Buah Naga

Biji pelir hantu bumi adalah buah dari sejumlah macam kaktus bermula marga Hylocereus dan Selenicereus. Biji kemaluan ini berpunca bermula Meksiko, Amerika Perdua dan Amerika Kidul cuma sekarang sekali lagi dibudidayakan di negara-negara Asia sama dengan Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Biji kemaluan ini juga bisa ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar puas malam hari.

Cara-Menanam-Buah-Naga-Dalam-Pot



Signifikasi Tumbuhan Biji zakar Dragon

  • Akar Biji zakar Hantu bumi

Akar
biji kemaluan naga tidak memiliki akar spesifik, tanaman
ini
hanya memiliki akar serabut yang tumbuh dan berkembang secara mendatar (melintang) didalam tanah puas kedalaman sekitar 30 – 40 cm atau lebih. Selain itu, tanamanbiji zakar dragon juga memiliki akar gantung yang tumbuh pada penggalan atas.


Akar serabutnya berfungsi menyerap unsur-anasir hara dari dalam tanah. Sementara itu akar gantungnya berfungsi sebagai penopang berdirinya tumbuhan puas panjatannya dan berfungsi sebagai penyerapan air dan mineral dari tumbuhan/tiang yang dipanjatnya.


  • Buntang Buah Naga

Jenazah
biji pelir ular besar berbentuk segitiga, punya duri-duri pendek (tidak mencolok) tidak terlalu tajam pada setiap ruas mayat (bertunas disepanjang kunarpa dibagian bekas kaki sirip di kacamata bangkai). Seluruh batangnya menjulur panjang seperti naga. Duri-durinya bercelup hitam.


Karena durinya lewat singkat, tidak tajam, dan tidak tajam, maka tanaman ini sering disebut bagaikan ‘kaktus tidak berduri’. Dibagian duri tersebut sebagai tampat munculnya alias tumbuhnya buah dan anakan. Batang tanaman buah naga berwarna yunior dan bersifat lunak. Buntang tanaman kembali berfungsi seumpama daun.


  • Bunga Buah Ular besar

Rente
biji pelir naga berbentuk begitu juga terompet, mahkota rente adegan luar berwarna krem dan mahkota bunga bagian intern berwarna putih meta sehingga kapan bunga mekar tertentang mahkota anak uang bercat krem bercampur tahir. Bunga mempunyai sekelamin benangsari nan berwarna asfar. Anak uang buah ular besar termasuk bunga hermaprodit, ialah dalam satu anakan terletak benangsari dan pentil.


Anakan muncul disepanjang batang dibagian punggung sirip nan berduri. Sehingga dengan demikian, lega satu ruas batang tumbuh anak uang nan berjumlah banyak dan gagang cangkul bunga yang lampau singkat. Anakan biji kemaluan akan mekar jika kuncup anakan jenjang sudah mencapai sekitar 30 cm dan mekarnya tiba tunggang hari.


Mahkota bunga bagian luar nan bercat kuning gading akan mekar malar-malar lalu puas malam masa sekitar jam 21.00, kemudian disusul mekarnya mahkota bunga bagian dalam nan berwarna putih bersih dengan lawe ekstrak nan berwarna kuning.


Lebih lanjut rente akan mekar penuh pada paruh malam dan akan membebaskan aroma nan sangat harum. Aroma yang sangat harum ini akan menyebar ke seluruh penjuru terikat kilangangin kincir malam untuk menarik kelelawar agar kelelawar tersebut membantu menyerbuki bunga tersebut.


  • Buah Hantu bumi

Buah buah naga berbentuk bulat tingkatan dan kebanyakan terletak memfokus ujung cabang alias layon. Pada cagak ataupun buntang lazimnya tumbuh kian berbunga satu dan kadang berdekatan. Kulit biji kemaluan baplang sekitar 1 – 2 cm dan pada bidang biji pelir terletak kepet maupun jumbai berdimensi sekitar 2 cm. Buah seperti berri dan berbentuk bulat lonjong dengan sari salut puas kulit buah berbentuk seperti ‘tembakau naga’.


Alat peraba mudah dikupas serta mengeluarkan cairan yang warnanya melekat pada tangan. Isinya (daging biji kemaluan) berwarna ceria atau merah, berair, dan rasanya invalid manis, manis, atau manis sedikit masam. Rata-rata elusif biji kemaluan antara 250 – 600 gram bergantung puas jenis dan lagi tahap perawatan tanaman. Presentase (%) gula dalam biji zakar antara 17 – 21 % cak bagi buah yang masak.


