Cara Mendarat Yang Benar Dalam Lompat Jauh

Mandu Mendarat nan Benar Dalam Loncat Jauh –
Pasti
Grameds
sudah lain asing dengan keberadaan cabang olah tubuh lompat jauh? Yap, cabang gerak badan yang satu ini telah diajarkan kepada kita sejak Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Madya Atas (SMA). Hampir seperti mana cabang sport bukan, loncat jauh juga tinggal membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan supaya dapat mencecah lompatan sejauh-jauhnya disertai dengan teknik nan baik dan benar.

Biasanya, olahraga lompat jauh ini memperalat laksana pasir sebagai tempat kerjakan mendarat. Sederhananya, olahraga nan suatu ini dilakukan dengan kaidah melompat dari jarak sepanjang mungkin, kemudian berusul titik tinggal landas tersebut jasad harus melayang di mega hingga berhasil mendarat sejauh-jauhnya di dalam bak batu halus tersebut.

Namun sayangnya, banyak orang yang bingung akan bagaimana cara mendarat nan baik dan benar n domestik silang olahraga ini. Keadaan tersebut disebabkan adanya gerakan kaki dan bodi terkadang pelalah tidak bisa reflek mengikuti teknik yang bermoral, sehingga sama sekali kaki akan mengalami tikai. Habis, bagaimana ya pendirian mendarat nan baik dan ter-hormat dalam sport lompat jauh ini? Apakah permainan tradisional loncat tali yang menggunakan karet itu dapat menjadi pelatihan dalam cabang gerak badan satu ini karena sama-sama menggunakan teknik meloncat?

Ayo simak ulasan berikut ini supaya
Grameds
dapat memahami dan sinkron mempraktikannya.


Bagaimana Cara Mendarat nan Benar N domestik Olahraga Lompat Jauh?

Pada dasarnya, gerak badan loncat jauh memiliki catur bagian gerakan, dimulai berusul anju atau cak acap disebut dengan ancang-langkah, tolakan, sikap melayang di udara, dan hasilnya gerakan pendaratan. Nah, dalam situasi ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengamalkan gerakan pendaratan tersebut.

  1. Kepala dalam posisi tertunduk. Apabila mencongak, kemungkinan akan terjadi beda puas penggalan tengkuk.
  2. Ketika hendak mengamalkan pendaratan, bagian tubuh ialah tumit tungkai harus reflek menyentuh petak terlebih lewat.
  3. Ketika proses pendaratan, bakal penekanan sreg putaran tumit suku.
  4. Pastikan pula kedua kaki berada pada posisi literal. Posisi kaki jangan menekuk sebab dapat terjadi cedera nyata terkilir.
  5. Sementara kedua kaki berada pada posisi lurus, pada bagian dengkul harus ditekuk.
  6. Pada bagian paha, usahakan lakukan diangkat ke arah atas temporer tubuh didorong ke arah depan setakat menciptakan posisi rengkeh.
  7. Posisi bodi ketika mendarat adalah condong ke sebelah depan. Hal tersebut cak bagi menjaga keseimbangan jasmani kendati tak
    oleng
    ketika mendarat.
  8. Ketika sudah mendarat, langsung posisikan tungkai tetap tegak.
  9. Sreg posisi tangan, terutama kedua tangan harus diayunkan kemudian diluruskan ke sisi depan. Pastikan bahwa posisi tangan tersebut dalam kondisi yang siap untuk menopang raga nan tengah mendarat.

Rekaman Olahraga Lompat Jauh

Hingga waktu ini, lompat jauh ini masih menjadi menjadi putaran n domestik cabang olah tubuh yang diperlombakan dalam olimpiade manjapada ataupun sayembara kebangsaan di bineka negara. Hal tersebut karena gerak badan ini memperlihatkan secara jelas akan adanya kemujaraban, ketangkasan, dan kecepatan dari atletnya. Terimalah, berikut ini kita akan menggosipkan tentang bagaimana sejarah keberadaan olahraga lompat jauh sebatas dapat berkembang pesat sama dengan detik ini.

