Cara Belajar Menggambar Untuk Pemula


1. Menyiagakan Perlengkapan dan Bahan


Seperti dijelaskan sebelumnya, kalian harus memastikan bahwa perlengkapan dan sasaran cak bagi menggambar anime sudah lalu tersedia. Pilih peralatan menggambar yang nyaman dipakai hendaknya proses rangka boleh maksimal.


2. Menentukan Konsep

Tataran selanjutnya, ialah menargetkan konsep yang hendak digambar. Tentukan dengan jelas tentang tema, model pakaian, gaya rambut, karakter, ekspresi wajah, dan enggak sebagainya.


3. Menggambar Bagian Pejabat

Sebelum menggambar bagian tubuh, ada baiknya bikin menggambar bagian pejabat terlebih silam. Proporsinya bukan harus persis, tetapi buatlah elips yang menyempit di bagian bawahnya untuk menjadi dagu.

Awali tahapan ini dengan membuat lingkaran dan menarik garis vertikal di tengah-tengah. Selanjutnya, tarik juga garis horizontal nyana-sangkil 3/4 di bagian pangkal lingkaran.

Untuk lagi garis di bawah galangan dan kerangka rahang dengan simetris. Pasca- selesai, hapus garis sokong (garis horizontal dan vertikal) nan sudah dibuat. Dulu, mulailah menggambar mata, telinga, hidung, dan labium. Perlu diingat, ciri khas anime ataupun manga adalah alat penglihatan yang berukuran besar.

Takdirnya kalian ingin membuat karakter yang memiliki wajah lebar, agak perlebar bagian radiks elips, sehingga hanya cacat lebih sempit dibandingkan bagian atasnya. Hanya, jika kalian ingin budi memiliki paras ramping, bikin bagian radiks oval jauh bertambah sempit dibandingkan penggalan atasnya. Karakter anime tidak hanya menggunakan satu bentuk atasan, sehingga kalian bisa bereksperimen sepuas hati.

4. Batik Netra di Bawah Garis Horizontal

Indra penglihatan karakter anime berformat lautan dan berlebihan, serta galibnya memakan selingkung 1/4 sampai 1/5 tinggi wajah. Untuk menggambar mata anime, awali dengan menggambar rambut mata atas tebal persis di sumber akar garis horizontal yang digambar dan di suatu sisi garis vertikal. Selanjutnya, gambarkan setengah lingkaran nan turun dari rambut mata atas dan bagi manik mata hitam di tengahnya.

Langkah berikutnya adalah gambarkan garis horizontal di bawah setengah lingkaran sebagai bulu mata asal. Bungsu, bayangi di n domestik dok sekitar pupil dan sisakan abnormal ruang, sehingga tampak sebagai halnya memantulkan kilat. Bagi kejadian serupa di arah bukan garis vertikal bakal mewujudkan indra penglihatan kedua.

Sesuaikan rang dan ukuran mata, terjemur kalian mencitrakan karakter anime maskulin atau feminin. Bikin khuluk feminin, buat kedua matanya makin tinggi dan melingkar, serta bubuhkan beberapa bulu mata deras di bagian atas indra penglihatan. Untuk kepribadian maskulin, untuk matanya lebih pendek dan kerdil.

5. Membuat Alis di Atas Garis Horizontal

Gambarkan garis lengkung jenjang dan menurun bagi setiap alis. Buatlah sangkil lebih panjang dibandingkan garis rambut indra penglihatan atas nan kalian gambarkan lakukan mata. Selanjutnya, pertebal ujung alis yang kaya di perdua wajah. Sekiranya kalian menggambar karakter anime feminin, untuk alisnya lumayan tipis. Buat karakter maskulin, pertebal alis sehingga kian ekstrem di wajah.

6. Tambahkan Hidung di Antara Garis Horizontal dan Dagu

Cingur karakter anime cukup samar dan sahaja kelihatan ketika mematamatai karakter terbit samping. Bakal batik hidung karakter anime, untuk garis vertikal ringkas dan tercecer di selama tengah cahaya muka maupun tutul tengah antara garis horizontal dan dagu. Kerjakan garis kian panjang jika kalian cak hendak hidung kepribadian terlihat lebih besar.

Bakal hangit sebagai fitur terkecil di cahaya muka fiil. Hidung akan bertumpang-tindih dengan garis vertikal nan kalian gambar. Lakukan melihatnya lebih jelas, buat lebih haram daripada garis vertikal alias hapuskan garis vertikal di sekitar cingur.

Budi anime maskulin sama sekali mempunyai cingur yang tampak lebih mencolok, belaka enggak selalu. Jika kalian ingin hidung budi tampak makin jelas, gambarkan garis horizontal di dasar garis vertikal bak adegan radiks indra fiil. Selain itu, buat bayangan berbentuk segitiga di samping hidung, sehingga nada-nadanya cahaya datang pecah samping khuluk. Bikin gaya anime tertentu, misalnya
chibi, kalian tidak perlu menggambar hidung.

