Cabang Biologi Dan Bidang Kajiannya

Kenali 30 Simpang Mantra Ilmu hayat di Dunia, Marilah! | Ilmu hayat Kelas 10


Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Ternyata, Biologi memiliki  30 cabang ilmu, lho! Ada apa saja, ya? Yuk, cek cabang-simpang Biologi berikut!

N partner-teman, siapa di antara kamu nan ngefavoritin mapel ilmu hayat? Acung tangan! Ambillah, kamu sudah senggang belum sih, kalau biologi itu memiliki cakupan ilmu yang habis luas, lho! Begitu luasnya, sebatas ilmu hayat dibagi menjadi banyak simpang ilmu yang
diklasifikasikan bersendikan mangsa amatan
dari masing-masing cabang aji-aji tersebut. Masing-masing silang ilmu ini, spesifik menggunjingkan satu putaran ‘boncel’ bersumber keseluruhan bagian yang dipelajari privat ilmu biologi.

Eits, kendatipun dibilang kerdil, tapi bukan berarti ilmu yang dipelajari namun sedikit, lho! Cagak-cabang biologi memang terjerumus sangat khusus, tapi bahasannya bisa berkembang terus seiring berjalannya waktu, karena ilmu pengetahuan itu selalu mengalami kronologi terbit masa ke waktu.

Misalnya saja, saat kasus  COVID-19 sedang tinggi-tingginya. Sebelumnya, kita nggak jalinan adv pernah centung tentang penyakit yang satu ini. Kita nggak kekeluargaan tahu begitu juga segala gejalanya, segala dampaknya, segala obatnya, dan enggak sebagainya yang berkaitan dengan COVID-19. Karena adanya pandemi semalam, para ilmuwan dan ahli sekali lagi memeras tenaga untuk boleh menemukan

vaksin COVID
-19 nan bisa mendukung mengurangi gejala yang timbul apabila kita terinfeksi, sehingga dapat mengurangi kuantitas kematian akibat COVID-19. Nah, akibat kejadian hawar ini, kita semua kaprikornus belajar satu ilmu baru, yaitu virologi seumpama salah satu silang biologi.

vaksin covid

Vaksin COVID (Sumber: unsplash.com)

Ngomong-ngomong, selain virologi, ada barang apa tetapi sih, cabang-cabang biologi itu? Yuk, kita telaah satu per satu,
30 simpang ilmu ilmu hayat
yang ada di dunia!

1. Genetika

Sreg simpang  Biologi ini, kamu akan mempelajari tentang
gen, materi genetik (

DNA dan RNA

), pewarisan kebiasaan
pecah induk kepada keturunannya, serta
persilangan gen. Misalnya, sira pernah bertanya-tanya, kenapa ya warna kulitmu bisa seperti warna kulit ibumu? Padalah, dengan mempelajari ilmu ini, dia bisa menemukan jawabannya, lho!


2. Sitologi

Pada sitologi, sira boleh mempelajari
unit struktural dan fungsional terkecil penyusun seluruh tubuh makhluk jiwa. Apakah itu?
Yup! Itu ialah

bui
. Mulai semenjak struktur dan organel kamp, pembelahan sel, interaksi antar terungku, daur hidup lokap, sebatas kematian terungku semua dibahas dalam ilmu ini. Gimana, seru teko?


3.
Histologi

Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang
jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitelium, jaringan bebat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang kepingin masuk jurusan kedokteran, ilmu ini lalu bermakna kerjakan dipelajari, lho!

Baca pun: Mengenal Signifikansi, Klasifikasi & Dampak Mutasi


4.
Ilmu urai

Selain histologi, ilmu tasyrih juga utama cak bagi dipelajari dalam dunia kedokteran. Pada ilmu ini, kamu dapat mempelajari tentang
struktur tubuh penggalan dalam dari makhluk hidup.

anatomi manusia

Anatomi anak adam (Sendang: unsplash.com)

Pada guna-guna anatomi, kamu akan mempelajari seperti segala sih interior dari tempurung kepala, seperti apa bagian n domestik dari tubuh anak adam atma, ada radas apa saja, dan tak sebagainya. Tapi, guna-guna anatomi tidak tetapi mempelajari khalayak sahaja ya, anatomi juga mempelajari akan halnya makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan.


