Buah Dragon

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini semenjak dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Kidul namun sekarang pun dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini sekali lagi dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar sreg malam hari.

Cara-Menanam-Buah-Naga-Dalam-Pot



Pengertian Tumbuhan Buah Naga

  • Akar tunggang Biji kemaluan Dragon

Akar susu
biji kemaluan naga tidak memiliki akar khas, tanaman
ini
doang n kepunyaan akar serabut yang tumbuh dan berkembang secara mendatar (horizontal) didalam persil sreg kedalaman sekitar 30 – 40 cm atau lebih. Selain itu, tumbuhanbiji kemaluan naga juga memiliki akar gantung yang tumbuh lega bagian atas.


Akar tunjang serabutnya berfungsi menyerap unsur-unsur hara bermula dalam kapling. Sedangkan akar gantungnya berfungsi sebagai penopang berdirinya tanaman pada panjatannya dan berfungsi laksana penyerapan air dan mineral dari tanaman/tiang nan dipanjatnya.


  • Batang Biji zakar Naga

Batang
biji kemaluan naga berbentuk segitiga sama, memiliki duri-duri ringkas (tidak drastis) tak terlalu mencolok puas setiap ruas bangkai (bertunas disepanjang batang dibagian punggung radai di sudut batang). Seluruh batangnya menjulur panjang sebagai halnya dragon. Duri-durinya bercat hitam.


Karena durinya sangat pendek, tidak ekstrem, dan enggak tajam, maka pokok kayu ini cak acap disebut laksana ‘kaktus tidak berduri’. Dibagian duri tersebut sebagai tampat munculnya atau tumbuhnya buah dan bunga. Batang tumbuhan biji pelir naga berwarna hijau dan berkarakter panjang hati. Jenazah pokok kayu juga berfungsi perumpamaan daun.


  • Anakan Buah Ular besar

Bunga
buah hantu bumi berbentuk seperti mana terompet, mahkota anakan bagian luar bercelup krem dan mahkota bunga bagian dalam berwarna putih safi sehingga pada ketika bunga mekar tampak mahkota bunga berwarna krem bercampur ceria. Bunga memiliki sepasang benangsari yang bercat asfar. Bunga buah naga termasuk rente hermaprodit, ialah dalam satu bunga terletak benangsari dan bakal buah.


Anak uang muncul disepanjang batang dibagian bekas kaki kepet nan berkerangka. Sehingga dengan demikian, pada satu ruas jenazah tumbuh bunga yang berjumlah banyak dan tangkai bunga yang sangat sumir. Bunga biji zakar akan mekar takdirnya kuncup rente jenjang sudah mencapai sekitar 30 cm dan mekarnya mulai tunggang perian.


Mahkota bunga bagian luar nan bercelup krem akan mekar malah lalu sreg lilin lebah waktu sekitar jam 21.00, kemudian disusul mekarnya mahkota anak uang bagian internal yang bercelup putih bersih dengan sutra esensi yang bercelup kuning.


Selanjutnya anak uang akan mekar penuh sreg tengah malam dan akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Bebauan yang sangat harum ini akan menyebar ke seluruh penjuru terbawa kilangangin kincir malam untuk menganjur kelelawar hendaknya kelelawar tersebut membantu menyerbuki anakan tersebut.


  • Buah Hantu bumi

Buah biji zakar naga berbentuk bundar panjang dan umumnya terwalak mendekati ujung simpang maupun batang. Pada cabang atau jenazah biasanya bertaruk lebih berusul suatu dan kadang berdekatan. Kulit buah deras sekitar 1 – 2 cm dan plong permukaan buah terdapat sirip ataupun rumbai-rumbai berformat sekitar 2 cm. Biji pelir sebagai halnya berri dan berbentuk bulat bulat panjang dengan sari salut pada kulit biji kemaluan berbentuk seperti ‘sisik naga’.


Kulit mudah dikupas serta mengeluarkan enceran yang warnanya terpatok pada tangan. Isinya (daging biji pelir) berwarna putih maupun merah, berair, dan rasanya abnormal manis, manis, atau manis sedikit masam. Kebanyakan sukar biji zakar antara 250 – 600 gram bergantung pada keberagaman dan juga tahap pemeliharaan pokok kayu. Presentase (%) sukrosa dalam buah antara 17 – 21 % untuk buah yang masak.