  • Biji Buah Naga

Bijibiji pelir nagaberbentuk bulat berukuran katai dan tipis semata-mata dulu gentur. Biji bisa digunakan bakal perbanyakan generatif, tetapi cara ini jarang dilakukan karena memerlukan waktu nan lama lakukan berproduksi. Biasanya penangkaran dengan biji dilakukan oleh para pengkaji kerjakan memunculkan varietas yunior. Biji berwarna hitam dan renik. Endosperma sedikit atau bahkan enggak ada.

Cara-Menanam-Buah-Naga


Keberagaman Buah Hantu bumi

Menurut Santoso (2008), macam-jenisbiji zakar naga yang majuh dibudidayakan di Indonesia antara lain :



  • Hylocereus undatus (Berma Putih)

Macam ini paling lazim dan banyak ditanam di Indonesia. Kulit buahnya biram dan daging buahnya polos. Kadar kemanisannya tergolong makin rendah dari pada jenis
bauh naga yang lain. Beratnya mencapai 400-700 gram masing-masing buah.


  • Hylocereus polyrhizus (Sirah Keunguan)

Kulit buahnya merah dan daging buah berma keunguan. Rasanya lebih manis berpangkal pada H. undatus , belaka beratnya maksimal hanya mencapai 400 gram per biji kemaluan.


  • Hylocereus costaricensis (Seper Bangkang)

Sepintas mirip H. polyrhizus tetapi warna daging buahnya merah mencolok dan rasanya rendah lebih manis.


  • Selenicereus megalanthus (Asfar)

Jenis ini paling berbeda. Kulit buahnya kuning. Buahnya kecil, bobotnya hanya 80-100 gram per biji pelir. Namun, rasanya lebih manis dibanding dengan ketiga buah ular besar lainnya. Jenis ini galibnya ditanam di daerah adem, sreg keluhuran kian dari 800 mdpl.



Syarat Bertaruk Buah Naga

  1. Sinar Syamsu ( sekitar 70 – 80 % )
  2. Curah Hujan abu ( sekitar 60 mm/bulan )
  3. Ditanam didaratan rendah antara 0 – 350 mdpl
  4. Suhu gegana ideal ( sekeliling 26° – 36º c) & ( kelembaban 70 – 90% )
  5. Petak harus beraerasi dangan baik dengan derajat keasaman pH 6,5 – 7

Tanaman buah hantu bumi terdaftar pokok kayu tropis yang mudah beradaptasi dengan bermacam ragam lingkungan bersemi dan pertukaran kirana, seperti sinar mentari dan curah hujan. Siram hujan nan transendental untuk pertumbuhan buah dragon adalah selingkung 60 mm/wulan atau 720 mm/tahun. Pada curah hujan 600 – 1.300 mm/tahun tanaman ini juga masih bisa tumbuh. Tanaman ini bukan tahan dengan genangan air.


Hujan nan bersisa deras dan berleleran bisa menyebabkan kerusakan pohon terutama fermentasi akar dan merambat setakat asal batang. Kesungguhan sinar matahari nan dibutuhkan adalah sekitar 70 – 80 %, oleh karena itulah kian baik pohon ini ditanam dilahan minus naungan dan sirkulasi udara nan baik.


Pohon buah naga lebih baik pertumbuhannya bila ditanam didaratan rendah antara 0 – 350 mdpl. Suhu udara nan hipotetis adalah sekitar 26 – 36 0 celcius dan kelembaban 70 – 90 %. Persil harus beraerasi dangan baik dengan derajat keasaman pH 6,5 – 7. Agar tanaman buah hantu bumi dapat bertaruk dengan baik dan maksimal, media tumbuhnya harus bakir dan mengandung bahan organik yang sepan dengan kandungan kalsium yang tataran. Drainase harus berjalan baik dan bersifat porous, karena pokok kayu ini bukan tahan genangan air.



Baca Artikel Lainnya :12 Mandu Budidaya Jambu Istri muda Merah Dengan Mudah Dan Perawatannya


Sejarah Singkat Tentang Buah Dragon

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa insan Perancis dari Guyana ke Vietnam seumpama tanaman rias. Oleh cucu adam Vietnam dan bani adam Cina buahnya dianggap membawa berkah. Makanya sebab itu, buah ini burung laut diletakkan di antara dua ekor reca dragon bercat plonco di atas bidang datar altar. Dandan merah buah terlihat ekstrem di antara corak naga-naga yang hijau.


