Cara Perawatan Tanaman Buah Naga

Mandu menanam buah naga kiranya cepat berakibat tidaklah rumit, yang terpenting merupakan menjaga pH lahan dan kalium tanah serta proses perawatan yang rutin dan terkonsolidasi. Sebelumnya kami telah membahas tentang cara memakamkan dan budidaya biji pelir naga di jambangan. Kali ini kami akan memberi ulasan tentang cara menguburkan buah dragon sebaiknya cepat berdampak. Namun kiranya mari kita kenalan dulu lebih jauh dengan buah dragon.

Buah ular besar merupakan salah satu jenis biji zakar yang tergolong dalam keluarga tanaman kaktus. Tanaman yang berusul dari Mexico ini n kepunyaan rasa yang manis dan cegak, sehingga disebar luaskan sebatas kawasan Asia dan mewah bertaruk subur di seluruh daerah Asia nan mempunyai iklim tropis. Di Indonesia sendiri buah naga mulai populer mentah sreg perian 2000 dan semakin banyak penggemarnya sampai dibudidayakan oleh para petani buah hingga kini secara sporadis.

Ada beberapa jenis biji pelir ular besar yang boleh dibudidayakan karena mempunyai angka ekonomis, memiliki cita rasa manis dan subur akan maslahat, nan antara tak ialah:

  • Buah ular besar macam Hylocereus undatus nan memiliki ciri kulit berwarna abang dengan daging berwarna putih.

buah-naga-merah-berdaging-putih

  • Buah hantu bumi jenis Hylocereus polyrhisus yang memiliki ciri kulit bercat abang dengan daging bercelup merah

buah-naga-merah-daging-merah

  • Buah naga jenis Hylocereus costaricensis nan punya ciri kulit berwarna merah dengan daging berwarna merah pekat keunguan

buah-naga-merah-berdaging-keunguan

  • Buah naga jenis Hylocereus megalanthus yang punya ciri kulit bercat kuning dengan daging berwarna ceria

buah-naga-kuning-berdaging-putih

Cara Budidaya Biji zakar Hantu bumi

Cara budidaya biji pelir ular besar sanding sama cak bagi semua spesies buah. Cak semau dua cara yang dapat dilakukan cak bagi memelihara buah naga, nan antara lain ialah dengan cara generatif dengan biji, dan cara vegetatif yang dapat dilakukan dengan stek mayit. Cuma cak bagi mengerapkan proses pertumbuhan dan penyerbukan, cara vegetatif dirasa lebih mudah dan menguntungkan. Mengenai tahap-tahap budidaya buah naga ialah sebagai berikut:

Pembibitan

Pada artikel lama kami, sebelumnya telah dibahas tentang cara semai biji buah naga. Sahaja untuk proses pembibitan dengan cara penyetekan bisa dilakukan dengan cara-mandu sebagai berikut:

  • Pilih batang yang berdiameter selingkung 8 cm dan pernah berbuah 3-4 kali, dan semakin tua tumbuhan induk akan semakin bagus buat dijadikan sebagai batang utama.
  • Hunjam batang kira-kira 80-120 cm atau sekitar 80% dari kunarpa tumbuhan bakal dijadikan andai calon bibit.
  • Potong kembali layon primadona bibit dengan format 20-30 cm dengan ujung nan dipotong rata dan bagian asal dipotong meruncing untuk menggesakan pertumbuhan akar.
  • Potongan batang yang akan dijadikan ekstrak setidaknya harus punya 4 alat penglihatan tunas agar cepat berbuntut.
  • Selanjutnya biarkan layon hingga getahnya mengering, dan sebelum dilakukan penanaman maka sebelumnya dapat dicelupkan di larutan fungsida.
  • Tanam pati biji kemaluan naga pada bedengan maupun polybag dengan media tanam yang telah dicampurkan dengan jamur kandang kambing dan sudah dilakukan penyiraman dengan kedalaman 5 cm.
  • Lakukan pendirusan bibit secara terkonsolidasi 2-3 hari sekali. Dan untuk melindungi ekstrak bermula sinar matahari bersama-sama berikan naungan ataupun sungkup.
  • Setelah 3 minggu atau setelah tunas bertaruk, buka naungan dan biarkan tanaman terkena binar matahari secara penuh.
  • Setelah 3 bulan ataupun setelah tinggi bibit 50-80 cm bibit tanaman mulai boleh dipindahkan.
Pembibitan tanaman buah naga.
Pembibitan tanaman buah dragon.

Penyiapan Lahan

Budidaya buah naga dapat ditanam di persil maupun dengan media polybag. Tetapi bakal hasil nan maksimal, penanaman sebaiknya dilakukan di lahan petak dengan cara sebagai berikut:

  • Pembuatan kayu panjat

tiang-penyangga-buah-naga

Pembuatan tiang n domestik budidaya buah hantu bumi sangatlah terdahulu perumpamaan penopang pokok kayu. Papan menanjak ini bisa dibuat dengan beton dengan ukuran diameter 10-15 cm dan tangga 2-2,5 m. Masukkan gawang penyangga dalam lubang sedalam 50 cm dengan ujung tiang diberikan sebuah penopang berbentuk + dari ferum ataupun kayu. Dan terakhir tambahkan penyangga berbentuk lingkaran di atasnya. Buat tiang penyangga ini secara sebaris dengan panjang 2,5 m dan jarak antar tiang berkisar 3 m. Dan diantara lajur ini dibuat drainase.