  • Nilai Buah Ular besar

Angkabuah dragonberbentuk bulat berdimensi kecil dan tipis tetapi sangat keras. Kredit dapat digunakan untuk pergandaan generatif, namun cara ini berat dilakukan karena memerlukan perian yang lama cak bagi berproduksi. Biasanya pembiakan dengan biji dilakukan oleh para peneliti bagi membentangkan varietas hijau. Nilai berwarna hitam dan halus. Endosperma sedikit atau bahkan tak ada.

Cara-Menanam-Buah-Naga


Jenis Biji kemaluan Naga

Menurut Santoso (2008), jenis-jenisbiji zakar ular besar yang sering dibudidayakan di Indonesia antara lain :



  • Hylocereus undatus (Ahmar Putih)

Jenis ini paling jamak dan banyak ditanam di Indonesia. Kulit buahnya merah dan daging buahnya masif. Ganjaran kemanisannya tergolong lebih rendah berpokok pada jenis
bauh ular besar nan tidak. Beratnya mencapai 400-700 gram tiap-tiap buah.


  • Hylocereus polyrhizus (Merah Keunguan)

Alat peraba buahnya merah dan daging buah abang keunguan. Rasanya bertambah manis berbunga plong H. undatus , doang beratnya maksimal hanya sampai ke 400 gram tiap-tiap buah.


  • Hylocereus costaricensis (Seper Merah)

Sepintas mirip H. polyrhizus sahaja warna daging buahnya merah mencolok dan rasanya sedikit lebih manis.


  • Selenicereus megalanthus (Kuning)

Keberagaman ini paling farik. Kulit buahnya kuning. Buahnya kecil, bobotnya semata-mata 80-100 gram per buah. Namun, rasanya makin manis dibanding dengan ketiga buah naga lainnya. Jenis ini biasanya ditanam di wilayah hambar, pada ketinggian lebih terbit 800 mdpl.



Syarat Bertunas Buah Naga

  1. Sinar Matahari ( sekitar 70 – 80 % )
  2. Siram Hujan ( sekitar 60 mm/bulan )
  3. Ditanam didaratan terbatas antara 0 – 350 mdpl
  4. Suhu mega ideal ( sekitar 26° – 36º c) & ( kelembaban 70 – 90% )
  5. Tanah harus beraerasi dangan baik dengan derajat keasaman pH 6,5 – 7

Tumbuhan biji zakar naga tertulis pokok kayu tropis yang mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan bertunas dan perubahan cuaca, sebagai halnya cuaca rawi dan guyur hujan angin. Guyur hujan angin yang ideal bagi pertumbuhan buah naga adalah sekitar 60 mm/bulan atau 720 mm/tahun. Pada curah hujan 600 – 1.300 mm/tahun tanaman ini lagi masih dapat tumbuh. Tanaman ini tidak tahan dengan genangan air.


Hujan angin yang terlalu baplang dan berkepanjangan bisa menyebabkan kehancuran tanaman terutama pembusukan akar dan rembet sebatas pangkal batang. Ketekunan cuaca matahari yang dibutuhkan yaitu sekitar 70 – 80 %, oleh karena itulah bertambah baik tanaman ini ditanam dilahan tanpa naungan dan perputaran mega yang baik.


Tanaman buah naga lebih baik pertumbuhannya bila ditanam didaratan rendah antara 0 – 350 mdpl. Hawa udara yang ideal adalah seputar 26 – 36 0 celcius dan kelembaban 70 – 90 %. Persil harus beraerasi dangan baik dengan derajat keasaman pH 6,5 – 7. Agar tanaman buah naga dapat tumbuh dengan baik dan maksimal, media tumbuhnya harus kaya dan mengandung objek organik yang patut dengan kas dapur kalsium yang tinggi. Drainase harus berjalan baik dan bersifat porous, karena tumbuhan ini tidak resistan paluh air.



Baca Artikel Lainnya :12 Cara Budidaya Jambu Madu Abang Dengan Mudah Dan Perawatannya


Album Singkat Akan halnya Biji pelir Dragon

Pada tahun 1870 pokok kayu ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam andai tanaman hias. Oleh insan Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Maka dari itu sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas bidang datar altar. Corak merah buah kelihatan mencolok di antara dandan ular besar-ular besar yang plonco.


Bermula kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal bak thang loy (buah ular besar). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara enggak nan berajar Inggris perumpamaan ular besar fruit (buah dragon).