5. Morfologi

Berlawanan dengan anatomi, jika plong hobatan morfologi, kamu akan mempelajari mengenai
struktur tubuh bagian luar dari makhluk atma. Misalnya, kamu penasaran, kenapa ya di bekas kaki suku kucing cak semau bantalan yang berwarna
pink? Atau, segala apa sih penyebab tengah dan kaki burung memiliki bentuk yang farik-beda? Nah, keadaan-keadaan demikian ini dapat kamu pelajari internal morfologi.


6.

Fisiologi

Sreg isiologi, sira akan mempelajari tentang
proses dan kurnia tubuh baik secara anatomi maupun morfologi.

Seandainya kamu pernah mendengar tentang fisioterapi alias pernah berbuat fisioterapi, nah terapi tersebut ialah bagian dari ilmu faal, lho!
Hayoo, ada yang tahu nggak, fisioterapi itu cak bagi mengobati apa? Jawab di kolom komentar, ya!


7.
Ekologi

Pada guna-guna ini, ia akan mempelajari mengenai
interaksi yang terjadi antara makhluk kehidupan dengan lingkungannya,
ataupun

interaksi antar sesama makhluk hidup

di cahaya muka bumi.

Misalnya sebagai halnya rangka di bawah ini, yang merupakan salah satu rancangan interaksi nan saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara kupu-kupu dengan bunga. Kupu-kupu mujur nektar dari anak uang, sementara itu bunga bisa tersokong proses penyerbukannya akibat serbuk anakan nan terpikat maka dari itu tungkai kupu-kupu.

penyerbukan

Contoh simbiosis mutualisme (Sumber: unsplash.com)


8.
Taksonomi

Sreg ilmu Taksonomi, kamu akan mempelajari tentang
pencadangan dan pengklasifikasian alias penjenisan hamba allah hidup
. Penggolongan ini tidak dilakukan secara sembarangan lho, melainkan didasarkan lega tinggi atau jenjang tertentu. Terletak tujuh hierarki dalam taksonomi, tahukah kamu barang apa sekadar ketujuh hierarki itu?

Baca juga: Mengenal 5 Spesies Sistem Klasifikasi Cucu adam Arwah


9.Evolusi

Mendengar introduksi evolusi, apakah engkau teringat dengan
Bapak Teori Evolusi
yaitu
Charles Darwin? Ternyata, Evolusi tercantum kedalam cabang ilmu hayat juga, lho. Pastinya, mantra ini menjadi keseleo satu materi yang paling menghela buat dipelajari karena membahas tentang
perubahan makhluk kehidupan dari generasi ke generasi
.


10. Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan cabang biologi yang mempelajari tentang
mikroorganisme, sama dengan
bakteri,


protozoa

,


fungi

, alga mikroskopik,
dan
archaea. Dalam mempelajari aji-aji ini, kamu akan menggunakan mikroskop karena objek yang diamati berukuran sangat kecil.
Hayoo, ada yang sudah perikatan pakai mikroskop?


11. Zoologi

Jika dalam mantra sosial kalian belajar mengenai perilaku manusia, maka di cabang biologi ini sira dapat mempelajari tentang
klasifikasi serta perilaku hewan
. Misalnya, kamu akan mempelajari tentang bayi penyu yang ternyata meskipun yunior lahir, sudah bisa menemukan jalannya sendiri lakukan pula ke laut minus bantuan mulai sejak orang tua mereka. Selain itu, kamu juga boleh mempelajari sebagai halnya segala apa perilaku atau strategi hewan predator detik berusaha mencekau mangsanya. Seru banget, kan?


12.Botani

Botani merupakan salah satu cagak ilmu hayat nan mempelajari adapun
tumbuhan, menutupi
tipe, struktur, persebaran,
dan
klasifikasinya. Aji-aji ini sangat berfaedah n domestik dunia pertanaman lho, karena kita dapat mengetahui karakteristik bermula berbagai tipe tanaman serta cara melestarikannya.


13.Virologi

Barang apa nan kamu pikirkan detik mendengar kata virus? Mungkin banyak di antara kamu yang memikirkan tentang penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus, keseleo satunya tentu doang COVID-19 yang tadi kita selidik di tadinya. Nah, cabang biologi nan membahas tentang
virus, membentangi
struktur, reproduksi,
dan
peranannya
adalah virologi.

Baca lagi: Apa Itu Replikasi Virus dan Bagaimana Prosesnya?