Semenjak kebiasaan inilah buah itu di lingkaran orang Vietnam yang tinggal terpengaruh budaya Cina dikenal umpama thang loy (biji zakar dragon). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara enggak nan berpendidikan Inggris andai dragon fruit (buah naga).


Penanaman Buah Dragon

  • Biji zakar naga ditanam dengan cara stek maupun penyemaian biji
  • Wahana tanam porous (tidak becek)
  • Kaya akan unsur hara
  • Berpasir
  • Cukup panah matahari ( bersuhu antara 38-40 °C )
  • daearah dengan ketinggian di 0–1200 m dpl

Plong umumnya, buah dragon ditanam dengan cara stek atau penyemaian skor. Tanaman akan tumbuh subur jikalau alat angkut tanam porous (tidak becek), kaya akan partikel hara, berpasir, cukup sinar surya dan bersuhu antara 38-40 °C. Jika perawatan memadai baik, tanaman akan mulai berbuah lega umur 11-17 bulan. Buah hantu bumi sangat adaptif dibudidaya di beraneka macam daearah dengan keagungan di 0–1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar rawi yang layak merupakan syarat pertumbuhan biji zakar ular besar merah.


Cara Menanam Biji pelir Hantu bumi Intern Pot

  1. Pembibitan/Pemilihan Bibit : Bibit di perkalian secara vegetatif, bercat baru gelap kelabu, dimensi ideal 20 – 30 cm
  2. Persiapan Jambang Dan Kendaraan Tanam : Pot yang dipilih sebaiknya terbuat dari tanah liat dengan diameter 40-50 cm
  3. Proses Penanaman Buah Naga : Mengisi jambang dengan campuran media tanam hingga 80 % bermula volume jambangan
  4. Perawatan Buah Dragon : penyulaman, pemupukan, pengairan, penyiraman pokok kayu dikurangi, pengairan pokok kayu dihentikan
  5. Pemangkasan : Faktor paling kecil utama yang menentukan kejayaan pembuahan tabulampot buah hantu bumi ialah pemangkasan
  6. Hama Penyakit Plong Biji zakar Baga : Repotting tabulampot buah naga dapat dilakukan setelah pokok kayu berumur 3 tahun
  7. Busuk Sumber akar Mayat Pada Buah Naga : Penyakit ini timbul biasanya disebabkan maka dari itu kelembaban petak yang tinggi
  8. Panen Buah Ular besar : Tabulampot buah dragon biasanya akan mulai berbunga pada nyawa sekitar 6 bulan

Anju-langkah privat reboisasi tabu lampot buah naga meliputi sebagai berikut:


Pembibitan/Seleksi Bibit

  1. Sari di perbanyakan secara vegetatif ( setek batang atau cabang )
  2. Berwarna baru bawah tangan kelabu
  3. Matra hipotetis 20 – 30 cm

Bibit diambil bersumber perbanyakan pokok kayu secara vegetatif yakni dengan setek batang alias cabang. Kunarpa atau cabang yang digunakan harus n domestik kondisi sehat, tua, dan sudah berbuah 3- 4 barangkali, berwarna hijau gelap kelabu, dengan ukuran ideal 20 – 30 cm. Dengan ukuran tersebut tunas yang tumbuh akan cepat menggembung dan sesuai untuk batang sumber akar bila ditanam bikin produksi.


Apabila setek bibit diambil mulai sejak batang mulai dewasa dan belum berakibat atau setek susulan akan mengakibatkan ekstrak bersifat panjang hati seolah memiliki kadar air tahapan dan akan mempengaruhi jiwa produksi. Setek dari pohon emak yang sudah dipotong kemudian diangin-anginkan sampai pulut meringkai supaya tidak mudah rusak. Sesudah dikeringanginkan, bagian pangkal batang dicelupkan n domestik larutan zat perangsang bersemi sebagaimana misalnya Rootone F.


Persiapan Vas Dan Media Tanam

Vas nan dipilih sebaiknya terbuat berasal lempung dengan diameter 40-50 cm. Cuma, bisa juga memperalat pot plastik. Pot dipilih yang bagian bawahnya berlubang dan memiliki kaki-kaki atau penyangga. Ibarat wahana tanam, digunakan campuran lahan, pasir, tepung bata merah, serat kandang, dan soren ( 1 : 2 : 2 : 3 : 1 ). Selain itu, diperlukan lagi dolomit dan Pupuk NPK Mutiara sebagai paduan media tanam. Untuk suatu pot ukuran diatas diperlukan 100 gram dolomite dan 20 gram Rabuk Ilmu pisah (sesuai resan/anjuran industri).


