Cara Mencegah Agar Tidak Tertular Sakit Mata

Nyeri indra penglihatan merambat lain hanya menimbulkan rasa lain nyaman, tetapi sekali lagi bisa menghambat aktivitas akibat penglihatan terganggu. Penyembuhan kerjakan sakit mata menular perlu diberikan sesuai tipe dan penyebabnya. Jika enggak, terapi kaprikornus lain efektif, apalagi sakit indra penglihatan menular bisa bertambah parah.

Gempa bumi mata menular biasanya disebabkan maka dari itu infeksi virus alias bakteri. Penyakit ini dapat kecam episode indra penglihatan mana pula, termasuk kornea dan konjungtiva, yaitu gendang-gendang nan melapisi parasan bola mata dan kelopak mata bagian privat.

Ketahui Seputar Jenis, Pengobatan, dan Pencegahan Sakit Mata Menular - Alodokter

Gejala dan Cara Penularan Linu Mata Menular

Berikut ini adalah bilang gejala guncangan mata meluas yang dapat Anda alami:

  • Mata ahmar dan nyonyor
  • Mata terasa sakit, menggelinyau, dan berair
  • Netra terasa seperti mana berpasir
  • Sensitif terhadap panah
  • Unjuk benjolan kecil di pelupuk mata maupun di dekat rambut ain
  • Penglihatan terganggu atau rukyah kabur
  • Pelupuk mata terasa nyeri saat disentuh

Penularan puas kondisi sakit mata meluas dapat terjadi melalui beberapa cara, antara lain:

  • Melakukan perikatan fisik dengan penderita lindu alat penglihatan merebak atau besentuhan langsung dengan tetesan rebuk atau air mata penderita
  • Menyentuh benda nan terkontaminasi virus alias bakteri lalu menyentuh netra
  • Berdekatan dengan penderita sakit ain menular
  • Berbagi penggunaan benda pribadi dengan penderita linu mata meluas, seperti handuk, surai ain palsu, kosmetik, atau tesmak

5 Variasi Gempa bumi Mata Menular

Sakit indra penglihatan menular terdiri atas sejumlah tipe, antara lain:

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis dapat disebabkan oleh bineka hal, namun diversifikasi konjungtivitis yang berperangai menular tetapi nan disebabkan oleh infeksi, baik virus atau bakteri. Kondisi ini dapat menimbulkan heterogen gejala, sama dengan ain merah, bengkak, dan berair, serta terasa gatal dan guncangan.

Konjungtivitis akibat infeksi virus biasanya membuat mata banyak mengeluarkan cairan bening. Tentatif itu, jika disebabkan makanya bakteri, kondisi ini menciptakan menjadikan ain penderitanya banyak membedakan enceran berwarna kuning atau kehijauan nan lengket dan berkerak (belekan).

2. Keratokonjungtivitis viral

Keratokonjungtivitis viral atau
epidemic keratoconjunctivitis
(EKC) ialah ngilu mata rembet nan membentuk kornea dan konjungtiva alat penglihatan terinfeksi. Penyakit mata ini disebabkan oleh infeksi adenovirus.

Saat rantus penyakit mata nan sangat mudah menular ini, Kamu dapat mengalami gejala ain merah dan nyonyor, berair, terasa galak dan nyeri, mudah silau, serta tampak saduran berwarna putih keabu-abuan sreg mata.

3. Keratitis

Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata. Keratitis yang merambat dapat disebabkan maka itu virus herpes simplex ataupun herpes zoster, mikroba, jamur, dan benalu. Padahal keratitis yang tidak menular bisa disebabkan maka dari itu cedera indra penglihatan, misalnya akibat terguyur zat kimia atau penggunaan suryakanta kontak yang berlebih lama.

4. Trakoma

Trakoma yakni ngilu mata merambat yang disebabkan oleh infeksi bibit penyakit
Chlamydia trachomatis. Pada awalnya, trakoma menyebabkan gatal ringan dan iritasi sreg netra dan kelopak mata. Pelupuk indra penglihatan kemudian akan membengkak dan keluar nanah dari indra penglihatan. Jika tidak diobati, trakoma dapat menyebabkan kebutaan.