Penanaman Biji pelir Ular besar

  • Buah naga ditanam dengan mandu stek atau penyemaian biji
  • Media tanam porous (tidak becek)
  • Kaya akan unsur hara
  • Berpasir
  • Pas sinar matahari ( bersuhu antara 38-40 °C )
  • daearah dengan ketinggian di 0–1200 m dpl

Sreg kebanyakan, biji zakar naga ditanam dengan pendirian stek ataupun penyemaian biji. Tanaman akan bersemi subur seandainya wahana tanam porous (enggak becek), berbenda akan elemen hara, berpasir, cukup seri matahari dan bersuhu antara 38-40 °C. Jika pemeliharaan pas baik, pohon akan berputik puas umur 11-17 wulan. Biji kemaluan naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daearah dengan ketinggian di 0–1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan cerah matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan biji pelir ular besar merah.


Prinsip Menanam Buah Naga Dalam Jambang

  1. Pembibitan/Pemilihan Bibit : Bibit di perbanyakan secara vegetatif, bercelup hijau gelap kelabu, matra contoh 20 – 30 cm
  2. Ancang Pot Dan Media Tanam : Pot nan dipilih seharusnya terbuat dari tanah liat dengan diameter 40-50 cm
  3. Proses Penghutanan Buah Naga : Mengisi pot dengan campuran wahana tanam hingga 80 % dari debit pot
  4. Perawatan Biji pelir Naga : penyulaman, pemupukan, tali air, penyiraman tanaman dikurangi, pengairan tanaman dihentikan
  5. Pemangkasan : Faktor minimum terdepan yang menentukan keberhasilan pembenihan tabulampot buah naga adalah pemangkasan
  6. Hama Keburukan Pada Biji pelir Baga : Repotting tabulampot buah hantu bumi bisa dilakukan setelah tanaman berumur 3 waktu
  7. Rusak Dasar Batang Sreg Buah Naga : Kebobrokan ini keluih rata-rata disebabkan makanya kelembaban tanah yang tinggi
  8. Panen Buah Ular besar : Tabulampot biji pelir naga biasanya akan berangkat berpangkal sreg hayat sekitar 6 bulan

Anju-anju dalam penanaman larangan lampot buah naga meliputi sebagai berikut:


Pembibitan/Pemilihan Bibit

  1. Bibit di multiplikasi secara vegetatif ( setek mayit atau cagak )
  2. Berwarna mentah gelap kelabu
  3. Format konseptual 20 – 30 cm

Esensi diambil dari perkalian tanaman secara vegetatif yakni dengan setek mayit ataupun simpang. Buntang maupun simpang yang digunakan harus internal kondisi sehat, tua, dan sudah berhasil 3- 4 kali, bercelup plonco gelap kelabu, dengan ukuran ideal 20 – 30 cm. Dengan ukuran tersebut recup yang tumbuh akan cepat membesar dan sesuai untuk jenazah radiks bila ditanam lakukan produksi.


Apabila setek konsentrat diambil berbunga batang remaja dan belum berbuah maupun setek susulan akan mengakibatkan konsentrat berwatak lunak seolah memiliki kadar air tinggi dan akan mempengaruhi umur produksi. Setek dari tanaman indung yang sudah lalu dipotong kemudian diangin-anginkan sebatas getah mengering kendati tak mudah busuk. Sehabis dikeringanginkan, bagian radiks jenazah dicelupkan dalam larutan zat perangsang tumbuh seperti misalnya Rootone F.


Persiapan Pot Dan Media Tanam

Pot yang dipilih sebaiknya terbuat bersumber tanah liat dengan diameter 40-50 cm. Namun, bisa lagi menggunakan pot plastik. Pot dipilih nan fragmen bawahnya bertembuk dan n kepunyaan kaki-suku atau penyangga. Andai alat angkut tanam, digunakan sintesis lahan, pasir, bubuk batu merah, serabut kandang, dan humus ( 1 : 2 : 2 : 3 : 1 ). Selain itu, diperlukan kembali dolomit dan Pupuk NPK Mutu sebagai campuran media tanam. Kerjakan satu jambang matra diatas diperlukan 100 gram dolomite dan 20 gram Pupuk Kimia (sesuai adat/anjuran pabrik).


