Cara Budidaya Tanaman Buah Tin


Panduan Menanam Biji pelir Tin Pada Pot dan di Petak, Tiba berusul Pembibitan, Pemupukan Hingga Panen

Pendirian Menanam Buah Tin di Jambang

  • Siapkan botol berukuran garis tengah 50 cm dan tinggi lebih dari 60 cm, lampau masukkan pecahan genting atau batu bata ke privat dasar vas bagi mencegah keluarnya sarana tanam bersama air siraman. Selanjutnya, masukkan sarana tanam setakat mengisi minimal setengah vas.
  • Siapkan konsentrat yang dipilih berasal dari setek dengan izzah minimum 60 cm dan berdaun sempurna bertambah dari enam helai. Batangnya tegak dan sehat dengan diameter 1 cm. Sesudah itu, gunting polibag dan keluarkan esensi beserta media tanamnya berusul polibag. Tanam bibit tepat di perdua-tengah pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir botol. Siram sari yang baru ditanam sampai alat angkut tanam basah.
  • Tempatkan pot di lokasi teduh kerumahtanggaan beberapa hari, dahulu pindahkan ke arena nan terkena panah surya sehabis sehat.


Tips dan Cara Agar Tumbuhan Perunggu Dalam Vas Bisa Berbuah Tebal


Pilihlah pohon biji pelir Tin berpunca jenis yang bisa berbuah sebatas matang ( common fig ), biasanya jenis tin dandan merah & ungu suntuk baplang ketika berbuah. Gunakan Pot nan berukuran besar minimum diameter 35 cm. Gunakan Wahana tanam yang Porous ( ketika di siram air sedarun ngalir ke radiks jambang/air tidak tergenang ).

Contoh perbandingan media tanam bikin pokok kayu tin:


Kompos daun : Sekam mentah : Kohe wedus : Tanah kompos = 3:3:2:1

Letakkan pohon tin di tempat yang full cuaca mentari,. Jangan menaruh tin sehat di tempat teduh, hal ini bisa menyebabkan tanaman lambat tumbuh dan lama berbuah

Buah Tin Ditanam di Pot

Lakukan pendirusan pohon kangsa 1 perian sekali / ketika alat angkut tanam gersang. Penyiraman di lakukan bilamana pagi periode dan sore perian/lilin lebah.

Lakukan pemupukan secara periodik perhatikan kepentingan dan dosis kawul nan perlu di perhatikan. Bisa menggunakan jamur NPK mutiara setimbang 1 sendok bersantap 3 minggu sekali, taburi kawul tersebut jauhi dari batang utama. 1 bulan sekali berikan pupuk kohe wedus lakukan tetap menyuburkan kondisi media tanam. Maupun bisa di gunakan cara 1 sendok NPK larutkan ke 1 ember/10 liter air. Curah ke media secara periodik 3 minggu sekali / 1 bulan sekali

Pohon Buah Tin Dalam Pot

Kebanyakan di nasib 4 wulan perunggu mutakadim berputik, ketika umur buah tin sudah lalu mulai mengembung bungkus dengan pelastik/kusus pembungkus buah. Tujuannya supanya biji zakar terbantah mulus dan terhindar dari suntikan laler biji kemaluan. Bertujuan kembali menghindari biji pelir semenjak air hujan.

Pangkas daun di sekitar pangkal buah, tujuanya supanya cuaca matahari titik api ke buah

Buah Kangsa


Cara Budidaya Ekstrak Pohon Buah Tin Berbunga Poin

Cara cangkok ialah cara budidaya buah Kaleng yang bisa menghasilkan buah paling kecil cepat, cara yang dilakukan hampir begitu juga kaidah menanam srikaya yaitu dengan mengidas salah satu batangnya dan start mencangkok dengan cara yang etis. Takdirnya sudah mengeluarkan akar, maka bibit hasil cangkokan boleh dipindah ke pot ataupun tanah tanam permanen lainnya. Bagaimana jika beliau hanya memiliki buah tin saja sonder punya pohonnya? Jika ini nan terjadi maka budidaya buah tin dapat dilakukan berpokok biji buahnya. Kelemahan dari budidaya tin dari nilai adalah tumbuhan tin relative lama menghasilkan buah, dan kualitas biji pelir belum karuan begitu juga yang dimiliki oleh tanaman induk.