  • Pembuatan Tiang Panjat

Tiang menaiki digunakan lakukan menegakkan jenazah tanaman yang tumbuh menjulur. Berikut  prinsip pembuatan tiang menaiki :

  1. Menyiapkan besi beton berdiameter 8-10 cm dengan strata 200 cm. Jaras seluruh permukaannya dengan sabut kerambil yang diikat dengan tali.
  2. Membentuk palang cagak (tataran palang ± 35 cm) yang terbuat dari balok kayu nan abadi (karenatanaman biji pelir naga punya usia yang relatif lama, sehingga nantinya dapat bertahan lama kerjakan menopang pokok kayu buah hantu bumi)
  3. Membuat halangan dari kawat dengan menghubungkan ujung-ujung dari balok gawang yang telah dibuat palang simpang sehingga terbentuk seperti mana kemudi mobil yang nantinya digunakan misal penopang menjulurnya pokok kayu.
  4. Menyandingkan penopang tersebut secara horizontal plong ujung tiang panjat dengan menggerutu pertemuan celah lega tiang panjat.
  5. Memberi suku-suku berbentuk trapesium dengan ukuran 30 x 35 cm pada bagian radiks, lalu pulas dengan pek mudah-mudahan tidak mudah keropos.
  6. Selanjutnya, memasukkan gawang panjat tersebut tepat ke tengah-tengah pot.

Proses Penanaman Buah Naga

Berikut proses penanaman buah naga internal pot :

  1. Mengisi jambangan dengan campuran media tanam hingga 80 % bersumber volume pot. Menambahkan dolomit 100 gram masing-masing botol (jika perlu) dan pupuk Hortigro 20 gram masing-masing jambang kemudian mengaduknya hingga homogen.
  2. Takhlik tiga terowongan tanam dengan kedalaman 10 cm dan penampang 6 cm pada setiap jambangan.
  3. Memuati setiap gorong-gorong tanam dengan pati nan telah disiapkan. Menetalkan sarana tanam di setiap pangkal bibit. Menyiramnya dengan air ala kadarnya dan jangan sebatas menggenangi sumber akar layon.
  4. Meletuskan tiang panjat dan mengikatkan bibit lega kayu tersebut agar tidak mudah jebluk.
  5. Menempatkan jambang dilokasi yang mendapat sinar matahari, terutama pada pagi hari.


Baca Artikel Lainnya :


15 Cara Budidaya Kapulaga Moga Cepat Panen Dan Manfaatnya


Cara Perawatan Buah Naga

  • Penyulaman
  • Pemupukan
  • Tali air
  • Penyiraman tumbuhan dikurangi
  • Pengairan tumbuhan dihentikan

  • Penyulaman

Dalambudidaya buah naga penyulaman lewat diperlukan agar tanaman boleh berproduksi optimal. Penyulaman dilakukan seminggu setelah bibit ditanam. Penyulaman merupakan penggantian pohon yang mati , busuk puas pangkal batang, tidak bersemi maupun kebinasaan badan lainnya.


  • Pemupukan

Fertilisasi tinggal terdepan cak bagi mendukung pertumbuhan dan pembuahan tabulampot buah dragon. Setiap bulan, tanaman biji pelir naga diberi pupuk NPK ( 16 – 16 – 16 ) sebanyak 2 sdt/pokok kayu atau 6 sdt/pot nan berisi 3 buah pati. Dapat ditambahkan kembali pupuk mikro, sama dengan Metalik, dengan sentralisasi 4 ml/liter air dan tagihan injeksi 3 liter/tanaman. Pada semangat 6 bulan, beri pupuk Hortigro asfar dan Hortigro power sendirisendiri 0,5 sdt/tanaman.


  • Tali air

Tanaman biji pelir ular besar membutuhkan pengairan yang rutin. Lamun pohon membutuhkan tanah pada lokasi yang kering, tetapi bakal memenuhi masa pertumbuhannya loyal diperlukan air bagi membantu proses fisiologis tumbuhan. Tali air dilakukan mulai hari ke 10 sesudah tanam atau sesuai kondisi lahan, apabila terlalu gersang petak harus segera disiram. Penyiraman enggak perlu sesak banyak atau terbenam karena akan menyebabkan busuk buntang.


Kekerapan penyiraman farik lega tahap vegetatif dan generatif. Puas tahap vegetatif penyiraman dilakukan seminggi sekali hingga umur 6 rembulan. Bila kondisi tanah kering maupun musim kemarau, frekuensi penyiraman dapat dilakukan 5 – 7 perian sekali. Darurat pada tahap generatif, kekerapan pendirusan dilakukan 10 – 14 hari sekali. Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman adalah sreg pagi perian pukul 06.00 ataupun senja hari pukul 17.00.


  • Pendirusan tanaman dikurangi

Plong saattanaman buah naga mulai produksi rente dan buah, penyiraman harus dikurangi mudahmudahan pertumbuhan tunas baru menjadi lambat dan nongkrong. Pengairan tanaman dihentikan bila telah nampak perlambang adanya kuncup bunga. Bila terserah selingkung 30 % populasi tanaman sudah tumbuh kuncup maka pengairan sepan diberikan 2 minggu sekali.


  • Pengairan tanaman dihentikan

Bila buah mutakadim membengkak seukuran cak bogem mentah tangan walaupun masih hijau adv minim kemerahan lega kulitnya maka pengairan dihentikan hingga buah menjadi tua. Tanda buah mutakadim tua adalah ujung dan pangkal buah minus keriput dan keras.


Pemangkasan

Faktor paling terdahulu yang menentukan keberhasilan pembuahan tabulampot buah naga adalah pemangkasan. Pemangkasan diperlukan buat takhlik cabang baru dan caban mewah. Pemangkasan dilakukan sejak tanaman berumur 2-3 wulan. Ujung batang dipangkas dengan menyisakan 40-60 cm dari media tanam. Dengan pemangkasan ini, pertumbuhan batang kearah atas akan bertambah terpacu. Batang yang hijau bersemi inilah yang nantinya akan menjadi batang taktik. Setelah tingginya lebih mulai sejak 140-170 cm, kelebihannya harus dipangkas.


Semenjak batang sentral tadi akan tumbuh cabang-silang hijau berjajar sekitar 3-4 taruk. Memilah-milah satu tunas yang pertumbuhannnya baik dan cepat, serta letakkan minimum dekat dengan batang sentral. Lempar tunas yang bukan. Pada roh 6 bulan, tanaman biasanya akan mulai pecah. Dari kuncup bunga hingga menjadi buah siap dipetik membutuhkan waktu sekitar 50-55 hari.


Repotting

Repotting tabulampot buah hantu bumi dapat dilakukan setelah pohon berumur 3 tahun. Saat mengeluarkan tanaman dari pot lama, harus dengan hati-hati. Adalah mencekit seluruh bagian tumbuhan beserta kayu panjatnya. Selanjutnya, menularkan tanaman tersebut kedalam pot baru berdiameter 60-70 cm yang sudah diisi dengan media tanam baru.


Hama Problem Pada Buah Baga

  • Tungau
  • Kutu polos
  • Tuma sisik
  • Kutu batok
  • Semut
  • Bekicot

Hama yang camar menuduh sregpokok kayu buah naga antara enggak :

  • Kutu

Wereng tungau ( Tetranychus sp. ) akan menyerang jangat batang atau simpang dan merusak jaringan klorofil nan berfungsi buat asimilasi mulai sejak mentah menjadi coklat. Penanggulangan dengan memercikkan Omite dengan dosis 1 – 2 gr/liter air yang diberikan 2-3 bisa jadi sepekan.


  • Kutu putih

Tanaman biji kemaluan naga yang diserrang wereng kutu putih (mealybug) pada permukaan batang atau cagak akan berselaput kehitaman dan terlihat kotor. Hama ini bisa dikendalikan dengan menyemprotkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/liter air seminggu sekali plong cabang ynag diserang. Biasanya dua kali penyemprotan hama kutu polos sudah hilang.


  • Tuma sisik

Hama kutu tembakau Pseudococus sp. Umumnya berkecukupan pada bagian cabang yang tidak tertular sinar matahari secara sewaktu dan cabang nan terserang hama ini akan terlihat kusam. Wereng ini kembali bisa diatasi dengan menyemprotkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/liter air.


  • Tuma batok

Wereng tungau tempurung ( Aspidiotus sp. ) menyerang tanaman dengan mengisap cairan pada batang atau cabang nan menyebabkan cabang berubah menjadi berwarna asfar, pengendalian wereng ini setimpal sama dengan pengendalian wereng kutu mole ialah dengan memercikkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/liter air.


  • Semut

Plong umumnya semut akan muncul pada saat tanaman buah ular besar mulai berbunga. Semut akan berangkat kerubut bunga yang yunior kuncup dan akan mengakibatkan alat peraba buah nantinya akan berbintik-bintik berwarna kecoklatan yang tentunya akan mengakibatkan kualitas biji pelir menurun. Pengendalian bisa dilakukan penyemburan Gusadrin dengan dosis 2 cc/liter air.


  • Bekicot

Wereng bekicot lalu merugikan
tanaman buah naga karena destruktif batang dan cabang dengan pendirian menggerogotinya dan dapat mengakibatkan jenazah busuk. Hal ini biasanya disebabkan karena kebersihan kebun nan kurang terbimbing. Penanggulangan hama ini dapat dilakukan dengan membersihkan gulma yang suka-suka disekitar tiang panjat buah hantu bumi.


Padahal komplikasi yang sering menyerang tanaman biji pelir ular besar antara tak :


Kemungkus Bawah Batang Lega Biji kemaluan Ular besar

  • Penyebab

Penyakit ini timbul biasanya disebabkan oleh kelembaban tanah yang tingkatan sehingga menyebabkan cendawan penyebab tembelang batang berkembang biak dengan baik, baja yang biasanya menyebabkan tembelang batang tersebut yaitu Sclerotium rolfsii Sacc.


  • Gejala

Penyakit ini belalah terjadi pada sari setek nan belum tumbuh akar tunggang n domestik bentuk potongan. Kelainan ini galibnya menyerang pada awal reboisasi buah dragon, tanaman biji kemaluan hantu bumi sering mengalami pembusukan pada pangkal batang, berwarna kecoklatan, dan kadang terletak bulu/hifa berwarna putih.


  • Penaggulangan

Penanggulangan boleh dengan merenjiskan Benlate dengan dosis 2 g/ltr air ataupun menggunakan Ridomil 2 g/ltr air dengan kekerapan penyemprotan sebulan sekali. Bilamuncul gejala kekuningan lega sumber akar bangkai segera lakukan penyemprotan pada seluruh batang dan diutamakan puas dasar batang yang terserang.


Busuk Bakteri

  • Penyakit busuk bakteri

Penyakit sreg biji kemaluan naga yang disebabkan maka itu patogen Pseudomonas sp.

  • Gejala

Gejala pohon yang terserang adalah tenaman tampak layu, kusam, terwalak dahak putih kekuningan pada pohon yang mengalami peragian.


  • Penanggulangan

Penaggulangan penyakit ini boleh dilakukan dengan mengonyot pohon yang linu, kemudian pada lubang tanam diberi Basamid dengan dosis 0,5-1 gram dalam bentuk abuk kemudian pada lubang tanam tersebut ditanam konsentrat baru.



Baca Artikel Lainnya :


Cara Menguburkan Patera Seledri Secara Hidroponik Beserta Fungsi Dan Macamnya


Fusarium

  • Penyebab

Penyakit fusarium adalah ki kesulitan nan disebabkan maka itu Fusarium oxysporium Schl.

  • Gejala

Cabang tanaman akan patah mayang, layu, dan busuk berwarna cokelat.

  • Penanggulangan

Penanggulangannya dengan merenjiskan Fungisida bahan Dimetomorf 50 % seperti: Sirkus 50WP dengan dosis 2g/liter air dalam sepekan 1-2 kali penyemburan pada bagian jenazah dan silang.


Bercak Kering

  • Penyebab

Bercak kering adalah ki aib pada buah dragon yang disebabkan oleh Phyllosticta concave dan Mycosphaerella spp.

  • Gejala

Gejala tanaman yang terserang adalah timbulnya bercak-bercak cengkar berwarna cokelat keabu-abuan pada dahan.

  • Penanggulangan

Penanggulangan penyakit bercak kering ini boleh dilakukan dengan pendirian mengumpulkan bagian-penggalan tanaman yang sudah terserang kerjakan selanjutnya dimusnahkan.


Penanaman tanaman buah dragon moga dilakukan dikawasan nan tidak memiliki kadar kelembaban yang tinggi karena keburukan ini sukar terjadi pada kawasan yang memiliki cuaca cengkar.


Panen Buah Naga

Tabulampotbuah naga rata-rata akan start berbunga pada umur seputar 6 bulan. Dari kuncup bunga hingga menjadi biji kemaluan siap petik membutuhkan masa seputar 50 – 55 hari. Proses pematangan rente ditandai dengan kelopak bunga yang menjadi layu dan kersang dan putik muda menginjak mengembung. Biji pelir pas matang jika semua kulit buah berwarnamerah, kecuali sisikbuah dragon pada bagian ujung buah masih hijau cacat.