  • Pembuatan Tiang Naik

Gawang panjat digunakan untuk menegakkan buntang tanaman yang tumbuh menjulur. Berikut  cara pembuatan gawang naik :

  1. Menyiapkan besi beton berdiameter 8-10 cm dengan tinggi 200 cm. Taris seluruh permukaannya dengan sabut kelambir yang diikat dengan lawai.
  2. Membuat palang cagak (panjang palang ± 35 cm) nan terbuat dari balok gawang yang kuat (karenatanaman biji pelir hantu bumi memiliki usia yang nisbi lama, sehingga nantinya dapat bersiteguh lama lakukan menopang tanaman buah naga)
  3. Membuat lingkaran dari dawai dengan menghubungkan ujung-ujung bermula balok kayu yang telah dibuat palang silang sehingga terdidik seperti setir oto nan nantinya digunakan sebagai penopang menjulurnya tumbuhan.
  4. Memperumahkan penopang tersebut secara mengufuk pada ujung tiang panjat dengan mencantumkan pertemuan jari-jari plong tiang mendaki.
  5. Menjatah kaki-kaki berbentuk trapesium dengan ukuran 30 x 35 cm pada bagian bawah, lalu pulas dengan aspal agar tidak mudah keropos.
  6. Selanjutnya, mengegolkan tiang panjat tersebut tepat ke tengah-tengah vas.

Proses Penanaman Biji pelir Naga

Berikut proses penanaman buah naga intern botol :

  1. Memuati pot dengan campuran media tanam hingga 80 % dari volume vas. Menambahkan dolomit 100 gram saban pot (jika teradat) dan kawul Hortigro 20 gram per vas kemudian mengaduknya hingga homogen.
  2. Mewujudkan tiga lubang tanam dengan kedalaman 10 cm dan diameter 6 cm pada setiap pot.
  3. Mengisi setiap lubang tanam dengan bibit yang telah disiapkan. Memadatkan media tanam di setiap radiks bibit. Menyiramnya dengan air secukupnya dan jangan sampai menyalurkan pangkal mayat.
  4. Memasang papan menaiki dan mengarih bibit pada tiang tersebut mudahmudahan tak mudah merosot.
  5. Meletakkan pot dilokasi yang mendapat cahaya rawi, terutama puas pagi hari.


Baca Artikel Lainnya :


15 Cara Budidaya Kapulaga Mudah-mudahan Cepat Panen Dan Manfaatnya


Cara Preservasi Biji zakar Naga

  • Penyulaman
  • Fertilisasi
  • Irigasi
  • Penyiraman pokok kayu dikurangi
  • Irigasi tanaman dihentikan

  • Penyulaman

Dalambudidaya buah naga penyulaman sangat diperlukan agar tanaman dapat berproduksi optimal. Penyulaman dilakukan seminggu selepas pati ditanam. Penyulaman merupakan penggantian tumbuhan nan nyenyat , busuk pada radiks batang, enggak tumbuh ataupun kerusakan fisik lainnya.


  • Pemupukan

Pemupukan adv amat terdepan untuk kontributif pertumbuhan dan pembenihan tabulampot buah hantu bumi. Setiap rembulan, tanaman buah dragon diberi kawul NPK ( 16 – 16 – 16 ) sebanyak 2 sdt/tumbuhan atau 6 sdt/pot yang berisi 3 biji pelir bibit. Boleh ditambahkan juga pupuk mikro, seperti mana Metalik, dengan konsentrasi 4 ml/liter air dan volume ki bentakan 3 liter/tanaman. Pada umur 6 bulan, beri pupuk Hortigro kuning dan Hortigro power masing-masing 0,5 sdt/tanaman.


  • Pengairan

Tanaman biji kemaluan naga membutuhkan irigasi yang rutin. Sungguhpun pohon membutuhkan tanah sreg lokasi yang tandus, tetapi untuk menyempurnakan masa pertumbuhannya tetap diperlukan air cak bagi membantu proses fisiologis tanaman. Pengairan dilakukan berangkat hari ke 10 sesudah tanam atau sesuai kondisi lahan, apabila plus tandus tanah harus buru-buru disiram. Pendirusan tidak perlu bersisa banyak atau tergenang karena akan menyebabkan busuk batang.


Frekuensi pendirusan berbeda sreg tahap vegetatif dan generatif. Pada tahap vegetatif pendirusan dilakukan seminggi sekali hingga semangat 6 bulan. Bila kondisi kapling gersang atau tuarang, kekerapan penyiraman dapat dilakukan 5 – 7 hari sekali. Tentatif pada tahap generatif, frekuensi penyiraman dilakukan 10 – 14 perian sekali. Waktu terbaik untuk melakukan pendirusan merupakan pada pagi periode palu 06.00 atau tunggang hari pukul 17.00.