14.Bakteriologi

Tahu nggak sih, ternyata nggak semua patogen bersifat patogen (merugikan inangnya), lho! Ada juga bibit penyakit nan dapat signifikan bagi spirit makhluk, salah satunya dalam peristiwa fermentasi. Nah, salah suatu silang ilmu hayat yang khusus mempelajari tentang
bakteri
adalah bakteriologi. Pada ilmu ini, kamu boleh mempelajari tentang
struktur, reproduksi, sampai peranan kuman tersebut.


15.
Mikologi

Anda kombinasi nggak, mengintai

jamur

pada makanan yang sudah kadaluarsa? Atau jamur-jamur yang tumbuh di pokok kayu dan bisa beliau makan? Nah, ternyata, jamur-jamur tersebut berpunca bersumber diversifikasi nan berbeda, lho. Di dalam silang biologi ini, kamu boleh mempelajari tentang
berbagai
jenis rabuk, menutupi
struktur, reproduksi, serta peranannya.


16.
Ornitologi

Simpang biologi yang satu ini solo mempelajari tentang
burung. Pada ilmu ornitologi, dia tak hanya mempelajari tentang
penjenisan
jenis zakar saja, melainkan kamu juga dapat memafhumi
perilaku
burung tersebut. Di sini, mungkin nan di rumahnya memiara burung?

burung di Indonesia


17.Entomologi

Senggang nggak sih, kalau serangga itu merupakan organisme dengan jumlah populasi paling kecil banyak dan beragam di bumi? Keberagaman inilah yang menyebabkan serangga menjadi objek yang menghirup bagi dibahas. Privat cabang ilmu hayat, terdapat mantra nan singularis mempelajari tentang
insek
, adalah entomologi. Di sini, kamu dapat mengetahui akan halnya
macam, klasifikasi, perilaku,
bahkan
persebaran
seluruh serangga yang hidup di bumi.


18. Mamologi

Nah, kalau mamologi ialah guna-guna yang mempelajari akan halnya
mamalia
yang ada di dunia. Mantra ini menggelandang banget nih, bikin kamu pelajari, karena dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang segala
jenis, klasifikasi, perilaku,
bahkan
persebaran
mamalia tersebut.

paus biru

19. Paleontologi

Kamu tentu sudah cak acap mendengar adapun umur prasejarah atau manusia purba. Ambillah, dia akan berlatih adapun semangat purba secara mendalam di paleontologi. Cabang ilmu ini akan berpusat membahas tentang evolusi keberagaman tanaman dan hewan, ekosistem kuno, serta iklim marcapada secara keseluruhan. Para ilmuwan menunggangi fosil organisme dalam memperkirakan kondisi di dunia saat kehidupan organisme tersebut berlangsung.

20. Agronomi

Cabang biologi agronomi mempelajari adapun tanaman budidaya. Kajian nan dipelajari selingkung seleksi benih yang baik, teknologi aplikasi serabut nan tepat, jarak penanaman, hingga kedalaman tanam. Tujuannya ialah untuk membuat biji yang baik dan berkualitas.

Baca Juga: Segala apa Itu Replikasi Virus dan Bagaimana Prosesnya?

21. Andrologi

Kalian senggang nggak
guys,
ternyata ada cagak biologi yang khusus mempelajari tentang reproduksi pria. Nah, semua itu akan dipelajari dalam andrologi. Kajiannya membentangi struktur dan kurnia sistem reproduksi pria. Selain itu, andrologi juga mempelajari akan halnya proses, hormon, sebatas kebobrokan sistem reproduksi sreg pria.

22. Astrobiologi

Kalian cak regu percaya alien alias enggak nih,
guys? Sudahlah, ternyata ada salah satu silang ilmu hayat nan mengkaji adapun ini, adalah astrobiologi. Cagak biologi nan satu ini mempelajari tentang peluang adanya spirit di planet enggak dan benda langit lainnya. Astrobiologi berangkat berkembang sejak ditemukan planet-planet lain nan kondisinya menyerupai bumi.


23. Bioinformatika

Silang mantra ilmu hayat yang satu ini memadukan ilmu biologi dengan perkembangan teknologi informatika. Bioinformatika mengkaji tentang pengusahaan teknologi makrifat keefektifan mempelajari dan menyimpan data biologi, contohnya genom. Menarik sekali, ya!


