Bukti Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Samudera Pasai seumpama kerajaan Selam nan ada di tepi laut pantai utara di Sumatera, yang ada di Kota Lhokseumawe, Aceh Utara Provinsi Aceh.

Diketahui kekaisaran dengan warisan yang begitu banyak ini didirikan oleh Meurah Silu. Pembina kerajaan Samudra Pasai ini bergelar Sri paduka Malik as-Alim pada perian 1267.

Bukti adanya kerajaan Segara Pasai bisa disaksikan pada hasil pusaka yang berbentuk kitab Rihlah ila Masyriq atau avontur ke timur nan ditulis maka dari itu Abuk Abdullah ibn Batuthah.

Selain itu, bukti dari adanya imperium Samudra Pasai bisa disaksikan di hikayat Aji-raja Pasai. Melangkaui ini, maka dijelaskan pula dalam makam yang dipertuan serta penemuan koin yang mempunyai bahan berupa emas.

Daftar Isi

  • 1
    Warisan Kebudayaan Kerajaan Samudra Pasai

    • 1.1
      1. Tulisan tangan Surat Ratu Zainal Abidin
    • 1.2
      2. Dirham
    • 1.3
      3. Stempel Kerajaan
    • 1.4
      4. Cakra Donya
    • 1.5
      5. Kuburan Teungku Sidi Abdullah Tajul Nillah
    • 1.6
      7. Jirat Kaisar Malik As-Shalih
    • 1.7
      8. Nisan Sultanah Nahrasiyah
    • 1.8
      9. Peristirahatan terakhir Sunan Al-Aqla (Cuaca Ilah)
    • 1.9
      10. Makam Teungku Peuet Ploh Peuet


Peninggalan Peradaban Kekaisaran Samudra Pasai


Membuktikan adanya kerajaan Samudra Pasai terserah banyak hal nan bisa dijadikan referensi buat mencari tahu kebenaran dari hadirnya kekaisaran ini berdasarkan bersumber spesies-macam hasil warisan kebudayaan samudra pasai. Adapun hasil pusaka kekaisaran ini merupakan;


1. Naskah Tindasan Sultan Zainal Abidin

Naskah Surat Sultan Zainal Abidin
Naskah Kopi Kaisar Zainal Abidin

Ditulis oleh Sultan Zainal Abidin cak bagi diberikan kepada Kapitan Moran dengan bahasa arab yang mandraguna kejadian kesultanan Segara Pasai abad ke-16. Apalagi perihal keadaan imperium ini saat nasion Portugis berhasil menjinakkan Malakah tahun 1511 Masehi.


2. Dirham

Koin Dirham Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Koin Dirham Pusaka Kekaisaran Lautan Pasai

Awalnya dirham dahulu silam murni, seperti halnya dirham semenjak kerajaan Samudra Pasai dengan 70 persen kencana ceria 18 karat tidak pakai campuran kimia kertas. Pada sisi satu dirham ini berkirim surat Muhammad Malik Al-Jasmaniah.

Sedangkan jihat lainnya bernama Al-Sultan Al-Nonblok. Dirham ketika itu menyebar apalagi detik Aceh menaklukkan Pasai nan dapat mencecah Semenanjung Malaka periode 1524.


3. Tera Imperium

Stempel Hasil Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Tera Hasil Peninggalan Imperium Samudra Pasai

Ini merupakan hasil pusaka kekaisaran Besar Pasai tepatnya diduga milik Sultan Muhammad Malikul Zahir sampai cak semau yang mengatakan dipakai lega zaman pemerintahan penasihat bungsu kerajaan yakni Yang dipertuan Zainal Abidin. Dengan ukuran 2×1 centimeter, diperkirakan terbuat semenjak keberagaman tanduk dabat.


4. Cakra Donya

Perumpamaan hadiah kekaisaran Cina kepada kerajaan dimana lonceng keramat aktual mahkota besi berbentuk stupa dibuat di China sreg 1409 M dengan strata 125 cm dan lebar 75 cm dengan hiasan luar berupa aksara arab yang tidak boleh dibaca pun dan cina nan bertuliskan Sing Fang Karsa Tong Juut Kat Yat Tjo (Sultan Sing Fa yang sudah lalu dituang dalam bulan 12 berpokok tahun ke 5).

