Cara Pemberian Pupuk Npk Pada Tanaman Buah

JAKARTA, KOMPAS.com –
Pemberian pupuk adalah ancang nan perlu dilakukan seseorang dalam proses budidaya atau perawatan pada tanaman.

Terdapat cukup banyak pilihan pupuk yang bisa diberikan kepada tanaman, salah satunya pupuk NPK nan kini cukup diminati banyak pembajak.

Pupuk NPK merupakan variasi pupuk majemuk berbentuk granular yang mengandung sejumlah jenis elemen hara makro dan mikro dengan atak NPK yang beraneka macam.

Baca juga: Tanaman Hias Indoor Harus Diberi Pupuk, Ini Panduannya

NPK koteng merupakan sebuah singkatan, di mana pupuk tersebut memiliki kandungan atom hara Nitrogen (Falak), Fosfor (P) dan Kalium (K), sehingga digabungkan menjadi NPK.

Karena merupakan pupuk kimia, kamu perlu berhati-hati dan enggak boleh sembarangan saat memberikan rabuk NPK pada tanaman.

Apabila eksploitasi pupuk NPK pada pokok kayu salah dilakukan, maka pupuk NPK malah bisa membuat tanaman menjadi kering dan layu, menghanguskan daun, sampai takhlik tanaman jadi antap.

Dilihat dari parit Youtube Ibad Garden, Kamis (15/4/2021), anugerah pupuk NPK plong tanaman dapat dengan cara menaburkan granula granular pupuk NPK secara bersama-sama ke ki alat tanam tanaman.

Baca juga: 6 Pilihan Pupuk untuk Tanaman Bunga, Tak Cuma Pupuk NPK

Sekadar, usahakan agar pupuk NPK tidak terkena batang justru patera pokok kayu. Makara, menaburkan rabuk NPK pada media tanam jaraknya harus jauh berpunca batang tanaman.

Idealnya pupuk NPK yang ditabur ke media tanam tanaman harus diletakkan di bibir pot tumbuhan.

Taburkan pupuk NPK ala kadarnya (jangan bersisa banyak) ke 4 sisi (depan, belakang, kanan, kidal) pot tanaman.

Setelah ditaburkan ke ki alat tanam pohon, pupuk NPK harus langsung dia siram dengan air ala kadarnya. Siramkan air ke pupuk NPK agar larut sehingga dapat diserap makanya akar pohon.

Selain ditaburkan bersama-sama ke wahana tanam pohon, pemberian serat NPK puas tanaman bisa dilakukan dengan cara dikocor atau menyiram air larutan kawul NPK.

Dilihat dari serokan Youtube Tumbuhan Rumah, cak bagi mengocorkan jamur NPK pada tumbuhan, kamu teristiadat melarutkan 10 gram jamur NPK ke 1 liter air.

Sira harus betul-betul sesuai kerumahtanggaan pupuk NPK detik dicampur dengan air. Untuk memudahkanmu, siapkan air 1 liter di dalam timba.

Adapun 1 liter air di dalam ember tadi boleh kamu pasrah 10 gram cendawan NPK mutiara. Takaran buat 10 gram itu merupakan setengah sendok makan lebih.

Setelah mencampurkan 1 liter air dengan 10 gram kawul NPK mutu, larutkan setakat merata semua. Setelah cendawan NPK dilarutkan dengan air, gunakan takaran cangkir kecil bakal pengocoran alias penyiramanan ke tanaman.

Baca pula: Apa Arti Rangkaian Tiga Angka di Pupuk NPK? Ini Penjelasannya

Untuk pohon yang cak semau di polybag kecil, dapat kocorkan larutan kawul NPK sebanyak setengah cangkir. Usahakan pengocoran tidak mengenai batang sampai-sampai daun pokok kayu.

Lakukanlah pendirian ini dengan lebih lanjut sebanyak 1 kali n domestik seminggu hingga tumbuhan ke nasib pembungaan dan pembuahan.

Sadar, jangan gunakan setiap hari, karena interval waktunya harus sesuai kebutuhan tanamannya. Jika takaran air dan jumlah baja NPK mutiara digabungkan dengan baik dan benar, maka tumbuhan akan dapat subur dan kesatuan hati.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://ufuk.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/15/100100576/cara-memberikan-pupuk-npk-pada-tanaman?page=all