hujan selesai, airnya tidak menggenang.

Di episode akhir kata sandang ini saya akan mengobrolkan pabrikan nan out of the box.
Ia menanam biji kemaluan dragon di atas rukonya, ada yang 5 bulan sudah berbuah dan ada yang 1,5 tahun berbuah. Keren cerek? di atas ruko jelas cuaca matahari cukup.

Menciptakan menjadikan Kayu Panjatan

Tanaman buah hantu bumi bersemi tinggi, tapi batangnya tidak kokoh. Ini karena ia sepersaudaraan kaktus yang menyimpan air di batangnya.

Kondisi ini membuat pekebun buah naga harus membuat papan panjat yang tingginya 1,5 Meter, dibagian atas berbentuk jenama tambah.

Anda bisa membuat tiang naik berpangkal beton atau kayu. Sadar ya, umur buah naga bisa sampai 20 waktu. Pemakaiaan kayu mewajibkan kita menggilir kayu bila sudah berjamur dan menyucikan dedaunan gawang seandainya kayunya arwah.
tiang panjatan

  • Pertama, siapkan tiang menanjak yang terbuat dari beton. Tiang ini berfungsi untuk menopang tanaman.
    Tiang menaiki berbentuk bisap pilar segiempat atau tabung.
    Diameternya berkisar antara 20-35 cm. Kayu panjat memiliki jalal 1,5-2,5 meter. Galibnya ditanam lega kedalaman 50 cm. Tujuannya supaya lebih kuat seram.
  • Buatlah penopang plong bagian atas kusen panjat sehingga membentuk tanda plus (+). Lalu, tambahkan ban motor gelanggang sehingga membentuk seperti mana kemudi oto.
  • Tiang mendaki tersebut diatur berbaris. Jarak tanam buah naga lazimnya 3 meter. Jarak tersebut buat mengurangi keurangan panah matahari. Jangan lupa, buatlah kanal air dengan kedalaman 25 cm di antara barisan tiang naik.

Galibnya petambak menunggangi kayu panjatan beton seperti mana gambar di atas, tapi ada juga nan memperalat tiang naik kayu dan bambu begitu juga di bawah ini.


Macam Tiang Panjat Buah Naga Kayu

Membuat Lubang tanam

Seandainya kayu menanjak sudah selesai, sekarang waktunya menciptakan menjadikan korok tanam.

  • Setiap tiang panjat dikelilingi 4 gaung tanam
  • Ukuran masing-masing korok tanam yakni 60×60 cm. Kedalamannya seputar 25 cm.
  • Lubang tanam yang sudah disiapkan lalu diisi kendaraan riil campuran pupuk, tanah, dan ramal dan kapur pertanian jika terserah .
    Masukkan campuran tadi ke lubang tanam,  siramlah dengan air.
    Curah sampai basah tapi bukan boleh tergenang. Diamkan lubang hingga beberapa hari sampai kering dan tertular cahaya matahari.
  • Berikan 25 gram jamur TSP setelah 2-3 hari. Cara memberikannya dengan melingkari papan menanjak berjarak 10 cm berasal tiang. Diamkan selama sehari.
    Anda bisa menanaminya pasca- satu hari kemudian.
  • Anda Juga boleh memberikan rabuk dari kotoran ayam aduan yang dicampur tets tebu dan hancuran empa, fungsinya menguatkan batang pohon buah naga.

4. Cara Mengebumikan Buah Dragon

Berikut ini cara memindahkan bibit biji pelir naga dari polybag ke kebun beliau.


Budidaya Buah Naga

  • Empat bibit buah naga membutuhkan satu tiang menaiki. Keempatnya ditanam merubung tiang panjat. Jaraknya berkisar 10 cm.
  • Keduk gaung tanam yang sudah lalu kita lakukan dan kita campur dengan tanah, ramal, dan kawul.  kedalamannya seputar 10-15 cm
  • Pindahkan bibit buah naga beliau dari polybag ke gua tanam yang sudah lalu digali. Polybagnya dibuang, tanahnya diikutkan tidak apa-apa.
  • Timbun bibit menggunakan tanah sampai padat.
  • Bebat bangkai keempat bibit tersebut sampai menyatu dengan kusen. Penyatuan terus dilakukan ketika tanaman biji pelir ular besar memulur 20-30 cm.
  • Potong taruk buah naga apabila ia akan bercabang sebelum mencapai puncak kusen panjatan, sisakan 1 saja. Apabila sudah sampai tiang panjatan, biji pelir naga dapat bercabang banyak, rata-rata 5 cabang.

5. Konservasi Buah Hantu bumi

Penjagaan menjadi faktor nan minimal terdepan intern melakukan budidaya pokok kayu. Prinsip reboisasi yang baik jikalau bukan didukung perlindungan, kesudahannya tak akan memuaskan.

