Cara Kawin Silang Tanaman Buah

Cara Kawin Silang Durian semoga Berbuah Samudra dan Manis

Persilangan adalah salah suatu proses perbanyakan vareitas pada tanaman, persimpangan boleh terjadi secara alami melalui pembenihan alami dengan bantuan alam, kilangangin kincir ataupun insekta. Padahal Penyerbukan buatan yaitu proses buatan dengan bantuan bani adam yang biasanya secara tertarget pada satu variasi tanaman buat mendapatkan verietas yang diinginkan.

Persilangan durian merupakan pemberkasan sifat-sifat dari beberapa varietas durian yang n kepunyaan khuluk rasa, ukuran biji zakar, lamanya prmatangan biji pelir, menjadi hadir terdapat dalam satu biji zakar duraian sebagai hasil dari persilangan.

Menurut Dr. Lutfi Bansir tujuan dan objek persilangan itu bikin asian Nama buah nan bisa diukur dari bentuk buah, patera, tebal dan warna daging, kadar gula serta rasanya. (Radarbangka)

Tanaman durian pada dasarnya melakulan penyerbukan silang secara saintifik sehingga kemajemukan tanaman dialam cukup raksasa. Namun, baik karena faktor duaja yang keragaman mata air daya genetiknya, durian mengalami ancaman cukup mendalam. Selain itu alasan lainnya adalah domestikasi keberagaman baru.

Persimpangan dengan pembenihan buatan sangat mudah tapi teristiadat diketahui proses persilangan tidak serta-merta membujur hasil instant begitu saja, hasil persilangan diperlukan waktu nisbi lama. Dapat berarti bahwa Persimpangan nan dilakukan hari ini baru dapat dinikmati hasilnya oleh generasi mendatang.

Menurut Aula Penekanan Pokok kayu Biji kemaluan Tropika, Sumatera Barat. Nikah cabang durian dengan varietas tidak layak mudah, tapi proses persimpangan harus dilakukan plong malam hari karena rente durian plong lazimnya mekar pada magrib sampai lilin batik hari. Meskipun suka-suka beberapa bunga durian yang mulai mekar sreg sore hari, kotak konsentrat (antera) belum mulai sejak sehingga serbuk bunga (polen) belum dapat digunakan. Serbuk bunga bau kencur siap digunakan untuk menyerbuki putik sekitar jam 7 malam.

Misal pengingat, bunga durian umunya punya kelamin ganda jantan dan betina, jadin dalam satu rente sudah lalu terdapat lungsin sari (kelamin jantan) dan putik sari (kelamin betina. Jadi sederhananya, persilangan itu kita doang menempelkan utas sari dari durian menjuarai ke superior putik durian tersebut.

Untuk proses persimpangan, alat bahan yang perlu disiapkan yaitu

  • Gunting kecil
  • Tali
  • Daluang
  • Air maupun tisu
  • Tera.


Cara Kawin silang durian dengan penyerbukan buatan

  • Pilih bunga dari durian betina yang bagus, tidak diserang hama dan belum mekar tapi kelopaknya sudah menyembul keluar dan diperkirakan akan mekar pada malam harinya atau tubin hari.
  • Berantas kuncuk kelopak mahkotanya sampai setengah dan benang sari (sterilisasi), diskriminatif jangan sampai melukai pejabat pentil, pada anak uang dari keberagaman nan akan digunakan ibarat tanaman sentral ataupun (betina).
  • Bunga yang sudah dikastrasi, dibungkus kantong plastik minyak bagi menghindari pembuahan anakan atau berbunga varietas tak nan barangkali daoat dibawa angin maupun serangga.
  • Ambil bunga terbit diversifikasi nan diinginkan (jantan) nan baru mekar atau diperkirakan akan mekar akan datang malam, diambil sekitar jam 3 tunggang. Anakan dakar nan diambil beserta tangkainya diletakkan pada palagan yang dialasi tisu atau kapas basah dengan posisi menuju ke atas. Menurut Ihsan dkk (2012), dapat juga dilakukan dengan merendam tangkai bunga keadaan itu akan membangatkan pemisahan serbuk bibit.
  • Bunga jantan tesebut dijemur satu jam dibawah terik matahari agar peti sari cepat pecah selanjut-nya bunga disimpan di tempat yang teduh. Lega malam harinya, ketika bubuk sari mulai terlihat, bunga siap untuk diguna-kan sebagai penyerbuk bunga yang sudah lalu dikastrasi.
  • Proses penyerbukan dilakukan dengan menempelkan atau mengoleskan serbuk konsentrat berpunca serbuk sari anakan jantan ke pemimpin putik betina.
  • Bunga ditutup lagi dengan kantong plastik petro nan baru dan diberi label berupa informasi persilangan, varietas pohon, hari dan tanggal persilangan.
  • Dompet plastik dibuka setelah 5-7 hari ketika putik terlihat membengkak.

Sesudah proses persilangan selesai, habis menunggu buah kerjakan dipanen. Pada saat dipanen, nilai hasil persilangan dibersihkan berasal daging buahnya dan dipilih biji yang bagus. Selanjutnya biji disemaikan dan dibiarkan merecup hingga siap lakukan disambung dengan layon bawah, evaluasi akhirnya kalau telah berbuah.


Refrensi

  • Balai penelitian tanaman buah tropika, sumut
  • Sendi bibliotek dan penyiaran teknologi perladangan kementerian pertanian republik indonesia. 2022: perkebunan. go.id

Source: https://www.idnfarmers.com/2021/07/cara-kawin-silang-durian-agar-berbuah.html