Cara Bertanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

JAKARTA, KOMPAS.com –
Buah hantu bumi banyak dijumpai di pasaran. Buah yang punya daging bercat magenta dan asli ini pun memiliki banyak kekuatan bakal kesegaran.

Jika Ia mau menanam buah naga di rumah, Kamu bisa menanamnya di pot. Caranya pun tidak terlalu sulit dan lahan yang dibutuhkan tidak mesti luas.

Dilansir laman Cybex Departemen Pertanian RI, Kamis (5/5/2022), berikut mandu menyelamatkan buah dragon di pot seharusnya cepat berbuah.

Baca pula: 5 Keadaan yang Harus Diperhatikan Momen Menanam Tomat di Pot

Rugini, petani buah naga, di ladangnya, Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.
KOMPAS.com/JUNAEDI
Rugini, peladang biji zakar ular besar, di ladangnya, Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

1. Awalan lahan

Persil kerjakan mengebumikan buah naga tidak perlu luas, karena Anda akan menanamnya di vas. Malar-malar, Anda bisa menanam biji pelir naga di petak sempit seperti mana di pekarangan depan maupun halaman belakang kondominium.

Pastikan area tersebut jauh dari rayuan beragam keadaan yang bisa menganggu pertumbuhannya, misalnya hewan nan akan merusak konsentrat buah naga.

Jauhkan pula berasal jangkauan anak asuh-momongan untuk memastikan pertumbuhan tanaman secara optimal.

2. Siapkan konsentrat

Bibit yang unggul akan memengaruhi hasil panen, dengan demikian usahakan memilih bibit terbaik. Dia bisa membeli esensi buah dragon di toko pertanian maupun toko pohon.

Baca kembali: Enggak Usah Pusing, Ini 3 Pendirian Mengetanahkan Sayuran di Kebun Kecil

3. Siapkan jambangan

Cak semau berbagai ragam spesies pot yang dapat Ia gunakan cak bagi menanam buah dragon, misalnya jambangan semen, vas plastik, pot kapling liat, maupun pot yang terbuat dari komoditas-barang lepasan, misalnya ember keluaran, jerigen plastik mantan, dan tidak-bukan.

Akan saja, jika Engkau ingin pot yang paling kecil cocok digunakan sebagai media penghijauan buah dragon, maka gunakan pot tanah liat karena bisa menahan perubahan suhu yang ekstrem berpokok siang ke lilin lebah hari.

Ilustrasi buah naga, buah naga di pohon.
PIXABAY/JUEMI
Ilustrasi biji zakar hantu bumi, buah naga di pohon.

4. Kayu panjatan

Tiang penopang yakni gawai yang berjasa privat proses penanaman biji pelir naga karena biji pelir hantu bumi memerlukan penopang batang dan daunnya yang besar sepatutnya dapat mencuar.

Kusen penopang ini biasanya terbuat mulai sejak besi beton yang berdiameter 8 setakat 10 cm. Sekadar, jika Ia tidak memiliki besi beton, Anda juga bisa menggantinya dengan balok kayu lautan yang resistan lama.

Baca kembali: 5 Langkah Menanam Anggur di Kebun Rumah

Akan semata-mata, situasi ini pun harus disesuaikan dengan besar pot. Tinggi gawang penopang mayit biji zakar naga ini biasanya mencecah 150 setakat 200 cm.

5. Ki alat tanam

Bahan-bahan media tanam yang perlu dimasukkan ke n domestik pot adalah pasir, kapling, pupuk kandang dan tanah daun. Campurkan semua media tersebut ke dalam pot.

Serah air sepatutnya media tanam setia lembek, lalu biarkan selama sehari semalam.

6. Penanaman bibit

Sebelum menanam ekstrak, diskriminatif kerjakan sari buah naga yang bagus. Buat bibit buah hantu bumi sebaiknya diambil bersumber batang yang renta, bercelup hijau keabuan, dan memiliki bibit yang bertakaran besar serta adil dari penyakit.

Baca juga: 6 Tips Mengebumikan Durian di Halaman Belakang Rumah

Setelah itu, bibit langsung ditanam ke media yang sudah dipersiapkan. Tanam bibit buah naga dengan baik sebaiknya batangnya bukan mudah roboh.

Kemudian, siramilah bibit itu dengan air agar kelembapannya tak berkurang. Letakkan di ajang yang terbuka saja tak rantus sinar matahari secara langsung.

7. Perlindungan tumbuhan

Merawat tanaman buah naga di kerumahtanggaan botol sesungguhnya enggak berlebih berbeda dengan perlindungan buah hantu bumi nan ditanam di lahan tanpa mempekerjakan jambangan.

Perbedaannya yakni perawatan buah naga yang ditanam secara spontan ditanami di petak enggak meliputi fertilisasi, pemangkasan, penjarangan, hingga perpindahan pot.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Kiwi di Pot agar Cepat Berbuah

Ilustrasi buah naga.
PIXABAY/ENGIN_AKYURT
Ilustrasi biji kemaluan naga.

Untuk pemupukan, Kamu harus terlebih dulu memupuki akar susu yang didampingi dengan pendirusan secara rutin pada pagi dan siang tahun.

Sesudah dua sampai minggu pemupukan akar tunggang, maka lakukan pemupukan daun nan disemprotkan pada tanaman setiap minggu sebatas mencapai delapan pekan.

Pemangkasan pohon buah naga sebaiknya dilakukan puas layon yang telah berumur dua hingga tiga bulan.

Darurat itu, penjarangan buah hantu bumi dilakukan ketika bunga biji kemaluan naga telah tumbuh. Cak bagi dengan memangkalkan biji kemaluan naga nan berjarak selingkung 30 cm, seyogiannya pokok kayu buah naga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Baca juga: Panduan Cara Menanam dan Merawat Lidah Buaya di Rumah

Repotting pada biji pelir naga biasanya dilakukan bagi memicu pembungaan buah naga yang ditanam di internal botol.

Agar buah naga tumbuh gemuk, Anda dapat memberinya kawul kandang secara rutin dan camar menjaga kesehatan pokok kayu hendaknya bisa menghasilkan biji pelir dengan cepat, optimal, dan berkualitas.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap hari terbit Kompas.com. Yuk menyatu di Grup Benang kuningan “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install permohonan Telegram lebih-lebih tinggal di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/05/183300076/cara-menanam-buah-naga-di-pot-agar-cepat-berbuah?page=all