Cara Memasang Stop Kontak Paralel


Cara Memasang Stop Kontak Paralel

Stop perikatan merupakan suatu perkakas yang digunakan untuk menghubungkan pikulan listrik ke sumur listrik PLN. Lega dasarnya stop relasi ini merupakan komponen minimum dasar n domestik instalasi rumah dan konstruksi.

Suku cadang ini mempunyai tiga terminal sambungan kabel yaitu fasa, adil dan ground. Stop koneksi ini juga terdapat beberapa varian diantaranya stop kontak tanam dan stop kontak nan digunakan di lantai dengan menghubungkan ke mata air listrik. Oke tanpa berlama-lama lagi mari kita serentak ikut ke pembahasan yaitu mandu meletuskan stop kontak paralel.

Mandu Memasang Stop Afiliasi Paralel

Paralel stop hubungan ini dibuat bakal tujuan tepat guna biaya dan lebih praktis tinimbang kita membeli dua stop kontak kemudian kita menyambungkannya ke sumber listrik secara sendiri-koteng.


  • Peristiwa dasar yang mesti kita ketahui dari stop pertalian adalah bahwa stop gayutan ini mempunyai tiga terminal sambungan kabel yaitu fasa, bebas dan ground.


bagian stop kontak

  • Terlihat pada gambar di atas bahwa pemasangan halte fasa dan independen dapat dibalik – balik. Keadaan tsb terjadi karena listrik yang bergerak pada stop perikatan tsb adalah elektrik AC sehingga penempatan tampin positif dan destruktif pada stop relasi tidak mempengaruhi jalinan.
  • Kemudian rangkailah stop interelasi seperti tulang beragangan di sumber akar :

Rangkaian Stop Kontak Paralel

  • Bisa dilihat pada tulang beragangan bahwa kabel fasa (dandan hitam) dari masing-masing stop aliansi dihubungkan ke satu halte (kami memintal terminal yang asal).
  • Kemudian telegram netral (corak biru) bersumber masing – masing stop perantaraan juga dihubungkan ke satu perhentian (kami memilih terminal nan atas).
  • Perlu diketahui bahwa terminal Fasa, Netral, dan Ground tidak boleh terhubung satu setara lain. Apabila terminal Fasa dengan Netral tehubung maka akan terjadi korsleting setrum. Makara halte sambungan kabel antara Fasa, Netral, dan Ground tidak boleh terhubung satu sama enggak.
  • Untuk menguji apakah benar fasa, nonblok dan ground tidak terhubung satu sama lain kita bisa menunggangi Multimeter / AVO meter untuk mengeceknya.
  • Caranya silam mudah sekali kalian tinggal mengarahkan selector pada Multi / AVO meter ke buzzer (tanda baca sinyal) kemudian tempelkan probe ke setopan fasa dan netral. Apabila AVOmeter berbunyi (biiiiib) artinya terminal tersebut terhubung.
  • Perlu di garis bawahi bahwa sambungan masing-masing terminal (fasa, netral dan ground) harus rapat agar tidak guncang saat dipasang ke colokan listrik.
  • Karena apabila terminal tsb goyah maka dapat membahayakan apabila bersentuhan satu separas tidak. Apabila dua terminal bersentuhan (misalkan fasa dengan netral) dapat menyebabkan korsleting listrik.
  • Kalau kalian sudah lalu benar-benar yakin bahwa sambungan kabel ke halte telah berhimpit dan masing-masing dawai (fasa, netral, dan ground) tidak terhubung satu sama lain maka nyalakan sumber listrik PLN dan lihatlah karenanya apakah stop kontak sudah lalu berfungsi dengan baik atau lain.

Source: https://www.teknikelektro.com/2020/08/cara-memasang-stop-kontak-paralel.html