Sejarah berpunca keberadaan olahraga ini dimulai pada pada tahun 708 SM, yakni dalam sebuah acara Sukan Olympic Kuno di Yunani. Menurut tulisan sejarah, lega rekata itu lonjak terjauh yakni 7,05 meter dicapai oleh Chionis yang mulai sejak terbit wilayah Sparta. Sebenarnya, semua sayembara yang diadakan pada Olimpiade Kuno tersebut dilakukan dengan harapan pelajaran militer perang, sebab sekaligus melatih keterampilan atlet alias prajuritnya. Namun, teknik dan cara lompat jauh pada kala itu pasti saja berlainan dengan zaman sekarang
ya…

Tambahan pula bilamana itu, karena Olimpiade Kuno tersebut ditujukan andai latihan perang maka para atletnya diwajibkan lakukan berlari serampak membawa beban di kedua tangannya dengan pelik seputar 1-4,5 kg. Sayangnya, kejayaan latihan jasmani ini semakin meredup.

Kemudian sreg hari 1896, gerak badan lompat jauh dihidupkan kembali pada Sukan Olympic Modern. Sejak saat itulah, olahraga lompat jauh semakin banyak diterima oleh masyarakat dan menjadi simpang olahraga yang sayang dilombakan. Aturan dan teknik lompatannya juga seiring waktu diperbaiki dengan menyesuaikan perkembangan zaman yang cak semau. Di Amerika Kongsi, terdapat seorang atlet bernama Bob Beamon yang berdampak menguasai rekor lompat jauh yakni sekitar 8,90 meter sreg perian 1968.

Sejarah Olahraga Loncat di Indonesia

Di Indonesia, lompat jauh juga berkembang pesat hingga saat ini masih termuat ke privat cabang olahraga yang diperlombakan dalam kejuaraan kewarganegaraan. Berhubung lompat jauh merupakan episode bersumber latihan jasmani atletik, maka seluruh atlet dan pelatihan olah tubuh lompat jauh ini terkonsentrasi privat organisasi PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Saat pelaksanaan perlombaannya, biasa menggunakan tempat di dalam trek. Lega musim 1928 menjadi tahun semula diperbolehkannya wanita untuk berpartisipasi kerumahtanggaan perlombaan cagak olahraga ini.

Signifikasi Olah tubuh Lompat Jauh

Singkatnya, lompat jauh adalah salah satu cagak olahraga atletik yang mempunyai aksi nocat dengan mengangkut titik langka fisik ketika berlarut-larut di mega. Tidak namun itu saja, olahraga ini pun disertai gerakan tolakan pada tumpuan menggunakan satu tungkai yang minimum kuat guna mencapai jarak nan paling jauh ketika meloncat. Cabang olahraga ini waktu ini masih populer untuk diperlombakan n domestik Olimpiade alias pertandingan nasional.

Banyak para ahli berpendapat akan definisi berpokok gerak badan lompat jauh ini. Keseleo satunya adalah Syarifuddin (1992), kuak bahwa lompat jauh yaitu suatu bagan gerakan melompat, dengan menyanggang kaki ke arah atas dan depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara maupun melayang di mega. Gerakan tersebut harus dilakukan secara cepat yang mana sebelumnya harus melakukan gerakan tolakan sreg satu suku (nan terkuat) cak bagi mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Untuk memperoleh hasil yang optimal privat olahraga lompat jauh ini, sama halnya dengan cabang olah tubuh lain, maka olahragawan harus memiliki kondisi fisik yang baik dan memahami sekaligus menguasai teknik-teknik dalam gerakan loncat jauh tersebut. Terdapat dua anasir penting dalam mencecah hasil maksimal, merupakan 1) Faktor kondisi fisik, start berpangkal kelajuan, tenaga lompatan, dan keterampilan; 2) Faktor teknik anju-awalan, mulai berasal fase persiapan, hijrah (berkepanjangan), dan pendaratan.

Teknik Olahraga Lompat Jauh


1. Teknik Awalan

Kerumahtanggaan teknik awalan, gerakan peserta lompat jauh harus dilakukan dengan lari secepat siapa kendati boleh memperoleh kecepatan maksimal sebelum balasannya mengamalkan tolakan. Selain itu, teknik persiapan ini juga boleh dinilai sebagai suatu tindakan cak bagi mendapatkan kecepatan horizontal secara maksimal yang kemudian diubah menjadi kelancaran vertikal ketika melakukan tolakan.

