Cara Menulis Kutipan Yang Benar

Pendirian Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Bertepatan –
Bahasa Indonesia yaitu salah satu indra penglihatan pelajaran yang cukup sering dianggap remeh oleh pelajar di bangku sekolah. Umpama bahasa ibu, banyak pelajar menganggap bahwa dirinya sudah membereskan bahasa yang sudah gegares mereka gunakan sejak mereka bisa berbicara.

Semata-mata, pada kenyataannya, masih banyak dari mereka yang mengalami kesalahan detik menulis bahasa Indonesia alias merenjeng lidah. Keadaan ini dapat jadi diakibatkan karena mereka tidak menganggap tutorial Bahasa Indonesia dengan serius, menyebabkan terjadinya kesalahan yang tidak teristiadat.


Mengenal Kutipan Sekaligus dan Kutipan Tak Langsung

Salah suatu kesalahan yang bisa ditemukan, kali ini dalam menulis wacana laporan ilmiah, merupakan ketika mereka menulis kutipan langsung dan kutipan enggak langsung. Sementara itu, cara batik kutipan langsung dan kutipan enggak langsung tidak begitu sulit kerjakan dipahami, lho.

Sebelum mempelajari tata cara menggambar kutipan langsung dan kutipan tidak langsung cak bagi referensi ilmiah, cak semau baiknya Grameds mengenal dan memahami terlebih dulu kedua jenis rangka penulisan tersebut. Berikut penjelasannya.

Kutipan Berbarengan

Kutipan langsung yakni susuk kutipan yang menyalin serentak berpunca sumur teks asli, tanpa melakukan transisi apapun dalam penulisannya. Ketika menulis kutipan spontan,
Grameds
juga perlu mencantumkan sumber asal kutipan, yang biasanya dicantumkan di awal atau akhir kalimat.

Selain itu, kutipan sederum juga memiliki 2 variasi, adalah kutipan langsung panjang dan kutipan spontan ringkas. Kutipan sekaligus panjang berisikan

40 alas kata maupun lebih
, dan bisa memakan

3 baris mulai sejak satu paragraf
. Sementara kutipan serentak sumir n kepunyaan jumlah kata di bawah 40, dan jumlah barisnya tidak mencapai 3 baris.

Kutipan Tak Langsung

Bertentangan dengan kutipan langsung, kutipan enggak langsung adalah jenis kutipan di mana
Grameds
diizinkan cak bagi menidakkan isi dari kutipan, tanpa menghilangkan esensi serta maksud berasal kutipan terkait.
Grameds
juga tentunya pula wajib mencantumkan sumber asal kutipan.

Terletak 2 pilihan saat menulis kutipan tidak serempak. Yang pertama adalah dengan melakukan parafrase dari kutipan, yaitu mengganti sejumlah kata dan kalimat

tanpa memungkiri makna

kutipan. Cara kedua adalah dengan

merangkum, meringkas, dan menyimpulkan isi dari kutipan
.

Beli Buku di Gramedia

Cara Menulis Kutipan Langsung dan Lain Langsung

Jika
Grameds
mutakadim memafhumi barang apa itu kutipan sedarun dan kutipan bukan langsung, kita bisa masuk ke pembahasan langkah-langkah serta cara batik kutipan langsung dan tidak langsung.

Mandu menulis kutipan langsung dan tidak langsung tidak sulit, cak kenapa. Sekadar, loyal ada sejumlah situasi yang wajib diperhatikan, mulai dari format penulisan serta mandu mengutip. Berikut dasar-dasar yang wajib disimak untuk menulis kutipan langsung dan kutipan tak langsung.

Pengambilan Mata air

Pada galibnya, sumber-sumur kutipan diambil berpangkal jurnal ilmiah, buku, ataupun karya ilmiah lainnya. Lamun begitu,
Grameds
pun bisa menyadur dari
website
di internet, dengan tulisan
website
tersebut menyajikan fakta nan bisa divalidasi bukti kebenarannya.



Dasar-bawah Penulisan Kutipan

Selain itu, terdapat kembali situasi-hal yang mesti diperhatikan oleh Grameds, khususnya mengenai format penulisan kutipan yang benar. Format penulisan ini berlaku baik untuk batik kutipan spontan ataupun menulis kutipan tak serta merta. Berikut pemaparannya.