  • Penyiraman tanaman dikurangi

Pada saattanaman buah naga start produksi bunga dan buah, penyiraman harus dikurangi agar pertumbuhan semi baru menjadi lambat dan berhenti. Tali air pohon dihentikan bila mutakadim nampak isyarat adanya kuncup bunga. Bila ada sekitar 30 % populasi tanaman sudah bersemi kuncup maka irigasi sepan diberikan 2 pekan sekali.


  • Pengairan tanaman dihentikan

Bila biji zakar sudah lalu mengembung seukuran kepalan tangan walaupun masih hijau cacat kemerahan pada kulitnya maka irigasi dihentikan hingga buah menjadi gaek. Tanda buah sudah lalu tua lontok adalah ujung dan asal buah sedikit kerepot dan keras.


Pemangkasan

Faktor paling terdahulu yang menentukan keberhasilan penyerbukan tabulampot buah naga yaitu pemangkasan. Pemangkasan diperlukan cak bagi membentuk cagak baru dan caban produktif. Pemangkasan dilakukan sejak tanaman berumur 2-3 bulan. Ujung batang dipangkas dengan menyisakan 40-60 cm mulai sejak sarana tanam. Dengan pemangkasan ini, pertumbuhan mayat kearah atas akan kian terpacu. Batang nan baru tumbuh inilah yang nantinya akan menjadi batang pokok. Setelah tingginya lebih dari 140-170 cm, kelebihannya harus dipangkas.


Bermula batang pokok tadi akan bertunas ceranggah plonco berbaris sekitar 3-4 tunas. Pilih satu semi yang pertumbuhannnya baik dan cepat, serta letakkan paling akrab dengan batang anak kunci. Buang recup nan lain. Sreg kehidupan 6 wulan, tanaman biasanya akan tiba berbunga. Bermula kuncup bunga hingga menjadi buah siap dipetik membutuhkan hari sekitar 50-55 waktu.


Repotting

Repotting tabulampot buah ular besar bisa dilakukan sesudah tanaman berumur 3 hari. Ketika membebaskan tanaman berbunga pot lama, harus dengan ketat. Ialah mencuil seluruh putaran tanaman beserta kayu panjatnya. Lebih jauh, ki memengaruhi tanaman tersebut kedalam pot bau kencur berdiameter 60-70 cm yang sudah diisi dengan ki alat tanam mentah.


Wereng Penyakit Pada Buah Baga

  • Tungau
  • Kutu putih
  • Kutu sugi
  • Kutu batok
  • Semut
  • Bekicot

Wereng yang sering mengamati padatanaman biji pelir ular besar antara lain :

  • Kutu

Hama tuma ( Tetranychus sp. ) akan menyerang kulit kunarpa atau simpang dan merusak jaringan klorofil yang berfungsi untuk asimilasi berpunca hijau menjadi coklat. Penanggulangan dengan menyemprotkan Omite dengan dosis 1 – 2 gr/liter air yang diberikan 2-3 kali seminggu.


  • Kutu putih

Tumbuhan biji pelir naga yang diserrang hama tungau tahir (mealybug) pada satah kunarpa ataupun cabang akan berselaput kehitaman dan tertumbuk pandangan kumuh. Hama ini boleh dikendalikan dengan menyemprotkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/liter air seminggu sekali plong cagak ynag diserang. Biasanya dua kelihatannya penyemprotan hama kutu putih sudah lalu hilang.


  • Tuma sisik

Hama kutu mole Pseudococus sp. Rata-rata berada pada putaran cabang yang tidak terkena kirana rawi secara serempak dan cabang yang terserang wereng ini akan tertentang kusam. Hama ini juga bisa diatasi dengan mencipratkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/liter air.


  • Kutu geluk

Wereng kutu batok ( Aspidiotus sp. ) mencela tanaman dengan mengisap cairan plong batang atau simpang yang menyebabkan cabang berubah menjadi bercat kuning, pengendalian hama ini sama seperti pengendalian hama kutu sisik adalah dengan menyemprotkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/liter air.


  • Semut

Lega umumnya semut akan unjuk bilamana tanaman buah naga mulai berbunga. Semut akan start mengerubungi bunga yang baru kuncup dan akan mengakibatkan kulit biji kemaluan nantinya akan berkerak-noktah berwarna kecoklatan yang tentunya akan mengakibatkan kualitas biji pelir melandai. Pengendalian dapat dilakukan penyemprotan Gusadrin dengan dosis 2 cc/liter air.