Cakra Donya Hasil Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Cakra Donya Hasil Peninggalan Kekaisaran Samudra Pasai

Diketahui hasil peninggalan imperium raksasa pasai mengaryakan cap sebagai halnya ini karena Cakra yaitu poros kereta, lambang-lambang wishnu, matahari dan Donya merupakan manjapada. Hadiah lonceng ini dipindahkan ke Banda Aceh sejak portugis berhasil dikalahkan maka itu Paduka Ali Mughayat Syah.


5. Makam Teungku Sidi Abdullah Tajul Nillah

Makam ini adalah hasil warisan dari Dinasti Abbasiyah dan diketahui dia memiliki jejak bakat karena berstatus seumpama cicit terbit khalifah Al-Muntasir.

Teungku Sidi mamangku jabatan Menteri Finansial di samudra pasai. Diketahui hasil peninggalan makam ini dapat ditemukan Gampong Kuta Krueng, bujukan nisannya terbuat berpunca marmer dihiasi kaligrafi.

6. Makam Pangeran Muhammad Malik Al- Zahir

Engkau adalah putera pecah Malik Al- Alim. Ayahnya adalah pejabat Kesultanan Samudera Pasai periode 1287  hingga 1326M. Letak dari makamnya ini diketahui berapatan dengan kuba ayahnya bernama Malik Al-Imani.


7. Nisan Yamtuan Malik As-Shalih

Sepasang nisan Sinuhun Malik As-Shalih memiliki bagan segi catur pipih bersayap. Untuk bagian punck terdapat mahkota bersusun 2.

Nisan Sultan Malik As-Shalih Hasil Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Nisan Syah Malik As-Shalih Hasil Pusaka Kekaisaran Osean Pasai

Masing-masing nisan ini punya 3 panil disisi depan dan belakang nan berpahatkan kaligrafi Arab. Pada adegan puncak juga terdapat birai oval nan berpahatkan kalgrafi Arab.


8. Jirat Sultanah Nahrasiyah

Makam Ratu Nahrasiyah ada di Desa Meunasah Kuta Krueng, Kec Samudera yang terwalak alur yang dipertuan Samudera Pasai nan mempunyai jirat yang tinggi bersatu dengan penggalan nisan yang ada banyak terbuat dari marmer yang langsung didatangkan dari gujarat.

Nisan Sultanah Nahrasiyah Hasil Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Jirat Sultanah Nahrasiyah Hasil Peninggalan Kerajaan Raksasa Pasai

Makam Sultanah Nahrasiyah juga dihiasi dengan ayat-ayat ikhlas Al-Qur’an yaitu kaligrafi Surah Yasin transendental yang terpahat pada nisannya. Tidak semata-mata itu terserah sekali lagi ukiran ayat singgasana, tembusan Ali Imran ayat 18-19, Surah Al-Baqarah, dan sebuah tulisan privat huruf Arab.


9. Kuburan Ratu Al-Aqla (Nur Ilah)

Makam Ratu Al-Aqla (Nur Ilah) Hasil Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai
Makam Ratu Al-Aqla (Pendar Ilah) Hasil Peninggalan Imperium Samudra Pasai

Makam tempat puteri Sultan Muhammad Malikul Dhahir nan ada di Gampong Meunje Tujoh Keca Matangkuli dengan hiasan kaligrafi bersopan santun Kawi dan Arab.


10. Makam Teungku Peuet Ploh Peuet

Ada makam 44 orang jamhur dari Kesultanan Samudera Pasai yang dibunuh karena mengharamkan ijab nikah yang dipertuan dengan cewek kandungnya.

Makam ini terdapat di Gampong Beuringen Kec Samudera. Pada jirat itu bertuliskan kaligrafi piagam Ali Imran ayat 18.

Demikianlah informasi mengenai
10 Hasil Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai dan Contoh Gambarnya.
Semoga ini penting bagi kita semua. Sekian dan sambut belas kasih.
Salam berbagi teman-bandingan.

Source: https://artikelsiana.com/hasil-peninggalan-kerajaan-samudra-pasai-contoh-gambarnya/

Posted by: gamadelic.com