Selama ini kita mendapatkan arahan guru, setiap keluar rumah membaca doa
Bismillahi Tawakkaltu Alallah La Haula Wala Quwwata illa Billahil. Doa ini yaitu wahyu Islam berdasarkan kabar internal sunnah Rasul.

Cak kenapa Islam mengajarkan agar kita sebaiknya membaca doa ketika hendak bepergian? Peristiwa ini karena ada beberapa alasan nan harus kita pahami.

Pertama, doa bak ikhtiar agar Allah meridhoi intensi baik kita.

Kedua, kejahatan atau problem bisa terjadi di mana-mana, maka kita berdoa kepada Allah supaya melindungi kita berbunga bermacam ragam mara bahaya.

Ketiga, belajar tawakal (pasrah) kepada Allah yang mempunya kehendak dan kuasa kepada makhluk-Nya.

Berikut ini goresan doa ketika hendak keluar rumah atau berjalan ke suatu arena:

Arab:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ الْعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Latin:
Bismillahi Tawakkaltu Alallah La Haula Wala Quwwata illa Billahil Aliyil Adzim.

Artinya: “Dengan menyebut Logo Allah, aku berserah diri kepada Yang mahakuasa, tidak cak semau anak kunci dan upaya selain dengan pertolongan Allah yang Maha Sani dan Maha Agung.”

Bismillahi Tawakkaltu Alallah La Haula Wala Quwwata illa Billahil Aliyil Adzim arab

Dalil Hadis

Berikut ini asal sabda Nabi yang mengklarifikasi adapun takbir ketika hendak keluar semenjak rumah.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ‏.‏ قَالَ:‏ يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

Semenjak Anas kacang Malik, sesungguhnya Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang keluar dari rumahnya. Lampau engkau beribadat ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, la haula wa la quwwata illa billah’. Maka dikatakan saat itu engkau akan diberi tanzil, dicukupkan dan dijaga. Para setan pula akan menyingkir darinya. Setan nan lain akan mengatakan, ‘Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan pelestarian?!”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Kerumahtanggaan perkataan nabi ini kita boleh menyimak bahwa Rasulullah sangat menekankan kepada umatnya agar mendaras puji-pujian
bismillahi tawakkaltu… Alasannya karena setan akan menggoda manusia dalam setiap perjalanannya.

bismillahi tawakkaltu alallah la haula wala quwwata illa billah

Selain itu, sunnah Nabi ini juga bermanfaat bagi kita agar senantiasa mendapatkan petunjuk (hidayah) dari Allah. Maka, tidak ada alasan pun untuk bukan berdoa sebelum melangkahkan kai ke suatu arena.

Demikian doa sebelum bepergian. Seharusnya kita bosor makan istiqomah kerjakan melafalkan ajaran Utusan tuhan ini dalam kehidupan sehari-waktu. Amin.

Artikel Tercalit: