Cara Stek Durian

Menyetek durian adalah salah satu cara perbanyakan durian yang merupakan pokok kayu kalis daerah tropis. Durian salah satu buah favorit nan banyak dikonsumsi sebagaian besar penduduk Indonesia.


Neko-neko Variasi Durian

  1. Durian montong
  2. Durian petruk
  3. Durian sirah
  4. Durian sidodol
  5. Durian bokor
  6. Durian rawi
  7. Durian tembaga
  8. Dan durian lainnya

Bibit durian banyak dijual di sentra agribisnis. Para hobiis tabulampot dan petani banyak yang menanam tanaman durian ini. Perkalian durian dapat dilakukan secara:

  • Generatif (biji)
  • Vegetatif (setek, ki memasukkan dll)

Cara-Stek-Durian



Aritikel Tersapu :



Cara Menanam Durian


Pendirian Stek Durian Cepat Berbuah

Kali ini akan dibahas mandu perbanyakan durian secara setek. Menyetek durian lalu mudah dilakukan.

Caranya Menyetek Durian

  1. Diskriminatif bangkai nan akan di setek
  2. Potong batang setek
  3. Tanam setek sampai timbuh akar susu
  4. Pindah tanam

Tentu cara menyetek tanaman durian perlu trik khusus agar bisa bertunas pohon durian nan kokoh dan rimbun buahnya.


Pilih Mayat nan akan di Stek

Batang yang diginakan cak bagi setek durian di ambil dari ranting muda. Masa yang tepat cak bagi melakukan setek ini adalah saat produksi pulut maksimum antara pengetuk 06.00-08.00.


  • Potong Batang Stek

Ranting muda yang telah dipilih, potong-cucuk di antara daun, terbit paling ujung ranting sampai daun ke enam berusul ujung. Setiap ruas potongan tersebut mempunyai satu nanyan daun. Pemotongan menggunakan pisau atau silet tajam agar tidak banyak melukai batang. Runjam sebagian daun dan cuma meninggalkan 2/3 daun.


Potongan setek yang berformat 5-10 cm dicelupkan plong larutan perangsang akar golongan auksin selama 2 menit. Penggalan yang dicelupkan yaitu bagian pangkal atau pangkal batang. Perangsang akar tersebut dapat diambil dari konsentrat akar tunggang ekstrak durian asal ponten. Cuma sekiranya pengen praktis, beli hormon auksin di toko pertanian.



Kata sandang Tercalit :



10 Prinsip Merawat Pohon Durian Nan Sedang Terbit Dan Faktor Kerontokannya


Tanam Stek Sebatas Merecup Akar

Untuk menanam setek nan sudah drendam auksin diperlukan objek-mangsa:

  1. Gelas plastik. Bisa gunakan gelas plastik nan stereotip dipakai jualan es maupun jus.
  2. Media tanam steril. Dapat pakis halus, mos maupun kersik halus malang. Agar steril disiram air seronok wahana tersebut.

Cara tanamnya, masukkan media tanam ke dalam gelas plastik sebanyak 1/3 bagian. Tancapkan batang stek dalam media. Media tanam dapat disiram dengan hormon aksin bagi pencelupan sebelumnya. Tutup gelas plastik dan tempatkan lega tempat sorot. Belaka lain tertular matahari secara langsung. Pemeliharaan dilakukan dengan penyiraman sekadarnya.


Pindah tanam

Setelah kurang lebih 3 wulan, bibit setek akan bersemi akar yang lebat. Setek yang telah berakar dapat dipindah pada polibag sengkang 15 cm dengan media bunga tanah dan persil. Pelihara sampai muncul daun dan siap pindah tanam ke tanah.


Mudah dan simpel cara menyetek durian. Takdirnya masih belum terbayang cara menyetek durian, berikut ada video diambil berbunga youtube tentang mandu menyetek durian.



Artikel Terkait :



Cara Stek Alpukat


Demikian penjelasan artikel terkait tentang
Cara Stek Durian – Nature, Cepat Berbuah, Hasil Dan Berpangkal Biji

kiranya bisa bermanfaat cak bagi pembaca konsisten

Lahan.Co.Id