  • Batik nama notulis berusul sumber kutipan

Jika tidak bisa menemukan penulis steril berusul sumber kutipan, boleh menuliskan tera penerbit atau nama organisasi yang batik mata air kutipan. Berikut contoh berpangkal penulisan logo penulis sumber kutipan:

    • Sumadiria (2005)
    • Oxford Paperback Dictionary (1979)
  • Tata cara penulisan sumber kutipan

Sedikitnya terdapat 4 kaidah yang dapat terapkan internal menulis sumber kutipan. Penulisan kutipan ini bergantung apakah
Grameds
kepingin menyambung halaman di mana kutipan tersebut diambil atau lain. Berikut contoh dari 4 penulisan sumber kutipan:

    • Djuraid (2007)
    • Djuraid (2007:19)
    • (Djuraid, 2007)
    • (Djuraid, 2007:19)
  • Meletakan sumber di penghabisan kalimat

Cara penulisan tersebut merupakan kaidah yang umumnya digunakan n domestik batik kutipan.
Grameds
pula dapat menggabungkan sumber dengan kalimat penulisan. Berikut kedua arketipe dari kedua penulisan kutipan:

“Media pembelajaran adalah segala bentuk peranti fisik nan dapat menyajikan pesan untuk belajar baik menerobos buku, film, kaset, dan ki alat pendidikan lainnya” (Briggs, 1970), atau;

Briggs (1970), mengungkapkan pendapat yakni “media pembelajaran adalah segala gambar perabot awak yang dapat menyajikan pesan untuk belajar baik menerobos buku, film, kaset, dan media pendidikan lainnya.”

  • Mengutip 2 penulis mata air kutipan

Ada kalanya
Grameds
menemukan 2 penulis yang mengarang tulisan perigi kutipan. Seandainya menemukan kasus tersebut,
Grameds
cukup menambahkan tera “dan” (&) di antara kedua penulis. Selebihnya, dapat mengajuk pendirian yang sebelumnya sudah dijelaskan. Berikut contoh penulisannya:

Doug Newson & James A. Wollert (1985:11), mengatakan “berita adalah apa saja yang kepingin dan teristiadat diketahui bani adam atau bertambah luas lagi makanya publik.”

  • Mengutip tulisan yang sudah lalu dikutip sebelumnya

Terkadang, penulis mengutip coretan terbit penulis lain di dalam tulisannya. Dalam situasi ini,
Grameds
bisa menyatakan bahwa kutipan ini telah dikutip oleh penulis lain. Berikut kaidah penulisannya:

“Berita ialah laporan tentang peristiwa-peristiwa nan terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan aturan substansial, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai pelopor terkemuka, akibat peristiwa tersebut berwibawa terhadap pembaca.” (Nasution, dikutip dalam Aliet, 2008).

  • Mengutip banyak sumber berbeda

Grameds
pula bisa mengutip 2 sumber berbeda, dan memasukkannya ke dalam satu kalimat yang ekuivalen. Caranya adalah dengan memisahkan kedua sumber dengan cap “titik koma” (;), serta mengurutkannya berdasarkan aksara. Berikut model penulisannya:

“Uang merupakan sesuatu nan normal dipakai dalam bernegosiasi atau alat pemindah, serta n kepunyaan kemampuan dalam mentransformasikan serta menafsirkan bumi sosial terhadap dunia aritmatik dan digunakan bagaikan sarana reifikasi minimum murni.” (A. C. Pigou, 1949; Georg Simmel, 1900).

Beli Buku di Gramedia

Pendirian Menulis Kutipan Serampak

Seperti yang sudah dibahas, kutipan langsung memiliki 2 jenis dalam penulisannya, yaitu kutipan sedarun panjang dan kutipan bersama-sama pendek. Keduanya pun memiliki cara penulisannya seorang, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan
Grameds
dalam menulis 2 jenis kutipan tersebut. Berikut pemaparannya.


1. Penulisan Kutipan Langsung Panjang

Nan perlu diperhatikan dalam menggambar kutipan kontan panjang merupakan format penulisannya. Berikut merupakan kejadian-hal yang perlu terapkan n domestik batik kutipan langsung tahapan:

  • Spasi berbentuk spasi tunggal.
  • Kutipan enggak disatukan ke internal referensi, melainkan ditulis secara terpisah.
  • Penulisan kutipan lain menunggangi tanda petik.
  • Penulisan sumber kutipan belaka perlu menyebutkan nama pengarang, tahun terbit, serta halaman kalau diperlukan.
  • Penulisan teks dibuat menjorok ke dalam.