24. Biologi Molekuler

Biologi molekuler mempelajari tentang penyusun tubuh basyar hidup sreg tingkatan molekul. Di dalamnya juga mengkaji tentang aktivitas ilmu hayat di dalam dan di antara sel, termasuk paduan, modifikasi, mekanisme, dan interaksi elemen. Silang ilmu yang suatu ini merupakan perkembangan berpunca biokimia dan genetika.


25. Bioteknologi

Cabang ilmu satu ini berasal bersumber pernah dua alas kata, yaitu biologi dan teknologi. Seperti namanya, bioteknologi mempelajari tentang teknologi terapan yang memanfaatkan makhluk jiwa dengan tujuan untuk memproduksi barang atau jasa yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.


26. Biofisika

Fokus kajian dalam biofisika yakni keterkaitan ilmu biologi dengan fisika dalam nasib. Biofisika mempelajari tentang nyawa makhluk hidup saja kian berfokus pada kaitannya dengan konsep-konsep fisika yang ada di dalamnya.


27. Biologi Sintetis

Puas dasarnya, biologi sintetis merupakan kolusi biologi. Cabang guna-guna ini merupakan gabungan dari banyak disiplin biologi lainnya begitu juga bioteknologi, persekongkolan genetika, biologi molekuler, hingga biofisika. Ilmu hayat tiruan digunakan bikin membangun sistem biologis buatan nan berguna dalam penajaman, teknik, serta aplikasi medis.


28. Biologi Teoritis

Apakah kalian pertalian membayangkan cak semau ilmu korespondensi antara biologi dan matematika? Sudahlah, ilmu hayat teoritis merupakan bidang ilmu interdisipliner nan menggabungkan biologi dan ilmu hitung. Kajian nan lebih berpusat plong sisi matematika disebut dengan biomatematika, sementara itu kajian yang kian berpusat pada biologinya disebut sebagai biologi teoritis. Fokus ilmu ini yakni untuk pengembangan prinsip-kaidah teoritis buat biologi.


29. Biogeografi

Cabang dari biologi yang satu ini mengkaji tentang rotasi flora dan sato. Dengan kata lain, biogeografi merupakan cabang biologi nan mempelajari variabilitas hayati beralaskan ulas dan waktu. Intensi berpokok simpang guna-guna ini yaitu untuk mengungkap kehidupan organisme dan hal-hal yang mempengaruhinya.


30. Ilmu hayat Kuantum

Ilmu hayat kuantum merupakan simpang ilmu multidisipliner antara biologi, mekanika kuantum, dan ilmu pisah teori. Titik api kajian biologi kuantum yaitu plong tuntutan mekanika kuantum dan ilmu pisah teoritis terhadap objek biologi dan permasalahannya.

Itu ia 30 simpang ilmu hayat nan suka-suka di dunia. Setelah kamu mendaras kata sandang ini, sekarang ia jadi senggang centung, kalau biologi itu membahas semua sosok hidup yang cak semau di bumi, tiba dari organisme bertakaran mikro, sampai organisme terbesar di dunia. Padalah, seiring berkembangnya teknologi, tentunya cabang-cabang mantra ini juga dapat terus bertambah, ya.

Sekiranya kamu kepingin mempelajari materi ini melalui video beranimasi, kamu bisa pakai

ruangbelajar
! Dijamin, beliau boleh mengerti materi dengan jauh bertambah mudah karena engkau akan diajar oleh para
Master Teacher
yang berpengalaman.
Pssst, ada kursus soalnya juga, lho! Yuk,
install

permohonan
Ruangguru
sekarang!





ruangbelajar


Bacaan:

Irnaningtyas. (2016).
Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2022. Jakarta: Erlangga.

Perigi Gambar:

Gambar ‘Vaksin COVID’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/QSuou3VAtf4 (Diakses: 7 Juli 2022)

Gambar ‘Anatomi Basyar’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/F4cJtI7HCMw (Diakses: 7 Juli 2022)

Buram ‘Contoh Simbiosis Mutualisme’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/c8_nS7lF3eo (Diakses: 7 Juli 2022)

Artikel ini mutakadim diperbarui plong 18 Oktober 2022.

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak kalkulasi. Dulu pernah lektur di Institut Persawahan Bogor jurusan Ilmu hitung. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.

Source: https://www.ruangguru.com/blog/cabang-cabang-ilmu-biologi

Posted by: gamadelic.com