5. Endoftalmitis

Endoftalmitis adalah peradangan pada fragmen dalam indra penglihatan dan jaringan di sekitar bola mata. Endoftalmitis dapat muncul setelah persuasi alat penglihatan atau akibat kondisi lain, seperti cedera pada netra dan mata kemasukan benda asing yang kotor.

Sakit indra penglihatan menular ini bisa membuat mata mengalami pembengkakan, tampak merah, sangat guncangan, mudah terhibur, dan bahkan bernanah.

Endoftalmitis merupakan sakit alat penglihatan menular yang berbahaya dan terbiasa segera ditangani maka dari itu sinse. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berupa abses plong mata, meningitis, dan kebutaan permanen.

Prinsip Mengobati dan Mencegah Sakit Mata Menular

Penanganan sakit mata menjalar terbiasa disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab pasti sakit mata menular yang Anda rasakan, Anda perlu menjalani sensor ke sinse spesialis mata.

Kerjakan memulihkan sakit indra penglihatan menjalar, penangananan nan dapat dilakukan antara lain berupa:

Penggunaan obat-obatan

Untuk memecahkan sakit mata meluas nan disebabkan oleh mikroba, dokter dapat meresepkan obat antibiotik dalam bentuk tablet alias kapsul untuk diminum, serta salep atau pelelang tetes mata.

Sedangkan sakit indra penglihatan menular yang disebabkan oleh virus bisa diobati dengan pelelang antivirus. Namun, sakit mata menular akibat infeksi virus ada pun yang enggak membutuhkan penanganan istimewa.

Bagi meredakan keluhan pada mata, seperti nyeri dan mata merah, dokter bisa memberikan remedi tetes mata faktual air netra imitasi dan penawar pereda linu golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Pengobatan secara mandiri di rumah

Selain menggunakan remedi dari dukun, ada beberapa konservasi di rumah yang dapat Anda lakukan bakal meredakan gejala gempa bumi mata rembet, yaitu:

  • Membersihkan kelopak ain dengan cemping basah
  • Mengompres netra dengan kain nan mutakadim direndam air dingin untuk meredakan bengkak
  • Mengompres mata dengan reja yang direndam air suam untuk meredakan rasa lindu dan membantu membeningkan mata yang belekan
  • Bukan memperalat suryakanta asosiasi bagi sementara waktu
  • Tidak banyak menjejak alias mencabau mata

Persuasi mata

Jika gejala tak ronda reda dengan pelelang dan preservasi di rumah, dokter kali akan menyarankan operasi mata. Penanganan ini biasanya dilakukan bakal mengatasi remai netra meluas nan sudah lalu parah, misalnya puas trakoma dan endoftalmitis.

Langkah Penangkalan Sakit Mata Menular

Sepatutnya terhindar bersumber gempa bumi mata menular, Anda dapat berbuat sejumlah langkah penangkalan berikut ini:

  • Cuci tangan dengan air dan sabun batangan selama 20 momen, terutama sesudah melakukan kontak dengan penjamin sakit mata menjangkit.
  • Hindari mencapai wajah, terutama penggalan mata, hidung dan ucapan.
  • Bersihkan cairan yang keluar dari indra penglihatan dengan tisu bersih, lalu segera campakkan tisu ke palagan sampah.
  • Cuci sprei, sarung bantal dan guling, serta handuk dengan deterjen dan air hangat secara rutin.
  • Gunakan suryakanta perpautan dengan baik dan benar.
  • Hindari berbagi pemanfaatan obat tetes mata, lensa kontak, tesmak, handuk, dan kosmetik dengan orang lain, terutama orang yang sedang sakit mata.

Jika linu mata menular nan Anda alami enggak kunjung sembuh atau sampai-sampai semakin parah, sebaiknya taajul periksakan ke mantri untuk mendapatkan penanganan nan tepat. Keadaan ini terdepan dilakukan cak bagi mencegah terjadinya kerusakan mata permanen dan penularan ke orang lain.

Source: https://www.alodokter.com/obat-sakit-mata-menular-dan-pencegahannya#:~:text=Langkah%20Pencegahan%20Sakit%20Mata%20Menular&text=Hindari%20menyentuh%20wajah%2C%20terutama%20bagian,dan%20air%20hangat%20secara%20rutin.