Untuk memperjelas format penulisan kutipan langsung panjang, berikut adalah contoh teks bermula gaya penulisan terkait:

Manifesto mengenai duaja laut belum sebanyak informasi nan didapatkan di alam daratan, karena alangkah luasnya permukaan laut. Hal ini sesuai dengan pernyataan sejumlah ahli (Austin, 1988; Prager dan Earle, 2000). Mereka mengatakan:

Lautan merupakan habitat terbesar dunia yang di dalamnya masih tersimpan banyak rahasia nan belum terungkap. Laut membentangi bertambah dari dua per tiga maupun tujuh puluh persen rataan bumi. Luas keseluruhan wilayah laut nan menghampari manjapada adalah 3,61 x 108 km
2
, dengan kedalaman galibnya 3.800 m dan menyempatkan sekitar 97 komisi bersumber keseluruhan ruang nasib di bumi.


2. Penulisan Kutipan Langsung Pendek

Kutipan sambil sumir juga memiliki ukuran penulisannya tersendiri, yang farik dengan cara menggambar kutipan langsung jenjang. Berikut penjelasan tata prinsip penulisan kutipan langsung pendek yang bisa
Grameds
terapkan:

  • Sendang kutipan disatukan ataupun berlambak setimbang dengan teks.
  • Penulisan kutipan perlu menggunakan tanda petik.
  • Penulisan sendang kutipan dapat diletakkan di semula atau akhir tulisan. Jika menggambar sumber di awal kalimat, nama penulis diletakkan di luar parentesis. Jika menggambar sumber di akhir kalimat, logo pencatat diletakkan di kerumahtanggaan tanda kurung beserta tahun serta nomor halaman.

Di pangkal ini merupakan contoh penulisan kutipan langsung pendek lakukan memperjelas cara penulisan jenis kutipan ini:

Prolog teknologi dapat menuju ke topik kesenian, begitu juga penjelasan berpokok Capra (2004), yaitu “teknologi merupakan keseleo suatu pembahasan sistematis seni terapan ataupun pertukangan. Keadaan ini lebih mengacu pada literatur Yunani menyebutkan akan halnya Technologia yang berasal dari techne kata, yang artinya referensi seni.”

Beli Buku di Gramedia

Cara Menulis Kutipan Lain Langsung

Seperti halnya dengan kaidah penulisan kutipan berbarengan, kutipan enggak langsung kembali memiliki sejumlah kaidah nan perlu diperhatikan agar lain riuk dalam menulis. Seperti mana yang sudah disebutkan,
Grameds
n kepunyaan 2 opsi bagi menggambar kutipan tidak langsung, yakni dengan melakukan interpretasi atau mengikhtisarkan isi bermula sumber kutipan.


1. Cara Melakukan Tafsiran untuk Kutipan Tidak Sambil

Tafsiran adalah metode bikin menulis ulang suatu kalimat maupun alinea, minus menghilangkan isi maupun makna yang terkandung di dalam wacana, intern kasus ini, sumur kutipan.
Grameds
mengganti struktur alas kata beserta diksi di dalamnya, tanpa mengganti arti yang ingin disampaikan penulis.

Berikut adalah contoh jika ingin mengepas berbuat parafrase untuk kutipan tidak sekaligus:

Teks nirmala:

“Bani adam dewasa yaitu seseorang nan mutakadim memintasi pertumbuhannya dan siap mengakuri kedudukannya di dalam masyarakat bersama dengan hamba allah dewasa lainnya.” (Elizabeth Hurlock, 1991).

Wacana setelah mengerjakan parafrase:

Berdasarkan pemikiran Elizabeth Hurlock (1991), dapat disimpulkan bahwa orang dewasa yaitu orang yang sudah mengakhiri proses jalan dan pertumbuhan, serta mampu nasib berdampingan dengan orang dewasa lainnya dalam usia sosial masyarakat.


2. Mandu Merangkum bikin Kutipan Tidak Langsung

Seperti yang
Grameds
adv pernah, merangkum yaitu proses untuk mencuil inti semenjak sebuah teks maupun konversasi, dan meredam emosi penjelasan-penjelasan yang dianggap minus penting serta tidak mempunyai pengaruh apapun kepada inti dari kabar terkait.

Di bawah ini, boleh melihat contoh berbunga proses merangkum sumber kutipan, lakukan menulis kutipan tidak refleks.

Bacaan lugu:

“Komunikasi yakni bentuk interaksi insan nan ganti pengaruh mempengaruhi suatu sebabat lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak rendah puas bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga kerumahtanggaan peristiwa ekspresi roman, lukisan, seni, dan teknologi.”
(Shannon & Weaver, 1949)

Teks pasca- dirangkum:

Shannon & Weaver (1949), berpendapat bahwa komunikasi adalah interaksi manusia untuk mempengaruhi satu sama lain, memperalat berbagai semenjana dalam prosesnya.