7. Gambarkan Mulut di Sekitar Separuh Antara Indra dan Dagu

Serupa dengan hidung, perkataan karakter anime rata-rata tertinggal dan samar. Untuk menggambar mulut, untuk garis horizontal yang panjangnya kurang lebih sebabat dengan netra. Kalian tidak teradat mewujudkan bibir. Jadikan mulut ibarat fitur kedua terkecil di wajah karakter anime sesudah cingur.

Lengkungkan garis mulut ke atas jika kalian ingin karakter tersenyum alias ke pangkal jika kepingin tampak kecewa. Kalau kalian mau fiil tersenyum dan menampakkan gigi, gambarkan garis mungkum ke atas di bawah garis horizontal yang dibuat bagaikan mulut. Ulas putih di antara garis lengkung dan garis mengufuk sebaiknya seimbang separuh janjang mulut. Ulas ini akan menjadi gigi karakter.

8. Tambahkan Telinga di Samping Penasihat

Seandainya kalian ingin budi memiliki rambut yang meliputi alat pendengar, langkah ini dilewatkan doang. Namun, jika kalian menginginkan fiil berbulu pendek, gambarkan elips sempit di setiap sisi bos. Buat bagian atas kuping sejajar dengan garis horizontal yang melalui bagian tengah paras dan fragmen bawahnya setimpal dengan babak dasar cingur. Pasca- itu, buat lubang telinga di dalam setiap oval. Bereksperimenlah dengan ukuran telinga fiil jika kalian mau membuatnya lebih besar alias katai.

9. Gambarkan Rambut di Kepala Karakter

Gaya rambut nan dipilih tersangkut kalian sendiri, namun umumnya rambut anime memiliki ujung runcing dan fragmen-bagian jelas. Kalian bisa menggambar gaya rambut sumir, cepak, menengah, dan panjang mengalun dengan berbagai pola. Apa doang kecenderungan bulu yang dipilih, jangan menggambar setiap helai rambut. Alih-alih, lakukan episode-adegan besar rambut, misalnya 4-5 adegan yang meruncing di ujungnya.

Takdirnya karakter n kepunyaan bulu panjang, gambarkan dua ekor kuda, masing-masing di setiap sisi pengarah dengan ujung runcing. Kalian pun boleh batik rambutnya ditarik menjadi cepol di atas. Selain itu, kalian juga boleh menggambarkan poni dengan membuat 3-4 bagian surai nan turun bermula dahi.

Bagi gaya rambut yang lebih pendek, kalian bisa menggambarkan 3-4 bagian rambut jelas yang menyamping di dahi karakter. Kalian juga boleh menciptakan menjadikan gaya bulu tanpa poni dan menggambar beberapa garis terbit garis rambutnya ke birit atasan, sehingga tertentang seperti disisir ke belakang. Sekiranya tidak, kalian boleh menyantirkan tendensi rambut bob hingga ke dagu yang dibagi menjadi beberapa fragmen deras.

10. Hapuskan Garis Sokong Horizontal dan Vertikal yang Digambar

Hapuskan secara hati-hati garis tolong tersebut agar kalian tidak melakukan kesalahan. Setelah kalian menghapus kedua garis, kepala dan paras karakter sudah selesai.


Cara Menggambar Tubuh Karakter Anime

Sehabis melakukan anju di atas, kalian bisa menyinambungkan proses menggambar dengan menulis bagian tubuh karakter anime. Sketsa biasanya berupa garis berbentuk tubuh turunan dengan bagian lingkaran di bahu dan telapak tangan.


1. Membuat Sketsa Tubuh

Gambarkan orang-orangan stik perumpamaan kerangka tubuh khuluk. Bakal garis literal andai lengan, torso, dan tungkai khuluk. Hierarki lengan dan torso karakter kurang lebih sama, sedangkan kakinya seputar 1/3 barangkali kian tingkatan. Selanjutnya, gambarkan segitiga atau oval sebagai punggung tangan dan tungkai. Buat tangan sekitar 1/5 tahapan lengan, dan buat telapak suku sekitar 1/6 panjang suku.

Supaya proporsinya tepat, untuk cucu adam-orangan stik sekitar tujuh kali tinggi kepala karakter. Garis lengan sebaiknya dimulai pada sekitar 1/5 pecah ujung atas garis torso. Buat orang-orangan stik karakter mengamalkan postur yang kalian inginkan, misalnya gambarkan kakinya ditekuk takdirnya khuluk kalian dalam posisi duduk atau untuk lengannya ditekuk jika kalian ingin karakter madya melambaikan tangan.

Source: https://www.gramedia.com/best-seller/tutorial-cara-menggambar-anime/

Posted by: gamadelic.com