Berdasar berbagai camar duka, termaktub pengalaman pak sukirno yang diliput dinas perladangan suka-suka 5 situasi nan harus dia lakukan dalam merawat biji pelir naga.

a. Pengairan

Siramlah biji pelir naga 2 hari sekali pagi dan sore saat tak hujan abu, jangan hingga airnya menggenang.

b. Pemangkasan

untuk awal-awal pertumbuhan setakat pohonnya mencapai ujung papan panjatan, pangkaslah recup dan sisakan 1 belaka. ini mudahmudahan tanaman cepat tumbuh ke atas.
Setelah dewasa, pangkaslah recup yang taksir-nyana tidak diperlukan, yang tembelang, alias yang rantus masalah habis timbun ke kerumahtanggaan tanah sepatutnya tidak menular.
Cabang buah naga yang mutakadim berbuah 4 kali mudahmudahan di potong dan dijadikan bibit. Tapi pastikan kamu tidak memangkas semua cagak.

c. Perabukan

Sebelum menjejak ujung tiang panjatan, gunakan serabut kandang bermula cirit mandung. Pastikan sudah kering, lebih bagus lagi jika difermentasi.
Seandainya menggunakan kawul buatan, serah pupuk dengan anasir N nan makin banyak.
Sehabis dewasa, beri pupuk dengan unsur P dan K yang banyak.
Lain disarankan memperalat pupuk urea karena kurang seia untuk tanaman kaktus.

Tips tambahan mulai sejak Pak jarot di Malang yakni menggunakan pupuk kandang. Dosisnya 5 kg masing-masing kusen. Serabut mula-mula setelah panen ia campur dengan 200kg kapur perkebunan pada pupuk.

d. Pencucian rumput/gulma

Hal ini bermaksud untuk memaksimalkan penyerapan pupuk dan elemen hara sreg biji kemaluan naga. Jika ada rumput maka zat makanan cendawan akan dibagi oleh rumput dan buah naga kita.

e. Memberantas Hama

Hama kasatmata bekicot dan ulat mago dibersihkan secara manual. Hama berupa cendawan dan tuma salih boleh dibersihkan dengan biopestisida buatan sendiri.
Cara membuat bipoestisida adalah dengan mencampur daun pahitan, limbah mole, dan air dengan perbandingan 1:1:2.  sintesis tadi dimasukkan ke wadah dan didiamkan 1 wulan

f. Memastikan Terang Cukup, Jika Ada Dana:  Untuk Cahaya Buatan

Tanaman biji kemaluan dragon adalah sepersaudaraan kaktus, jangan hingga lokasi anda terlalu bawah tangan.
Lokasi yang baik merupakan ladang lapang yang sinar mataharinya cukup.

Faktanya, menurut penelitian di Filipina, menggunung nur artifisial yang sepersaudaraan sinar surya boleh menggesakan panen dan dapat berbuah di bukan musim penuaian.
Teknologi yang diteliti di Filipina itu sudah diterapkan di Banyuwangi, lihat video ini ya. Buah naga di banyuwangi bisa berbuah sejauh waktu, tidak hanya di musim panen.








Kuncinya : Biji zakar naga titit cahaya yang banyak.

6. Menuai Biji pelir Naga

Biji zakar naga tulen biasanya berbuah di bulan ke 10. buah ular besar merah banyak yang berbuah di bulan 8. Nah kalau mendapat habuan, di bulan 5 pun cak semau yang berbuah.


pengusaha buah naga

Saatnya Panen
Dimensi buah naga umumnya 400-700 gram.
Jarak antara bunga dan biji zakar   masak ialah 35 hari. Buah naga dianggap sudah masak takdirnya warnanya sudah merah penuh pekat.
Jika ditaruh di gegana ternganga, buah hantu bumi bisa tahan selama 10 hari. Lain pun kalau di lemari pendingin, bisa sampai 1 wulan.

Selepas panen

2 bulan selepas panen, untuk pemuuukan dan rancam dengan kapur pertanian.
tetap sukma dan lakukan evaluasi, biji kemaluan ular besar biasanya panen setiap 6 bulan sekali.

7. Kenapa tanaman Biji pelir Naga Bukan Berhasil dan Solusinya

Iya, ada yang sudah menanam buah naga baik intern pot atau dipekarangan, sudah 2 tahun tapi tidak berbuah. Alasannya simpel: biasanya karena kurang cahaya matahari, pelecok cendawan, bukan dipangkas, kebanyakan air, serangan hama, dan penyerbukan yang gagal.  Ayo kita bahas satu persatu

a. Kurang kilauan surya.

Pohon buah naga yaitu spesies kaktus yang mampu vitalitas di padang pasir, jadi tanamlah di lokasi yang lapang.
Jangan sampai kebun buah dragon dia diapit (bahkan ditutupi) oleh konstruksi tinggi, tipar jati, kebun sengon, dan benda benda tataran lainnya.

