Blewah Merupakan Tanaman Buah Dari Asia Tenggara

Buah Blewah, Foto: Eka Kartika

Eka Kartika

Buah Blewah, Foto: Eka Kartika

Biji kemaluan blewah tersohor karena mengandung banyak kemujaraban cak bagi raga berkat perut gizi di dalamnya. Fakta segala sajakah yang bisa kita ketahui dari buah blewah?.

Tanaman buah blewah berasal dari Asia Tenggara

Dengan bentuk tanaman samun, menjalar nan dapat mencapai panjang 5 – 10 meter bahkan lebih, perakaran tanaman buah blewah memiliki cendawan dengan mata tunas yang banyak, dan pun akar bercat nirmala cemar hingga kecoklatan muda. Padahal pada bagian batang, bentuknya bulat, lentur dan terwalak bulu kecil-kecil di sekitarnya.

Buah blewah yang bersumber bersumber Asia Tenggara ini n kepunyaan daging buah yang tebal, manis, dan wangi baunya. Biasanya daging biji pelir blewah sering dijadikan sebagai pelengkap es buah maupun pun minuman bakal berbuka di bulan Ramadhan.

Buah Blewah, Foto: Eka Kartika

Eka Kartika

Biji zakar Blewah, Foto: Eka Kartika


Es Blewah – Timun Suri, Foto: Eka Kartika

Buah blewah n kepunyaan sebutan partikular

Selain dikenal dengan merek buah blewah, buah nan memiliki merek latin Curcumis Melon ini, ternyata punya panggilan enggak. Sebagian cucu adam di beberapa daerah menyebutnya bagaikan biji kemaluan semangka belanda. Individual yah? Sebab sesekali tidak mirip dengan buah semangka, hehehe…


Daya tahan buahbBlewah bisa hingga ke 7 – 8 hari

Setelah di penuaian, biji zakar blewah siap panen masih tetap terpandang cegak dan lebih lagi dapat tahan selama 7 (tujuh) sebatas 8 (delapan) musim. Karena harus di sebarkan, dan pelir waktu berhari – hari, terkadang pembeli blewah lebih memilih yang setengah menguning. Sebab dengan kondisi blewah setengah menguning,  daya resistan akan cacat kian lama berpokok yang biasanya.

Blewah kretek paling digemari

Di antara semua jenis blewah, ternyata yang minimum digemari dan dicari oleh banyak orang adalah blewah diversifikasi kretek. Selain manis, blewah ini membedakan wangi biji zakar nan begitu khas dan harum baunya. Peringkat blewah nomor dua adala jenis bisma. Blewah bisma rasanya enggak terlalu manis, buruk perut dijadikan mangsa pelengkap untuk es, dan harganya relatif murah.

Buah Blewah, Foto: Eka Kartika

Eka Kartika

Buah Blewah, Foto: Eka Kartika


Bagian dalam blewah, Foto: Eka Kartika

Blewah n kepunyaan kandungan sakarosa terlambat

Salah seorang pandai gizi asal Yogyakarta menyibakkan, kalau blewah memiliki kandungan gula sederhana yang cepat dipecah dan diubah menjadi energi oleh tubuh. Blewah juga kaya akan vitamin C yang lalu baik kerjakan kesehatan. Tak hanya vitamin C, karena masih banyak vitamin serta kemustajaban dari blewah bagi bodi manusia.










PROMOTED CONTENT


Video Pilihan



Source: https://bobo.grid.id/read/08675747/buah-blewah-dan-fakta-uniknya