Teknik awalan ini harus dilakukan dengan berlari secepat bisa jadi dari jarak kira-nyana 40-45 meter lega sebuah penyeberangan lari, kemudian barulah pelajar mengerjakan tolakan dengan menggunakan kedua kakinya. Hal-hal nan harus diperhatikan ketika melakukan teknik awalan n domestik silang atletik lompat jauh, yakni sebagai berikut:

  • Jarak persiapan privat simpang atletik lompat jauh bergantung pada kemampuan peserta. Lakukan peserta cabang atletik lompat jauh nan hendak melompat dengan langkah ringkas, lakukan dengan jarak kurang lebih 30-25 meter atau dapat kurang berusul itu. Darurat itu, buat siswa cabang atletik loncat jauh yang hendak meloncat dengan persiapan jauh, dapat melakukannya dengan jarak tekor lebih 30-45 meter atau bertambah dari itu.
  • Posisi ketika mengirik di titik awalan yakni kaki harus sejajar atau bisa juga dengan salah satu kaki berada di depan, bergantung bagaimana posisi yang menguntungkan bagi peserta.
  • Cara pengutipan awalan dalam cagak atletik lompat jauh ini boleh dimulai secara perlahan-persil kemudian cepat (sprint). Kecepatan tersebut harus dipertahankan setakat sesaat sebelum melakukan tolakan.
  • Sesudah menyentuh kecepatan maksimal, sekitar 3-4 langkah buncit bertumpu (take-off), kampanye tungkai dilepas secara serempak minus mengurangi kecepatan yang sebelumnya dicapai. Pada langkah terakhir tersebut, petatar harus berkonsentrasi dan fokus untuk melakukan tolakan di papan atau balok tumpu yang sudah lalu disediakan.

2. Teknik Menumpu/ Tolakan

Teknik ini diyakini menjadi aksi paling berharga intern cabang atletik lompat jauh karena sangat menentukan hasil lompatan nan sempurna. Intern teknik ini, peserta akan melakukan tolakan puas sebuah papan atau balok sandar menggunakan kaki terkuat dengan mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal.

Detik melakukan tumpuan, posisi raga pelajar tidak dapat terlalu menjurus. Pijakan yang dilakukan lagi harus awet, cepat, dan selaras. Keadilan jasad peserta kerumahtanggaan melakukan tolakan sekali lagi dipertimbangkan supaya bukan goyah. Berikut adalah hal-kejadian yang harus diperhatikan privat mengerjakan teknik mendekati/tolakan, yakni:

  • Tolakan kerumahtanggaan loncat jauh harus dilakukan dengan kaki yang minimum terkuat (setiap cucu adam berlainan-beda).
  • Bagian telapak kaki yang terkuat lakukan bertumpu biasanya terwalak di bagian tumit, maka disarankan untuk menggunakan tumit terlebih terlampau buat melakukan pijakan dan diakhiri di adegan ujung suku.
  • Sesat sebelum mengamalkan sandar, usahakan badan condong ke belakang.
  • Sebaiknya bertumpu di papan tumpu dengan tepat.
  • Kedua lengan harus ikut diayunkan ke depan dan atas ketika bertumpu.
  • Ayunkan kaki dan tangan ke depan setinggi pinggul dengan posisi lutut ditekuk.

3. Teknik Melayang

Kerumahtanggaan teknik ini, gerakannya harus dilakukan setelah meninggalkan balok tumpuan. Saat melakukan teknik gerakan melayang ini, badan peserta harus tetap terasuh keseimbangannya. Ayunan kedua tangan lagi bisa kontributif peserta untuk menjaga keseimbangan raga mereka.

4. Teknik Mendarat

Teknik mendarat ini harus dilakukan peserta seelok bisa jadi. Jangan sampai badan atau lengan mereka justru jebluk ke jihat belakang, itu selevel saja dengan tikai. Pendaratan pada bak lompat dimulai dengan posisi kedua tumit dan kaki dalam posisi menempel. Propaganda-gerakan ketika pendaratan juga harus dilakukan dengan kedua suku.

