Cara Pemupukan Tanaman Buah Buahan

JAKARTA, KOMPAS.com –
Karunia pupuk merupakan langkah yang perlu dilakukan seseorang dalam proses budidaya atau perawatan pada tanaman.

Terdapat cukup banyak seleksian serabut nan bisa diberikan kepada tanaman, riuk satunya rabuk NPK yang ketika ini cukup diminati banyak pekebun.

Pupuk NPK ialah varietas serabut berbagai rupa berbentuk granular yang mengandung beberapa jenis unsur hara makro dan mikro dengan tata letak NPK yang bineka.

Baca lagi: Tanaman Hias Indoor Harus Diberi Pupuk, Ini Panduannya

NPK sendiri ialah sebuah abreviasi, di mana cendawan tersebut memiliki nafkah unsur hara Nitrogen (N), Fosfor (P) dan Kalium (K), sehingga digabungkan menjadi NPK.

Karena ialah pupuk kimia, sira perlu jimat-jimat dan tidak bisa sembarangan saat memasrahkan jamur NPK puas tanaman.

Apabila pengusahaan serat NPK pada tanaman pelecok dilakukan, maka pupuk NPK malah boleh membuat tanaman menjadi sangar dan layu, menghanguskan daun, hingga mewujudkan tanaman jadi sirep.

Dilihat dari kanal Youtube Ibad Garden, Kamis (15/4/2021), pemberian kawul NPK pada pohon dapat dengan cara menghamburkan granula granular pupuk NPK secara langsung ke media tanam pohon.

Baca sekali lagi: 6 Pilihan Pupuk untuk Pohon Bunga, Tak Cuma Pupuk NPK

Namun, usahakan agar pupuk NPK tidak terkena batang malah patera tanaman. Bintang sartan, menaburkan pupuk NPK lega media tanam jaraknya harus jauh dari batang tanaman.

Idealnya baja NPK yang ditabur ke wahana tanam tanaman harus diletakkan di bibir pot tanaman.

Taburkan pupuk NPK ala kadarnya (jangan terlalu banyak) ke 4 sisi (depan, pantat, kanan, kiri) pot tanaman.

Sesudah ditaburkan ke media tanam tanaman, rabuk NPK harus langsung beliau siram dengan air secukupnya. Siramkan air ke kawul NPK agar larut sehingga dapat diserap makanya akar tumbuhan.

Selain ditaburkan sedarun ke media tanam tanaman, pemberian serat NPK pada tanaman bisa dilakukan dengan pendirian dikocor maupun mengguyur air larutan pupuk NPK.

Dilihat dari serokan Youtube Tanaman Flat, buat mengocorkan cendawan NPK pada pohon, engkau perlu melarutkan 10 gram pupuk NPK ke 1 liter air.

Sira harus betul-betul sesuai internal menakar serabut NPK detik dicampur dengan air. Cak bagi memudahkanmu, siapkan air 1 liter di dalam timba.

Adapun 1 liter air di dalam ember tadi bisa beliau beri 10 gram serat NPK mutiara. Takaran bakal 10 gram itu adalah secebis sendok makan lebih.

Setelah mencampurkan 1 liter air dengan 10 gram pupuk NPK mutiara, larutkan sebatas merata semua. Selepas baja NPK dilarutkan dengan air, gunakan takaran cangkir kerdil untuk pengocoran alias penyiramanan ke tanaman.

Baca juga: Barang apa Arti Kontak Tiga Angka di Pupuk NPK? Ini Penjelasannya

Buat tanaman yang ada di polybag boncel, bisa kocorkan larutan pupuk NPK sebanyak sekelumit cangkir. Usahakan pengocoran tidak mengenai batang justru daun pokok kayu.

Lakukanlah cara ini dengan seterusnya sebanyak 1 kali dalam seminggu hingga pokok kayu ke usia pembungaan dan pembuahan.

Pulang ingatan, jangan gunakan saban hari, karena interval waktunya harus sesuai kebutuhan tanamannya. Jika takaran air dan jumlah pupuk NPK mutiara digabungkan dengan baik dan bersusila, maka pokok kayu akan bisa subur dan aman.

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
setiap musim dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install petisi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/15/100100576/cara-memberikan-pupuk-npk-pada-tanaman?page=all