Langkah-langkah Mandu Membuat Bibit Pohon Kuningan Berpunca Poin

Menyiagakan Mani

  • Bakal mendapatkan mani buah tin, renggut buah tin yang sudah sepuh alias nan mutakadim start mongering.
  • Belah buahnya dan pisahkan angka-biji nan ada di n domestik buahnya.
  • Jemur biji biji pelir kangsa sampai kering, angkat biji yang dijemar kemudian letakkan di kancah kering yang teduh.
  • Siapkan palagan untuk menyemai biji-biji buah kangsa, renggut plastik polybag alias tetampan tersendiri penyemaian.
  • Isi dengan fusi Tanah, sekam alias serat kandang, dan batu halus dengan perbandingan 2:2:1 (2 Petak : 2 Sekam atau pupuk kandang : 1 pasir).
  • Diamkan tempat semai sekitar 2 masa sebalum biji biji pelir kuningan disemai.
  • Sebelum disemai, rendam terlebih lalu angka biji pelir tin.
  • Pisahkan dan buang biji buah tin yang mengambang.
  • Nilai yang ditanam adalah skor yang tergenang, karena biji yang mengambang peluang tumbuhnya kecil.
  • Tebarkan biji biji zakar tin secara merata di temppat penyemaian, dan tutup dengan tanah secara tipis dan merata. lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore perian bagi menjaga semai teguh lembab, jangan melakukan penyiraman secara jebah moga skor buah kuningan tidak memburuk, layak guyur dengan system spray.
  • Biji buah tin akan mengeluarkan tunas selingkung 3 – 5 minggu dari penebaran semai.
  • Setelah tunas buah tin mencapai kemuliaan 15cm, bibit dapat dipindahkan ke pelastik polybag katai sebelum ditanam ke petak tanam permanen.

Menyiapkan Lahan Tanam

  • Siapkan pot ki akbar maupun bisa juga menunggangi ngarai bekas nan dipotong menjadi 2 adegan, isi pot dengan campuran Tanah dan pupuk kandang dengan skala 1:1. Tanah isian seyogiannya Tanah yang berlimpah dan gembur, bias juga dicampur dengan tekor ramal.
  • Biarkan pot yang telah berilmu campuran Lahan dan rabuk sepanjang 2 pekan sebelum ditanami. Jika anda cak hendak menanam buah tin di perkarangan rumah, usahakan kancah penghijauan enggak terlindung pecah kirana matahari.
  • Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50-60cm. Isi liang dengan menggunakan pupuk kandang dan dan campur dengan sekam padi (kalau cak semau).
  • Biarkan lubang selama 1-2 minggu sebelum ditanami seyogiannya jamur kandang dapat meresap dengan baik dalam Tanah. Menanam Bibit Buah Kuningan Konsentrat buah tin yang telah siap dapat dipindahkan ke botol alias lubang tanam yang sudah lalu disiapkan, pembebasan pelastik polybag secara perlahan seharusnya Petak semai tidak mengabu.
  • Masukkan ke jambangan alias korok tanam dan tutup kembali dengan memperalat Tanah, kemudian padatkan secara perlahan. Lakukan pendirusan sesudah pohon buah tin sudah selesai ditanam.
  • Penyiraman sebaiknya sewajarnya tetapi, agar tumbuhan buah kaleng tidak membusuk.

Perabukan ulangan tumbuhan buah kuningan boleh dilakukan sekali lagi sesudah usia pohon biji pelir tin sekitar 4 bulan dari penghijauan.

Perawatan buah tin enggak begitu sulit, tumbuhan ini sudah beradaptasi baik dengan iklim di Indonesia. Cukup lakukan penyiraman secara teratur plong pagi dan sore tahun dengan penyiraman yang tak terlalu banyak. Bersihkan sekitar tumbuhan buah tin dari tumbuhan haram lainnya.

Source: https://www.carakubudidaya.com/2017/03/budidaya-buah-tin-cara-menanam-dari.html