  • Pengolahan tanah

Cak bagi kendaraan tanam, Engkau boleh mewujudkan bedengan dengan sebaur pasir, tanah, pupuk kompos atau rabuk kandang dengan komposisi 1:1:1. Lebih lanjut tambahkan dengan kapur atau dolomit agak-kira 300 gr bagi membukit zat kapur lega tanah. Selanjutnya buat korok dengan kedalaman 25 cm di seputar papan penyangga. Tutup liang tanam dengan alat angkut tanam kemudian guyur hingga tanah basah dan biarkan hingga meringkai. Sesudah 3 hari tambahkan pupuk TSP melingkari kayu panjat dan biarkan sepanjang satu hari, dan persil Anda telah siap bikin ditanami.

Penanaman

Setelah bibit dan lahan siap, penanaman bibit mulai boleh dilakukan. Ia dapat menguburkan hingga 4 bibit tanaman buat setiap tiang panjat dengan jarak 10 cm dari tiang panjat. Pasca- reboisasi selesai, selanjutnya ikat batang tanaman hingga seluruh bibit menempal plong kayu panjat.

menanam-buah-naga

Perawatan

Agar budidaya buah dragon bisa cepat tumbuh dan berbuah, pelestarian secara rutin harus dilakukan, yang antara enggak yaitu:

  • Penyerbukan

Pembuahan tumbuhan boleh terjadi dengan dua pendirian yaitu secara alami dan secara manual. Untuk mempercepat hasil penyerbukan, penyerbukan manual memang bisa dilakukan, tetapi penyerbukan manual ini lagi tidak boleh dilakukan secara asal. Penyerbukan manual dapat dilakukan ketika mahkota bunga mutakadim mekar kamil bagi memperoleh hasil buah yang sempurna. Dia dapat mengerjakan penyerbukan dengan mengoleskan serbuk sari pada pentil menunggangi radas nan bersih dan kering secara hati-hati agar tangkai putik lain terpenggal. Pemakaian serbuk dari ini bisa dilakukan pada tangkai putik yang lain.

  • Pemupukan

pemupukan-buah-naga

Bagi proses pertumbuhan buah naga, unsur kalium sangat diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan kalium tanah, fertilisasi memiliki peran yang lalu berguna. Pemupukan dapat dilakukan pada tadinya pertumbuhan dengan menunggangi serabut yang mengandung unsur nitrogen dan lega saat pokok kayu tiba semenjak dengan memberikan pupuk NPK dan ZK dengan komposisi 50 gr dan 20 gr untuk setiap gaung tanam. Selain itu, pemupukan dengan pupuk kompos ataupun serat kandang juga dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan tata letak 5-10 kg saban lubang tanam atau disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Dan untuk memaksimalkan hasil buah Ia bisa memberikan pupuk organik cair.

  • Penyiraman

Buat mempercepat proses pertumbuhan tanaman, proses penyiraman dapat dilakukan secara rutin 3 kali sehari terutama pada musim kering. Pendirusan ini boleh dilakukan dengan sistem irigasi atau drainase terusan. Dan untuk menumbuhkan hasil buah, pendirusan dapat dikurangi ketika tanaman mulai berpunca buat menindihkan pertumbuhan tunas baru.

  • Pemangkasan

memangkas-tunas-buah-naga

Pemangkasan ini dilakukan kerjakan mengurangi pertumbuhan cabang tanaman. Pemangkasan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, nan antara lain adalah: pangkas semua cabang sekunder, dan sisakan kunarpa terdepan saja buat memaksimalkan hasil buah. Pasca- cabang penting telah mencapai puncak kusen, pangkas batang seyogiannya dapat membentuk simpang sekunder setakat 4-8 simpang secara merata. Setelah cabang sekunder meluncur menjejak permukaan lahan, pemangkasan perlu dilakukan dengan menyelang cabang hingga berjarak 50 cm dari permukaan tanah. Dan pemangkasan terakhir dapat dilakukan ketika mayat tanaman sudah 3-4 kali berakibat, dan harus diganti dengan cagak bau kencur.

Pemanenan

Panen-buah-naga

Pemanenan tiba dapat dilakukan ketika tanaman telah berusia 10-12 rembulan berasal masa tanam. Buah start dapat dipanen ketika berumur 50 tahun sejak masa pembenihan dengan ciri-ciri selerang buah telah berwarna ahmar mengkilap. Kerjakan setiap tiang panjat pada semangat subur dapat menghasilkan 8-10 buah naga dengan ukuran berkisar 500 gram. Menghafal usia produktif tanaman buah ular besar yang boleh mencapai 15-20 tahun, pemanenan selanjutnya dapat dilakukan secara berkala dengan musim penuaian terbesar antara rembulan September sebatas Maret.

Demikianlah cara budidaya biji kemaluan naga nan dapat Anda lakukan semoga cepat berbuah. Hendaknya informasi yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat dan membusut kenyataan Anda tersapu budidaya buah dragon.

Lihat aneka sperma biji pelir naga yang kami jual disini dan bibit tanamannya (tanaman hidup) disini.






Source: https://bibitbunga.com/cara-menanam-buah-naga-agar-cepat-berbuah/