Cara Mencari Median Dan Modus


Unduh PDF


Unduh PDF

Mean, median, dan modus merupakan nilai-nilai yang absah digunakan internal statistika dasar dan matematika sehari-hari. Meskipun Engkau bisa mencari nilai masing-masing dengan mudah, angka-nilai ini sangat mudah lakukan tertukar. Bacalah cara mencari nilai masing-masing ini n domestik suatu kompilasi data.

  1. 1

    Jumlahkan semua skor internal data.
    Misalkan datanya merupakan 2, 3, dan 4. Jumlahkan: 2 + 3 + 4 = 9.

  2. 2

    Hitunglah besaran ponten n domestik data.
    Dalam soal ini, Anda menyelesaikan 3 angka.

  3. 3

    Bagilah hasil penjumlahan angka dengan jumlah angka.
    Sekarang, bagilah hasil penjumlahannya, 9 dengan kuantitas data, 3. 9/3 = 3. Mean atau rata-rata seluruh kumpulan data adalah 3. Pulang ingatan bahwa Beliau bukan akan selalu mendapatkan hasil yang buntak.

    Iklan

  1. 1

    Urutkan semua angka dalam data pecah yang terkecil sampai yang terbesar.
    Misalkan, data Anda adalah: 4, 2, 8, 1, 15. Urutkan angka-angka ini dari yang terkecil hingga yang terbesar, menjadi: 1, 2, 4, 8, 15.

  2. 2

    Temukan nilai tengah dari data tersebut.
    Angka nan Dia dapatkan tergantung jumlah data yang genap atau ganjil. Berikut kejadian-hal nan perlu Anda lakukan n domestik kedua peristiwa:

    • Jika jumlahnya ganjil, silanglah angka paling kiri, kemudian angka minimum kanan, dan ulangi. Kalau terlambat satu nilai, maka itulah median Anda. Jika kamu memiliki data 4, 7, 8, 11, dan 21, maka 8 adalah median Anda karena ialah angka perdua data.
    • Jika jumlahnya genap, silangkan skor di kanan dan kirinya, dan Ia akan mempunyai dua angka primitif di tengah. Jumlahkan keduanya dan bagilah dengan dua untuk mencari biji mediannya (Sekiranya kedua angka di paruh ekuivalen, maka skor tersebut yaitu median Anda). Jika Anda punya data 1, 2, 5, 3, 7, dan 10, maka dua nilai paruh Anda adalah 5 dan 3. Jumlahkan 5 dan 3 menjadi 8, kemudian bagilah dengan 2 sehingga mediannya adalah 4.

    Iklan

  1. 1

    Tuliskan semua angka dalam data.
    Dalam tanya ini, Anda punya data 2, 4, 5, 5, 4, dan 5. Mengurutkannya dari yang terkecil sampai yang terbesar akan mendukung Anda.

  2. 2

    Carilah angka yang minimum banyak muncul.
    Pikirkan:
    Modus merupakan nan minimal banyak muncul. Intern soal ini, poin 5 muncul paling banyak sehingga merupakan modusnya. Takdirnya cak semau dua angka yang paling banyak muncul, maka kumpulan data tersebut disebut
    bimodal, dan kalau ada lebih dari 2 angka yang paling banyak unjuk, maka pusparagam data tersebut disebut
    multi-modal.

    Iklan

  • Mengurutkan ponten dari nan terkecil sebatas yang terbesar dapat membantu Anda mencari nilai median dan modus.

Iklan

Mengenai wikiHow ini

Halaman ini mutakadim diakses sebanyak 2.208.202 kali.

Apakah artikel ini kondusif Engkau?

Source: https://id.wikihow.com/Mencari-Nilai-Mean,-Median,-dan-Modus

Posted by: gamadelic.com