Agar Terus Tumbuh, Begini 5 Cara Pemangkasan Akar Tanaman Hias dalam Pot


Ilustrasi tujuan dan cara pemangkasan akar tanaman rias (Freepik/Rawpixel)

YOGYAKARTA – Akar memengaruhi pertumbuhan daun dan pembungaan tanaman solek dalam vas. Jika akar sudah memadati pot, terletak dua pendirian agar tumbuhan bukan berhenti tumbuh. Pertama dengan mengganti ke pot yang lebih samudra. Cara lain ialah dengan mengurangi akar.

Supaya mendapatkan ruang yang longgar untuk berkembang, prinsip kedua camar dipilih. Alasannya, mungkin karena Ia menyukai pot dengan tampilannya.
Nah, pemangkasan akar susu perlu diperhatikan langkah-langkahnya. Berikut, anju yang bisa dilakukan lakukan memangkas tanaman hias jenis bonsai atau tabulampot.

1. Kenali waktu yang tepat bagi pemangkasan

Ketika pohon solek Anda akarnya sudah terikat satu sama lain, maka massanya akan menunaikan janji seluruh ulas dalam pot. Karena simpul akar kusut, tanaman boleh mengalami stres dan kehilangan udara, nutrisi, serta air.

Pada kondisi enggak, akar pula perlu dipangkas. Seperti mana saat akar terbantah keluar melalui lubang drainase. Seberapa camar diperlukan pemangkasan, terampai jenis tanaman dan seberapa cepat pertumbuhannya. Tetapi biasanya dilakukan pengecekan rutin beberapa bulan sekali dengan menuntungkan pot. Detik batang tanaman sulit keluar berbunga pot, maka wajib buru-buru mengerjakan pemangkasan.

tujuan dan cara pemangkasan akar tanaman hias
Ilustrasi intensi dan cara pemangkasan akar tunggang tanaman rias (Freepik/Rawpixel)

2. Siapkan peralatan

Mengutip
The Spruce, Selasa, 17 Mei, peralatan yang diperlukan dalam pemangkasan akar antara lain gunting pangkas atau pisau mencolok, pisau tangga, tongkat atau garpu, kapling sekantong kecil, dan air.

Purwa, keluarkan tanaman Sira dari potnya dan telaah akarnya. Ketika melakukan ini, jangan cuma menarik tanaman keluar dari potnya. Apabila pokok kayu tidak terlalu besar, balikkan potnya kemudian ketuk pinggiran jambang. Anda boleh jadi membutuhkan pisau panjang jika pokok kayu sulit dikeluarkan.

3. Sembelih akarnya

Momen memangkas, mulailah dengan gunting pankas atau pisau ekstrem. Tusuk selingkung akar alias di bawah akar inti. Bisa juga dengan memotong akar tunggang-akar yang mungil. Sedangkan jika akar pohon dulu padat, Engkau dapat memotong fragmen bawah akar susu berida untuk mendukung regenerasi pertumbuhan yang sehat.

4. Kendurkan akar yang mengikat langgeng

Dengan menggunakan jari-jemari, dalam kepadatan legal, bisa dilakukan dengan renik. Belaka jika terjerat parah, rampas cukit atau tongkat untuk meringankan tanah yang berdampingan akar sekaligus akarnya.

BACA Sekali lagi:


5. Siapkan patut tanah ataupun media tanam

Kamu mesti menambahkan senyawa pot ke putaran bawah palagan. Pastikan media tanam memenuhi pot sehingga akar tunggang bisa duduk di kapling sekitar satu inci berusul bawah pot. Selain itu, pastikan lagi tempat pangkal batang berpunya di permukaan petak.

Tips terakhir momen menyuruti akar tunjang yang terikat padat, setelah memangkas dan memasukkan kembali ke intern jambang, siram dengan banyak air. Usai pemangkasan, tanaman terbiasa terhidrasi baik. Ancang terakhir ini terlazim dilakukan agar tanaman buru-buru pulih dan berkembang kembali.