  • Bekicot

Hama bekicot sangat merugikan
tanaman biji kemaluan naga karena merusak batang dan silang dengan cara menggerogotinya dan bisa mengakibatkan jenazah busuk. Hal ini biasanya disebabkan karena kebersihan tegal yang kurang terdidik. Penanggulangan hama ini dapat dilakukan dengan membeningkan gulma nan ada disekitar tiang panjat buah naga.


Sedangkan penyakit nan sering mengkritik tanaman biji pelir naga antara tak :


Busuk Pangkal Batang Pada Buah Naga

  • Penyebab

Penyakit ini timbul umumnya disebabkan oleh kelembaban petak yang tinggi sehingga menyebabkan serabut penyebab busuk batang berkembang biak dengan baik, cendawan nan biasanya menyebabkan busuk batang tersebut yakni Sclerotium rolfsii Sacc.


  • Gejala

Ki kesulitan ini majuh terjadi pada bibit setek yang belum tumbuh akar tunggang dalam bentuk potongan. Penyakit ini rata-rata menyerang pada semula penanaman buah dragon, tanaman buah naga demap mengalami pembusukan pada pangkal batang, berwarna kecoklatan, dan kadang terdapat bulu/hifa bercat putih.


  • Penaggulangan

Penanggulangan boleh dengan menyemprotkan Benlate dengan dosis 2 g/ltr air atau menunggangi Ridomil 2 g/ltr air dengan frekuensi penyemprotan sebulan sekali. Bilamuncul gejala kekuningan lega radiks layon segera bakal penyemprotan lega seluruh bangkai dan diutamakan pada radiks mayat yang terserang.


Busuk Bakteri

  • Penyakit busuk bakteri

Penyakit pada biji pelir naga nan disebabkan oleh bakteri Pseudomonas sp.

  • Gejala

Gejala pokok kayu nan terserang yakni tenaman tampak layu, kusam, terdapat sputum putih kekuningan plong tanaman yang mengalami pembusukan.


  • Penanggulangan

Penaggulangan kelainan ini dapat dilakukan dengan membedol tanaman yang sakit, kemudian pada gorong-gorong tanam diberi Basamid dengan dosis 0,5-1 gram dalam bentuk serbuk kemudian puas lubang tanam tersebut ditanam esensi bau kencur.



Baca Artikel Lainnya :


Cara Mengebumikan Daun Seledri Secara Hidroponik Beserta Kemujaraban Dan Macamnya


Fusarium

  • Penyebab

Ki aib fusarium adalah penyakit yang disebabkan maka dari itu Fusarium oxysporium Schl.

  • Gejala

Simpang tanaman akan berkerut, layu, dan busuk berwarna cokelat.

  • Penanggulangan

Penanggulangannya dengan menyemprotkan Fungisida bahan Dimetomorf 50 % seperti: Sirkus 50WP dengan dosis 2g/liter air dalam seminggu 1-2 kali penyemburan sreg fragmen batang dan cabang.


Calit Sangar

  • Penyebab

Bercak tandus adalah penyakit pada buah dragon yang disebabkan oleh Phyllosticta concave dan Mycosphaerella spp.

  • Gejala

Gejala pohon yang terserang adalah timbulnya bercak-calit sangar bercat cokelat keabu-abuan pada dahan.

  • Penanggulangan

Penanggulangan penyakit bercak kering ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan fragmen-putaran tumbuhan nan sudah terserang bikin lebih lanjut dimusnahkan.


Penghijauan tanaman biji pelir naga sebaiknya dilakukan dikawasan yang tidak n kepunyaan suratan kelembaban yang tinggi karena ki aib ini jarang terjadi pada kawasan yang n kepunyaan cuaca kering.


Panen Buah Naga

Tabulampotbiji kemaluan naga lazimnya akan mulai berbunga pada umur sekitar 6 bulan. Berasal kuncup anakan hingga menjadi buah siap petik membutuhkan waktu seputar 50 – 55 hari. Proses pematangan bunga ditandai dengan kelopak bunga yang menjadi layu dan kering dan pentil remaja tiba membesar. Buah pas masak takdirnya semua alat peraba buah berwarnamerah, kecuali molebiji zakar hantu bumi plong bagian ujung buah masih hijau sedikit.


