Cara Menghitung Median Dan Modus


Unduh PDF


Unduh PDF

Mean, median, dan modus adalah angka-nilai yang normal digunakan dalam statistika dasar dan matematika sehari-hari. Walaupun Ia boleh mencari nilai saban dengan mudah, nilai-nilai ini sangat mudah kerjakan tertukar. Bacalah cara berburu biji per ini dalam satu pusparagam data.

  1. 1

    Jumlahkan semua angka privat data.
    Misalkan datanya adalah 2, 3, dan 4. Jumlahkan: 2 + 3 + 4 = 9.

  2. 2

    Hitunglah jumlah kredit kerumahtanggaan data.
    Kerumahtanggaan soal ini, Kamu menyelesaikan 3 kredit.

  3. 3

    Bagilah hasil penjumlahan angka dengan jumlah kredit.
    Waktu ini, bagilah hasil penjumlahannya, 9 dengan jumlah data, 3. 9/3 = 3. Mean ataupun rata-rata seluruh kumpulan data yakni 3. Bangun bahwa Ia tidak akan selalu mendapatkan hasil nan bulat.

    Iklan

  1. 1

    Urutkan semua angka dalam data dari yang terkecil hingga yang terbesar.
    Misalkan, data Ia adalah: 4, 2, 8, 1, 15. Urutkan angka-angka ini dari nan terkecil sampai yang terbesar, menjadi: 1, 2, 4, 8, 15.

  2. 2

    Temukan angka tengah dari data tersebut.
    Angka yang Anda dapatkan terjemur total data yang genap atau ganjil. Berikut hal-situasi yang teristiadat Anda lakukan privat kedua kejadian:

    • Jika jumlahnya ganjil, silanglah angka paling kiri, kemudian ponten minimal kanan, dan ulangi. Jika terbelakang satu angka, maka itulah median Anda. Jika kamu memiliki data 4, 7, 8, 11, dan 21, maka 8 adalah median Anda karena merupakan ponten tengah data.
    • Jika jumlahnya genap, silangkan biji di kanan dan kirinya, dan Sira akan punya dua angka tersisa di perdua. Jumlahkan keduanya dan bagilah dengan dua buat mencari biji mediannya (Jika kedua kredit di tengah sekufu, maka angka tersebut merupakan median Anda). Seandainya Ia memiliki data 1, 2, 5, 3, 7, dan 10, maka dua kredit tengah Kamu adalah 5 dan 3. Jumlahkan 5 dan 3 menjadi 8, kemudian bagilah dengan 2 sehingga mediannya adalah 4.

    Iklan

  1. 1

    Tuliskan semua angka dalam data.
    Dalam soal ini, Anda memiliki data 2, 4, 5, 5, 4, dan 5. Mengurutkannya terbit yang terkecil sampai yang terbesar akan membantu Anda.

  2. 2

    Carilah angka yang paling banyak unjuk.
    Pikirkan:
    Modus yakni yang paling banyak muncul. Intern soal ini, angka 5 unjuk paling banyak sehingga merupakan modusnya. Jika ada dua angka nan paling kecil banyak muncul, maka kompilasi data tersebut disebut
    bimodal, dan kalau ada lebih berbunga 2 angka yang paling banyak unjuk, maka antologi data tersebut disebut
    multi-modal.

    Iklan

  • Mengurutkan nilai berasal yang terkecil hingga nan terbesar dapat membantu Anda mencari nilai median dan modus.

Iklan

Akan halnya wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 2.216.811 kelihatannya.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Mencari-Nilai-Mean,-Median,-dan-Modus

Posted by: gamadelic.com