Cara Merawat Tanaman Buah Kelengkeng

JAKARTA, KOMPAS.com –
Masa ini merawat berbagai pohon menjadi populer di kalangan pencinta tanaman alias pemula. Berbagai jenis tanaman hias, herbal, sampai-sampai biji pelir bisa dirawat sendiri di rumah.

Tak semua tanaman buah membutuhkan lahan yang besar lakukan tumbuh, keseleo satunya pohon buah kelengkeng yang boleh ditanam di dalam vas.

Mengutip susukan Youtube
Yojana Inspirasi, Senin (18/1/2021), kelengkeng yang ditanam di dalam pot dapat dikendalikan pertumbuhan tingginya, sehingga dapat ditentukan ketinggiannya dan lain sebatas menjulang tahapan sebatas 10 meter.

Baca pula: Ingin Mengetanahkan Tanaman dengan Air? Ini yang Harus Diperhatikan

Dalam proses budidaya menanam kelengkeng di dalam pot, pemilihan bibit ialah dasar kiranya kelengkeng dapat tumbuh dengan baik.

Misalnya kelengkeng pingpong memiliki dimensi sebesar bola tenis meja yang memiliki rasa manis namun tebak basah karena kandungan airnya nan cukup banyak.

Sesungguhnya masih banyak lagi keberagaman leci merupakan kelengkeng lembang abnormal antara lain lici merah, kelengkeng endemi, leci matalada, kelengkeng pingpong, lengkeng diamond kelengkeng aroma durian, kelengkeng satu deriji.

Kemudian kelengkeng n baruh tinggi yang teridiri dari kelengkeng itoh, kelengkeng intan imitasi, leci new kristal, kelengkeng kinglong, kelengkeng giant.

Baca kembali: 5 Siasat Menanam Tanaman Solek di Ruangan Cacat

Esensi yang bagus untuk ditanaman di dalam pot yakni konsentrat akolasi karena tanaman akan cepat berbuah ketimbang ekstrak berpangkal kredit. Akan lebh bagus lagi bibit dari hasil cangkokan, karena tetapi membutuhkan masa suatu tahun buat berbuah. Selain itu, hasil bibit cangkokan memiliki pohon yang kian kecil dan tak berlebih tinggi.

Pemilihan pot

Berbeda dengan pemilihan vas tanaman hias, pemilihan jambang kerjakan leci harus diperhatikan mulai sejak segi paser hierarki, karena kelengkeng akan bersemi besar. Anda bisa menggunakan ngarai, planter bag, atau sperma cor.

Semakin pangkat bibit yang dipilih dan menghasilkan leci yang tinggi, dianjurkan pemilihan jambangan yang mempunyai kedalaman yang memadai dan penampang yang lebih ki akbar.

Misalnya kelengkeng yang akan bersemi setinggi 30 setakat 40 cm, boleh menggunakan pot yang n kepunyaan garis tengah 40 sampai 50 cm.

Ilustrasi buah kelengkeng.
SHUTTERSTOCK/NUNGNING20
Ilustrasi biji zakar lengkeng.

Media tanam

Untuk menghasilkan lengkeng yang tumbuh berpunya, Anda harus memakamkan dengan ki alat tanam nan terdiri dari campuran tanah, pasir, sekam, dan pupuk kandang. Perbandingan nan tepat adalah 1:1:1:2.

Pupuk kandang nan digunakan dianjurkan yang mengandung fosfor lebih banyak, ialah nan suka-suka di intern kotoran wedus dan biri-biri. Jangan lupa untuk menggunakan styrofoam ataupun pecahan genteng yang diletakkan di dasar pot seimbang 4 hingga 5 cm bagi pergi media tanah yang basah.

Baca juga: Begini Kaidah Memakamkan Pokok kayu dengan Media Air

Penyiraman

Pohon lici yang berada di dalam jambangan lain bisa mencari air sendiri, karena akarnya tidak bisa menjalar ke asing dari pot.

Oleh karena itu, penyiraman dibutuhkan semoga kelengkeng tumbuh bernas. Hindari penyiraman nan berlebih pada hari hujan dan mengakibatkan kubangan air di dalam pot.

Sebaliknya, sekiranya musim menggiurkan atau kemarau jangan sampai pohon kekurangan air.

Untuk dapat melakukan asimilasi secara maksimal, usahakan tanaman terpapar sinar matahari selama 5 jam privat sehari. Selain itu, berikan pupuk selama 1 wulan sekali agar pohon lici dapat bertunas gemuk.

Baca juga: Menanam Pothos atau Sirih Saing Tanpa Air? Demikian ini Caranya

Untuk bulan pertama gunakan kotoran wedus atau domba, dan di wulan selanjutnya bisa memperalat pupuk NPK mutiara 16-16-16. Selain itu, perabukan juga boleh dilakukan dengan menunggangi zat perangsang bagi tumbuh.

Pemangkasan

Kerjakan pemangkasan lega tanaman dengan pola 1-3-9. Cabang utama yang dipertahankan suatu saja dengan hierarki 75-100 cm, sedangkan cabang primer dan cabang sekunder 3 dan 9 biji pelir.

Kendati pot lici punya bentuk kanopi yang kokoh, silang primer dan sekunder mudahmudahan memiliki panjang 30-50 cm.

Pemangkasan pada silang sekunder akan menghasilkan semi-tunas baru misal cabang tersier yang diiringi bunga-bunga majemuk nan akan menjadi buah.

Baca sekali lagi: 5 Uang pelicin agar Kamu Boleh Memakamkan Sayuran di Rumah

Kerjakan juga pemangkasan sreg cabang-cabang yang kering, alias layu kiranya syamsu dapat ikut merata sehingga bisa berbuat fotosintesis secara mondial.

Perundukan

Lakukan perundukan dengan mengganjur salah suatu cabang sekunder yang sehat ke bawah dengan menunggangi kawat.

Seharusnya tambahkan sabut kelapa di antara cabang dan dawai nan digunakan untuk meninggalkan jejas akibat goresan berpangkal telegram. Bakal bunga akan muncul beberapa minggu setelah melakukan perundukan.

Penggantian media tanam

Alat angkut tanam pada kelengkeng harus diganti, tujuannya supaya media persil tidak gigih. Untuk penggantian ini galibnya dilakukan sekitar enam bulan sekali.

Pencangkokan

Jikalau tumbuhan lengkeng bertelur, artinya pohon kelengkeng pas tua dan siap lakukan dicangkok yang bertujuan bakal menghasilkan bibit baru untuk lagi ditanam agar kian banyak.

Panen

Setelah kelengkeng berbuah, dapat dipanen dengan cara menyusup tangkainya, hindari pial buahnya agar boleh mempertahankan buah tetap banyak.

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
setiap hari bersumber Kompas.com. Mari menyatu di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install permintaan Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/18/210600276/cara-menanam-kelengkeng-dalam-pot?page=all