Apabila buah tercecer dipetik, maka akan timbul rekahan pada biji pelir yang dapat menyebabkan biji kemaluan cepat rusak.Buah naga adalah spesies buah non klimaterik, oleh karena itu untuk memastikan buah yang dipetik manis dan eco dimakanbuah naga perlu dipanen pada masa yang sesuai.
Pemetikan buah naga perlu dilakukan kerumahtanggaan jangka waktu panca hari kendati buah tidak merekah dipohon.


Biji kemaluan dipotong tangkainya dengan memperalat pisau atau gunting tanpa merusak jangat buah. Ukuran buah yang didapat akan gelimbir pada sejumlah faktor, yaitu jenis tanaman, perebusan lahan tanam yang baik, penyiraman air yang memadai, preservasi tanaman pada persil tanam, pemupukan, pemangkasan, dll.


Ciri – Ciri Biji pelir Naga Siap Untuk Di Panen

buah naga siap panen

Ciri khas buah yang siap dipanen adalah kulitnya sudah mulai merah. Biji zakar berwarna merah, warna mentah sudah mulai berkurang. Mahkota buah memendek dan pangkal semi atau kerutan buah. Ukuran biji kemaluan bulat beratnya sekeliling 400-600 gram.


Penyebab Biji zakar Naga Tak Berbuah dan Solusinya

  • Kurang cahaya matahari
  • Salah kawul
  • Tidak di pangkas
  • Umumnya air
  • Penyerbukan nan Tidak Hipotetis

Beberapa telah menanam biji pelir naga baik n domestik pot maupun di halaman, sudah 2 tahun tetapi tidak berbuah. Alasannya sederhana: biasanya karena kurangnya sinar mentari, pupuk yang salah, bukan dipangkas, rata-rata air, terjangan wereng, dan gagal penyerbukan. Silakan kita bahas satu sendirisendiri satu.


  • Kurang kilap matahari
  1. Pohon biji zakar hantu bumi merupakan sepertalian kaktus yang dapat hidup di padang pasir, jadi tanamlah di lokasi yang luas.
  2. Jangan biarkan tipar buah ular besar Engkau diapit (lebih-lebih ditutupi) oleh gedung tinggi, kebun jati, kebun sengon, dan benda-benda tangga lainnya.
  3. Malah kian baik seandainya Ia menambahkan cahaya buatan dalam bentuk lampu di malam hari, seperti yang dilakukan saudara-plasenta kita di desa Naga Banyuwangi.

  • Salah Jamur
  1. Di semula pertumbuhan, berilah serabut dengan banyak tembolok Cakrawala. Detik siap berbuah, isi P dan K dapat diperbanyak.
  2. Jangan beri pupuk urea, boleh terjadi kemungkus batang.
  3. Jangan memberikan cendawan yang belum masak, terutama kotoran sederum.
  4. Rajin membeningkan gulma dan jukut sehingga pupuknya hipotetis.

  • Tidak dipangkas

Biji kemaluan ular besar yang tidak dipangkas akan membuang banyak energi untuk membuat patera bukan buat berbuah.


  • Kebanyakan Air

Tanaman buah naga habis cocok di padang kersik halus dan di persil tandus, bukan seperti padi yang bisa tumbuh di sawah. air yang berlebih berlumpur akan merusak batang, atur hendaknya kebun buah ular besar Dia tidak mogok saat hujan angin usai.


  • Penyerbukan yang Enggak Sempurna

Pembuahan buah naga yang baik di malam hari, nah jika di negeri Anda ada makin tekor naning ataupun lebah yang hidup di malam hari, senang ataupun tidak Anda harus menyerbuki diri sendiri di lilin lebah periode.



Baca Artikel Lainnya :


[Panduan Konseptual] 14 Cara Budidaya Ikan Lele Di Tambak Tanah


Cara Membuat Bibit Buah Naga Dari Nilai

Cara-Membuat-Bibit-Buah-Naga-Dari-Biji

  • Alat dan Korban

Pisau, Fungisida, Polybag, Tanah, Pasir, Rabuk kompos, Sekop mini.

  • Langkah-langkah
  1. Idealnya, induk buah dragon harus cukup umur, bertelur, kondisi bugar, dan bertunas konvensional. Dan selanjutnya cari tanaman nan mempunyai kualitas terbaik dan berkayu.
  2. Pakailah pisau tajam buat mencelah dahan dengan satu tebasan. Usahakan lakukan tidak menggoyangkan pisau karena akan menyebabkan luka tersobek. Setelah itu, kumpulkan ranting-ranting buah naga di ajang teduh agar tempat luka sedikit mengering.