Lebih bagus lagi jikalau anda tambahkan cahaya sintetis faktual lampu di lilin lebah hari, seperti nan dilakukan tali pusar plasenta kita di kampung ular besar Banyuwangi.

b. Salah Pupuk

Di awal pertumbuhan, Anda harus memberi baja yang kandungan T nya banyak. di masa siap berbuah, kandungan P dan K dapat diperbanyak.
Jangan beri baja urea, bisa terjadi busuk layon.
Jangan serah pupuk kandang nan belum menguning apalagi berak kontan.
Rajinlah membersihkan gulma dan jukut agar peresapan rabuk sempurna.

c. Lain dipangkas

Biji zakar hantu bumi yang tidak dipangkas akan membuang banyak energi untuk membentuk daun bukan buat berbuah.

d. Lazimnya Air

Tanaman buah naga cocoknya di padang pasir dan di kapling tegalan, bukan seperti padi yang boleh tumbuh di sawah. air yang terlalu becek akan membusukkan batang, aturlah supaya kebun biji pelir hantu bumi anda enggak menggenang ketika hujan selesai

e.  Bidasan Hama dan problem

Menurut penelitian bersumber IPB, setidaknya ada 18 hama biji zakar ular besar, wow.
Jangan bersimbah, anda bisa melakukan solusi sapu jagat. Artinya, 1 solusi kerjakan banyak permasalahan.
Bab ini saya periksa tersendiri, yuk baca : 18 Hama dan problem Buah Naga Menurut IPB

f. Penyerbukan nan Bukan Teladan

Teman-saingan coba lihat video kita nan pertama tadi. Atau ini saya tampilkan lagi di bawah.
Penyerbukan buah naga bagusnya terjadi lilin batik hari, nah jika di daerah anda abnormal suka-suka kumbang atau madukara nan roh malam hari, kepingin tidak mau anda harus melakukan penyerbukan sendiri di malam perian.
Tidak barang apa-apa, ini namanya kerja keras.

8. Pengusaha Biji kemaluan Naga Sukses berbagi tips Untuk Kamu

Saya tidak kaget dengan target kementerian pertanian nan menginginkan kita surplus biji pelir naga.

Faktanya saya menemukan banyak pembajak biji zakar naga sukses. ada yang omsetnya ratusan juta, ada nan telah punya agrowisata buah naga. cak semau yang terpangkal 300 mili waktu ini sudah punya 5000 pohon buah naga. Ada nan mutakadim menerapkan teknik cahaya bikinan bermula filipina, wow. Ada lagi yang tinggal out of the box, ada yang menanam di atas ruko dan 5 bulan berbuah.

Agar makin dalam, saya menulisnya dalam artikel tersendiri. Silahkan baca : Para Pabrikan Buah Hantu bumi Yang sudah Sukses Berbagi Uang pelicin Lakukan Pemula.

9. Lipat Gandakan hasil Usaha dengan Agrowisata

Ternyata, banyak hamba allah nan ingin berkunjung di huma biji pelir hantu bumi.

Mereka ingin memetik buah ular besar langsung, melihat praktek budidaya, dan tentu saja : berfoto

Di Jogja dan malang, sudah ada agrowisata buah naga.

Jadi kalau ladang anda sudah luas, silahkan bentang huma engkau untuk menjadi lokasi agrowisata. Penjualan anda meningkat dan uang lelah beliau bertambah karena pengunjung bayar karcis ikut.

Ia kembali makin terkenal karena diulas makanya media dan foto tipar ia dishare ke media sosial oleh para pengunjung.

Yuk lihat video ini untuk inspirasi







Padalah itu tadi teknik budidaya biji pelir dragon.

Waktu ini saatnya anda untuk praktek, apa yang akan kamu lakukan sesudah ini? ayo share di komentar biar nan lain makin semangat.
Lebih jauh silahkan membaca :

Lengkap dan urut: Menanam Buah Dragon Internal Botol  18 Wereng Kelainan Buah Ular besar Menurut IPB

6 Varietas Biji zakar Naga Indonesia  8 Pengusaha Biji kemaluan Naga Sukses

Cara Cepat Budidaya Buah Naga di Kebun  50 Fungsi Buah Naga Merah

Apakah menurut beliau artikel ini bagus? Jika iya,

Saya terlazim perian 1 rembulan lakukan menyusun dan mengumpulkan artikel berseri ini, anda hanya terbiasa 10 detik bakal menshare ke kebalikan anda.

Jikalau menurut ia artikel ini berguna, yuk bagikan ke padanan-teman melintasi facebook, whatsapp, ataupun twitter. Salam Kaya.

Source: https://erakini.com/budidaya-tanam-buah-naga/