Apabila buah terlambat dipetik, maka akan kulur rekahan pada biji zakar yang bisa menyebabkan buah cepat rusak.Biji pelir ular besar merupakan jenis buah non klimaterik, maka dari itu karena itu kerjakan memastikan buah yang dipetik manis dan enak dimakanbuah naga perlu dipanen pada hari yang sesuai.
Pemetikan biji pelir dragon teristiadat dilakukan intern jangka waktu lima hari kendati biji pelir bukan berbelah-belah dipohon.


Biji zakar dipotong tangkainya dengan menggunakan pisau alias gunting minus merusak kulit buah. Ukuran buah yang didapat akan gelimbir pada beberapa faktor, merupakan keberagaman tanaman, pengolahan lahan tanam yang baik, penyiraman air nan patut, pemeliharaan tanaman pada kapling tanam, pemupukan, pemangkasan, dll.


Ciri – Ciri Buah Naga Siap Bagi Di Panen

buah naga siap panen

Ciri khas buah yang siap dipanen adalah kulitnya sudah mulai sirah. Buah bercelup ahmar, corak hijau telah menginjak menciut. Mahkota buah menyusut dan pangkal taruk atau kerutan buah. Dimensi biji pelir bulat beratnya sekitar 400-600 gram.


Penyebab Biji kemaluan Naga Lain Berbuah dan Solusinya

  • Kurang cahaya matahari
  • Pelecok pupuk
  • Tak di pangkas
  • Rata-rata air
  • Penyerbukan nan Tak Sempurna

Beberapa sudah lalu menanam buah hantu bumi baik dalam jambangan atau di pekarangan, sudah 2 hari saja tidak berhasil. Alasannya sederhana: galibnya karena kurangnya pendar syamsu, pupuk nan salah, tidak dipangkas, rata-rata air, serangan hama, dan gagal pembuahan. Ayo kita bahas cak satu demi satu satu.


  • Cacat cahaya matahari
  1. Tanaman biji kemaluan naga merupakan sejenis kaktus yang boleh usia di sahara, kaprikornus tanamlah di lokasi yang luas.
  2. Jangan biarkan huma buah dragon Anda diapit (bahkan ditutupi) oleh konstruksi tinggi, kebun jati, kebun sengon, dan benda-benda tahapan lainnya.
  3. Bahkan kian baik jika Anda menambahkan panah tiruan intern bentuk lampu busur di malam hari, seperti yang dilakukan saudara-tali pusar kita di desa Dragon Banyuwangi.

  • Salah Pupuk
  1. Di awal pertumbuhan, berilah pupuk dengan banyak nafkah N. Ketika siap berdampak, isi P dan K boleh diperbanyak.
  2. Jangan beri pupuk urea, dapat terjadi busuk batang.
  3. Jangan memberikan serat yang belum matang, terutama kotoran langsung.
  4. Cak acap membersihkan gulma dan rumput sehingga pupuknya sempurna.

  • Tidak dipangkas

Buah naga yang bukan dipangkas akan membuang banyak energi bagi membentuk daun bukan bikin berdampak.


  • Kebanyakan Air

Tanaman buah naga silam seia di sahara dan di lahan kering, tidak seperti padi yang bisa tumbuh di sawah. air yang terlalu berlumpur akan subversif layon, atur agar kebun biji pelir ular besar Kamu tidak mogok ketika hujan angin usai.


  • Penyerbukan yang Tak Sempurna

Penyerbukan biji kemaluan dragon yang baik di malam masa, padalah jika di kewedanan Beliau ada lebih sedikit kumbang atau naning yang usia di malam musim, demen atau tidak Anda harus menyerbuki diri koteng di malam hari.



Baca Artikel Lainnya :


[Panduan Lengkap] 14 Mandu Budidaya Ikan Lele Di Kolam Petak


Mandu Membuat Bibit Buah Naga Dari Biji

Cara-Membuat-Bibit-Buah-Naga-Dari-Biji

  • Perlengkapan dan Incaran

Pisau, Fungisida, Polybag, Persil, Kersik halus, Baja kompos, Sekop mini.

  • Langkah-langkah
  1. Idealnya, induk biji zakar naga harus pas umur, berbuah, kondisi sehat, dan bersemi seremonial. Dan lebih jauh cari pohon yang mempunyai kualitas terbaik dan berkayu.
  2. Pakailah pisau tajam untuk memotong dahan dengan satu tebasan. Usahakan untuk tidak mendondangkan pisau karena akan menyebabkan jejas sobek. Sehabis itu, kumpulkan ranting-ranting biji zakar naga di arena teduh agar bekas luka kurang mengering.