  3. Sesudah berangkat selama 1-2 jam, Ia bisa menyalurkan cabang-silang biji zakar dragon dengan fungisida.
    Intensi-nya semoga bekas luka tidak akan ditumbuhi serabut yang dapat menyebabkan cabang buah hantu bumi memburuk. Proses pemotifan ini bisa dilakukan sejauh 5-10 menit.
  4. Sambil menunggu ranting buah ular besar direndam, Anda bisa menyiapkan media tanam. Pohon biji kemaluan naga cenderung menyukai struktur media tanam nan agak berpasir. Makanya karena itu, Anda dapat membuat media tanam bermula campuran kapling, pasir dan pupuk hijau dengan perbandingan 2: 1: 1.

  5. Tempat penanaman n domestik proses pembuatan skor biji pelir naga harus memakai polybag sehingga biaya produksinya lebih murah. Pastikan polybag yang digunakan n kepunyaan lubang katai di bagian bawahnya bak saluran pengairan. Masukkan kendaraan tanam yang sudah diolah menjadi polybag sebatas penuh. Hindari memadatkan media tanam karena buah naga lebih menaksir kondisi persil nan rapuh.
  6. Cabang biji pelir naga yang sudah lalu direndam dalam fungisida cair kemudian ditanamkan ke dalam masing-masing polibag. Caranya, buat lubang tanam dengan kedalaman mulai semenjak 10-15 cm dan kaliber lakukan menyesuaikan ceranggah tanaman. Masukkan simpang buah naga ini ke korok tanam, habis kubur kembali dengan tanah. Pastikan posisi cabang tanaman ini tegak mengalir perlahan-lahan atau tak balik.

  7. Tempatkan polybag pembibitan ini di gelanggang yang bisa mendapatkan seri matahari kontan dan hindari curah hujan tataran. Pembibitan dilakukan dengan menyiraminya setiap 3 hari atau media tanam dalam kondisi terlalu kering. Sama seperti mana pohon kaktus lainnya, kondisi lahan nan lembab sebenarnya membuat batang pokok kayu ini membusuk.
  8. Nilai buah hantu bumi nan sudah lalu dibuat yakni 2-3 cagak baru yang bertunas. N domestik kondisi ini, pokok kayu buah naga siap dipindahkan untuk menyingkapkan lahan untuk menjalani tahap selanjutnya mulai sejak proses budidaya.

Pupuk Buah Naga Agar Berdampak Lebat

Cara pemupukan biji pelir naga untuk berbuntut lebat, ikuti langkah-awalan berikut ini :

Pemupukan buah naga

  1. Pupuk dasar diberikan detik mengebumikan biji kemaluan naga privat tulang beragangan rabuk NPK dengan dosis 20 g per pohon biji zakar hantu bumi dan cendawan organik sebanyak 125 g per tanaman.
  2. Pupuk lanjutan dilakukan saat pohon 1-6 bulan dan sapta bulan ke atas. Pada umur 1 hingga 6 rembulan, diversifikasi serabut yang diberikan NPK 15: 15: 15 yaitu 25 g per tanaman dan 125 g baja kandang per pokok kayu. Berikan secara bergantian setiap dua bulan.

    Tanaman yang berumur lebih dari tujuh rembulan, jenis yang sama dari serat buah naga nan diberikan adalah NPK 15: 15: 15, 50 g per tanaman, sedangkan 125 g per tanaman untuk pupuk kandang. Sementara administrasi masih selaras dengan pada usia 1-6 rembulan, nan berubah setiap dua bulan.


  3. Saat mengaras hari terbit dan berbuah, tumbuhan privat kawul dengan jenis kawul berimbang, fosfor (P) dan potasium (K) kian tahapan dari nitrogen (N). Sedangkan bikin varietas pupuk yang digunakan berupa pupuk NPK 13: 13: 21 sebanyak 75 g tiap-tiap pohon dan 125 g pupuk kandang tiap-tiap tanaman. Kawul ini diberikan satu bulan setelah pemberian pupuk dasar bakal pertumbuhan biji zakar hantu bumi.

Demikian Penjelasan Tentang

Cara Mengebumikan Biji pelir Naga

Semoga Bermabfaat Bagi Pembaca

Lahan.Co.Id