Beli Buku di Gramedia

Mandu Menggambar Kutipan dari Internet

Puas dasarnya, tidak disarankan untuk cekut perigi kutipan dari internet, terlebih kerjakan keperluan tulisan ilmiah.
Grameds
mungkin mutakadim sempat, bahwa enggak semua coretan di internet semenjak dari mata air yang valid dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Meskipun begitu, masih ada sejumlah
website
nan dapat dibuktikan kebenarannya, sehingga bisa dijadikan sumur bagi mengutip tulisan. Jika
Grameds
bertelur menemukan website tersapu, berikut cara batik kutipan yang berasal pecah internet.

  • Memastikan ulang bahwa
    website
    tersebut memiliki wara-wara kredibel bakal karya ilmiah. Ini tetap harus dilakukan agar karya ilmiah tak memiliki kesalahan intern pengajuan informasi.
  • Berburu nama dabir serta tahun tulisan dimuat dalam
    website
    tersebut. Cap penulis ini nantinya akan menjadi sumber carik yang dicantumkan ketika mengutip garitan dari
    website
    tersebut.
  • Selebihnya, proses pengutipan sumber mulai sejak internet begitu juga mengutip tulisan dari karya ilmiah tak. Berikut salah suatu arketipe dari menggambar kutipan yang sumbernya berasal dari internet:

Penyerangan Rusia terhadap Ukraina membawa dampak bagi harga minyak dunia. Situasi ini sama dengan pernyataan Siladitya Ray (2022), yang mengungkapkan bahwa pasar saham global terus diguncang maka itu konflik yang semakin dalam di Ukraina, darurat harga minyak bau kencur global sempat mencapai level tertinggi 14 tahun.

Intensi dan Alasan Mengutip

Sejauh ini, kita sudah mempelajari cara batik kutipan serentak dan bukan berbarengan dengan ter-hormat. Namun,
Grameds
mungkin berpikir, untuk apa mengutip tulisan enggak? Apakah kita lain bisa menulis karya ilmiah hanya dengan pemikiran kita sendiri?

Percaya atau tidak, mengutip memiliki sejumlah alasan dan tujuan, di mana semuanya akan berguna cak bagi membantu mempermudah proses penulisan karya ilmiah. Jika dikerucutkan, tujuan ataupun alasan untuk mengutip tulisan tidak terbagi menjadi 2. Berikut penjelasan pendek terkait alasan dan pamrih intern mengutip.

  • Mengutip tulisan dengan intensi lakukan menyenggol fakta, konsep, serta gagasan yang terserah di kerumahtanggaan karya ilmiah, dengan menggunakan fakta-fakta lain sesuai dengan topik bahasan gubahan.
  • Mengutip tulisan dengan alasan menggunung penjelasan yang ada di n domestik karya ilmiah. Hal ini tentunya menyejajarkan dengan topik nan menengah dibahas. Penyisipan penjelasan boleh diletakkan secara langsung di intern referensi, maupun di catatan kaki.


Beli Buku di Gramedia

Pembuatan Daftar Referensi

Saat kita mengutip dari suatu karya ilmiah, kita wajib menuliskan sumur lengkap berbunga mana kita mengutip pernyataan tersebut di internal daftar bacaan. Ini adalah sesuatu nan tidak boleh dilewatkan di akhir proses penulisan karya ilmiah. Takdirnya
Grameds
enggak menuliskan daftar bacaan secara lengkap tercalit hasil kutipan yang diambil, akan terserah kemungkinan untuk dianggap memalsukan fakta, karena sendang penulisan tidak sejenis itu jelas dan tidak dapat dibuktikan benar atau tidaknya.

Cukup sekian artikel pembahasan mengenai mandu menulis kutipan sekaligus dan lain sekaligus. Semoga dengan artikel ini,
Grameds
boleh meminimalisir atau malah menghilangkan kesalahan dalam mengutip sebuah tulisan bagi keperluan karya ilmiah.

Tentu, masih banyak lagi pemberitaan-manifesto tidak, semenjak kami, Gramedia, #SahabatTanpaBatas, yang kepingin kami berikan kepada
Grameds. Jika berminat memperdalam ilmu pengetahuan di bidang apapun,
Grameds
bisa mengunjungi situs www.gramedia.com bakal mengejar siasat-siasat sesuai minat dan afinitas.

Beli Buku di Gramedia

Panitera: Adrianto Sukarso

Rekomendasi Pokok & Kata sandang Terkait

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini nan mengusung konsep B2B. Kami hadir lakukan memudahkan privat mengelola taman bacaan digital Anda. Klien B2B Taman bacaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, setakat tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akal masuk ke ribuan kiat berasal penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol taman bacaan Anda
  • Tersedia kerumahtanggaan tribune Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard lakukan melihat pesiaran analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/cara-menulis-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/

Posted by: gamadelic.com