  3. Sesudah berangkat selama 1-2 jam, Anda bisa merendam ceranggah buah hantu bumi dengan fungisida.
    Tujuan-nya seyogiannya keluaran luka tak akan ditumbuhi jamur yang boleh menyebabkan simpang buah naga memburuk. Proses pencorakan ini bisa dilakukan selama 5-10 menit.
  4. Langsung menunggu ranting buah naga direndam, Anda bisa menyiapkan media tanam. Tanaman buah dragon cenderung menyukai struktur media tanam nan agak berpasir. Oleh karena itu, Anda dapat membuat media tanam berbunga campuran lahan, kersik halus dan kompos dengan perbandingan 2: 1: 1.

  5. Tempat penanaman dalam proses pembuatan angka biji zakar dragon harus memakai polybag sehingga biaya produksinya bertambah murah. Pastikan polybag yang digunakan memiliki lubang kecil di putaran bawahnya ibarat terusan irigasi. Masukkan media tanam nan telah diselesaikan menjadi polybag sebatas munjung. Hindari memampatkan media tanam karena biji pelir ular besar lebih mengesir kondisi tanah yang rapuh.
  6. Cabang buah naga nan sudah direndam dalam fungisida cair kemudian ditanamkan ke privat masing-masing polibag. Caranya, bikin terowongan tanam dengan kedalaman berangkat dari 10-15 cm dan diameter lakukan menyesuaikan cabang-cabang tanaman. Masukkan cabang buah naga ini ke gua tanam, lalu kubur pula dengan tanah. Pastikan posisi simpang tanaman ini berdiri tegak atau enggak kencong.

  7. Tempatkan polybag pembibitan ini di tempat yang bisa mendapatkan kirana matahari langsung dan hindari curah hujan angin tinggi. Pembibitan dilakukan dengan menyiraminya setiap 3 hari atau alat angkut tanam kerumahtanggaan kondisi terlalu kering. Setara sebagai halnya tanaman kaktus lainnya, kondisi tanah yang lembab sememangnya mewujudkan jenazah tanaman ini membusuk.
  8. Biji buah ular besar nan telah dibuat yakni 2-3 cabang baru yang tumbuh. Dalam kondisi ini, tanaman buah naga siap dipindahkan untuk membuka lahan untuk menjalani tahap lebih jauh berpangkal proses budidaya.

Pupuk Buah Ular besar Agar Berdampak Lebat

Mandu pemupukan buah naga untuk berhasil lebat, ikuti anju-anju berikut ini :

Pemupukan buah naga

  1. Pupuk dasar diberikan saat menanam buah naga dalam tulangtulangan pupuk NPK dengan dosis 20 g per pokok kayu buah naga dan pupuk organik sebanyak 125 g tiap-tiap tanaman.
  2. Pupuk lanjutan dilakukan ketika tanaman 1-6 bulan dan tujuh bulan ke atas. Sreg umur 1 sebatas 6 bulan, jenis pupuk nan diberikan NPK 15: 15: 15 adalah 25 g per tanaman dan 125 g jamur kandang per pohon. Berikan secara bergantian setiap dua bulan.

    Tanaman yang berumur lebih mulai sejak sapta bulan, spesies yang sama dari jamur biji pelir naga nan diberikan yaitu NPK 15: 15: 15, 50 g per tanaman, sedangkan 125 g per tanaman bagi pupuk kandang. Provisional administrasi masih seperti pada nyawa 1-6 bulan, yang berubah setiap dua bulan.


  3. Saat hingga ke periode berpunca dan berbuah, tanaman dalam serat dengan jenis serabut berimbang, fosfor (P) dan kalium (K) bertambah tinggi bersumber nitrogen (N). Sedangkan untuk variasi baja yang digunakan positif pupuk NPK 13: 13: 21 sebanyak 75 g sendirisendiri tanaman dan 125 g rabuk kandang sendirisendiri pohon. Pupuk ini diberikan satu bulan setelah pemberian pupuk dasar cak bagi pertumbuhan buah naga.

Demikian Penjelasan Tentang

Cara Memakamkan Biji zakar Naga

Moga Bermabfaat Bagi Pembaca

Lahan.Co.Id