Hal yang harus diperhatikan dalam teknik mendarat ini yaitu kedua kaki yang digunakan bagi mendarat harus dilakukan secara bersamaan, diikuti dengan dorongan bokong ke arah depan. Kok ketika melakukan teknik pendaratan, jasmani siswa harus berorientasi ke arah depan? Sebab apabila bodi peserta cenderung drop ke sebelah pantat, lebih-lebih akan berakibat fatal bagi peserta cabang atletik lompat jauh ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loncat Jauh

  1. Kederasan (speed), yaitu kemampuan cak bagi menularkan sebagian atau keseluruhan tubuh tiba bermula sikap langkah hingga pendaratan; ataupun kembali momen bertumpu pada papan atau balok tumpu. Kecepatan tersebut biasanya dipengaruhi oleh kekuatan dan fleksibilitas peserta.
  2. Kekuatan (strength), merupakan jumlah tenaga yang dihasilkan maka dari itu otot tubuh petatar sehingga dapat melakukan lompatan secara maksimal.
  3. Daya ledak, merupakan kemampuan urat bodi dalam melakukan tolakan dan berlarat-larat di gegana detik pembebasan berpunca balok sandar.
  4. Keseimbangan, merupakan kemampuan cak bagi mempertahankan tubuh privat posisi tertentu secara bermoral, berangkat dari teknik awalan mengerjakan lompatan setakat teknik mendarat.
  5. Kegesitan, merupakan kemampuan buat mengerjakan suatu gerak motorik secara tepat dan ter-hormat.
  6. Koordinasi, yakni kejadian yang harus dimiliki oleh peserta cagak gerak badan lompat jauh untuk dapat melaraskan gerakan tubuhnya sesuai dengan kebutuhan.

Peristiwa-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Lompat Jauh

  1. Jagalah kecepatan lari setakat saat bertolak di papan tolakan.
  2. Capailah dorongan yang cepat dan dinamis dari balok tumpu.
  3. Silih posisi badan ketika lari. Hal tersebut bertujuan bikin hingga ke posisi badan yang bersimbah momen berlari.
  4. Gunakan ayunan lengan dengan baik dan benar.
  5. Usahakan bagi takhlik gerakan nan baik.
  6. Supaya gerakan intiha lebih kuat, ia dapat menggunakan siasat tolakan nan bertambah besar.
  7. Berlatihlah terutama pada gerakan mendarat.
  8. Kuasai gerakan nan etis tiba dari gerakan tangan dan kaki, baik privat posisi membengkokkan ataupun meluruskannya.

Seorang atlet simpang atletik lompat jauh dapat dinyatakan gagal detik melakukan suatu lonjak, apabila mereka berbuat hal-hal berikut:

  1. Ketika teknik bertumpu, peserta mencecah tanah setelah garis tenggat tumpuan dengan menggunakan penggalan fisik manapun, baik saat nocat maupun berlari.
  2. Bertumpu dari luar ujung balok tumpuan, baik di jarak sebelum alias pada ekstensi garis batas tumpuan.
  3. Mencecah lahan yang berada di antara garis tumpuan dan tempat pendaratan.
  4. Melakukan kampanye lain semacam salto ketika berbuat teknik anju dan teknik lonjak.
  5. Ketika mengerjakan teknik mendarat, siswa malah menyentuh persil di luar tempat pendaratan dan kian dempang ke garis tumpuan daripada bekas terdekat di ramal.
  6. Peserta ataupun atlet cabang atletik lompat jauh enggak hadir ke dalam arena selepas 2 menit pemanggilan.

Rencana Tempat dalam Lompat Jauh

Rencana pelan cabang atletik loncat jauh tentu namun berbeda dengan rang lapangan simpang atletik basket ataupun voli. Yang harus ada dalam sebuah tanah lapang lompat jauh merupakan lintasan lari, tiang tolakan, bak lompat, dan wadah pendaratan.

Dalam lapangan cabang atletik lompat jauh ini, jarak antara pelintasan lari dengan papan tolakan umumnya berukuran 40-45 meter, dengan rata gigi pelintasan selingkung 1,22 meter. Sementara itu, papan tolakannya memiliki panjang kira-sangka 1,22 meter dan lebar 20 cm dengan ketebalan seputar 10 cm. Di antara papan lompatan dengan dengan bak lompat, terhadap jarak sepanjang 1 meter.

Dulu, bak lompat memiliki panjang sekitar 9 meter dengan bogok 2,95 meter. Kerjakan bekas pendaratan, mempunyai jarak paling invalid adalah 2,75 meter antara garis tolakan sebatas akhir tempat tolakan. Tempat pendaratan rata-rata diisi dengan ramal yang lumat dan permukaan pasir harus sama tinggi ataupun ki boyak dengan sisi atas kusen tolakan.

Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Olahraga Lompat Jauh

Apakah
Grameds
perpautan memainkan permainan tradisional yang menggunakan gerakan radiks melompat, misalnya loncat engklek dan lompat tali, terutama detik masih kecil? Permainan tradisional tersebut adalah bagian dari budaya Indonesia yang diturunkan oleh nenek moyang sebab puas zaman dahulu, permainan tradisional menjadi sarana hiburan khususnya para anak asuh-anak.

Setakat saat ini, permainan tradisional masih dilestarikan terutama oleh para momongan-anak di pedesaan. Kejadian tersebut sampai-sampai menjadi langkah yang tepat daripada momongan-anak harus dihadapkan pada gadget dan berat ekor mengamalkan aktivitas fisik. Tanpa disadari, ternyata aktivitas permainan tradisional tersebut dapat berpengaruh pada kemampuan fisik
lho
terutama momen melakukan latihan jasmani lompat jauh ini.

Berdasarkan pengkajian yang dilakukan oleh Gumilar Dwi Wardani dan Agus Mahendra dengan judul
“Perbandingan Dominasi Aktivitas Loncat Engklek dengan Aktivitas Lompat Lembar Terhadap Kemampuan Lompat Jauh”

menunjukkan bahwa dua permainan tradisional tersebut memberikan pengaturan kian pada kemampuan lompat jauh, terutama lega anak-momongan.

Pemberian alternatif penelaahan yang riil permainan tradisional loncat tali dan lompat tali ternyata patut membantu serta berpengaruh plong upaya kenaikan kemampuan lompat jauh. Disebut alternatif sebab tidak semua sekolah mempunyai ki alat patut bakal melakukan pendedahan lompat jauh, sehingga supaya anak-anak tetap dapat meningkatkan kemampuan gerakan melompatnya, maka dilakukanlah dengan permainan tradisional tersebut. Enggak hanya itu saja, ternyata pelaksanaan dua permainan tradisional juga dapat merangsang dan menguatkan kepentingan urat suku
lho.

Ketika main-main lompat tali, kodrati motorik berangasan anak akan terstimulasi sehingga secara bodi menjadikannya lebih terampil karena dirinya sparing mengenai bagaimana cara dan teknik melompat dengan keterampilannya sendiri. Apabila keadaan tersebut dilatih secara tekun, maka momongan boleh tumbuh menjadi cekatan, tangkas, dan dinamis. Permainan tradisional loncat sutra pula timbrung berpengaruh plong kondisi awak, terutama membuat bagian suku dan pinggul menjadi lebih kuat.

Padalah, itulah ulasan mengenai bagaimana cara mendarat yang moralistis pada olahraga lompat jauh. Cabang olahraga ini biarpun kelihatan mudah ternyata memiliki beragam teknik yang bukan sembarang hamba allah boleh melakukannya apabila tidak dilatih secara telaten. Apakah
Grameds
berminat mempelajari olahraga ini? Jika iya, tidak cak semau pembukaan tersisa cak kenapa bakal mempelajari sesuatu hal.

Rekomendasi Sendi & Artikel Tersapu

Sumur:

Wardani, Gumilar Dwi dan Agus Mahendra. (2017). Nisbah Pengaruh Aktivitas Lompat Engklek dengan Aktivitas Lompat tali Terhadap Kemampuan Lompat Jauh.
Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, Vol 1(1).

Baca Juga!

  • Teknik-Teknik Internal Loncat Jauh
  • Manfaat Lompat Jauh Bagi Kesehatan Mental dan Fisik
  • Pengertian dan Macam-macam Olahraga Atletik
  • Perbedaan Jalan dan Lari Berpunca Berbagai Sisi
  • Apa Itu Keseimbangan Statis?
  • Sejarah dan Teknik Sumber akar Olahraga Tenis meja
  • Pengertian Senam Ritmik
  • Peraturan Dalam Gerak badan Bola Voli
  • Sejarah Penemuan Permainan Bola Voli
  • Pengertian Lari Estafet
  • 15 Kemustajaban Sit-Up, Apa Belaka?
  • Manfaat Lari Jarak Pendek

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital kontemporer yang memimpin konsep B2B. Kami hadir untuk melajukan internal mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami menghampari sekolah, universitas, korporat, hingga wadah ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan pusat berpunca penerbit berkualitas
  • Kemudahan n domestik mengakses dan mengontrol bibliotek Anda
  • Tersedia internal platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard bakal melihat laporan analisis
  • Deklarasi statistik transendental
  • Aplikasi lega hati, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/cara-mendarat-lompat-jauh/