Cara Mengusir Lalat Buah Pada Tanaman Cabe

JAKARTA, KOMPAS.com –
Memakamkan sayuran di apartemen punya banyak manfaat, salah satunya adalah bisa dinikmati hasil panennya dan diolah menjadi hidangan bagi keluarga. Salah satu tanaman sayuran yang banyak ditanam di kondominium adalah cabai.

Saat menanam cabai di apartemen, jangan lupa memperhatikan wereng nan mungkin menghakimi tanaman cabai Anda. Laler biji pelir merupakan salah satu hama yang suntuk merugikan.

Dikutip berasal laman Cybex Kementerian Pertanaman RI, Selasa (9/11/2021), wereng lalat buah mengupas buah cabai nan masih muda atau yang setengah menguning. Akibat serangan lalat buah ini, biji kemaluan cabai akan gugur sebelum waktunya matang atau waktunya dipanen.

Baca kembali: 7 Sayuran yang Mudah Ditanam di Dalam Rumah, Cabai hingga Selada

Ilustrasi tanaman cabai, menanam cabai.
SHUTTERSTOCK/KHAN3145
Ilustrasi pohon sahang, menguburkan cabai.

Cak semau sejumlah ciri tanaman embalau diserang hama lalat buah yang bisa Anda perhatikan, yaitu biji kemaluan cabai berwarna kehitam-hitaman dan persisten.

Lalat buah berkembang biak dengan cara berdampak di dalam biji zakar.

Telur yang menetas akan menjadi larva yang selanjutnya menjadi penyebab rusaknya daging biji pelir sehingga membusuk dari internal, mengering, dan kemudian copot.

Tanaman cabai yang terdampak hama lalat buah harus segera ditangani. Petik buah cabai yang yang telah terserang dan membakarnya.

Baca sekali lagi: 5 Tips Menyelamatkan Sahang di Intern Kolom

Cara ini bertujuan menyuruti perkembangbiakan lalat buah yang burung laut pergi telur di dalam buah cabai.

Di samping itu, cara memberantas wereng lalat buah lagi bisa dilakukan dengan mencipratkan racun serangga seperti Supracide 40 EC, Lebaycid 25 EC, Mathion, dan lain-lain.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://cakrawala.me/kompascomupdate, kemudian join. Ia harus install tuntutan Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/09/071900776/simak-cara-menangani-hama-lalat-buah-pada-tanaman-cabai?page=all